cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi" : 7 Documents clear
DEFENCE MECHANISMS PI PATEL DAN RICHARD PARKER (SEEKOR HARIMAU BENGGALA) DALAM FILM LIFE OF PI Ernani
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme pertahanan diri (defence mechanisms) Tokoh Utama yang bernama Pi Patel dan Richard Parker. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teori Sigmund Freud tentang mekanisme pertahanan diri, yaitu proyeksi, pemindahan, pemindahan ke diri sendiri, rasionalisasi, penyangkalan, kompensasi, pembentukan reaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pertahahan diri yang dilakukan oleh Pi Patel bersama Richard Parker, meliputi (1) pertahanan diri dalam menyakinkan sang ayah bahwa hewan buas seperti harimau juga memiliki jiwa, (2) pertahanan diri ayah Pi Patel untuk menyakinkan anaknya bahwa persepsinya terhadap Richard Parker adalah benar, (3) pertahahan diri Pi dalam menutupi kesedihan dan rasa bersalahnya terhadap bapak, ibu, ravi, dan Richard Parker, (4) Pi Patel melakukan pertahanan diri bahwa dibalik pikiran negative ayahnya tentang Richard Parker, dia tetap menyakini bahwa harimau tetap bisa diajak bersahabat, (5) Pi menyangkal kalau harimau tidak memiliki jiwa, (6)Kompensasi Pi terhadap Richard Parker bahwa hewan pun bisa dilatih untuk patuh dan mengakui keberadaan makhluk lainnya, (7) Pai pun memiliki rasa takut, tetapi ada perlawanan dalam diri Pi untuk tetap berani.
PENGARUH TEKNIK AFFINITY GROUPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Linda
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Affinity Grouping terhadap kemampuan memahami teks naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Jumlah populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 252. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, dengan rincian 33 orang siswa kelas VIII.2 (kelas eksperimen) dengan menggunakan teknik affinity grouping dan 33 orang siswa kelas VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan teknik konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap tingkat kemampuan siswa, kenaikan rata-rata skor siswa kelas eksperimen yakni sebesar 76,67 dan kenaikan rata-rata kelas kontrol sebesar 16,06. Rata-rata skor nilai awal kelas eksperimen 59,39 dan rata-rata skor nilai awal kelas kontrol adalah 52,88.
PENERAPAN STRATEGI PIKIR PLUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG Novi Santi; Anggri Kustiara
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui strategi pikir plus pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Konsep PTK Kemmis dan Mc Taggart (Hopkins, 2008:88) ialah bahwa dalam satu siklus terdiri dari 4 langkah yaitu penyusunan rencana (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VII.3 tahun ajaran 2017/2018, yaitu yang berjumlah 36 orang siswa yang terdapat dari 14 orang siswa laki-laki dan 22 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes, observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes awal dan hasil tes akhir. Tes awal dan tes akhir dilakukan sebelum dan sesudah siswa diberi tindakan yang berupa tes uraian dalam memahami pembelajaran menulis pantun dengan menerapkan strategi pikir plus.
INTERJEKSI DALAM NOVEL DOA - DOA CINTA KARYA YANI RAHMA NUGRAHENI Tuti Alawiyah
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.71

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan jenis interjeksi yang digunakan pada penulisan kalimat dalam novel Doa –doa Cinta karya Yani Rahma Nugraheni., (2) mengidentifikasi makna interjeksi pada novel Doa –doa Cinta karya Yani Rahma Nugraheni. Objek kajian dalam novel ini adalah interjeksi.. Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat hasil penelitian, yakni hasil penelitian yang telah dilakukan di dalam novel Doa-Doa Cinta karya Yani Rahma Nugraheni. Terdapat 4 jenis interjeksi, antara lain: interjeksi rasa syukur atau kesyukuran sebanyak sebanyak 3 kutipan, interjeksi harapan tetdapat 5 kutipan, interjeksi kakagetan terdapat 2 kutipan, dan interjeksi ajakan terdapat 2 kutipan
PENGARUH STRATEGI REALIA DALAM MENULIS PUISI KELAS VIII SMPN 2 KAYUAGUNG Yeyen Yusniar; Hamdan Att
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi realia terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kayuagung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Jumlah populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 165. Sampel penelitian berjumlah 56 orang, dengan rincian 28 orang siswa kelas VIII.1 (kelas eksperimen) dengan menggunakan strategi realiadan 28 orang siswa kelas VIII.4 (kelas kontrol) dengan menggunakan strategi konvensional. Teknik pegumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap tingkat kemampuan siswa, kenaikan rata-rata skor siswa kelas eksperimen yakni sebesar 34,1429 dan kenaikan rata-rata kelas kontrol sebesar 12,8214.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi realiaberpegaruh terhadap pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kayuagung.
ANALISIS MENULIS FABEL SISWA KELAS VIII SMP ILMU AL-QURAN MUARA BARU KAYUAGUNG OGAN KOMERING ILIR Alia; Rohayani
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.111

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah menulis fabel pada siswa kelas VIII SMP Ilmu Al-quran Muara Baru Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pengandaian diri sebagai tokoh cerita. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes unjuk kerja. Tes diberikan pada awal dan akhir pada siswa kelas VIII 2. Sampel penelitian ini adalah VIII.2. Berdasarkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung (-3162967.86) lebih rendah dari ttabel (0.355). Guru bahasa Indonesia dapat menerapkan teknik pengandaian diri sebagai tokoh cerita sehingga dapat memberikan langkah pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam menulis fabel.
PERJUANGAN PEREMPUAN MENGHADAPI MARGINALISASI DALAM NOVEL BIDADARI KARYA PIPIET SENJA: KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS Anggralina Amelinda
Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v3i1.112

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah perjuangan perempuan dalam menghadapi marginalisasi dalam novel Bidadari Karya Pipiet Senja: Kajian Kritik Sastra Feminis, bagaimanakah bentuk marginalisasi perempuan, penyebab marginalisasi perempuan, dan perjuangan perempuan dalam menghadapi marginalisasi perempuan dalam novel Bidadari Karya Pipiet Senja: Kajian Kritik Sastra Feminis, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk marginalisasi perempuan, penyebab marginalisasi perempuan, dan perjuangan perempuan dalam menghadapi marginalisasi perempuan dalam novel Bidadari Karya Pipiet Senja: Kajian Kritik Sastra Feminis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bidadari karya Pipiet Senja yang terbit di Jakarta tahun 2010, penerbit Afra Publishing, tebal buku 21 cm, cetakan ke-1, dan jumlah halaman 171 halaman. Hasil penelitian ini saya menemukan Rincian keseluruhan data yang dianalisis berjumlah 43 kutipan. Bentuk marginalisasi perempuan 17 kutipan, penyebabterjadinya marginalisasi perempuan 18 kutipan, perjuangan perempuan dalam menghadapi marginalisasi perempuan 8 kutipan. Novel ini termasuk dalam novel yang menggambarkan Marginalisasi Perempuan dengan jumlah paling banyak adalah tentang penyebab terjadinya marginalisasi perempuan 18 kutipan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7