cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP IT BINA INSANI KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Abdul Gofar
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.301

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untukmenghasilkan multimedia pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang valid,praktis dan memberikan peningkatan yang lebih baik terhadap hasil belajarpeserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metodepengembangan Rowntree yang meliputi tahap perencanaan, pengembangan,dan evaluasi. Tahap evaluasi produk menggunakan evaluasi formatif Tessmeryang terdiri atas tahap evaluasi diri, evaluasi ahli, evaluasi satu-satu, evaluasikelompok kecil, dan uji lapangan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakandi SMP Islam Terpadu Bina Insani Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah uji validitas, kuesioner, dan tes.Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan, analisisdata kuesioner, dan analisis data tes. Penelitian ini menunjukkan bahwamultimedia pembelajaran yang dikembangkan teruji validitas, praktikalitas,dan efektivitasnya. Dibuktikan dari hasil uji coba yang dilakukanmenunjukkan bahwa multimedia pembelajaran PAI di SMP Islam TerpaduBina Insani dinyatakan valid secara materi (content), desain instruksional(construct), dan media (layout) oleh ahli materi pelajaran, ahli desaininstruksional, dan ahli media pembelajaran sehingga layak digunakan dalampembelajaran PAI pada materi haji dan umroh. Pada tahap field testberdasarkan persentase perbandingan analisis rata-rata pretest sebesar 52,72(dengan kategori kurang) dan post test dengan menggunakan multimediapembelajaran sebesar 86,89 (dengan kategori sangat baik) yang menunjukkanpeningkatan sebesar 34,17% terhadap ketuntasan siswa dalam prosespembelajaran. Hal ini berarti multimedia pembelajaran dalam pembelajaranPAI di SMP Islam Terpadu Bina Insani efektif terhadap hasil belajar pesertadidik.
PENGARUH MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (BCCT) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TANJUNG ALAI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Alia; Anggri Kustiara
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.302

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modelpembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) terhadapkemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Alai KabupatenOgan Komering Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimensemu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas IV.Aberjumlah 21 siswa dan IV.B berjumlah 21 siswa, jadi jumlah seluruhnyaadalah 42 siswa. Pengambilan Sampel berdasarkan teknik sampling jenuhdan acak sederhana sehingga diperoleh kelas IV.A sebagai kelas eksperimendan kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukandengan teknik tes bentuk unjuk kerja berupa berbicara. Teknik analisis datamenggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaanyang signifikansi pembelajaran berbicara antara siswa kelas IV.A yangmendapatkan pembelajaran dengan model Beyond Centers and Circle Times(BCCT) dengan siswa kelas IV.B yang mendapatkan pembelajaran tanpamenggunakan model pembelajaran Beyond Centers and Circle Times(BCCT). Nilai rata-rata tes awal berbicara kelompok eksperimen 63,80 dankelompok kontrol 60,23. Nilai rata-rata tes akhir berbicara kelompokeksperimen 75,95 dan kelompok kontrol 64,04. Hal tersebut dibuktikan darihasil uji-t pada nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasilnya adalahnilai 0thitung > ttabel yakni thitung (3,464) > ttabel (1,683). Nilai. Hasil analisis datamenunjukkan, terdapat perbedaan kemampuan berbicara yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT)dengan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning)atau CTL. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran BeyondCenters and Circle Times (BCCT) terhadap kemampuan berbicara.
PENGARUH TEKNIK PREP TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Tuti Alawiyah; Nopi Yanti
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknyapengaruh teknik PreP terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelaskelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yangdigunakan adalah eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas XI SMANegeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Sampelpenelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA IV sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes yangdigunakan adalah tes objektif sebanyak 30 soal dengan alternatif a, b, c, d, dan e.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuanmemahami teks eksplanasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-ratakegiatan pretest kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelas eksperimen65,02 dan kegiatan postest 81,16. Nilai rata-rata kegiatan pretest kelas kontrol 56,64dan kegiatan postest 70,09. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajarkelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni 81,16>70,09.Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa t hitung (5,949) lebih besardari ttable (1,670) dengan derajat keabsahan 60 (df 60) pada taraf signifikansiprobability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima.Artinya, ada perbedaan kemampuan memahami teks eksplanasi siswa yang diajarmenggunakan teknik PreP dengan siswa yang diajar menggunakan teknikpembelajaran saintifik.teknik pre reading plan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKJ 1 MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PELUANG MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Erni
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.304

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajarmatematika siswa pada materi Peluang menggunakan model ―NumberedHeads Together‖ di SMKN 1 Kayuagung. Pola kerja yang diterapkan dalampembelajaran ini adalah pola kerja praktik atau eksperimen dengan alatsecara individual atau kelompok dengan model ―Numbered Heads Together‖.Penilaian atau evaluasi dilakukan melalui ulangan harian dengan bentuk tesuraian bebas pada tiap siklus. Ukuran keberhasilan pembelajaran ini adalahpeningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pelajaranmatematika yang dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswasecara individual maupun secara klasikal serta meningkatnya nilai rata-ratakelas. Hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswasenantiasa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan belajarindividual 29 orang, secara klasikal 80,60 % dan nilai rata-rata kelas 72,42.Siklus II ketuntasan belajar individual 34 orang, secara klasikal 94,4 % danrata-rata kelas 79,61. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanpembelajaran yang menggunakan model ―Numbered Heads Together‖ padamateri Peluang terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran matematika.
PEMAKAIAN UNGKAPAN EMOSI NEGATIF MASYARAKAT DESA MEKARSARI KECAMATAN RANTAU ALAI KABUPATEN OGAN ILIR DALAM RANAH PASAR Novi Santi; Tuti
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.305

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pemakaian ungkapanemosi negatif masyarakt desa Mekarsari, Fungsi pemakaian ungkapan emosinegatif dan faktor yang mempengaruhi ungkapan emosi negatif masyarakatdesa Mekarsari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bentukpemakaian ungkapan emosi negatif, mendeskripsikan fungsi pemakaianungkapan emosi negatif, menemukan faktor yang mempengaruhi pemakaianungkapan emosi negatif, Metodelogi yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahteknik rekam dan sadap. Analisis dilakukan terhadap pemakaian ungkapanemosi negatif masyarakat desa Mekarsari dalam ranah pasar. Dari hasilpenelitian dan pembahasan bahwa pada pemakaian ungkapan emosi negatifmasyarakat desa Mekarsari, terdapat 32 kutipan termasuk bentuk kata tunggalKompleks, kata berimbuhan, kata majemuk, kata ulang, bentuk singkatan,frase, bentuk kalimat, perasaan hati, mengejek, menyindir, mengupat,megnakrabkan, menyuruh, menasehati, faktor fsikologis, status sosial, tingkatpendidikan, jenis kelamin dan usia.
PENGARUH STRATEGI ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC (RAFT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Iin Parlina; Rohayani
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi RAFT terhadapkemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung.Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 4Kayuagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes menulisteks eksplanasi dan teknik analisis data menggunakan program SPSS 22 dandianalisis dengan uji-t. Dari hasil analisis data pada kelompok eksperimendiperoleh nilai tes awal terendah 46 dan nilai tertinggi 72 dengan rata-rata 60,30.Pada tes akhir nilai terendah 73,50 dan nilai tertinggi 92 dengan rata-rata 83,83.Untuk siswa kelompok kontrol pada tes awal terendah 48,50 dan nilai tertinggi72 dengan rata-rata 59,35. Pada tes akhir nilai terendah 68,50 dan nilai tertinggi92 dengan rata-rata 79,67. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakanrumus uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu thit>ttabatau 2,337 > 1,670 dengan derajat keabsahan (df) 60 tingkat signifikansi α =0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan strategi RAFT berpengaruhterhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir diterima. Oleh karena itu, penelitimenyarankan agar menjadikan strategi RAFT ini sebagai alternatif dalammenerangkan pembelajaran pada menulis teks, khususnya menulis tekseksplanasi. Guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan strategi RAFT danmemberikan langkah yang inovatif dan kreatif untuk menerapkan pendekatanatau teknik pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi.
THE IMPLIMENTATION OF TEACHING METHOD TYPE, TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) ON ENGLISH SUBJECT AS A MEANS OF IMPROVING STUDENT LEARNING RESULT AT THE ELEVENTH GRADE OF SMKN 1 KAYUAGUNG 2015/2016 ACADEMIC YEAR Husnul Yaqin
Dialektologi Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v4i01.307

Abstract

Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini ialah untuk meningkatan dayaserap siswa belajar Bahasa Inggris dalam memahami makna teks fungsionalpendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalamkonteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.Pencapaian tersebut melalui model pembelajaran ko-operatif type TeamTournament Game terhadap peningkatan hasil membaca teks BahasaInggris.Penelitian ini dilakukan selama dua siklus (setiap siklus diadakan 2kali pertemuan). Setiap kali pertemuan proses pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran Ko-operatif type Team Tournament Gamedan Sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi yang diisi olehobserver, dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaantindakan, observasi, evaluasi dan refleksi untuk semua siklus.Setiap siklusmengalami peningkatan sigfikan yaitu siklus I dan siklus II mengalamipeningkatan sebesar 20,83%. Dengan demikian dapat dikatakan denganpenerapan model pembelajaran kooperatif metode TGT dapat meningkatkanhasil belajar peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7