cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI" : 7 Documents clear
KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING STRUKTURES DALAM PEMBELAJARAN WAWANCARA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KAYUAGUNG Adedi Setiawan
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan model Cooperative learning structures dalam pembelajaran wawancara siswa kelas X SMK Negeri 2 Kayuagung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Populasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah empat kelas dengan jumlah siswa 126 siswa, sampel diambil secara sampling purposive, yaitu diambil dua kelas yaitu kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen dan X. 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 64 siswa. Dari pengumpulan data dan analisis diketahui bahwa nilai rata-rata tes awal siswa kelas ekperimen adalah 63,594 dan kelas kontrol 62,906. Pada tes akhir, nilai ratarata siswa kelas eksperimen adalah 80,469, dan kelas kontrol 72,906. Dari hasil uji-t nilai tes akhir kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang siqnifikan antara kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Struktures dan kelas kontrol dengan model konvensional. Sebab hasil uji-t diketahui bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel atau 2,282 ˃ 1,999. Artinya, hipotesis Ha diterima dan terbukti.
PENGARUH BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KAYUAGUNG Iin Parlina; Ely Gusmia
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik operant conditioning. Metode yang digunakan penelitian eksperimen semu. Populasiseluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah 335. Sampel siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 41 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 41. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes, lembar angket, lembar wawancara. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik operant conditioning mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kayuagung dalam bermain drama. Hal ini dibuktikan rata-rata skor nilai awal kelompok eksperimen ialah 74.71 dan rata-rata skor nilai akhir kelompok eksperimen adalah 84.00. Jadi terdapat peningkatan 9.29, rerata nilai awal kelompok kontrol adalah 71.78 dan rerata nilai akhir kelompok kontrol ialah 76.56. Itu berarti nilai awal dan nilai akhir kelompok kontrol terdapat perbedaan sebesar 4.78.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII Yeyen Yusniar; Marisa Rohmah
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model circuit learning terhadap menulis narasi. Metode yang digunakan ialah eksperimen semu. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mesuji. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu VII.3 sebagai kelompok yang diberi perlakuan dan VII.1 yang tidak. Menggunakan tes esay sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data perhitungan uji-t program komputer SPSS 20. Menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil tes menulis narasi eksperimen dan kontrol. Rerata tes pertama 52,97 dan kelompok kontrol 53,05.Rerata tes akhir kelompok eksperimen 80,86 dan kontrol 70,00.
PENGARUH STRATEGI CARD SORT DALAM MENEMUKAN CITRAAN DAN PERASAAN PADA PUISI SISWA KELAS X MA MIFTAHUL HUDA TUGU AGUNG Lilik Suryani
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi card sort dalam menemukan citraan dan perasaan pada puisi siswa kelas X MA Miftahul Huda Tugu Agung Penelitian dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes uraian yang dilakukan 2 kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Metode penelitian digunakan metode eksperimen semu. Sampelnya diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X MA Miftahul Huda Tugu Agung berjumlah 54 siswa dengan rincian 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20 dan dianalisis dengan uji-t dan levene statistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes awal dan tes akhir antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
KEEFEKTIFAN MODEL DOLL SPEAK PADA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MEMAHAMI DONGENG TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MESUJI Novi Santi; Rumusya Fitri
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Doll Speak terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 7 Mesuji. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil pretes yang didapat sebelum pemberian perlakuan penerapan teknik peta pikiran pada kelompok eksperimen, diketahui skor pretes terendah adalah 50,00 dan tertinggi 75,00 dengan skor rata-rata 50,02. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar yang telah disebutkan sebelumnya 75,00 sebanyak 4 siswa atau 5,26% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar 75,00 sebanyak 34 siswa atau 94,73%. Setelah diuji normalitas dengan menggunakan program komputer SPSS 17, diperoleh ????2 hitung < ????2 tabel, dengan demikian Ho diterima, data berdistribusi normal. Selanjutnya, hasil postes siswa kelompok eksperimen terendah 65,00 dan tertinggi 100,00 dengan rata-rata skor 78,00. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar 75,00 sebanyak 34 orang siswa atau 78,94% , dan siswa yang mendapat skor di bawah rata-rata sebanyak 4 siswa atau 10,52. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi model doll speak lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran pemahaman dongeng, terbukti kebenarannya.
KEEFEKTIFAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI 11 Triska Purnamalia; Nurmilah
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sampel penelitian kelas 1 SD Negeri 11 Sungai Pinang sebanyak 43 siswa. Metode penelitian adalah Penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis tes, teknik pengamatan, teknik wawancara. Instrumen penelitian yang dipakai meliputi lembar pengamatan, lembar penilan tes membaca permulaan, pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode SAS dalam pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 11Sungai Pinang tergolong baik. Hal ini dapat diketahui pada tes awal kelas eksperimen nilai tertinggi 65 terendah 45 skor rata-rata 54,32, dan 9 siswa atau 40% tidak lulus atau gagal, 11 siswa atau 50% mendapat nilai kurang, dan 2 siswa atau 9% mendapat nilai cukup. Nilai tes akhir membaca permulaan kelas eksperimen nilai tertinggi 65 terendah 85 skor rata-rata 77,05, dan 11 siswa atau 50% mendapat nilai baik dan 11 siswa 50% mendapat nilai cukup. Tes awal kelas kontrol tertinggi 55 terendah 40 skor rata-rata 49,05, 21 siswa atau 100% tidak lulus atau gagal. Nilai tes akhir kelas kontrol nilai tertinggi 65 terendah 50 skor rata-rata 55,48, dan 5 siswa 23% dinyatakan gagal atau tidak lulus, 12 siswa atau 57% mendapat nilai kurang, dan 3 siswa atau 14% mendapat nilai cukup
PENGARUH STRATEGI FORMASI REGU TEMBAK TERHADAP KEMAMMPUAN MENDRAMATISASIKAN TEKS DRAMA Ita Irawati
Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi formasi regu tembak dalam pembelajaran mendramatisasikan teks drama. Metode yang digunakan dalam eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa dengan rincian 30 siswa kelas XI. TAV 2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas TAV 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian kelas eksperimen tes awal nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 85 dengan rata-rata 62,8333. Pada tes akhir nilai terendah 75 dan tertinggi 100 dengan rata-rata 86,8333. Sedangkan kelas kontrol tes awal nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 85 dengan ratarata62,1667. Pada tes akhir nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 90 dengan rata-rata 78,000. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel atau 3,721 > 2,002 pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian strategi pembelajaran formasi regu tembak berpengaruh dalam pembelajaran mendramatisasikan teks drama siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Page 1 of 1 | Total Record : 7