cover
Contact Name
Muhammad Taufiq Azhari
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282260225789
Journal Mail Official
fiqihazhari8@gmail.com
Editorial Address
Head Office : Jl. Sisingamangaraja Nomor 171 Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara Editorial Office : Jl. Bilal Ujung, Kota Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28295285     EISSN : 28294815     DOI : https://doi.org/10.58432/ekonom
Core Subject : Economy,
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun (periode April, Agustus dan desember). Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan tema ekonomi dan bisnis. Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pengamat di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini diterbitkan tiga tahun (April, Agustus dan Desember).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 5 Documents clear
PENGARUH DIGITAL CUSTOMER BEHAVIOR TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA SUKABUMI Aprilia Susanti; Zeffanya Raphael Wijaya
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v2i2.577

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Digital Customer Behavior terhadap Impulse Buying pada mahasiswa Sukabumi. Metodologi: Metode penelitian ini mengggunakan metode suvei dengan membagikan kuesioner kepada 100 sampel, sedangkan teknik pengujian kualitas instrument, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik uji asumsi klasik mengacu pada uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji t parsial. Hasil: Berdasarkan pengujian bahwa variable Digital Customer Behavior berpengaruh terhadap Impulse Buying Kata kunci: Digital Customer Behavior, Impulse Buying, Mahasiswa.
PENGUNGKAPAN SOSIAL (SOCIAL DISCLOSURE) DALAM LAPORAN TAHUNAN (PADA PERUSAHAAN PT. PERTAMINA PERSERO TBK) Ani Marlina; Zulkarnain
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v2i2.610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengungkapan Sosial (Social Disclosure) Dalam Laporan Tahunan( Pada Perusahaan PT. Pertamina Persero Tbk )Populasi dari penelitian ini yaitu perusahaan PT. Pertamina Persero Tbk, periode tahun 2016-2020. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan karakteristik tertentu atau purposive sampling sehingga terpilih perusahaan sebagai sampel perusahaan.   Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengungkapan yang dilakukan PT. Pertamina Persero Tbk selama 5 tahun terkahir adalah meningkat. Terlihat dari laporan yang di sajikan yakni tahun 2020 pengungkapan sosial yang semakin tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pengungkapan ini adalah penting adanya untuk menilai keberlangsungan suatu perusahaan, terutama  di bidang ekonomi, lingkungan dan sosial.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN BAURAN PEMASARAN TOKO SERAGAM SEKOLAH SIBOLANGIT JAYA KECAMATAN MEDAN MARELAN Gita Puspita Yoga; Sholihah Titin Sumanti; Faisal Riza
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v2i2.658

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendalami strategi komunikasi pemasaran dengan bauran pemasaran Toko Seragam Sekolah Sibolangit Jaya Kecamatan Medan Marelan. Sehingga, peneliti menelusuri produk, penentuan harga, penentuan distribusi serta mengetahui promosi yang dilakukan sebab hal tersebut merupakan bagian dari bauran komunikasi pemasaran guna menarik perhatian pelanggan, menginformasikan dan mengingatkan konsumen akan suatu produk, membujuk serta mampu mendukung kedudukan dari suatu merek dengan merek yang dimiliki oleh pesaing.Terdapat empat Toko Seragam Sekolah didaerah Kecamatan Medan Marelan yang menawarkan produknya. Namun, Toko yang menarik perhatian peneliti sebagai bahan penelitian ialah Toko Sibolangit Jaya Kecamatan Medan Marelan. Hal ini dikarenakan, Toko Sibolangit Jaya memiliki pelanggan yang cukup banyak terlebih pada saat tahun ajaran baru. Dalam penelitian ini, jenis metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dari metode kualitatif dan Owner Toko Sibolangit Jaya bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Adapun metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menghasilkan bahwa Seragam Sekolah Toko Sibolangit Jaya dalam merancang strategi komunikasi pemasaran dengan bauran pemasaran. Kontribusi terhadap metode yakni strategi komunikasi pemasaran dan kontribusi pada masalah yakni bauran pemasaran yang dijalankan. Peneliti berkontribusi dalam mempromosikan seragam sekolah Sibolangit Jaya kepada siswa dan siswi ditempat peneliti mengajar serta kepada tetangga peneliti dan membangun kerja sama yang baik dengan Owner untuk memajukan Toko Sibolangit Jaya dengan sharing akun Tokopedia Sibolangit Jaya di akun Whatsapp. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran dan bauran komunikasi ABSTRACT    This study aims to explore marketing communication strategies with the marketing mix of the SibolangitJaya School Uniform Store, Medan Marelan District. Thus, researchers trace products, pricing, determining distribution and knowing the promotions carried out because this is part of the marketing communication mix to attract customer attention, inform and remind consumers of a product, persuade and be able to support the position of a brand with a brand owned by competitors. There are four School Uniform Shops in Medan Marelan District that offer their products. However, the shop that attracted the attention of researchers as research material was the Sibolangit Jaya Store, Medan Marelan District.This is because Toko Sibolangit Jaya has quite a lot of customers, especially during the new school year. This research method uses the type of research method used is a descriptive type of research from qualitative methods and the Owner of Toko Sibolangit Jaya is willing to participate in this research. The data collection methods include observation, interviews, documentation and literature studies. This research resulted in the Sibolangit Jaya Store School Uniform in designing a marketing communication strategy with a marketing mix. Contribution to the method, namely marketing communication strategy and contribution to the problem, namely the marketing mix that is carried out. Researchers contribute to promoting Sibolangit Jaya school uniforms to students and students where researchers teach as well as to researchers' neighbors and build good cooperation with the Owner to advance the Sibolangit Jaya Store by sharing the Tokopedia Sibolangit Jaya account on the Whatsapp account.Keywords: Marketing Communication Strategy and Communication Strategy
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MARELAN KURMA DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN Shindy Pramita Sinaga; Achiriah; Abdul Rasyid
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v2i2.659

Abstract

Marelan Kurma merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang makanan khususnya dibidang makanan minuman khas Timur Tengah. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Marelan Kurma dalam menarik minat beli konsumen. Model praktik komunikasi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4Ps yaitu, product strategy, price strategy, place strategy dan promotion strategy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Marelan Kurma telah menerapkan 4 elemen bauran pemasaran dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya. Strategi produk yang dilakukan oleh Marelan Kurma adalah lebih memperhatikan pada kualitas produk dan pengemasan produk. Strategi harga yang dilakukan oleh Marelan Kurma yaitu dengan memberikan free product setiap pembelian dengan ketentuan yang ada. Strategi tempat yang dilakukan oleh Marelan Kurma yaitu dengan mempercantik store dikarenakan agar saat update produk terkesan rapi dan unik dikarenakan fokus penjualan di Online. Strategi promosi melalui kerjasama dengan kampus melalui event-event yang diadakan, selain itu dengan selalu update tentang produk dengan beberapa media sosial yang ada. Pada kesimpulannya, Marelan Kurma telah menerapkan keempat elemen dalam bauran pemasaran yang dijadikan bahan acuan dalam menjalankan tujuannya untuk menarik minat beli konsumen dan berhasil menjalankan strategi komunikasi pemasaran Marelan Kurma. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Minat Beli, Konsumen
STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENGEMBANGAN UMKM TENUN ULOS ASRUL HIDAYA RAMBE DI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA Kastina Hasibuan
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v2i2.662

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya komunikasi Disperindag dalam pengembangkan UMKM di Kabupaten Padang Lawas Utara. Permasalahan penelitian ini Bagaimana Strategi Komunikasi Disperindag Dalam Pengembangkan UMKM di Padang Lawas Utara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Disperindag Dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Padang Lawas Utara. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi yaitu komunikator, pesan komunikasi, media komunikasi, khalayak sasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa strategi komunikasi Disperindag dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Padang Lawas Utara menggunakan strategi dengan memasarkan barang produk UMKM, memberikan pelatihan untuk meningkatkan skil pekerjanya, memberikan bantuan berupa alat tenun. UMKM Tenunan Ulos Asrul M Rambe ini merupakan salah satu UMKM unggulan, menggunakan motif ciri khas Padang Lawas Utara seperti, motif candi bahal, Melalui motif dari tenunan ini bisa menceritakan bahwasanya di Padang Lawas Utara ada banyak ragam ciri khasnya. Keywords: Strategi Komunikasi, Disperindag, Pengembangan MSME Padang Lawas Utara

Page 1 of 1 | Total Record : 5