cover
Contact Name
Muhammad Taufiq Azhari
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282260225789
Journal Mail Official
fiqihazhari8@gmail.com
Editorial Address
Head Office : Jl. Sisingamangaraja Nomor 171 Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara Editorial Office : Jl. Bilal Ujung, Kota Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28295285     EISSN : 28294815     DOI : https://doi.org/10.58432/ekonom
Core Subject : Economy,
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun (periode April, Agustus dan desember). Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan tema ekonomi dan bisnis. Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pengamat di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini diterbitkan tiga tahun (April, Agustus dan Desember).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 10 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UIN SUMATERA UTARA Khairina Tambunan; Muhammad Imam Daei; Heri Kurniawan
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa yang ditimbulkan ketika menggunakan uang elektronik pada mahasiswa universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei dan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Uji data menggunakan SPSS 23 for Windows. Penulis menggunakan 30 sampel responden mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara .Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi sederhana Ŷ = = 5,975+ 0,828x Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik hasil uji t diperoleh t hitung (6.659) > t table (2.4671)  dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya adanya pengaruh signifikan Penggunaan Uang Elektronik secara signifikan berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara. ABSTRACT This study aims to determine the effect of using electronic money on student consumptive behavior and to determine student consumptive behavior that arises when using electronic money among students at the State Islamic University of North Sumatra. This study uses a quantitative approach with survey research methods and uses a simple linear regression analysis method. Test the data using SPSS 23 for Windows. The author used 30 samples of Islamic Economics student respondents at the State Islamic University of North Sumatra. The results showed that the analysis used was simple regression analysis  Ŷ = 5,975+ 0,828x. Based on the results of the analysis, it can be drawn that the t test results obtained t count (6.659) > t table (2.4671) with a significant value of 0.000 <0.05, meaning that there is a significant influence of the use of electronic money that has a significant effect on consumptive behavior in students of UIN Sumatra Utara.    
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PELAJAR MUSLIM MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN SYARIAH Bakia Sarmita Utari Siregar; Marliyah Marliyah
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.726

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas pelajar muslim menggunakan jasa keuangan Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Secara kuantitatif, penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi pelajar muslim menggunakan jasa keuangan Syariah. Sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan penyebaran angket dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model berdasarkan teknik Partial  Least Squares (SEM PLS). Penelitian ini menganalisis secara kualitatif bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas pelajar muslim menggunakan jasa keuangan Syariah. Hasil penelitian menunjukkan dapat dilihat dari hasil Bootstrap menunjukkan bahwa 3 (tiga) konstruk (variabel) yaitu Sistem Kemajuan Teknologi (X1), Sikap (Z) dan Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat (Y). Sedangkan variabel Pengetahuan (X2) dan Reputasi (X3) tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Minat (Y). Dan jika dilihat dari nilai R2 (R-square) dalam penelitian ini adalah 0,485 (antara > 0,25 < 0,50), dalam kategori lemah. Ini artinya semua variabel bebas yaitu Kemajuan Teknologi (X1), Pengetahuan (X2) dan Reputasi (X3), Produk (X4) dan Sikap (Z) berpengaruh lemah terhadap variabel terikat yaitu Minat (Y). Namun, ketika menggunakan kriteria Cohen (1988) jika nilai R2 lebih besar dari 0,40 maka model ini dianggap cukup substansial. ABSTRACT This study examines the factors that influence the intensity of Muslim students using Islamic financial services. This research uses quantitative methods. Quantitatively, this study examines the factors that influence Muslim students to use Islamic financial services. The sample used was 100 respondents by distributing a questionnaire and using a purposive sampling technique. Quantitative data analysis was performed using the Structural Equation Model based on the Partial Least Squares (SEM PLS) technique. This study analyzes qualitatively how the factors that influence the intensity of Muslim students using Islamic financial services. The results of the study show that it can be seen from the results of Bootstrap showing that 3 (three) constructs (variables), namely the Technology Advancement System (X1), Attitudes (Z) and Products (X3) have a positive and significant effect on Interest (Y). While the variables Knowledge (X2) and Reputation (X3) have no significant effect on Interest (Y). And if seen from the value of R2 (R-square) in this study is 0.485 (between > 0.25 <0.50), in the weak category. This means that all the independent variables namely Technological Advancement (X1), Knowledge (X2) and Reputation (X3), Products (X4) and Attitudes (Z) have a weak effect on the dependent variable, namely Interest (Y). However, when using Cohen's (1988) criteria if the R2 value is greater than 0.40 then this model is considered quite substantial.  
PERAN BISNIS ONLINE TERHADAP PASAR EKONOMI DIGITAL DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Iqbal Fahri Tobing; Marliyah Marliyah
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.727

Abstract

Tujuan adanya bisnis adalah menyenangkan atau memuaskan konsumen dengan menawarkan barang, jasa bahkan ide ataupun pemikiran yang bernilai nyata. Pelanggaran aktivitas bisnis yang dilakukan pelaku bisnis adalah sikap tidak jujur terhadap konsumen terhadap produk yang ditawarkan seperti tidak jujur terhadap produknya sendiri atau menyembunyikan informasi produk tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (libraryresearch).Metode yang digunakan untuk menganalisisnya adalah content analysis (analisis konten),karena penelitian ini adalah document analysis (analisis dokumen).Pendekatan yang digunakan adalah maqasid syariah. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun ternyata masih banyak penyimpangan-penyimpangan terjadi yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Hal ini mungkin terjadi karena ketidaktahuan masyarakat kita terhadap menjalankan bisnis yang sesuai prinsip syariah dan tentu saja menimbulkan ketidaktahuan ini kerugian bagi orang lain.Terdapat beberapa aspek yang bisa dijadikan solusi untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi mulai dari peran pelaku bisnis online sampai peran pemerintah yang cukup mendukung. Apabila semuanya ini telah dilakukan, pasar ekonomi digital perspektif syariah akan tercapai.Sudah saatnya bagi negara Indonesia membangun pasar,bukan seperti selama ini yang menjadi target pasar. ABSTRACT The purpose of a business is to please or satisfy consumers by offering goods, services and even ideas or thoughts of real value. Violations of business activities committed by business people are dishonest attitudes towards consumers regarding the products offered, such as being dishonest with their own products or hiding product information. This type of research is library research. The method used to analyze it is content analysis, because this research is document analysis. The approach used is maqasid sharia. Indonesia, where the majority of the population is Muslim, however, in fact there are still many deviations that are not in accordance with sharia principles. This might happen due to the ignorance of our society about running a business in accordance with sharia principles and of course this ignorance causes harm to other people. There are several aspects that can be used as a solution to avoid deviations that occur, starting from the role of online business actors to the role of the government which enough support. If all of this has been done, a digital economic market from a sharia perspective will be achieved. It is time for the Indonesian state to build a market, not the target market like so far.
PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH PADA ERA EKONOMI DIGITAL Dita Zakia Rahmah Siahaan; Marliyah Marliyah
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.765

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meneliti bagaimana perkembangan perbankan syariah pada era ekonomi digital. Teknologi digital merupakan salah satu produk ataupun fitur dari perkembangan teknologi era modern. Salah satu bidang yang paling krusial dalam era modern ini adalah bidang keuangan yang erat kaitannya dengan lingkup perbankan. Penelitian ini didasarkan pada literatur yang dipilih. Adapun metode penelitian yang dilakukan menggunakan Google Scholar untuk publikasi 5 tahun terakhir. Kemudian dilakukan analisis isi per topik bahasan peneliti yaitu Perkembangan Perbankan Syariah Pada Era Ekonomi Digital sehingga diperoleh 10 artikel. Temuan utama dari penelitian ini dari kajian studi literatur menunjukkan bahwa dengan keberadaan digital ekonomi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing produk dan jasa baik di level mikro maupun makro. Terdapat tiga tantangan yang dihadapi perbankan di Indonesia dalam pelayanan digital banking, yakni evaluasi uji coba layanan digital banking Bank Indonesia (BI) terkait dengan sistem informasi bank, ketersediaan jaringan, dan edukasi serta perlindungan konsumen. ABSTRACT This study aims to examine how the development of Islamic banking in the digital economy era. Digital technology is a productor feature of modern technological developments. One of the most crucial fields in this modern era is the financial sector which is closely related to the banking sector. This study is based on selected literature. The research method used is Google Scholar for publication in the last 5 years. Then a content analysis was carried out per the topic of there searcher's discussion, namely the Development of Islamic Banking in the Digital Economy Era so that 10 articles were obtained. The main findings of this research from a review of literature studies show that the existence of a digital economy willen courage economic growth and increase the competitiveness of products and services at both the micro and macro levels. There are three challenges faced by banks in Indonesia in digital banking services, namely the evaluation of trials of Bank Indonesia's digital banking services related to bank information systems, network availability, and consumer education and protection.
PENTINGNYA KOMUNIKASI PEMASARAN SELAMA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT Nisa Afifah Lubis
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.766

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian global, termasuk Indonesia, mengalami perlambatan yang berdampak pada ekspor Indonesia. kecuali pada sektor pertanian yang meningkat karena peningkatan komoditas perkebunan khususnya kelapa sawit. Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) merupakan salah satu sumber benih tertua di Indonesia yang memiliki varietas unggul. Dalam meraih kesuksesan di masa Pandemi, PPKS telah menyiapkan berbagai bentuk dan strategi komunikasi saat memasarkan produknya guna meningkatkan animo masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi pemasaran Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian data tersebut dipilih dari data yang telah terkumpul, dianalisis dalam kaitannya satu sama lain untuk memperoleh dugaan sementara dan menarik kesimpulan dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PPKS Medan sudah mengacu pada 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion, walaupun terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi mysawit, bentuk komunikasi pemasaran seperti jenis media, strategi komunikasi pemasaran pada pesan isi dan kelengkapan informasi, serta efektivitas komunikasi pemasaran terhadap efek kognitif, afektif, konatif yang dilakukan oleh PPKS Medan sudah efektif dan berjalan dengan baik. ABSTRACT The Covid-19 pandemic caused the global economy, including Indonesia, to experience a slowdown which had an impact on Indonesian exports. except for the agricultural sector which increased due to an increase in plantation commodities, especially oil palm. The Oil Palm Research Center (PPKS) is one of the oldest seed sources in Indonesia which has superior varieties. In achieving success during the Pandemic, PPKS has prepared various forms and communication strategies when marketing its products to increase public interest. The purpose of this study was to find out how the form of marketing communication from the Medan Oil Palm Research Center (PPKS) increased sales during the Covid-19 pandemic. The research method used in this study used qualitative research with a descriptive approach and data collection techniques through interviews and documentation. The data analysis technique in this study was to collect data obtained through in-depth interviews and documentation, then these data were selected from the data that had been collected, analyzed in relation to each other to obtain provisional conjectures and draw conclusions from these results. The results of this study indicate that PPKS Medan already refers to 4P namely Product, Price, Place, Promotion, even though there are obstacles in using the mypalm application, forms of marketing communications such as media types, marketing communication strategies on message and completeness of information, as well as the effectiveness of marketing communications on the cognitive, affective, conative effects carried out by PPKS Medan have been effective and running well.­­­­­­­
PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI HALAL MENUJU PUSAT INDUSTRI GLOBAL Muhammad Suhaimi; Marliyah Marliyah
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.768

Abstract

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan untuk menjadi pusat industri halal dunia tahun 2024, namun persaingan industri halal kini tidak hanya berasal dari negara-negara muslim melainkan juga negara-negara mayoritas non muslim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengurai peluang dan tantangan industri halal Indonesia menuju pusat industri halal dunia. Penelitian ini merupakan studi literatur, menggunakan pendekatan deskriptif, data dan informasi di himpun dari berbagai literatur dan data sekunder.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima aspek peluang industri halal Indonesia, aspek pengakuan global, keuangan,makanan halal, wisata halal dan aspek halal lifestyle. Terdapat masing-masing tiga tantanganyang berasal dari eksternal, yakni banyaknya negara pesaing, belum tersedianya keseragaman sertifikasi halal yang disepakati secara global dan ketidak kompakan negara-negara muslim dalam menetapkan standar produk halal; dan secara internal terdiri dari, kurangnya halal awareness pada masyarakat Indonesia,adanya problematika dari Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dan rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia untukberkompetisi. Selain tantangan tersebut juga terdapat kendala yang dihadapi Indonesia, antara lain peluang bisnis industri halal belum disadari banyak pihak maupun regulator, terbatasnya suplai bahan baku yang memenuhi kriteria halal, masih terbatasnya pemahaman sejumlah produsen yang disertai dengan belum memadainya infrastruktur, perbedaan standarisasi dan sertifikasi produk halal dan banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia. ABSTRACT The Indonesian government has planned to become the center of the world's halal industry in 2024, but competition for the halal industry now does not only come from Muslim countries but also non-Muslim majority countries.Therefore, this research aims to unravel the opportunities and challenges of the Indonesian halal industry towards the center of the world halal industry.This research is a literature study, using a descriptive approach, data and information collected from various literature and secondary data. The results of this study indicate that there are five aspects of opportunities for the Indonesian halal industry, aspects of global recognition, finance, halal food, halal tourism and aspects of halal lifestyle.There are three challenges that come from external sources, namely the number of competing countries, the unavailability of uniform halal certification that is agreed globally and the discordance of Muslim countries in setting halal product standards; and internally it consists of, the lack of halal awareness in the Indonesian people, the existence of problems from Law Number 33 of 2014 concerning Guaranteed Halal Products and the low awareness of the Indonesian people to compete. In addition to these challenges, there are also obstacles faced by Indonesia, including business opportunities in the halal industry that have not been realized by many parties or regulators, limited supply of raw materials that meet halal criteria, limited understanding of a number of producers accompanied by inadequate infrastructure, differences in standardization and certification of halal products. and the number of imported products entering Indonesia.
ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN GOJEK J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN GOJEK SELAMA PANDEMI Fairuz Raniah Adiba Putri; Dewi Kurniawati
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.769

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah iklan Gojek J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) dapat mempengaruhi konsumen memutuskan menggunakan Gojek selama masa pandemi, untuk mengetahui efektivitas iklan Gojek J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) dalam mempengaruhi konsumen untuk menggunakan Gojek selama pandemi dan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai iklan Gojek J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara angkatan 2017-2020 yang berjumlah 494 orang, dengan penentuan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel sebanyak 83 responden. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling, purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner (Field Research) dan studi kepustakaan (Library Research). Teknik analisis data menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis melalui aplikasi SPSS 26. Hasil uji hipotesis menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan antara pengaruh efektivitas iklan Gojek J3K terhadap keputusan konsumen menggunakan Gojek selama pandemi dengan tingkat pengaruh sebesar 29%. ABSTRACT The purpose of this research is to find out whether Gojek J3K (Keep Health, Clean and Safety) advertisements can influence consumers to decide to use Gojek during a pandemic, to find out the effectiveness of Gojek J3K (Keep Health, Clean and Safety) ads in influencing consumers to use Gojek during a pandemic and to find out consumer responses regarding Gojek J3K advertisements (Keep Health, Cleanliness and Safety). This research is a quantitative research using correlational research methods. The population in this study were 494 students of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences, University of North Sumatra, with a sample determination using the Taro Yamane formula with 10% precision and 90% confidence level so that a sample of 83 respondents was obtained. The sampling technique in this study was non-probability sampling, purposive sampling and accidental sampling. Data collection techniques were carried out using questionnaires (Field Research) and library research (Library Research). The data analysis technique uses single table analysis, cross table analysis, and hypothesis testing through the SPSS 26 application. The results of the hypothesis test show that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a relationship between the influence of the effectiveness of Gojek J3K advertising on consumer decisions to use Gojek during a pandemic with the level of influence by 29%.
ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI SELF ESTEEM DALAM IKLAN TRAVELOKA “LIFE YOUR WAY” Shafira Triana Putri
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.770

Abstract

Traveloka meluncurkan tagline baru “Life, Your Way”. Perubahan tagline ini merespon peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Salah satu cara mempromosikan tagline tersebut melalui iklan. Iklan traveloka edisi “Life, Your Way” tidak hanya mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan bersama Traveloka, tetapi juga mengajak dan mengingatkan masayarakat untuk tetap percaya diri dalam cara menikmati hidup. Salah satu  caranya dengan mengungkapan pendapat melalui tindakan memilih perjalanan yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaiman representasi self esteem pada iklan traveloka edisi “Life, Your Way” ini. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan penelitian pustaka dan menganalisisnya menggunakan teori semiotika Charles S. Pierce yang menggunakan 3 elemen yaitu tanda, objek dan interpretasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan Traveloka dapat merepresentasikan makna self esteem melalui tindakan memilih cara menikmati hidup dengan percaya diri dan sesuai dengan keinginan diri sendiri tanpa harus membandingkan cara orang lain dan pendapat orang lain dalam menikmati hidup. ABSTRACT Traveloka launched a new tagline “Life, Your Way”. This change in the tagline responds to the increasing need for people to travel. One way to promote the tagline is through advertising. The Traveloka advertisement  "Life, Your Way" edition not only invites the public to travel with Traveloka, but also invites and reminds the public to remain confident in how to enjoy life. how to express opinions through the act of choosing a trip that suits what you want. The purpose of this research is to examine how self-esteem is represented in the traveloka advertisement “Life, Your Way” edition. The method applied in this research is qualitative research, data collection techniques are using library research and analyzed using Charles S. Pierce's semiotic theory which uses 3 elements, signs, objects, and interpretation. It can be concluded that Traveloka advertisements can represent the meaning of self-esteem through the act of choosing how to enjoy life confidently and according to one's desires without having to compare other people's ways and the opinions of other people in enjoying life.
Analisis Pengaruh Fluktuasi Nilai Tukar Terhadap Pengembalian Bitcoin: Pendekatan Deret Waktu dalam Perspektif Keuangan Digital Gloria Esteriana; Dicky Perwira Ompusunggu; Alexandra Hukom Hukom
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.840

Abstract

Mata uang kripto, termasuk Bitcoin, telah menjadi subjek perhatian besar dalam media dan akademisi karena fluktuasi harganya yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fluktuasi nilai tukar (USD/AUD, USD/EUR, USD/GBP, dan USD/JPY) terhadap pengembalian Bitcoin dalam periode 2014 hingga 2019 dengan menggunakan pendekatan deret waktu. Kami menerapkan model ARMA dan metode Maximum Likelihood Estimation untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fluktuasi nilai tukar tidak berpengaruh secara signifikan pada pengembalian Bitcoin ketika kepercayaan diukur pada tingkat 95 persen. Namun, ketika signifikansi diukur pada tingkat 90 persen, GBP ditemukan berpengaruh secara signifikan pada pengembalian Bitcoin. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor umum yang mempengaruhi pengembalian USD/GBP dan Bitcoin secara bersamaan dalam beberapa waktu terakhir. Studi selanjutnya dapat mempertimbangkan untuk menyelidiki pengaruh fluktuasi nilai tukar pada mata uang kripto lainnya, selain Bitcoin, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengaruh nilai tukar terhadap aset digital dalam perspektif keuangan digital. ABSTRACT Cryptocurrencies including Bitcoin have been the subject of great attention in the media and academia due to their large price fluctuations. This study aims to analyze the effect of exchange rate fluctuations (USD/AUD, USD/EUR, USD/GBP, and USD/JPY) on Bitcoin returns in the period 2014 to 2019 using a time series approach. We apply the ARMA model and the Maximum Likelihood Estimation method to analyze the data.The results show that exchange rate fluctuations have no significant effect on Bitcoin returns when trust is measured at the 95 percent level. However, when significance is measured at the 90 percent level, GBP is found to have a significant effect on Bitcoin returns. This may be due to a common factor influencing USD/GBP and Bitcoin returns together in recent times. Future studies may consider investigating the effect of exchange rate fluctuations on other cryptocurrencies, besides Bitcoin, to gain a more comprehensive understanding of the effect of exchange rates on digital assets from a digital finance perspective.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BESI BAJA PADA PT. BINTI JAYA BAJA MEDAN Amardihansyah Pohan; Nahar Maganda Saragih
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i1.843

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana strategi pemasaran yang tepat melalui marketing mix dalam meningkatkan penjualan produk besi pada PT. Binti Jaya Baja. Hasil penelitian yaitu bahwa strategi yang paling tepat diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk besi PT. Binti Jaya Baja yang diperoleh dari analisis SWOT adalah Strategi Strength-Opportunity (SO), adapun kategorinya yaitu: Memilih pabrik produk besi baja dengan harga yang terjangkau, Memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin agar dapat menawarkan produk yang update, memiliki desain yang menarik dan bervariasi, Memanfaatkan kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan produk yang ditawarkan seperti mengupdate produk, memperhatikan kualitasnya dan menawarkan produk yang menarik serta bervariasi, Memanfaatkan peampilan gudang yang menarik untuk menarik perhatian yang menjadi pasar sasaran, Memanfaatkan lokasi yang strategis untuk menarik minat pelanggan untuk membeli produk.Sedangkan strategi lainnya seperi strategi Weakness-Opportunity (WO): Meningkatkan promosi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan memanfaatkan lokasi yang dekat dengan universitas, Menambah barang ikatatan kecil besi dan fasilitas yang cukup agar stok produk besi lebih banyak, Menigkatkan, menambah, dan memperluas area gudang tempat usaha. Strength Opportunity (ST): Memastikan harga produk dapat dijangkau oleh konsumen, dan Menawarkan produk yang berkualitas, update, dan bervariasi Weakness-Threats (WT): Menjual produk yang memiliki desain, jenis, motif yang disukai oleh masyarakat, dan Meningkatkan barang ikatan besi kecil agar tidak kekurangan pada saat proses muat barang. ABSTRACT The study aims to analyze how the right marketing strategy through the marketing mix in increasing sales of iron products at PT. Bint Jaya Baja. The result of the research is that the most appropriate strategy is applied to increase sales of iron products at PT. Binti Jaya Baja obtained from the SWOT analysis is a Strength-Opportunity (SO) Strategy, as for the categories, namely: Choosing a steel product factory at an affordable price, Utilizing information technology as best as possible in order to offer updated products, having attractive and varied designs, Utilizing the needs of the community by paying attention to the products offered such as updating products, paying attention to quality and offering attractive and varied products, Utilizing an attractive warehouse appearance to attract the attention of the target market, Utilizing strategic locations to attract customers to buy products. Meanwhile, other strategies such as the Weakness-Opportunity (WO) strategy: Increase promotion through the use of information technology and take advantage of locations close to universities, Add small iron ties and sufficient facilities to increase stock of iron products, Increase, increase, and expand warehouse area place of business. Strength Opportunity (ST): Ensuring product prices are affordable by consumers, and Offering quality, updated, and varied products Weakness-Threats (WT): Selling products that have designs, types, motifs that are liked by the public, and Increasing iron-bonded goods small so there is no shortage during the process of loading goods.  

Page 1 of 1 | Total Record : 10