cover
Contact Name
Iskandar Zulkarnain
Contact Email
abdimasloyalitasdanedukasi@gmail.com
Phone
+6281361811797
Journal Mail Official
abdimasloyalitasdanedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja km. 5,5 no. 10, Harjosari I, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jaliye: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
ISSN : 29618010     EISSN : 29618878     DOI : https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i1.247
Jaliye : Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi merupakan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Washliyah (Univa) Medan. Jurnal ini memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa implementasi berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, dan ekonomi. Dalam satu tahun Jaliye diterbitkan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi Jaliye mengundang para peneliti, akademisi, dan para praktisi untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan di masyarakat. Ruang lingkup Jurnal Jaliye meliputi: Pendidikan, Teknik, Pertanian, Sosial humaniora, dan Ekonomi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
PELATIHAN PEMBATIK (PEMBALAJARAN BERBASIS TIK) Nurhayati Nurhayati; Risna Mira Bella Saragih; Yeni Novita Harahap
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 1 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i1.228

Abstract

Pendidikan di sekolah kebanyakan memberikan pelajaran kepada siswa dengan berbagai bahan ajar yang harus dihafal, pendidikan tidak diarahkan untuk mengembangkan dan membangun karakter serta potensi yang dimiliki. Dengan kata lain, proses pendidikan tidak diarahkan untuk membentuk manusia kreatif dan inovatif. Pembelajaran dengan memanfaatkan dan mengikutsertakan peran teknologi di dalamnya akan lebih menarik, efektif, dan efisien. Maka dari itu perlu adanya pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik dalam hal penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna mendukung terciptanya pembelajaran yang inovatif sehingga dalam melakukan kegiatan belajar mengajar akan lebih menarik dan mudah dimengerti oleh siswa dan sesuai dengan tuntutan abad 21. Program PKM ini dilaksanakan di Kecamatan Medan Amplas, dengan sasaran para guru di SMP Al Washliyah 8 Medan. Dengan kegiatan ini diharapkan guru dapat melaksanakan pembelajaran berbasis TIK. Kepada mitra akan diberikan pelatihan pembelajaran berbasis TIK, yang didalamnya mencakup pula pengintegrasian TIK pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu dilakukan pendampingan kepada mitra, agar upaya melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan dapat terwujud dan berjalan dengan baik. Pembelajaran berbasis TIK yang dikenalkan, dapat membantu guru dalam mengaplikasikan berbagai macam variasi media pembelajaran yang menarik, inovatif dan interaktif bagi siswa, sehingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan.
PENTINGNYA PEMBATASAN PENGGUNAAN GADGET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK Lilis Arini; Nur Rahmi Rizqi; Yenni Novita Harahap
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 1 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i1.247

Abstract

Gadget merupakan alat yang berukuran mini yang di hubungkan dengan suatu jaringan dengan banyak kegunaan yang di peroleh sehingga mudah mengakses berbagai informasi dan hiburan yang telah tersaji dalam bentuk Online dan Offline. Namun pengguna gadget sering kali disalahgunakan oleh sebagian pihak seperti orang tua memberikan fasilitas gadget untuk media dalam mendidik anak yang masih berusia dini tanpa pengawasan yang ketat. Anak kecanduan dengan gadget sehingga lalai dan terlena dengan pelayanan yang ada pada gadget sehingga minat belajar berkurang, ditambah peran orang tua yang kurang mengontrol aktivitas anak karena sibuk bekerja. Gadget dijadikan sarana prasarana belajar, peran orang tua yang mengatur semua settingan atau isi dalam gadget anak, memperkenalkan anak dengan aplikasi edukasi atau pembelajaran yang bisa menunjang minat dan kreativitas belajar anak. Jadi penggunaan media teknologi seperti gadget perlu adanya pembatasan dan pengawasan oleh orang tua pada saat anak menggunakan gadget, dan rata-rata bentuk penggunaan gadget pada anak hanya untuk bermain game, dan menonton youtube, berbeda dengan orang dewasa yang bentuk penggunaan gadgetnya untuk browsing, chatting, dll. Penggunaan gadget pada anak kebanyakan dilakukan saat dirumah, misalkan pulang sekolah, makan, dan tidur. Dengan demikian peran orang tua adalah membatasi penggunaan gadget untuk meningkatkan minat belajar anak atau kreativitas lainnya.
PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA GELORA PANCASILA DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Iskandar Zulkarnain; Arianto Arianto; Diah Kusyani; Meida Rabia Sihite
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 1 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i1.249

Abstract

Tujuan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMA Gelora Pancasila di Kabupaten Serdang Bedagai untuk memberikan pelatihan agar guru-guru di SMP Glora Pancasila Kabupaten Serdang bedagai dapat melakukan penelitian tindak kelas. Sehingga uraian permasalahan yang dihadapi dapat dikonstruksikan secara ilmiah. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 20 orang guru dan 4 tenaga kependidikan. Pelatihan dilakukan secara intensif disetiap minggu. Nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyelesaian masalah yang serupa. Baik di wilayah regional maupun nasional, pelatihan yang dilakukan kepada guru agar hasil PTK yang dilakukan dapat di terbitkan sebagai jurnal penelitian. Hasil pengabdian masyarakat ini berupa naskah laporan yang tertulis mengenai hasil ketercapaian guru-guru dalam pelatihan yang diberikan berupa uraian deskriptif kuantitatif mengenai tingkat kepuasan dan keberhasilan guru-guru dalam pelatihan yang diberikan. Hasil yang diperoleh mengenai pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMA Gelora Pancasila di Kabupaten Serdang Bedagai dideskripsikan pada aspek kepuasan kepada narasumber sebesar 89% dengan kriteria sangat baik, aspek pemahaman materi yang dijelaskan oleh narasumber 85% dengan kategori sangat baik. Dan tingkat pengetahuan setelah mendapatkan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMA Gelora Pancasila di Kabupaten Serdang Bedagai sebesar 87%. Hasil pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMA Gelora Pancasila di Kabupaten Serdang Bedagai yang telah dilakukan keseluruhannya menunjukan hasil yang positif.
PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE UNTUK GURU SMP DI MASA PANDEMI COVID-19 Iskandar Zulkarnain; Arianto Arianto; Diah Kusyani; Meida Rabia Sihite; Siswadi Siswadi
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 1 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i1.251

Abstract

Solusi yang ditawarkan untuk pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website adalah dengan melakukan tutorial, workshop, dan simulasi di sekolah tersebut namun dengan menerapkan protokoler kesehatan. Hal ini akan membantu mitra sebagai sebuah lembaga pendidikan untuk memper kaya kemampuan literasi tenaga pengajarnya meningkatkan kreativitasnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan akses internet yang ada. Nantinya dapat diterapkan oleh guru-guru dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang disepakati oleh pengusul dan mitra adalah memberikan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website dengan melakukan tutorial, workshop, dan simulasi di sekolah tersebut. Dampak yang dihasilkan dari pemberian pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website tersebut pada sekolah mitra adalah semakin bertambahnya wawasan dan kreativitas guru dalam mengajar di tengah situasi pandemi Covid-19. Memancing minat dan ketertarikan siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, membangkitkan gairah belajar siswa yang sempat lesu akibat aktivitas daring yang kurang menarik minat siswa, serta guru mampu meninggalkan literasi mereka dalam bidang teknologi dan informasi dalam situasi pendemi saat ini.
PELATIHAN TRIK CARA CEPAT MENJAWAB SOAL SBMPTN Yumira Simamora; Khoiruddin Matondang; Risna Mira Bella; Siswadi Siswadi
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 1 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i1.252

Abstract

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) wajib diikuti bagi siswa yang ingin ingin masuk ke perguruan tinggi negeri dengan jalur SBMPTN. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa kelas XII trik cara cepat menjawab soal UTBK jalur SBMPTN. Sedangkan tujuan tujuan UTBK adalah memprediksi calon mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah di kampus yang dipihnya dengan baik dan tepat waktu. Dengan demikian siswa kelas XII penting dan perlu mempersiapkan diri dan mengetahui trik atau cara cepat menyelesaikan soal UTBK matematika. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Laboratorium IAIN Medan pada tanggal 18 November 2021. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas XII dan XII MIPA A dan B sejumlah 69 siswa. Materi yang disampaikan adalah Limit Fungsi ALjabar dan Perbandingan. Berdasarkan hasil evaluasi, target utama dari pelaksanaan kegiatan ini telah tercapai. Siswa mengetahui cara trik atau cara cepat, 81% siswa mampu mengerjakan soal Limit fungsi Aljabar, dan Perbandingan dengan cepat, benar dan baik.
PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM TINGKAT SMP Risnamirabella Saragih; Khoiruddin Matondang; Yumira Simamora; Jihan Hidayah Putri; Kamal Arief
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 2 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i2.377

Abstract

Minimum Competency Assessment (AKM) part of the ANBK examination which is held every year in junior high schools. The purpose of this service is to improve students' skills in solving AKM questions through tryouts. Community service activities were held on June 23 2022 at Bina Satria Mulia Middle School. The target of this activity is class VIII B students with a total of 25 students. The questions given are HOTS questions for junior high school students. This service target has been achieved. Students know the forms of AKM questions, 100% of students take part in the tryout and discussion of AKM questions.
PENYULUHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ERGONOMI PADA PEKERJA PORTER DI BANDARA SILANGIT Ivana Wardani; Donna Nurhaida Masdiana Sirait; Muhammad Caesar Akbar
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 2 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i2.378

Abstract

Tugas seorang porter bandara mengangkut barang-barang dari penumpang pesawat yang mana barang tersebut bervariasi berat dan ukurannya, walaupun dari pihak maskapai telah menerapkan standar berat barang yang dapat diangkut maskapai, tetapi tetap saja para penumpang pesawat membawa barang melebihi standar yang ditetapkan oleh maskapai. Pemindahan barang melibatkan porter mengalami pembengkokan badan kedepan yang konstan dan berulang dari posisi berdiri, membungkuk kemudian berdiri lagi, yang menggunakan bahu, siku dan pergelangan tangan bahkan punggung untuk menarik, mendorong dan mengangkat beban yang berat. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada porter pentingnya bekerja secara ergonomik agar terhindar dari terjadinya musculoskeletal disorder (MSDs) pada porter, mitra pengabdian adalah PT. Mitra Angkasa Silangit, metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan melalui pemaparan materi sehingga peserta mengetahui gejala MSDs. Hasil dari kegiatan pengabdian ini, para porter memahami maksimal berat barang yang dapat diangkut oleh individu serta posisi ergonomi yang baik ketika bekerja. Kata Kunci : ergonomi, porter, musculoskeletal disorder.
EDUKASI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DALAM MENGENAL BILANGAN MATEMATIKA Minta Ito Simamora Simamora; israq Maharani; Yenni Novita Harahap; Nur Rahmi Rizqi; Diana Jalila Nasution
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 2 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i2.384

Abstract

Masih kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan alat peraga yang menunjang perkembangan motorik siswa khususnya dalam mempelajari mengenal bilangan matematika sehingga dapat menimbulkan rasa kebosanan pada siswa.Tujuan dari pelaksanan pengabdian masyarakat yaitu cara menggunakan alat permainan edukatif (APE) dalam pembelajaran matematika dan melihat kemampuan motorik siswa dalam menggunakan alat permainan tradisional. Metode Pelaksanaan dengan presentasi dan simulasi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Matematika FKIP Universitas Al Washliyah Medan. Alat permainan edukatif yang sengaja dirancang khususnya untuk menunjang terselenggaranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan, serta sebagai sarana yang dapat merangsang aktivitas anak untuk mempelajari sesuatu tanpa anak menyadarinya dan yang dirancang secara multiguna sehingga anak dapat melatih berbagai motorik halus, mengenal konsep warna, bentuk dan ukuran.
IMPROVING TEACHERS’ PERFORMANCE IN PLANNING AND IMPLEMENTING LEARNING ACTIVITIES THROUGH THE TEACHERS’ APPRAISAL AT MTsN 3 WEST ACEH IN ACADEMIC YEAR 2022/2023 Almunawar Khalil
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 2 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i2.386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan penilaian perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di MTsN 3 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru menyusun perencanaan pembelajaran sebelum ada penilaian kinerja dan setelah dilaksanakan penilaian kinerja, yaitu dari 50,30 dalam kriteria kurang, pada pelaksanaan siklus pertama meningkat menjadi 69,70 dalam kriteria cukup dan pada siklus kedua memperoleh nilai sebesar 86,67 dalam kriteria baik sekali, dan peningkatan kinerja guru kegiatan pelaksanaan pembelajaran sebelum ada penilaian kinerja dan setelah dilaksanakan penilaian kinerja, yaitu dari 49,00 dalam kriteria kurang, pada pelaksanaan siklus pertama meningkat menjadi 69,08 dalam kriteria cukup dan pada siklus kedua memperoleh nilai sebesar 85,58 dalam kriteria baik. Kesimpulannya adalah pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja guru pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan serta proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kinerja guru di MTsN 3 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.
REGULASI DIRI DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN Lailan Syafira Putri Lubis; Arianto Arianto; Nurhayati Nasution; Syafrina Prihartini
JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi Vol. 1 No. 2 (2022): JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVA Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/jaliye.v1i2.442

Abstract

Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tercatat pada tahun 2013 Indonesia berada di peringkat ketiga hutan terluas versi data Forest Watch Indonesia (FWI). Maka, tidak heran jika kemudian Indonesia dijuluki Paru-paru Dunia. Tetapi pada perkembangan selanjutnya di tahun 2019 tingkat deforestasi Indonesia masih tinggi sehingga mengundang kekhawatiran global. Salah satu bentuk deforestasi atau penghilangan hutan adalah dengan menebang pohon demi pembukaan lahan baru untuk keperluan industri. Selain itu, data Food and Agriculture Organization (FAO) pada 2019 menjelaskan bahwa setiap harinya, terdapat sekitar 50 hektar hutan Indonesia mengalami kerusakan sejak 2007. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang mengalami kerusakan hutan tercepat.Pada data terbaru di tahun 2021 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan bahwa deforestasi hutan Indonesia cenderung menurun dan stabil, namun di lain sisi terdapat masalah tambahan gas karbon dan produksi emisi yang meningkat sehingga membuat atmosfer bumi panas dan mempercepat terjadinya perubahan iklim. Permasalahan ini memberikan inspirasi tim pengabdian masyarakat UNIVA Medan melakukan kegiatan pelestarian lingkugan melalui kegiatan pembagian bibit pohon untuk ditanam di perkarangan rumah ataupun lingkungan sekitar, penanaman pohon serta melakukan bimbingan informasi tentang meregulasi diri dalam melestarikan lingkungan untuk mencapai kebahagiaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan kembali tentang pentingnya kontrol diri dalam melestarikan lingkungan Kota Medan agar semakin asri, bersih dan nyaman bagi penduduknya sehingga harapannya tingkat kebahagiaan individunya pun akan meningkat. Kegiatan dilakukan bersama Persatuan Perempuan Sumatera Utara (Ppesut) dalam penyelenggaraan Acara Peringatan Hari Ibu ke-94 di Ruang Terbuka Halaman Stadion Mini Kampus USU.

Page 1 of 2 | Total Record : 17