cover
Contact Name
Dadi Mulyadi Nugraha
Contact Email
sosioreligi@upi.edu
Phone
+6285795665290
Journal Mail Official
sosioreligi@upi.edu
Editorial Address
Gedung Numan Soemantri, FPIPS UPI, Departemen Pendidikan Umum, Lantai 2, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung, 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pendidikan Umum
ISSN : 16931793     EISSN : 26563622     DOI : -
Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, reviews of articles from contributors, and news on new technologies related to general education. This journal includes original research articles, review articles, and brief communication, including: General Education Character building Value Education Pancasila Education Civic education Religious education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM" : 5 Documents clear
Pembinaan civic disposition berbasis nilai-nilai kemanusiaan pada pembelajaran pendidikan kerwarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi Tina Septiana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekarang ini, nilai – nilai kemanusiaan pada dunia medis sudah merosot dengan indikator begitu banyak kasus-kasus pelanggaran hak asasi terhadap pasien dan dalam lingkungan rumah sakit banyak dijumpai tenaga keperawatan yang kurang beretika. Pada dunia keperawatan nilai – nilai kemanusiaan sangatlah penting karena nilai tersebut merupakan suatu sikap dan pendekatan yang memperlakukan pasien sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan lebih dari sekedar nomor tempat tidur atau sebagai seorang berpenyakit tertentu. Perawat harus menggunakan pendekatan humanistik dalam prakteknya untuk memperhitungkan semua yang diketahuinya tentang pasien yang meliputi pikiran, perasaan, nilai-nilai, pengalaman, kesukaan, dan bahasa tubuh pasien. Mahasiswa keperawatan sebagai bagian dari masyarakat mendapatkan Pendidikan Kewarganegaran di Perguruan Tinggi dalam rangka mempersiapkan mereka agar dapat lebih baik ketika menjadi tenaga medis nantinya dengan memiliki watak-watak kewarganegaraan yang baik.
Implementasi pendidikan karakter disiplin di PAUD Bima Sakti Sumedang Ofach Pudin; Aceng Kosasih; Ganjar Muhammad Ganeswara
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter disiplin di PAUD. Ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triagulasi yang memeriksa atau membandingkan beberapa data, termasuk komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, tindakan yang diambil dalam mengimplementasikan karakter disiplin. Karakter ini tidak dapat berhasil selama tidak ada keberlanjutan dan keselarasan antara lingkungan pendidikan seperti rumah tangga dan keluarga sebagai pembentukan karakter dan lingkungan pendidikan pertama dan utama. Untuk meningkatkan kualitas karakter disiplin dalam pendidikan, implementasi dan evaluasi diperlukan di semua tingkat pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter disiplin dalam pendidikan dapat mengubah sikap dan perilaku guru dan siswa PAUD menjadi lebih baik, misalnya guru dan peserta didik akan berjabat tangan ketika mereka datang atau meninggalkan sekolah, menyelesaikan upacara secara bergantian, tidak ada lebih banyak peserta didik yang datang terlambat atau bolos sekolah. Pengembangan dan implementasi karakter disiplin merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk menciptakan peserta didik yang terbiasa berperilaku lebih disiplin.
Hubungan sikap kemandirian peserta didik dengan prestasi belajar ditinjauh dari status ekonomi keluarga di MTs Negeri Garut Hamidah Hamidah
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seorang anak yang memiliki (sikap mandiri) atau rasa kemandirian akan mampu menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dan dapat mengatasi kesulitan yang terjadi. Anak yang mandiri cenderung berprestasi karena dalam menyelesaikkan tugas-tugasnya anak tidak lagi tergantung kepada orang lain. Sehingga anak lebih bisa percaya diri dengan kemampauannya. Sikap dipengaruhi oleh faktor dalam proses evaluatif diantaranya faktor masyarakat modern yang cenderung berperilaku serba instan, praktis, ingin serba cepat, sistem pendidikan yang diterapkan sekolah khususnya dalam proses belajar mengajar, penegakan peraturan sekolah, bimbingan guru terhadap siswa, serta kondisi status sosial ekonomi orang tua/peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi belajar dan menunjang kemandirian siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif antara kemandirian dan prestasi belajar ditinjau dari status ekonomi keluarga di MTs Negeri Garut.
Revolusi mental: peranan orang tua dalam penanaman sikap tertib berlalu lintas Supriyono Supriyono; Mirna Nur Abdulah; Sani Nuraeni
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini sering dijumpai pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh para remaja di Indonesia. Pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan oleh remaja diantaranya tidak memakai helm, kebut-kebutan, sampai ugal-ugalan, sehingga perilaku tersebut mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh orang tua terhadap penanaman sikap tertib dalam berlalulintas pada remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode reseacrh and development atau lebih dikenal dengan RnD dengan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Peran orang tua dalam penanaman sikap tertib berlalulintas pada remaja sebesar 0,645 yang berarti persentase hubungan atau korelasi antara orang tua dan remaja ini kuat.
Pengembangan mata kuliah pendidikan sosial budaya berbasis pendidikan karakter kebansgaan dan berorientasi kerangka kualifikasi nasional Indonesia Bunyamin Maftuh; Rika Sartika; Maulia Kembara
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sudah menjadi keharusan warga negara Indonesia dibekali modal yang cukup dalam menghadapi era globalisasi. Mata Kuliah pendidikan sosial budaya merupakan sarana yang tepat untuk membekali mahasiswa dari aspek pemahaman sosial dan budaya dalam menghadapi era globalisasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap Mata Kuliah Pendidikan Sosial Budaya dan bagaimana manfaat Mata Kuliah Pendidikan Sosial Budaya bagi mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapati persepsi mahasiswa yakni pembelajaran Mata Kuliah PSB menekankan mahasiswa untuk peka dan peduli terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat dan juga bermanfaat bagi penyelesaian studi karena ketika pembelajaran PSB dilatih melakukan penelitian dan menyampaikan laporan penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 5