cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460. Email: glorespublication@gmail.com / admin@glorespublication.org WA: +62-812-5450-4942 (Reza Akbar)
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Global Futuristik
ISSN : -     EISSN : 29861934     DOI : https://doi.org/10.59996
The scope and focus of study from Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner include studies of law, economics, business, management, education, humanities, history and culture, philosophy, research methodology, and the study of society and religion issues
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner" : 10 Documents clear
Pengelolaan Perpustakaan MA Al-Furqon Cimerak untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Andi Abdul Hanafi
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.22

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan dilaksanakan di MA Al Furqon Cimerak.  Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif subjektif. Eksplorasi diarahkan ke perpustakaan MA Al Furqon di Cimerak. Informasi dikumpulkan melalui persepsi, pertemuan, dan dokumentasi informasi. Dari konsekuensi penelaahan tersebut dikemukakan bahwa: 1) penyusunan program kerja yang diselesaikan di perpustakaan sekolah MA Al Furqon Cimerak sudah sesuai dengan penyusunan program perpustakaan yang terdiri dari sasaran, penyusunan, metodologi, dan proyek. 2) Pelaksanaan program kerja perpustakaan mencakup beberapa sudut antara lain pelaksanaan program perolehan, penanganan bahan pustaka, pelaksanaan program pendampingan, pelaksanaan program penanganan informasi perpustakaan, dan pelaksanaan program. 3) Penilaian penyusunan dan pelaksanaan program kerja perpustakaan merupakan suatu karya yang dijadikan sebagai pertimbangan untuk memutuskan pendekatan pengelola perpustakaan pada tahun yang akan datang.
Analisis Literasi Zakat Pertanian di Kalangan Petani Desa Matang Danau Kecamatan Paloh Umi Ulfa
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.66

Abstract

Kabupaten Sambas memiliki banyak potensi untuk pertanian padi. Namun, tingkat literasi zakat di kalangan petani padi masih menjadi kendala dalam distribusi uang zakat. Sementara itu, zakat bukan hanya persyaratan untuk mempraktikkan Islam; akan tetapi salah satu strategi terbaik untuk mengurangi kemiskinan dengan mendorong zakat produktif di antara mereka yang kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi zakat pertanian di kalangan masyarakat Desa Matang Danau Kecamatan Paloh. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tanggung jawab zakat yang terus berlanjut di desa Matang Danau, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Namun demikian ada juga informan mengetahui dan memahami zakat. Hal ini diperlukan agar umat Islam dapat menyadari bagaimana kewajiban zakat fitrah dan zakat harta bendanya, yang keduanya merupakan bagian dari rukun Islam.
Literasi Pembayaran zakat: Studi pada Masyarakat Desa Matang Labong Santi Santi
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.68

Abstract

Zakat merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia sebab, kewajiban berzakat sama dengan kewajiban mendirikan sholat. Secara garis besar di dalam Islam zakat terbagi kepada dua jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Ketidakoptimalan jumlah zakat yang terkumpul dapat disebabkan beberapa hal antara lain ketidaktahuan membayar zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi zakat masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari kuesioner yang di sebar pada responden penelitian. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dapat diperoleh hasil literasi masyarakat tentang pembayaran zakat di lembaga BAZNAS di Kabupaten Sambas berikut adalah pernyataan yang diberikan kepada informan. Terdapat 7 informan yang kurang mengetahui literasi pembayaran zakat di lembaga BAZNAS Kabupaten Sambas dan juga Terdapat 3 informan yang mengetahui literasi pembayaran zakat di lembaga BAZNAS Kabupaten Sambas.
Pembelajaran Kognitifistik sebagai Upaya Respon Terhadap Dampak IPTEK Salsabila Ajizatul Janah; Rizki Idul Rohman; Dede Ilman Nurzaman
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.177

Abstract

Perkembangan IPTEK terhadap dunia Pendidikan dapat memengaruhi pola pikir pelajar baik dalam hal positif maupun hal negatif dengan terganggunya stimulus otak seseorang sehingga dapat mengganggu kesehatan mental. Kita juga menyaksikan banyaknya kalangan remaja yang terkadang menyalahgunakan teknologi hanya untuk kesenangan sesaat saja. Namun, semua itu dapat diubah dengan menerapkan beberapa teori yang terdapat pada psikologi pendidikan, salah satunya yaitu dengan menerapkan teori kognitif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan sumber berupa buku-buku dan jurnal. Hasil kajian ini menyatakan bahwa pada pembelajaran psikologi Pendidikan terdapat beberapa alternatif terapi kognitif yang dapat bermanfaat terhadap pola pikir seorang pelajar maupun individu supaya dapat terarahkan dalam mengambil keputusan serta bertingkah laku dengan sehat dan dapat mengontrol emosional.
Pentingnya Memahami Psikologi Pendidikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar Barizah Amalia; Devi Srirahayu; Arif Ridwan Maulana
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang cukup guna memberi pemahaman tentang pentingnya psikologi pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Studi ini berfokus untuk mengeksplor tentang bagaimana seorang pendidik dapat mengatasi berbagai faktor yang dapat mempengaruhi berjalannya kegiatan belajar mengajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian kepustakaan. Studi ini menyatakan bahwa setiap pendidik dituntut untuk dapat memahami karakteristik setiap siswa agar dapat melakukan proses belajar mengajar yang tepat, sehingga dapat menghasilkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
Retracted: Optimalisasi Aplikasi SIP sebagai Sarana Penyelenggaraan Ujian di SMA Negeri 1 Pangandaran Annisa Kania Fauzani Tarigan; Hani Pitriani; Acep Ridwan Maulana
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.205

Abstract

Ujian maupun pembelajaran di SMAN 1 Pangandaran pada saat ini sudah menggunakan gadget dalam mendukung proses pembelajarannya. Berdasarkan kondisi tersebut, pihak sekolah membuat sistem pembelajaran dan ujian online yang bisa diakses oleh siswa maupun guru dalam bentuk google form. Pembelajaran berjalan lancar namun sering kali terkendala jaringan karena banyaknya area blank spot di SMAN 1 Pangandaran. Karena keadaan tersebut pihak sekolah membuat aplikasi sistem ujian semi online yaitu aplikasi SIUS yang merupakan aplikasi lokal sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang berhubungan dengan pengelolaan sistem pembelajaran dan ujian di SMAN 1 PANGANDARAN. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi SIUS dalam pembelajaran dan ujian di SMAN 1 PANGANDARAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibuat dan digunakannya aplikasi SIUS sangat efektif dalam menunjang pembelajaran siswa. Pengelolaan data ujian bagi siswa maupun guru lebih mudah karena sudah secara otomatis dikelola oleh aplikasi SIUS tersebut. Penerapan tersebut telah memberikan dampak yang signifikan terhadap proses belajar mengajar. This article is retracted because: It was published in another journal with the same title, content, and authors: Vol. 2 No. 2 (2023): J-STAF  https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/staf/article/view/233
Implementasi Fungsi Manajemen dalam Mengelola Sumber Daya di Pantai Madasari Yayat Hidayat; Nurhidayat Nurhidayat; Dyah Ayuningtyas; Desi Sri Sulistia; Cahyadi Cahyadi
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.208

Abstract

Berlimpahnya sumber daya yang ada di Pantai Madasari mengharuskan masyarakat agar dapat mengelolanya dengan baik sehingga dikemudian hari dapat menghasilkan sesuatu baik itu berbentuk materil ataupun moril. Implementasi fungsi manajemen dalam mengelola sumber daya yang ada di Pantai Madasari dapat menjadi solusi nyata bagaimana sumber daya dapat dikelola dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang memanfaatkan kajian teori dan observasi secara langsung ke Pantai Madasari. Hasil yang ditemukan adalah penerapan fungsi manajemen terhadap pengelolaan wisata di Pantai Madasari akan memberikan hasil positif yang signifikan. Dengan perencanaan yang baik, pengorganisasian yang efisien, pelaksanaan yang tepat, dan pengawasan yang terus-menerus, Pantai Madasari dapat menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan, menyenangkan bagi wisatawan, menguntungkan bagi masyarakat lokal, dan tetap menjaga kelestarian lingkungannya. Semua pihak yang terlibat harus bekerja sama dalam menerapkan fungsi manajemen ini untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya pariwisata yang ada di Pantai Madasari secara maksimal.
Pengelolaan dan Pengalokasian Dana di Lembaga Pendidikan Fitri Syifa Nuriah; Deca Deca
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.214

Abstract

Manajemen pembiayaan harus diterapkan untuk mengatur dan mengalokasikan dana pendidikan untuk memastikan proses pembelajaran berlangsung. Untuk mencapai tujuan pendidikan, dana dari pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat harus digunakan secara efektif. Pengelolaan dan pengalokasian dana pendidikan yang tepat diharapkan dapat mengimbangi biaya pendidikan dan keberlangsungan kualitas pendidikan. Peneliti melakukan wawancara dan observasi dengan orang-orang yang dianggap mengetahui dan memahami keadaan objek yang akan diteliti. Hasil kajian ini mengungkapkan bahwa pengelolaan dana pendidikan adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengalokasian biaya untuk program dan kegiatan pendidikan. Manajemen pembiayaan dilakukan untuk mengelola dana pendidikan dengan cara yang efektif dan efisien.
Gangguan Kepribadian Cluster A Aini Ali Agustini; Imas Masitoh; Iip Mustopa Syaripah
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.221

Abstract

Gangguan kepribadian Cluster A adalah kelompok gangguan kepribadian yang ditandai oleh pola perilaku yang eksentrik, aneh, dan tidak biasa. Dalam makalah ini, kami menyajikan tinjauan literatur yang komprehensif tentang gangguan kepribadian Cluster A, yang mencakup gangguan kepribadian skizoid, gangguan kepribadian paranoide, dan gangguan kepribadian schizotypal. Tinjauan literatur ini melibatkan analisis berbagai penelitian yang dilakukan dalam bidang ini, termasuk studi klinis, penelitian epidemiologi, dan penelitian neurobiologis. Kami menggambarkan ciri-ciri klinis utama dari masing-masing gangguan kepribadian Cluster A, termasuk gejala, onset, dan komorbiditas yang umum terjadi. Selain itu, kami mengulas faktor-faktor yang diyakini berperan dalam perkembangan gangguan kepribadian Cluster A, seperti faktor genetik, lingkungan, dan neurobiologi. Kami juga membahas pendekatan diagnostik dan pengelolaan gangguan kepribadian Cluster A, termasuk terapi psikososial dan farmakoterapi yang digunakan dalam praktek klinis. Dalam tinjauan ini, kami mengidentifikasi adanya kesenjangan penelitian yang perlu diisi di masa depan, seperti penelitian lebih lanjut tentang faktor resiko yang berkontribusi pada perkembangan gangguan kepribadian Cluster A dan efektivitas berbagai terapi yang tersedia. Penelitian mendalam lebih lanjut di bidang ini dapat membantu meningkatkan pemahaman kita tentang gangguan kepribadian Cluster A dan memberikan panduan yang lebih baik untuk diagnosis dan pengobatannya.
Penerapan Perilaku Disiplin dalam Pembelajaran Perspektif Manajemen Kelas di SDN 1 Cijulang Deti Kurnia; Neneng Nurmalasari
Jurnal Global Futuristik Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/globalistik.v1i2.242

Abstract

Kedisiplinan perlu ditanamkan pada diri siswa sejak dini untuk membangun sikap yang tanggung jawab, memiliki pengendalian diri, disiplin dalam belajar dan menjadi siswa yang taat terhadap aturan yang berlaku. Untuk menerapkan perilaku disiplin pada siswa diperlukan sebuah pendekatan, pembinaan, hingga Teknik disiplin kelas agar siswa memiliki kesadaran sendiri terhadap sebuah kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan disiplin kelas yang dilakukan di SDN 1 Cijulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. yakni penyajian data yang diuraikan menggunakan kata kata. Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan pada salah satu guru di SDN 1 Cijulang, peneliti menemukan bahwa kedisiplinan perlu ditanamkan pada diri siswa dengan melakukan pendekatan secara emosional yang dinilai lebih efektif karena menumbuhkan kesadaran diri pada siswa terhadap disiplin kelas serta membangun hubungan yang baik antara siswa dengan guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 10