cover
Contact Name
Miftakhuddin
Contact Email
tuplick110@gmail.com
Phone
+6281212900781
Journal Mail Official
lppm@untara.ac.id
Editorial Address
Komp. Perumahan Sudirman Indah, Jl. Ki Mas Laeng Jl. Syeh Mubarok No. 25 Tigaraksa Kab. Tangerang – Banten
Location
Kab. tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Sains
ISSN : -     EISSN : 30251788     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Sains (JUPISI) terbit dua kali dalam setahun (November dan Mei) berisi kajian tentang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Tulisan ilmiah yang diterbitkan JUPISI dapat berupa artikel hasil penelitian empiris, review, maupun kajian konseptual. Tim redaksi menerima tulisan yang belum pernah diterbitkan oleh media lain (baik cetak maupun elektronik). Naskah diketik sesuai template yang dapat diunduh di website JUPISI. Naskah yang masuk dievaluasi oleh editor. Editor dapat merubah tulisan yang hendak dimuat untuk kepentingan keseragaman format tanpa mengubah maksud dan konten tulisan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran" : 5 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD Tarakanita Tangerang Rifaatussalwa Hayati; Ignatius Joko Dewanto; Pramisidi Winanto Saputra
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi denganmengimplementasi model pembelajaran experiential learning, memaparkan langkah-langkah pembelajaran yang tepatmelalui penerapan model pembelajaran experiential learning, dan mengidentifikasikan respons siswa terhadappenerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Penelitianmenggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian guru dan siswa yang ada di kelas bahasaIndonesia, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran experiential learning dapatmeningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV SD Tarakanita. Data refleksi awal menunjukkanbahwa nilai rata-rata kelas adalah 68 (cukup), kemudian menjadi 72,7 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi82,1(baik) pada siklus II. (2) Implementasi pembelajaran experiential learning memilih beberapa langkah dengantujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi, dan (3) Keaktifan siswa dalam memberikantanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulisparagraf deskripsi. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan subjek dan objek data yang berbeda agar dapatmeyakinkan hasil penelitian yang dilakukan, dan dapat disumbangkan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatanmutu pendidikan.
Pengembangan Bahan Ajar Indonesia melalui Cerita Islam di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 1 Legok Novi Irwansyah; Widya Gusfita; Ade Fitri
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami merupakan salah satu sarana guna membantumemahamkan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami dapatdigunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas sehingga guru tidak hanya menggunakanmetode konfensional dalam mengajar. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Ibu Khotimah selaku guru kelasIV-C MIN 1 Legok, dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah kurang bervariasi.Selain itu kurangnya buku bacaan yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian iniadalah mendiskripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan berupa bahan ajar Bahasa Indonesia melalui CeritaIslami untuk tematik kelas IV di MIN 1 Legok, menjelaskan perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yangmenggunakan bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami dan yang tidak menggunakan bahan ajar BahasaIndonesia melalui Cerita Islami.Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dankuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan validasi ahli materi, ahli media, ahlipembelajaran Bahasa Indonesia/guru kelas, dan siswa, sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakanrumus uji T dan menggunakan penghitungan komputer SPSS. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopment, yang mengacu pada model Dick & Carey.Hasil dari penelitian Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Melalui Cerita Islami di MIN 1 Legokmemenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 95%, ahli desain mencapai 96%,untuk ahli pembelajaran Bahasa Indonesia mencapai 98%, untuk hasil uji coba kelompok kecil 94%, dan untukhasil uji coba lapangan mencapai 95%, bahan ajar melalui Cerita Islami secara efektif meningkatkan hasil belajarsiswa yakni dengan melihat nilai rata-rata dari kelas eksperimen 92 dan dari kelas kontrol 76. Pada uji T denganmenggunakan rumus uji t-tes berkorelasi dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 5,44≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku ajar yangdikembangkan.
Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Varibel Intervening Indra Budiman; Tri Astuti; Himawan
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis : 1) pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja kerja ; 2) pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja ; 3) pengaruh kepuasan kerja secara langsung terhadap kinerja karyawan yang ada pada Yayasan Al-Mubarok. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non-probability sampling yang dikombinasikan dengan penggunaan teknik judgemental (purposive). Dari jumlah populasi yang ada, semua dijadikan sampel sebanyak 142 responden. Dikaji dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena melalui pengujian hipotesis. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Kemudian untuk perangkat lunak yang digunakan untuk analisis structural adalah AMOS 22 dan untuk analisis deskriptif menggunakanperangkat lunak SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik diperoleh setelah diadakanmodifikasi model sebanyak dua kali, yaitu dengan mengkorelasikan beberapa error indicator yang memilikiModifikasi Indeks (M>I)> 15,00 dan tidak mengikut sertakan indicator yang memiliki loadingfactor(λ) < 0,2000.Model persamaan struktural hasil modifikasi dinyatakan baik, karena telah memenuhi satu kriteria dari delapan cutof value, yaitu kriteria, Relative chi-squar.
Pengembangan Model Pembelajaran Manajemen P r oy e k Teknologi Informasi Berbasis Mu l tim e d i a Ignatius Joko Dewanto; Sri Widiowati; Dwi Solaria Suharti
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of the research problems written in this journal document is the difficulty of improving student learning achievement supported by the improvement of student cognitive, affective and psychomotor competencies, and supported by social competence and interrelation competencies between each student. The research method used in this study is to use research and development models, using Dick and Carey's learning design design. The research objective of developing a model of information technology project management materials with multimedia based is for learning needs in improving the competencies of students. Then, the results of research and development are models for the development of teaching materials, a set of teaching materials from the curriculum, GBPP, syllabus, RPS and also various media based on multimedia teaching materials. The contribution of research on the development of teaching materials models can be applied to other subjects which in turn can create a set of teaching materials that can be used by lecturers for the process of teaching and learning activities for one semester. Whereas for the follow-up of this research is to develop curriculum, enrich teaching materials, improve student competency and finally be able to increase campus brand in developing students who are qualified and have positive competitiveness in the era of modern globalization.
Penerapan Model Pembelajaran STAD dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Barugbuf 1 Kecamatan Padarincang Hermawan; Ignatius Joko Dewanto; Pramisidi Winanto Saputra
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Used the Learning Model STAD in Natural Science Learning to Increase Interest and Learning Outcomes in Student Class V Elementary School Barugbug 1 Kecamatan Padarincang. Thesis, Learning Technology, Post Graduate, University of Sultan Ageng Tirtayasa, 2017. The study aims to determine interest and student learning outcome by using the model system of Student Teams Achievement Division in science on the material of the human respiratory system. The subjects of research is students in class V elementary school Barugbug 1, which amount to 40 students consist of 21 male and 19 female. The research was conducted start from March until May 2017. The method of this research is classroom action research. That still passive and the learning process is still going on the a classical or teacher as the source of the material, in the first cycle began to look student activeness tought not a whole. The result of the post test is 78. 63 and it in creases in the second cycle by 89. 12, Students are more active, respons and mutual cooperation in cycle II, interest questionnaire result increased from 57. 5 cycle I to 80. 62 in cycle II.

Page 1 of 1 | Total Record : 5