cover
Contact Name
Imam Abdul Rozaq
Contact Email
elkon@umk.ac.id
Phone
+6285219240220
Journal Mail Official
elkon@umk.ac.id
Editorial Address
Gedung J lantai 2, PO Box 53 Gondangmanis, Bae Kudus - 59327
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON)
ISSN : 2809140X     EISSN : 28092244     DOI : https://doi.org/10.24176/elkon.v3i1.10131
Core Subject : Engineering,
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel yang berasal dari penelitian terkait keilmuan teknik elektro. Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangannya di bidang teknologi. Pemuatan artikel di jurnal ini dialamatkan ke kantor editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Artikel yang masuk akan melalui proses seleksi mitra bestari dan/atau editor. Jurnal Elkon terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember. Jurnal Elkon Terdaftar di PDII LIPI dengan nomor Print ISSN 2809-140X dan Online ISSN 2809-2244. Bagi praktisi, akademisi dan mahasiswa di bidang teknik elektro yang ingin artikel hasil penelitian dan gagasannya dimuat dalam jurnal ini.
Articles 30 Documents
KLASIFIKASI KEMATANGAN DAUN TEMBAKAU VIRGINIA MENGGUNAKAN PENGOLAH CITRA DIGITAL Alfian Danu Ismail; Danang Erwanto; Iska Yanuartanti
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 3, No 1 (2023): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v3i1.10131

Abstract

Tembakau virginia sebelum memasuki proses pada industri harus melewati proses yang sangat penting yaitu sortir kematangan daun tembakau oleh petani. Daun tembakau virginia yang layak diproses pada industri memliki kematangan yang sesuai dengan gradingnya yaitu daun bewarna kekuning kuningan. Oleh karna itu peneliti membuat penelitian tentang bagaimana cara mempermudah petani untuk memilah daun dengan kematangan yang sesuai. Rumusan masalah yaitu implementasi color moment, akurasi SVM, efektivitas SVM.    Batasan masalah terfokus pada warna tembakau dan hanya pada jenis tembakau virginia, klasifikasi dilakukan hanya untuk tembakau matang, mentah, tua. Tak kalah penting tujuan dan manfaat penelitian untuk mengetahui kematangan daun tembakau virginia dengan menggunakan metode ekstraksi fitur warna color moment, mengetahui akurasi klasifikasi dengan menggunakan metode Support Vector Machine. Peneliti membuat klasifikasi kematangan tembakau dengan menggunakan software Matlab. Dengan menggunakan metode ektraksi fitur warna color moment dan klasifikasi dengan menggunakan metode Support Vector Machine. Preprossing menggunakan metode cropping 200x200 piksel dan dikonversi RGB ke HSV. Hasil HSV diproses dengan metode color moment dengan parameter mean, standart deviasi, skewness. Hasil parameter diklasifikasi dengan SVM dengan masing-masing target per-kelas yaitu matang, muda, dan tua. Akurasi SVM pada penelitian di dapatkan sebesar 98%, rata-rata precission 98% recall 97,6% f-measure 97,6. Hasil klasifikasi dengan metode SVM termasuk kategori sangat baik.
PROTOTYPE SISTEM PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG BERBASIS ARDUINO UNO Edi Susanto Susanto; Lilik Sulistyo
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 2, No 1 (2022): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v2i1.7375

Abstract

ABSTRAK Gas LPG merupakan salah satu program konversi pemerintah yang menjadi barang kebutuhan rumah tangga modern saat ini. Meskipun gas LPG lebih praktis penggunaanya daripada minyak tanah, tetapi masih memiliki kekurangan yaitu bahaya yang dapat ditimbulkan gas LPG jika terjadi kebocoran gas. Berdasarkan bahaya tersebut maka diperlukan suatu alat yang dapat mendeteksi kebocoran serta tanda peringatan adanya kebocoran. Untuk mendapatkan sistem yang dapat bekerja secara otomatis, maka diperlukan arduino-uno sebagai pengontrol alat tersebut dan menggunakan Sensor Gas MQ-2. Alat ini bekerja pada saat sensor MQ-2 mendeteksi gas LPG pada udara normal. Sistem ini dirancang dengan menggunakan sensor gas MQ-2 yang berfungsi mendeteksi kebocoran gas pada perlengkapan kompor gas dan Alat tersebut telah berhasil direalisasikan dan dapat membantu sebagai pendeteksi kebocoran terhadap tabung gas LPG pada ruang dapur.
KONTROL KADAR PH DAN KETINGGIAN AIR PADA KOLAM IKAN NILA BERBASIS IOT Nur Sholikin; Imam Abdul Rozaq; Mohammad Iqbal; Noor Yulita Dwi Setyaningsih
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 1, No 1 (2021): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v1i1.6961

Abstract

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ikan nila, antara lain  kondisi lingkungan dan kualitas air yang baik. Untuk menjaga kondisi kualitas air yang baik, air dilakukan pemantauan dan pengendalian mutu. Seiring dengan perkembangan teknologi, hal ini penelitian bertujuan untuk membuat prototipe otomatisasi untuk tingkat pH dan tingkat air kolam yang dipantau online melalui Thinger.io,. Hasil dari alat ini memudahkan pembudidaya ikan nila untuk memantau kondisi pH dan kadar air kolam. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan level 3 dimana metode ini melakukan penelitian dan pengujian produk dalam rangka mengembangkan produk yang sudah ada. Melalui pengembangan, diharapkan produk yang sudah ada menjadi lebih efektif dan efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil pengujian sensor error 0,07% dengan akurasi 99,93% untuk ketinggian air, dan error 0,02% dengan akurasi 99,98% untuk pH air. Menguji tampilan LCD antara tampilan web Thinger.io mendapatkan kesalahan 0% dengan akurasi 100%. Untuk menguji seluruh sistem, diperoleh hasil linier dimana sistem mampu menstabilkan pH dan ketinggian air sesuai dengan parameter yang ditentukan yaitu dengan pH antara 6,5 - 8,6 dan ketinggian air minimum 12 cm.
Pengontrol Suhu Dan Pemberi Pakan Anak Ayam Otomatis Berbasis Arduino Totok Ardianto; Mohammad Dahlan; Solekhan Solekhan
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 3, No 1 (2023): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v3i1.9556

Abstract

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi dalam menentukan keberhasilan peternakan ayam adalah pakan, pembibitan serta sarana dan prasarana kendang ternak. Pakan merupakan unsur penting untuk menunjang kesehatan, pertumbuhan dan suplay energi sehingga proses metabolisme, pertumbuhan, serta perkembangan ayam dapat berjalan dengan baik. Anak ayam merupakan hewan unggas yang temperatur tubuhnya selalu dijaga dengan rentang suhu antara 30oC – 35oC tetap walaupun terjadi fluktuasi temperatur lingkungan disekitarnya. Perkembangan teknologi di era sekarang. Banyak peternak ayam membutuhkan suatu alat untuk membantu meringankan pekerjaan mereka. Dari permasalahan tersebut, timbulah ide untuk membuat suatu alat pengontrol suhu dan pemberi pakan anak ayam otomatis berbasis Arduino. Hasil yang diperoleh adalah sistem dapat memberikan pakan anak ayam secara otomatis saat kondisi tempat pakan kosong dan suhu akan tetap stabil dengan rentang antara 30oC - 35oC untuk menjaga suhu pada ruang kandang.
Rancang Bangun Alat Pengering Emping Melinjo Berbasis Arduino Abdul Wahid Jazuli; Noor Yulita Dwi Setyaningsih; Mohammad Iqbal
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 2, No 2 (2022): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v2i2.8588

Abstract

This dryer uses a drying system of incandescent lamps and sunlight which is still dependent on the weather, therefore an automatic drying system is made which is controlled using the Arduino program which is able to adjust to all weather conditions. To be more effective, this tool uses a solar panel system as a voltage source used in drying melinjo chips, so it can save electricity consumption at home, no need to use a lot of power in drying melinjo chips because the solar panels themselves get electrical energy from the sun which is absorbed through the cells. cells in the solar panel layer that are stored through a battery / battery. In the research that has been done, the author uses the research method "Research And Development" which means research and development. This system uses a DHT22 sensor to determine the temperature in the drying box space. HX711 loadcell sensor to determine the weight of the rack load when used for drying. Furthermore, the light intensity sensor BH1750 functions to turn on the incandescent lamp when the ambient light intensity begins to fall. The FC37 rain sensor functions to automatically move the top cover when it rains. Solar panels are used to save energy consumption at home. The result of this research is an Arduino-based melinjo chips dryer. This dryer can be used when the weather is uncertain which is controlled from the sensor, the sensor has worked normally. From the results of drying the tool compared to sunlight, the difference in drying time is up to 50%, this dryer is good enough to use. The solar panels have also worked well to store power in the battery which has a capacity of 45 Ah.
ALAT SISTEM PANEN AYAM PEDAGING SECARA OTOMATIS Luqman Afian Noor Afandi; Imam Abdul Rozaq; Budi Gunawan; Moh Dahlan
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 1, No 1 (2021): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v1i1.6968

Abstract

Dalam proses pemanenan ayam pedaging secara manual, sangat menguras energi manusia, dapat menyebabkan cedera pada kaki dan tangan pekerja panen, dapat menyebabkan patah tulang di kaki dan sayap ayam, sehingga tingkat stres yang tinggi yang dapat menyebabkan kematian bagi ayam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghindari hal ini di masa depan. Studi ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan, dengan merancang dan membangun alat yang digunakan untuk sistem pemanenan ayam pedaging otomatis. Dari penelitian yang telah dilakukan pada Automatic Broiler Harvesting System Tool. Automatic Broiler Harvesting System Tool telah berhasil dibuat yang masih merupakan prototipe. Dengan menguji nilai jumlah ayam yang keluar menggunakan sensor ultrasonik, ia memiliki nilai kesalahan rata-rata 6,27% dan nilai akurasi rata-rata 93,73%. Sementara itu, untuk menguji berat ayam pada sensor sel beban, nilai kesalahan rata-rata adalah 1,68% dan nilai akurasi rata-rata adalah 98,31%.
Sistem Kontrol Aquascape Dengan Notifikasi Telegram Meriandi Relnaldo Aji Praftama; Imam Abdul Rozaq; Budi Cahyo Wibowo
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 3, No 1 (2023): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v3i1.9722

Abstract

Aquascape merupakan hobi baru dalam kalangan para penggemar ikan hias. Bukan ikan hias yang dijadikan sebagai subjek utama dalam aquascape, melainkan hardscape yang menjadi subjek utama. Kerana aquascape merupakan seni mengatur tanaman air, kayu dan batu untuk membentuk suatu landscape yang indah dengan tambahan tambahan ikan sebagai pendamping untuk menyeimbangkan ekosistem. Permasalahan yang sering dihadapi oleh para aquascaper adalah keterbatasan waktu untuk pemantauan secara terus menerus terhadap aquascape agar ekosistem didalam tank tidak terganggu.Dalam penelitian ini menggunakan metode “Research And Development” yang berarti penilitan dan pengembangan. Sistem ini menggunakan Arduino uno sebagai mikrokontroler yang mengatur jalannya sistem. RTC DS3231 berfungsi sebagai pembacaan waktu untuk kendali lampu dan solenoid CO2. Selanjutnya sensor DS18B20 sebagai pembacaan suhu aquarium yang berfungsi sebagai kendali kipás. Sensor float sebagai pengatur pengisian air aquarium secara otomatis akibat penguapan kipás. Telegram berfungsi sebagai notifikasi lampu, kipás, pengisian air, solenoid CO2 dalam keadaan on atau off.Hasil dari penelitian ini berupa alat sistem kontrol aquascape. Sistem otomatis yang dapat dikontrol secara otomatis yaitu lampu dan solenoid CO2 berdasarkan jadwal waktu yang ditentukan. Sistem ini juga memanfaatkan telegram sebagai penerima informasi atau notifikasi lampu, solenoid, dan suhu yang terbaca oleh sensor DS18B20. Sensor DS18B20 dalam penelitian ini berfungsi dengan baik dan didapatkan nilai error 1,24% dan akurasi 98,76%. Hasil pengujian pada jadwal on off untuk lampu dan solenoid CO2 bekerja dengan baik dan didapatkan tingkat keberhasilan 100%. Sistem pengisian air menggunakan sensor float berfungsi dengan baik yang akan aktif saat tinggi air turun 8mm dan pompa akan mati saat batas air diatas 1mm. 
MASK DETECTOR GATE SYSTEM MENGGUNAKAN RASPBERRY BERBASIS OPEN CV Ginanjar Wahyu Maulana; Solekhan Solekhan; Mohammad Dahlan
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 2, No 1 (2022): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v2i1.7447

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan ribuan manusia terinfeksi virus Covid-19 dan meninggal dunia. Perubahan yang di akibatakan oleh Covid-19 memaksa munculnya kondisi yang baru (new normal). Selama ini pendeteksian masker dan suhu dilakukan manual dengan pengamatan dari petugas keamanan, dimana sering terjadi human error pada saat pendeteksian masker ataupun suhu badan. Untuk membantu mempermudah pengecekan suhu dan pemakaian masker agar bisa efektif dan efisien maka dari itu dibutuhkan teknologi yang dapat membantu menegakkan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah Membuat alat mask detector gate system di lengkapi dengan deteksi suhu badan manusia menggunakan raspberry dengan metode Haar Cascade.Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R dan D) dengan luaran alat deteksi masker menggunakan raspberry. Prosedur yang diterapkan antara lain : perancangan hardware, perancangan software, perancangan alat, pengambilan data dan pengujian alat.Hasil penelitian ini adalah berupa alat mask detektor gate system menggunakan raspberry berbasis Open CV yang dilengkapi dengan deteksi suhu badan manusia. Hasil pengujian yang telah dilakukan jarak minimal pembacaan camera terhadap objek adalah 30cm dan jarak maksimalnya adalah 250 cm, sedangkan untuk pembacaan suhu Perbandingan antara suhu pada thermogun dan suhu pada alat yang memperoleh nilai error 0,71% dan nilai akurasi 99,29%. Respon alat agar gerbang atau palang pintu terbuka jika memenuhi kriteria keterangan memakai masker dengan suhu kurang dari 38°C maka gerbang atau palang pintu akan otomatis terbuka.Kata kunci :  Covid-19, Raspberry, Mask Detection, Image Processing
APLIKASI ANDROID UNTUK INSPEKSI DAN SISTEM INFORMASI EQUIPMENT MAIN PLC 08 Didik Prastyanto; Imam Abdul Rozaq; Solekhan Solekhan
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 1, No 1 (2021): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v1i1.6962

Abstract

Salah satu kegiatan penting perawatan instrumen dan DCS di PT. Pabrik Semen Gresik Rembang adalah inspeksi. Digitalisasi data perlu dilakukan agar dapat mengurangi penggunaan kertas dan mempercepat pembukaan informasi peralatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi Android untuk pemeriksaan dan sistem informasi peralatan PLC 08 Utama dengan teknologi NFC dan QR Code di PT. Pabrik Semen Gresik Rembang. Aplikasi Android dibuat menggunakan MIT App Inventor. Basis data inspeksi adalah Firebase dan GoogleSpreadsheet. Untuk data gambar diagram garis tunggal, lembar data, dan SOP disimpan di database Google Drive. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan keluaran berupa aplikasi Android untuk inspeksi dan peralatan sistem informasi PLC 08 Utama dengan teknologi NFC dan QR Code di PT. Pabrik Semen Gresik Rembang. Teknologi pembaca NFC telah bekerja dengan baik dan akurat dengan kecepatan rata-rata 0,43s dan akurasi 100% mendekati aplikasi pembaca NFC Tools, untuk teknologi pembaca Kode QR di aplikasi juga telah bekerja dengan baik dan akurat dengan waktu rata-rata 2,872s dan akurasi 100 % dekat dengan aplikasi pembaca Kode QR yang ada. Aplikasi berhasil menampilkan informasi pada peralatan PLC Utama 08 dalam waktu rata-rata: laporan kondisi terbaru untuk peralatan 0.806s, formulir inspeksi 1.304s, gambar diagram garis tunggal 21.496s, datasheet 19.158s dan SOP 19.648s. Berhasil mengirim data inspeksi ke Google Drive dan database Firebase dengan benar dalam waktu rata-rata 1.5184 detik.
PROTOTYPE ROBOT PENGANTAR PESANAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO Saeful Anam; Mohammad Iqbal; Imam Abdul Rozaq
Jurnal Elektro Kontrol (ELKON) Vol 2, No 2 (2022): Jurnal ELKON
Publisher : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/elkon.v2i2.8612

Abstract

Pelayanan merupakan bagian penting dalam dunia usaha restoran. Dalam pemesanan makanan memiliki permasalahan pembeli harus memesan makanan secara manual dengan menulis pesanan dan palayan harus berjalan untuk mengantarkan makanan. Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah alat yang dapat memesan dan mengantarkan makanan menuju meja pelanggan secara otomatis dengan menggunakan mikrokontroler arduino. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang dimulai study literature, perancangan dan pembuatan alat, pengujian alat, dan pengambilan data. robot line follower sebagai pengantar pesanan dan pemesanan menggunakan LCD 20x4 kemudian menggunakan arduino untuk mengendalikan alat tersebut. Penelitian ini menghasilkan robot yang dapat mengantarkan menu makanan dan pesanan menuju 4 meja tujuan dengan mengikuti lintasan berupa garis berwarna hitam. Waktu yang ditempuh untuk menuju ke meja 2, 3 dan 4 lebih lama dibandingkan menuju ke meja pertama karena perbedaan panjang lintasan dan prototipe robot pemesan dan pengantar makanan dapat berjalan sebanyak 267 putaran dalam waktu 1 jam dengan membutuhkan tegangan sebesar 0.13 volt dilintasan melingkar denangan panjang garis 200 cm.

Page 1 of 3 | Total Record : 30