cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi" : 8 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN TESTIMONI PEMBELI TERHADAP TINGKAT BRAND TRUST PADA PEMBELI ONLINE (Survei Terhadap Pembeli Online Shop Shopee pada Mahasiswa di Kecamatan Depok) Ardila Diana Putri; Chatia Hastasari
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh testimoni pembeli terhadap Brand trust pembeli online shop Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah Ex-Post Facto. Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang termasuk dalam kategori digital natives yaitu mahasiswa dalam rentang umur 18 sampai 25 tahun. Pengolahan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta dengan jumlah 30.651 mahasiswa aktif pada tahun 2018. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling, dan ditentukan sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara testimoni pembeli terhadap brand trust/kepercayaan merek pada pembeli online dimana ????ℎ???????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? (0,490 0,195). Hasil dari uji signifikansi menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan jika hipotesis diterima sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara testimoni pembeli terhadap brand trust/kepercayaan merek pada pembeli online.Kata kunci : E-commerce, Testimoni, Brand trust, Online shop
ANALISIS MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN BATIK TV PEKALONGAN DI ERA KONVERGENSI MEDIA Prisca Devina Dwijayani; dyna herlina suwarto
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen media penyiaran Batik TV Pekalongan sebagai televisi lokal milik pemerintah di era konvergensi media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif engan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Batik TV Pekalongan. Sedangkan subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive, pemilihan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian yang dipilh adalah direktur operasional, unit pemberitaan, unit program feature dan unit administrasi kerjasama. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi informasi dengan mencari pemusatan informasi. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi beberapa perubahan dalam manajemen media penyiaran di era konvergensi media diantaranya komunikasi lebih banyak dilakukan melalui media untuk berkoordinasi. Komunikasi yang terjadi tidak hanya satu arah tapi dua arah. Selain itu, teknologi membantu dalam pengolahan pesan sebelum disiarkan. Media sosial memberikan banyak pengaruh dalam penyebaran pesan. Dari sisi konten terjadi perubahan dari konten analog menjadi konten digital, sehingga dapat dikonsumsi oleh berbagai pihak. Sedangkan dari sisi ekonomi, pendapatan tidak hanya diperoleh dari iklan, namun pendapatan juga diperoleh melalui media sosial. Stategi manajemen media dalam kerangka konvergensi media belum optimal karena belum ada sistem yang baik dan keterbatasan kemampuan sumber daya manusia.Kata kunci : manajemen, penyiaran, konvergensi media
STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS AKUN TWITTER @SepakbolaSleman DALAM MENJALANKAN FUNGSI MEDIA SEBAGAI EDUKASI Imam Nur Prasetya; Suranto Suranto
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15807

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi komunikasi berbasis akun Twitter @SepakbolaSleman dalam menjalankan fungsi media sebagai edukasi, (2) mengetahui faktor pendukung akun Twitter @SepakbolaSleman dalam menjalankan fungsi sebagai media edukasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi dilakukan dengan tiga tahapan. (1) khalayak dilakukan dengan membaur dengan suporter PSS Sleman dan berdiskusi atau berbalas mention. (2)  menyusun pesan pada tweet dengan lugas dan bahasa yang bersahabat, desain visual kreatif, dan selalu berusaha bersifat netral. (3) menetapkan metode dilakukan dengan cara repetisi dan menempatkan dirinya sebagai bagian suporter PSS Sleman Faktor-faktor pendukung dari strategi komunikasi yang diterapkan adalah (1) kemudahan mendapat koneksi internet (2) banyaknya pengguna Twitter di kalangan suporter PSS Sleman (3) Hubungan baik antara  Sleman Football dan klub PSS Sleman (4) suporter PSS Sleman memiliki keinginan dalam mengakses info terkait klub. Kata kunci: Strategi komunikasi, Edukasi, PSS Sleman, Akun Twitter @SepakbolaSleman
STRATEGI KOMUNIKASI TEPAS TANDHA YEKTI DALAM MENGELOLA CITRA POSITIF KRATON YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Alvita Dewi Putri; Chatia Hastasari
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) strategi komunikasi Tepas Tandha Yekti dalam mengelola citra positif Kraton Yogyakarta melalui media sosial Instagram dengan model komunikasi Lasswell; 2) Hambatan dan tantangan strategi komunikasi yang dilakukan Tepas Tandha Yekti dalam mengelola citra positif Kraton Yogyakarta melalui media sosial Instagram. Penelitian yang dilaksanakan di Kraton Yogyakarta ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Strategi komunikasi Tepas Tandha Yekti mengelola citra positif kraton Yogyakarta melalui media sosial Instagram meliputi seluruh elemen yang ada dalam komunikasi, a) Komunikator yaitu Penghageng/ pemimpin Tepas Tandha Yekti Project Manager; b) Pesan yang disampaikan informatif, edukatif persuasif melalui pengelolaan konten digital; c) Media sosial yang digunakan adalah Instagram; d) Komunikan yaitu masyarakat diaspora; masyarakat menganggap negatif dan generasi muda yang mulai acuh terhadap kebudayaan Jawa dan adat istiadat kraton Yogyakarta; e) Umpan balik atau feedback yang diterima adalah feedback positif dan negatif; dan 2) Dua  hambatan implementasi strategi komunikasi yaitu hambatan proses produksi konten dan hambatan semantik; Tantangan yang dihadapi adalah permintaan topik bahasan di Instagram dari followers yang memerlukan pengkajian ulang serta riset yang lebih mendalam.Kata kunci: Strategi Komunikasi, Tepas Tandha Yekti, Citra Positif Kraton, Media Sosial Instagram 
Manajemen media komunitas Sleman Football Nur Rahmat Gunawan; Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15808

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen media komunitas Sleman Football. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah web media komunitas Sleman Football. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah milik Miles Huberman yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Pada tahap perencanaan, pelaksanaan tujuan awal sudah terealisasi dengan baik, hal ini terlihat dari terlaksana tujuan pelayanan dan tujuan personal Sleman Football. (2) Tahap pengorganisasian, Sleman Football telah membentuk divisi kerja untuk memudahkan produksi konten sesuai bidang kerja. (3) Tahap pengarahan pada komuitas Sleman Football adalah komunikasi lewat rapat rutin setiap hari Selasa dan motivasi untuk berkontribusi bagi PSS Sleman menjadi hal yang berpengaruh bagi kinerja anggota. (4) Tahap pengawasan pada dilakukan terhadap konten artikel oleh pemimpin redaksi sebelum diunggah ke web. (5) Proses pembuatan program pada media komunitas Sleman Football dimulai dari mengelola produksi, mempromosikan hasil, manajemen keuangan, mengelola manusia dilakukan dalam sistem kerja yang terkoordinasi. 
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PANTIES PIZZA JOGJA Chindy Natalia Magdalena; pratiwi wahyu widiarti
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi komunikasi pemasaran Panties Pizza Jogja dan mengetahui hambatan yang dihadapi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran Panties Pizza Jogja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu Project Sales Marketing dan Marketing Communication Panties Pizza Jogja. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa; (1) Strategi komunikasi pemasaran Panties Pizza Jogja terdiri dari strategi bauran pemasaran yang meliputi, inovasi produk seperti pizza bayam, kurma dan pisang. Lokasi kedai terletak dekat dengan pusat kota, area perkantoran dan lingkungan Sekolah. Harga produk relatif murah mulai Rp. 7.000,- hingga Rp. 29.000,-. Promosi melalui Insta Ads, paid promote, potongan harga. Promo yang menjadi ciri khas Panties Pizza Jogja adalah buy one get one. Strategi melalui Instagram menggunakan quiz, giveaway dan challenge untuk menarik minat khalayak. Strategi melalui special event, seperti program you are loved pada International Women’s Day untuk menjangkau khalayak luas; (2) Hambatan yang dihadapi oleh Panties Pizza Jogja dalam melaksanakan komunikasi pemasarannya terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal terkait keterbatasan kemampuan dalam mengelola Google Review dan TripAdvisor, serta progres pelaksanaan program yang terbilang lambat. Hambatan eksternal meliputi luasnya data yang diperoleh CSO dan perubahan trend pasar yang sangat cepat.Kata kunci: strategi, komunikasi pemasaran, Panties Pizza Jogja
ENCODING-DECODING KHALAYAK TENTANG KEKERASAN VERBAL DALAM VIDEO GAMING REZA ‘ARAP’ OKTOVIAN (STUDI ANALISIS AUDIENS STUART HALL) Nadya Zulfa Afifah; dyna herlina suwarto
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Departemen Ilmu Komunikasi UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15810

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) bentuk kekerasan verbal dalam konten video gaming Reza ‘Arap’; 2) encoding/decoding penonton pada konten kekerasan verbal video gaming Reza ‘Arap’ menurut Stuart Hall. Penelitian bersifat kualitatif dengan metode analisis audiens Stuart Hall. Objek dalam penelitian ini adalah video gaming Reza. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis konten dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan analisis resepsi dengan teori encoding-decoding Stuart Hall, yang mana hasil penelitian akan menentukan posisi audiens terhadap kekerasan verbal yang dilakukan Reza. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kekerasan verbal yang dilakukan oleh Reza meliputi ucapan atau ungkapan yang mengacu pada sesuatu yang vulgar, tabu, menghina, menyerang sesuatu atau seseorang menurut masyarakat; 2) ada empat unsur yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu resepsi audiens tentang kekerasan verbal sebagai candaan, katarsis, umpatan dan imitasi. Para informan memahami kekerasan verbal dalam video gaming Reza ‘Arap’ Oktovian sebagai suatu kata umpatan yang ditujukan untuk bahan candaan, sebagian audiens merasa puas ketika melihat Reza mengumpat, dan sebagian besar audiens berada pada posisi negosiasi terhadap poin imitasi kekerasan verbal yang Reza lakukan; 3) informan mengalami desensitisasi kekerasan verbal.Kata kunci: analisis resepsi, kekerasan verbal, video gaming, youtube
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM SERIAL FOTO JURNALISTIK “SELAMATKAN MERAH PUTIH” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Galang Agni Asmara Rakasiwi; Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2019): Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v2i2.15809

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis isi foto jurnalitstik “Selamatkan Merah Putih” yang merepresentasikan sikap nasionalisme saat terjadinya konflik Gafatar di Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah serial foto jurnalistik “Selamatkan Merah Putih” karya Jessica Helena Wuysang. Teknik analisis data menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang meliputi konsep denotasi, konotasi, dan mitos. Dengan mengetahui tanda-tanda visual yang ada dalam serial foto jurnalistik “Selamatkan Merah Putih”, dapat mengungkapkan pesan dan makna foto tersebut sebagai representasi nasionalisme. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa representasi nasionalisme ditandai oleh subjek dan peristiwa yang ada dalam foto tersebut. Simbol-simbol dalam foto tersebut berupa adanya bendera merah putih, anggota Polisi Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia, serta sikap saling tolong-menolong warga saat terjadinya konflik. Tanda-tanda visual tersebut didasari oleh sikap nasionalisme Indonesia yang berasal dari Pancasila, menegaskan bahwa negara hadir ditengah adanya konflik dan sikap gotong-royong sebagai pemersatu bangsa. Sehingga serial foto jurnalistik “Selamatkan Merah Putih” mempunyai makna yang lebih dalam mengenai masih adanya representasi nasionalisme saat terjadinya konflik didalam negara.Kata kunci: semiotika, foto jurnalistik, selamatkan merah putih

Page 1 of 1 | Total Record : 8