cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 10 Documents clear
FAKTOR PENGHAMBAT EFEKTIVITAS KINERJA KOMISI PENYIARAN INDONESIA PUSAT DALAM MENGAWASI PROGRAM INFOTAINMENT TAHUN 2017-2019 INHIBITING FACTORS OF THE PERFORMANCE EFFECTIVENESS OF CENTRAL INDONESIAN BROADCASTING COMMISSION IN SUPERVISING INFOTAINMENT PROGRAM YEAR 2017 – 2019 muhammad firdaus alhakim; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19149

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kinerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam mengawasi kategori program Infotainment yang tidak efektif; 2) faktor penghambat KPI dalam mengawasi kategori program Infotainment tahun 2017-2019. Hasil penelitian ini adalah kinerja KPI dalam mengawasi program Infotainment yang tidak efektif disebabkan oleh: 1) adanya ketidaksesuaian KPI dalam melaksanakan wewenangnya yang sesuai regulasi dan ketentuan, 2) kategori program Infotainment tidak pernah masuk dalam agenda pembinaan, 3) pengenaan peringatan tertulis tidak tepat, 4) pelaksanaan literasi media tidak sejalan dengan amanat undang-undang penyiaran, 5) surat edaran gagal membawa perbaikan kualitas isi siaran, 6) pelaksanaan Sekolah P3SPS tidak konsisten, 7) faktor penghambatnya meliputi: penerapan sanksi bertingkat tidak konsisten, tidak ada regulasi ketentuan masa berlaku sanksi bertingkat, gagal mendefinisikan program siaran dengan ciri yang jelas, gagal berlaku konsisten pada penerbitan surat untuk satu program, adanya verifikasi lanjutan dan proses perumusan keputusan menyebabkan surat sanksi terlambat terbit, kedudukan peringatan tertulis tidak jelas, gagal merumuskan strategi literasi media, surat edaran tidak memiliki konsekuensi, dan masalah komitmen internal KPI yang inkonsisten dalam melaksanakan Sekolah P3SPS.Kata kunci : efektivitas kinerja pengawasan, KPI, infotainment AbstractThis research aims to find out: 1) the performance of Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) in supervising Infotainment program category ineffective; 2) the inhibiting factors of Komisi Penyiaran Indonesia in supervising Infotainment program category year 2017-2019. The result of this research is that KPI’s performance in supervising the ineffective Infotainment program is caused by: 1) a mismatch of KPI’s in carrying out their authority in accordance with regulations and provisions, 2) the Infotainment program category was never included in the coaching agenda, 3) the imposition of a written warning is not appropriate, 4) the implementation of media literacy is not in line with the mandate of broadcasting law, 5) the circular letter failed to bring improvement to the quality of broadcast content, 6) the implementation of P3SPS School is inconsistent, 7) inhibiting factors include: the application of multilevel sanctions is inconsistent, there is no regulation regarding the validity period of multilevel sanctions, failed to define broadcast program with clear characteristics, failed to apply consistently on the issuance of letters for one program, the existence of further verification and the decision formulation process causes the sanction letter to be issued late, the position of written warning is not clear, failed to formulate a media literacy strategy, circular letter have no consequences, and the problem of inconsistenct internal KPI commitment in implementing P3SPS School.Keywords : effectiveness of supervision performance, KPI, infotainment
PENGETAHUAN TENTANG COVID-19 DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT KESADARAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI KAMPUNG SEMAKI GEDE THE INFLUENCE OF KNOWLEDGE ABOUT COVID-19 AND INTERPERSONAL COMMUNICATION ON THE LEVEL OF AWARENESS OF HEALTH PROTOCOLS IN THE COMMUNITY IN SEMAKI GEDE VILLAGE diovani sulhan zulkarnain; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19155

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pengetahuan tentang covid-19 terhadap tingkat kesadaran masyarakat di Kampung Semaki Gede, (2) mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap tingkat kesadaran masyarakat di Kampung Semaki Gede, dan (3) mengetahui pengaruh pengetahuan tentang covid-19 dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap tingkat kesadaran masyarakat di Kampung Semaki Gede. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif inferensial, dengan populasi penelitian yaitu masyarakat Kampung Semaki Gede yang berjumlah 2016 orang. Sampel dari penelitian ini sejumlah 102 orang yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Analisis dari penelitian ini menggunakan regresi linear berganda berdasarkan pengolahan data yang sudah dikumpulkan melalui angket. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan tentang covid-19 memiliki pengaruh terhadap tingkat kesadaran masyarakat di Kampung Semaki Gede dengan nilai t hitung sebesar 3.572 dan dengan tingkat signifikansi 0.001, (2) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap tingkat kesadaran protokol kesehatan di Kampung Semaki Gede dengan nilai t hitung sebesar 3.572 dan dengan tingkat signifikansi 0.001, dan (3) pengetahuan tentang covid-19 dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap tingkat kesadaran masyarakat di Kampung Semaki Gede dengan nilai f hitung sebesar 84.370 dan dengan tingkat signifikansi 0.000.Kata kunci : pengetahuan, covid-19, komunikasi interpersonal, tingkat kesadaran, dan masyarakat Abstract            This study aims to determine (1 to examine the influence of knowledge about covid-19 on the level of awareness of health protocols in the community in Semaki Gede village, (2) to examine the influence of interpersonal communication on the level of awareness of health protocols in the community in Semaki Gede village, and (3) to examine the influence of knowledge about covid-19 and interpersonal communication simultaneously on the level of awareness of health protocols in the community in Semaki Gede Village.. This study uses a survey method with an inferential quantitative approach, with the research population, namely the people of Semaki Gede Village, totaling 2016 people. The sample of this study was 102 people who were determined using the Slovin formula. The analysis of this study uses multiple linear regression based on the processing of data that has been collected through a questionnaire. The results of this study indicate that (1) knowledge about covid-19 has an influence on the level of public awareness in Semaki Gede Village with a t-count value of 3,572 and with a significance level of 0.001, (2) interpersonal communication has an influence on the level of awareness of health protocols in Kampung Semaki Gede with a t-count value of 3.572 and a significance level of 0.001, and (3) knowledge about covid-19 and interpersonal communication together has an influence on the level of public awareness in Semaki Gede Village with an f-count value of 84,370 and a significance level 0.000.Keywords : knowledge, covid-19, interpersonal communication, level of awareness, and society.
STRATEGI PERSONAL BRANDING SELEBGRAM NON SELEBRITI NADJA NAMEERA DI INSTAGRAM NON-CELEBRITY “NADJA NAMEERA” PERSONAL BRANDING STRATEGY ON INSTAGRAM cahya asmarandani megaputri; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19150

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi personal branding selebgram non selebriti @Nadjanameera; dan (2) mengetahui hambatan strategi personal branding selebgram non selebriti pada akun Instagram @Nadjanameera. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu Nadja Nameera. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Motivasi Nadja Nameera melakukan strategi personal branding untuk menunjukan identitas diri, integrasi dan interaksi sosial pada para pengguna media sosial Instagram. Identitas diri dimaknai sebagai upaya membangun citra diri terhadap para pengguna media sosial Instagram. Sedangkan integrasi dan interaksi sosial dilakukan untuk membangun hubungan dengan para pengikutnya di Instagram agar dapat menjaga engagement akun instagramnya. (2) Strategi dilakukan dengan menunjukan kepribadian yang positif kepada para pengikutnya. Selain itu Nadja juga menunjukan perbedaan dengan selebgram lainnya dengan cara menunjukan fashion dan beauty yang terlihat glamour dan luxury. Terakhir, secara konsisten Nadja menunjukan konten dengan tema yang sama secara berulang agar para pengguna Instagram dapat mengasosiasikan dirinya dengan situasi tertentuKata kunci : Personal Branding, Instagram, Nadja Nameera AbstractThis study aims to (1) determine the motivation of non-celebrity personal branding @Nadjanameera; and (2) knowing the barriers to non-celebrity personal branding strategies on the @Nadjanameera Instagram account. This type of research is descriptive qualitative. Determination of informants using purposive sampling technique. The informant in this research is Nadja Nameera. Data collection techniques using interviews and documentation. The data examination technique used source triangulation and the data analysis technique used reduction, presentation and conclusion drawing. The results showed that (1) Nadja Nameera's motivation to carry out a personal branding strategy to show self-identity, integration and social interaction on Instagram social media users. Self-identity is interpreted as an effort to build self-image for Instagram social media users. Meanwhile, integration and social interaction are carried out to build relationships with followers on Instagram in order to maintain engagement with their Instagram accounts. (2) The strategy is done by showing a positive personality to his followers. In addition, Nadja also shows the difference with other celebgrams by showing fashion and beauty that looks glamorous and luxurious. Finally, Nadja consistently shows content with the same theme repeatedly so that Instagram users can associate themselves with certain situations.Keywords : Personal Branding, Instagram, Nadja Nameera
STRATEGI DIGITAL BRANDING MELALUI WEBSITE GUNA MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA DIGITAL BRANDING STRATEGY THROUGH THE WEBSITE TO GROW BRAND AWARENESS MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA jefri eko cahyono; novianto yudha laksana
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19156

Abstract

Abstrak             Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan serta pengembangan strategi digital branding melalui website Museum Sonobudoyo guna menumbuhkan brand awareness di masyarakat. Penelitian yang dilaksanakan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan sumber data didasarkan pada teknik purposive sampling yang telah ditentukan kriteria informannya berdasarkan peranannya. Informan dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang yang terdiri dari Pejabat Struktural, Tim Teknis dan Tim Pengelola Branding Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data interaktif model Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Strategi digital branding yang dilakukan oleh Museum Sonobudoyo Yogyakarta melalui website guna menumbuhkan brand awareness dilaksanakan dengan memperhatikan indikator pembentuk digital branding, diantaranya: a) Aksesibilitas, b) Interaktivitas, c) Hiburan, d) Kepercayaan, e) Gangguan, dan f) Informatif. Implementasi strategi digital branding Museum Sonobudoyo melalui website memperhatikan aspek eksternal lembaga, seperti segmentasi pasar dan program komunikasi publik. Selain itu, penggunaan website sebagai alternative digital branding di Museum Sonobudoyo dilaksanakan secara optimal dengan menghadirkan keinformatifan pesan yang kemudian dijadikan sebagai media penyebaran informasi tentang Museum Sonobudoyo; dan 2) Pengembangan strategi dalam mengimplementasikan program digital branding di Museum Sonobudoyo dilaksanakan dengan menentukan a) Peta jalan sebagai pertunjukan pelaksanaan program, b) Penyusunan program kerja, c) Penentuan upaya strategis, dan d) Mengelola informasi.Kata Kunci : Digital Branding, Website, Brand Awareness. Abstract            This study aims to analyze and describe the digital branding strategy of the through the Sonobudoyo Museum website in order to grow brand awareness in the community. The research, which was conducted at the Sonobudoyo Museum, Yogyakarta, used a qualitative descriptive approach. In this study, the data source collection was based on a purposive sampling technique which had determined the criteria for the informants based on their roles. There were nine informants in this study consisting of Structural Officials, Technical Teams and Branding Management Teams at the Sonobudoyo Museum, Yogyakarta. Data collection techniques in this study used observations, interviews and documentation as well as interactive data analysis using the Miles Huberman model. The results of this study show 1) The digital branding strategy carried out by the Sonobudoyo Yogyakarta Museum through the website to grow brand awareness is carried out by taking into account the indicators that form digital branding, including: a) Accessibility, b) Interactivity, c) Entertainment, d) Trust, e) Distraction, and f) Informative. The implementation of the Sonobudoyo Museum's digital branding strategy through the website takes into account external aspects of the institution, such as market segmentation and public communication programs. In addition, the use of the website as an alternative digital branding at the Sonobudoyo Museum is carried out optimally by presenting informative messages which are then used as a medium for disseminating information about the Sonobudoyo Museum; and 2) Strategy development in implementing the digital branding program at the Sonobudoyo Museum is carried out by determining a) Roadmap as a guide for program implementation, b) Preparation of work programs, c) Determining strategic efforts, and d) Managing information.Key Words : Digital Branding, Website, Brand Awareness
HUBUNGAN GAYA KOMUNIKASI DOSEN DAN GAYA BELAJAR MAHASISWA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA THE RELATION BETWEEN LECTURERS’ COMMUNICATION STYLES AND STUDENTS’ LEARNING STYLES WITH THE EFFECTIVENESS OF COMMUNICATION IN ONLINE LECTURES FOR COMMUNICATION SCIENCE STUDENTS OF YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY syafrie mufariza; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19151

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya komunikasi dosen dan gaya belajar mahasiswa dengan efektivitas komunikasi dalam perkuliahan daring pada mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi angkatan 2018 sampai 2020 yang berjumlah 271 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dan diperoleh sebanyak 160 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner bentuk skala. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi ganda untuk hipotesis I dan korelasi product moment untuk hipotesis II III. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan dan bernilai positif antara gaya komunikasi dosen dan gaya belajar mahasiswa dengan efektivitas komunikasi dalam perkuliahan daring pada mahasiswa ilmu komunikasi UNY dimana nilai Signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 0,05 sehingga terdapat korelasi signifikan dan rhitung sebesar 0,405 bernilai positif sehingga hipotesis diterima.Kata kunci : Efektivitas Komunikasi, Gaya Komunikasi, Gaya Belajar, Perkuliahan Daring Abstract            This study aims to determine the relation between lecturers’ communication styles and students’ learning style with the effectiveness of communication in online lectures for communication science students of YSU. This study uses a quantitative approach, with the type of correlation research. The population in this study were active students of Communication Science from 2018 to 2020, totaling 271 people. The sampling technique in this study uses proportionate stratified random sampling technique, with the total of 160 samples. The data in this study was obtained by using a scaled questionnaire. The analysis technique uses multiple correlation analysis for the hypothesis I and Pearson’s product moment correlation for the hypothesis II III. The results of this study are that there is a significant and positive correlation between the lecturers’ communication styles and students’ learning styles with the communication effectivity in online lectures for communication science students at YSU where the Significance value is 0.000 which is lower than 0.05 so that there is a significant correlation and r value of 0.405 and is positive so that the hypothesis is accepted.Keywords : Effectiveness of communication, Communication styles, Learning styles, Online Lectures
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI SYAFA’AT MARCOMM AGENCY MARKETING COMMUNICATION STRATEGIES IN BUILDING BRAND IMAGE IN SYAFA'AT MARCOMM AGENCY carissa ervania; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19152

Abstract

Abstrak             Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Syafa’at Marcomm dalam membangun brand image. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan narasumber pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur, dokumentasi, dan observasi partisipasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara semi-terstruktur kepada pihak-pihak yang bertugas merancang strategi komunikasi pemasaran Syafa’at Marcomm. Wawancara ditujukan kepada CEO, Director Of Strategic Planning, Director Of Creative Division Dan Director Of Account Executive. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Syafa’at Marcomm dalam membangun brand  image menggunakan strategi branding  syariah melalui strategi Five Step To Loyalty untuk membangun corporate branding. Syafa’at Marcomm melakukan corporate branding diantaranya: beriklan di media sosial Instagram dan Facebook.  Melakukan promosi penjualan secara soft selling melalui edukasi trend branding, marketing dan bisnis di media sosial. Mengelola personal branding stakeholder untuk menjalankan public relation dan personal sales. Menyelenggarakan event berupa seminar, workshop, talk show mengenai branding dan bisnis syariah sebagai pemasaran langsung. Mengikuti event komunitas melalui sponsorship. Pemanfaatan internet marketing masih sebagai media publikasi. Membangun word of mouth melalui service excellence. Diketahui strategi yang paling efektif dalam membangun brand image di Syafa’at Marcomm melalui personal branding stakeholder dan word of mouth.  Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran Syariah, Brand  Image  Abstract            The purpose of this research is to identify and describe the marketing communication strategy used by Syafa'at Marcomm in building a brand image. This research is a descriptive research with a qualitative approach. Determination of sources in this study was carried out by purposive sampling technique. Methods of data collection using semi-structured interview techniques, documentation, and participatory observation. In this study, researchers conducted semi-structured interviews with parties tasked with designing Syafa'at Marcomm's marketing communications strategy. Interviews were addressed to the CEO, Director of Strategic Planning, Director of Creative Division and Director of Account Executive. Test the validity of the data using source triangulation. The data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the marketing communication strategy carried out by Syafa'at Marcomm in building a brand image uses a sharia branding strategy through the Five Step To Loyalty strategy to build corporate branding. Syafa'at Marcomm does corporate branding including: advertising on social media Instagram and Facebook. Conduct sales promotion through soft selling through education on branding, marketing and business trends on social media. Manage stakeholder personal branding to carry out public relations and personal sales. Organizing events in the form of seminars, workshops, talk shows on sharia branding and business as direct marketing. Participate in community events through sponsorship. Utilization of internet marketing is still as a media publication. Building word of mouth through service excellence. It is known that the most effective strategy in building a brand image at Syafa'at Marcomm is through stakeholder personal branding and word of mouth.Keywords : Strategy, Sharia Marketing Communication, Brand  Image
POLA KOMUNIKASI ORGANISASI MASYARAKAT JAWIL JUNDIL DALAM MENERKAN TINDAK KRIMINALITAS JALANAN DI KABUPATEN SLEMAN COMMUNICATION PATTERNS OF THE JAWIL JUNDIL COMMUNITY ORGANIZATION IN PRESSING STREET CRIMINALITY IN SLEMAN REGENCY bagus dwi handoko; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19147

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi masyarakat Jawil Jundil dalam menekan tindak kriminalitas jalanan di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Komandan selaku ketua organisasi Jawil Jundil dan Ketua Korlap organisasi Jawil Jundil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu yang kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa organiasi Jawil Jundil menerapkan pola komunikasi lingkaran untuk memberikan informasi dalam organisasi. Dalam hal menekan tindak kriminalitas di jalan khususnya di Kabupaten Sleman, organisasi Jawil Jundil sebelum melakukan operasi jalanan mereka akan melakukan brifieng terlebih dahulu. Selain itu organisasi Jawil Jundil melakukan giat operasi penyisiran selalu menggunakan kode etik yang mana sudah menjadi SOP (Standar Operasional Prosedur), dalam menjalankan fungsinya organisasi Jawil Jundil bersinergi dengan pihak Kepolisian dan TNI agar upaya giat operasi penyisiran sudah mendapatkan pertanggung jawaban dan jaminan dari lembaga yang sah dari hukum sebagai pencipta keamanan dan ketertiban masyarakat.Kata kunci : Pola Komunikasi Organisasi, Organisasi Masyarakat, Jawil Jundil AbstractThe purpose of this study was to determine the communication pattern of Jawil Jundil community organizations in suppressing street crime in Sleman Regency. This research is a descriptive research using a qualitative approach. The subject of this research is the Commander as the head of the Jawil Jundil organization and the Head of the Korlap of the Jawil Jundil organization. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The technique of checking the validity of the data uses triangulation of sources, techniques and time which is then analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and verification. The results of the study indicate that the Jawil Jundil organization applies a circular communication pattern to provide information within the organization. In terms of suppressing crime on the road, especially in Sleman Regency, the Jawil Jundil organization before carrying out road operations will conduct a briefing first. In addition, the Jawil Jundil organization carries out sweeping operations, always using a code of ethics which has become a SOP (Standard Operating Procedure), in carrying out its functions the Jawil Jundil organization synergizes with the Police and TNI so that active efforts in sweeping operations have received accountability and guarantees from institutions that legitimate from the law as the creator of public security and order. Keywords : Organizational Communication Pattern, Community Organization, Jawil Jundil
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL PONCOWINATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI YOGYAKARTA PONCOWINATAN HOTEL MARKETING COMMUNICATION STRATEGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN YOGYAKARTA irfan hendriawan muhammad; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19153

Abstract

Abstrak            Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Hotel Poncowinatan selama pandemi Covid-19 di Yogyakarta dengan mengunakan analisis SWOT yaitu terkait dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode analisis deskriptif dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Peneliti melakukan sesi wawancara terhadap pengelola, observasi di Hotel Poncowinatan Yogyakarta, serta melakukan studi dokumentasi data berupa hasil statistik tingkat kenaikan pengunjung yang dapat dianalisis. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis lapangan Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran ditekankan berdasarkan analisis matrik SWOT yang berada pada kuadran I, yakni growth-oriented strategy. Strategi tersebut memungkinkan Hotel Poncowinatan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Strategi yang direkomendasikan adalah memperluas wilayah pemasaran melalui media sosial dengan memperjelas konsep serta visi dan misi Hotel.Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pandemi Covid-19, Analisis SWOT Abstract            This research is aimed to find out how the marketing communication strategy of Hotel Poncowinatan during the Covid-19 pandemic in Yogyakarta by using a SWOT analysis, there are strength, weakness, opportunity, and threat. This is a research with qualitative approach, using descriptive analysis method and sources of data in this study using primary and secondary data sources. Researchers conducted interviews with managers, made observations at Hotel Poncowinatan Yogyakarta, as well as conducted a study of data documentation in the form of statistical results of the increase in visitor rates that could be analyzed. The data analysis technique was carried out using Miles and Huberman field analysis which included three stages, data reduction stage, data presentation, and verification. The validity of the data in this study was carried out using a type of source triangulation. The results show that the application of marketing strategy is emphasized based on the SWOT matrix analysis which is in quadrant I, called growth-oriented strategy. This strategy allows Hotel Poncowinatan to continue to expand, increase growth and achieve maximum progress. The recommended strategy is to expand the marketing area through social media by clarifying the concept and vision and mission of the Hotel.Keyword: Communication Strategies, Covid-19 Pandemic, SWOT Analysis
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI CV CIPTA KARYA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN BIDANG MUSIK DAN KERAJINAN COMMUNICATION STRATEGY ANALYSIS OF CV CIPTA KARYA IN BUILDING AN IMAGE AS A MUSIC AND CRAFT COMPANY muhammad zakaria; wuri handayani
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19148

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang dijalankan CV Cipta Karya dalam membangun citra sebagai perusahaan bidang musik dan kerajinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Cipta Karya menggunakan strategi komunikasi yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluai. Perencanaan mendasarkan pada konsep AIDDA yakni membangun awareness, interest, desire, decision, dan action. Pelaksanaan strategi komunikasi dilakukan melalui advertising, personal selling, sales promotion, publisitas, marketing event, dan membentuk unit binaan. Upaya membangun citra dilakukan dengan pelayanan maksimal, kualitas dan harga bersaing di pasar, membangun hubungan dekat dengan pelanggan, serta berusaha mempermudah pelanggannya melakukan pembelian. Evaluasi dilakukan dengan selalu mengikuti kondisi terkini, salah satunya melebarkan sayap bisnis ke bidang kontraktor penyedia barang dan jasa lain untuk semakin menguatkan perusahaanKata kunci: Strategi Komunikasi, Perusahaan Baru, Musik, Marching Band, Kerajinan. AbstractThis study aims to analyze the communication strategy implemented by CV Cipta Karya in building its image as a music and craft company. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection through interviews and documentation studies. Check the validity of the data using source triangulation. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed that CV Cipta Karya used a communication strategy consisting of planning, implementation, and evaluation. Planning based on AIDDA concept, which is to build awareness, interest, desire, decision, and action. The implementation of the communication strategy is carried out through advertising, personal selling, sales promotion, publicity, marketing events, and forming fostered units. Efforts to build an image are carried out with maximum service, quality and competitive prices in the market, building close relationships with customers, and trying to make it easier for customers to make purchases. The evaluation is carried out by always following the latest conditions, one of which is by expanding its business to the field of contractors providing other goods and services to strengthen the company.Keywords: Communication Strategy, New Company, Music, Marching Band, Craft.
STRATEGI KOMUNIKASI EVENT ORGANIZER CV CN CORPORATION DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI TENGAH PANDEMI COVID - 19 CV CN CORPORATION EVENT ORGANIZER COMMUNICATION STRATEGY IN MAINTAINING EXISTENCE IN THE MIDDLE OF THE COVID-19 PANDEMIC taufiq nur ardianto; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 2 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i2.19154

Abstract

Abstrak            Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi CV CN Corporation dalam mempertahankan eksistensi di tengah Pandemi Covid-19. Penelitian yang berlokasi di Event Organizer CV CN Corporation ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dipilih menggunakan Teknik purposive sampling, sehingga terpilihlah dua informan utama, yakni, Direktur Utama dan Manager Production dari CV CN Corporation. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi nonpartisipatif. Teknik yang digunakan dalam menguji keabsahan data adalah menggunakan metode triangulasi sumber. Data penelitian yang berhasil didapat selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi event organizer CV CN Corproation dalam mempertahankan eksistensi di tengah Pandemi Covid-19 mencakup tahap penelitian (research) dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap trend pasar dan perkembangan kebijakan penanganan pandemi Covid – 19, tahap perencanaan (plan) event dilakukan dengan menyusun elemen penyelenggaraan event yang dibutuhkan selama pandemi Covid – 19, tahap pelaksanaan (execute) dilakukan ketika permintaan penyelenggaraan event sudah mulai diterima oleh CV CN Corporation. CV CN Corporation mengerjakan event daring, campuran, dan luring dengan mayoritas klien berasal dari pemerintah daerah, instansi pendiikan, dan korporasi, tahap pengukuran (measure) dilakukan dengan metode yang kurang ilmiah.Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Mempertahankan Eksistensi, Pandemi Covid-19 Abstract            The purpose of this study is to find out the communication strategy of CV CN Corporation in maintaining its existence in the midst of the Covid-19 Pandemic. This research, which is located at the CV CN Corporation Event Organizer, uses a qualitative approach. The informants were selected using a purposive sampling technique, so that two main informants were selected, namely, the President Director and the Production Manager from CV CN Corporation. Data collection techniques are in-depth interviews, documentation studies and non-participatory observation. The technique used in testing the validity of the data is using the source triangulation method. The research data that was obtained were then analyzed using data analysis techniques using the Miles and Huberman model, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the event organizer CV CN Corproation's communication strategy in maintaining existence in the midst of the Covid-19 Pandemic included the research stage carried out by observing market trends and policy developments for handling the Covid-19 pandemic, the event planning stage was carried out by compiling elements of organizing events that are needed during the Covid-19 pandemic, the implementation stage (execute) is carried out when the request for event organization has begun to be received by CV CN Corporation. CV CN Corporation works on online, mixed, and offline events with the majority of clients coming from local governments, educational institutions, and corporations, the measurement stage is carried out with less scientific methods.Keyword: Communication Strategy, Maintaining Existence, Covid-19 Pandemic

Page 1 of 1 | Total Record : 10