cover
Contact Name
Siti Mayasari Pakaya
Contact Email
ilkom10@ung.ac.id
Phone
+6285246097267
Journal Mail Official
jpeneilkom@ung.ac.id
Editorial Address
JURUSAN KOMUNIKASI Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, 96128 Kontak : Telepon (0435) 821125 Fax (0435) 821752 Nomor HP 085246097267
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 30262380     DOI : https://doi.org/10.37905/jik.v1i1
Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi e-ISSN 3026-2380 mengundang para dosen, mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di bidang komunikasi untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi. Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi terbit selama dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November Adapun fokus dari jurnal ini antara lain: 1) Komunikasi massa dan jurnalistik 2) Kebijakan media 3) Hubungan masyarakat (public relations) 4) Media massa dan perubahan sosial 5) Media massa dan budaya popular 6) Komunikasi strategis 7) Kajian lain yang masih berkaitan dengan Ilmu Komunikasi
Articles 10 Documents
Kalangan Usia Senja dan Facebook (Analisis Problematika Penggunaan Facebook di Kalangan Usia Senja) Nurjayanti Taqwa
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.35

Abstract

Masifnya perkembangan infrastruktur jaringan internet di Indonesia menjadi babak baru masuknya berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang semakin mutakhir seperti smartphone dan gawai lain berbasis Android dan iOs. Hal ini membuat seluruh kalangan usia berbondong-bondong memanfaatkan perkembangan tersebut untuk mendukung pemenuhan kebutuhannya akan komunikasi dan informasi. Tidak terkecuali bagi kalangan usia senja (pra lansia) dengan usia di atas 50 tahun. Perkembangan ini kemudian menghadirkan problematika tersendiri, khususnya bagi para kalangan usia senja yang gagap teknologi dalam menggunakan sosial media, khususnya Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi untuk mendeskripsikan problem apa saja yang ditemui oleh kalangan usia senja dalam menggunakan Facebook dan bagaimana mereka mengatasinya. Hasilnya, masalah utama yang dihadapi kalangan usia senja dalam menggunakan Facebook terletak pada minimnya kemampuan intelektual yang mengakibatkan rendahnya kemampuan mengingat serta memaknai informasi yang berdampak pada mudahnya kalangan tersebut menjadi penerima sekaligus penyebar informasi hoaks. Sebagian besar masalah yang dihadapi tersebut dapat diatasi dengan meminta bantuan kepada orang lain yang lebih muda usianya untuk membantunya dalam memanfaatkan fitur pada Facebook.
Implementasi Situational of The Publics pada Public Relations PT. Angkasa Pura I (Persero) Elsa Hida
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.36

Abstract

Pembangunan Bandara NYIA di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu pembangunan berskala besar. Pembangunan tersebut memang mendatangkan sisi positif, yaitu munculnya bandara internasional yang mendatangkan investor serta memudahkan perkembangan industri untuk Indonesia. Di sisi lain, terdapat dampak-dampak lain yang melibatkan sosial ekonomi dan lingkungan, sehingga keberadaan Bandara NYIA ini ibarat dua sisi mata uang. Sebagai perusahaan yang terlibat dalam pengadaan dan pembangunan Bandara NYIA ini, PT. Angkasa Pura I (Persero) seharusnya melakukan tindakan yang mencegah terjadinya perluasan dari dampak-dampak negatif tersebut. Tentunya, hal itu merupakan tugas dari public relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan untuk melihat tindakan-tindakan yang dilakukan oleh public relations di perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori situational of the public untuk menganalisis tentang persepsi, sikap, dan perilaku publik dan organisasi. Hasilnya, public relations dari PT. Angkasa Pura I (Persero) masih menunjukkan bahwa kurangnya klarifikasi serta tindakan yang dilakukan untuk mencegah dampak-dampak negatif dari segi sosial ekonomi pada masyarakat yang terdampak dari pendirian Bandara NYIA tersebut.
PERILAKU KOMUNIKASI COLLECTOR DALAM PROSES PENAGIHAN KEPADA DEBITUR DI PT. NUSANTARA SAKTI CIPTADANA FINANCE (NSC) Ziat Hasan; Noval Sufriyanto Talani; Yowan Tamu
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.37

Abstract

Seperti yang kita ketahui, stigma masyarakat terhadap leasing tidak selalu positif, fakta di lapangan menyatakan bahwa leasing menunjuk collector untuk menyelesaikan masalah finansial antara nasabah dan perusahaan. Saat ini kasus mengenai penjualan kenderaan ilegal atau yang tidak memiliki surat-surat sudah banyak terjadi di Gorontalo, hal tersebut tidak luput dengan kasus yang ada di pt nsc finance gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu sebagai bentuk karya ilmiah yang dapat mendeskripsikan perilaku komunikasi Collector pada proses penagihan kepada debitur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa setiap collector yang melakukan penagihan kepada debitur memiliki sifat yang berbeda, namun dalam penagihan tersebut, jika debitur tidak melakukan pembayaran maka collector akan melakukan kesepakatan perihal penunggakan yang terjadi, dan apabila setelah terjadi kesepan dan belum juga melakukan pembayaran maka dari pihak collector akan menyita barang tersebut. Apabila barang tersebut sudah berpindah tangan atau kepemilikan, maka masalah tersebut akan diserahkan pada pihak kepolisian.
Manajemen Kesan Pada Petugas Layanan Konsumen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Witel Gorontalo Nur Fadilah; Siti mayasari Pakaya; Citra F.I.L Dano Putri
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.40

Abstract

Petugas layanan konsumen pada PT Telkom Indonesia betugas melayani pelanggan pada garda terdepan dengan harapan dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan PT. Telkom berdasarkan Moment of Truth dalam yang tertuang dalam Code of Conduct perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kesan pada petugas layanan konsumen pada PT Telkom Indonesia Witel Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat interpretif. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi oleh erving Goffman sebagai metode analisis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara panggung depan dan panggung belakang dari petugas layanan konsumen dimana pada panggung depan informan menunjukkan proses pengelolaan kesan yang terjadi tidak jauh berbeda dikarenakan berada di ruang lingkup kerja yang sama sebagai petugas layanan konsumen yang memerankan peran dipanggung depan sesuai code of conduct. Namun pada panggung belakang, karakter informan berbanding terbalik dari apa yang ditampilkan di panggung depan, terkesan angkuh oleh rekan kerja pada unit lain dan suka membicarakan satu sama lain, ketika berada di lingkungan rumah ada yang lebih pendiam dan suka menyendiri. Hal ini jauh bertolak belakang dengan Moment of Truth yang mengutamakan aspek emphaty, responsiveness, reability & assurance dalam pelayanan kepada konsumen.
Aktivisme Siber dan Gerakan Sosial Baru di Twitter : Analisis Wacana Kasus Penembakan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat Rahmawati Latief
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.42

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi memiliki peran penting dalam aktivisme politik dansosial sehingga menghadirkan aktivisme siber dan gerakan sosial baru di media sosialkhususnya untuk peristiwa fenomenal yang viral seperti kasus penembakan Brigadir PolisiNofriansyah Yosua Hutabarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi publikterhadap kasus penembakan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat dan menganalisissejauh mana peran aktivisme siber dan gerakan sosial baru sebagai alat mobilisasi opini publikpada kasus tersebut. Riset menggunakan metode kualitatif dengan mengadopsi teknik analisiswacana Teun A.van Dijk yaitu struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa peran aktivisme siber sangat penting dalam memobilisasi suarapada kasus penembakan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat hal ini didukung karenaadanya kombinasi antara topik penembakan antar anggota polisi sebagai isu yang menarikdengan Twitter sebagai ruang baru dalam kebebasan berekspresi sehingga menimbulkaninteraksi rutin warganet yang bersifat informal dan penerapan strategi algoritma Twitter.Ketiga unsur ini membentuk gerakan sosial baru yang menjadi ruang gema di dunia virtualdan melahirkan mobilisasi massa dibeberapa kota besar di Indonesia.
Komunikasi Interpersonal Waria dalam Mengelola Konflik dan Norma Sosial di Masyarakat (Studi Fenomenologi di Kabupaten Maros) La Here Kaharfin; Feni Mariana
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 2 (2023): Jambura ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Mengeksplorasi bentuk-bentuk konflik waria terhadap masyarakat dan norma sosial di masyarakat, (2) Menganalisis upaya waria dalam mengelola konflik dan norma sosial di masyarakat, (3) Mengetahui dan memahami cara waria berinteraksi dengan masyarakat dan norma sosial dengan konflik yang ada pada dirinya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode kualitatif digunakan untuk memahami realitas sosial sebagai realitas subyektif. Pendekatan fenomenologi digunakan pada peristiwa komunikasi interpersonal waria dalam menangani konflik dalam kehidupan masyarakat. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk konflik waria di Kabupaten Maros terdiri dari dua bentuk, yaitu konflik verbal dan konflik nonverbal. Konflik verbal terdiri dari ejekan, cacian, dan pelabelan. Konflik nonverbal terdiri dari dijauhi dan adanya tatapan sinis dan senyum sinis dari orang lain. (2) Pola pengelolaan konflik waria adalah dengan menghindar, win-win solution dan konfrontasi, dan (3) Para waria menampilkan prilaku biasa-biasa saja dengan lawan interaksi mereka ketika mereka sedang berkonflik dengan orang lain. Mempunyai karakter ekstrovert dan mudah bergaul ketika berinteraksi dengan menggunakan pakaian wanita dan makeup.
Penerapan Teknik Search Engine Optimization (SEO) Dalam Produksi Berita Di Detik Sulsel Feni Melinda; Rahmawati Latief; Firdaus Muhammad; Siti Mayasari Pakaya
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 2 (2023): Jambura ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Background: Online media is currently starting to adopt Search Engine Optimization (SEO) techniques as an instrument in producing news so that it can be in the top position of search engines. This is the case with Detik.Sulsel, which is one of the regional channels on the detik.com online media, which continues to experience an increasing trend in the number of online visitors. Purpose: This research aims to determine the application and flow of SEO techniques in detik.Sulsel news production at the on page and off page levels as well as to determine the supporting and inhibiting factors in implementing SEO techniques in detik.Sulsel. Methods: This research uses descriptive qualitative with data collection methods namely in-depth interviews, nonparticipant observation and documentation. Data analysis was carried out in three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results: The results of this research show that SEO optimization at the on page level in detik.Sulsel has been implemented in accordance with SEO standards and emphasizes three main strategies in the news production process, namely content quality, credibility and relevance of articles created according to readers' needs. Detik.Sulsel always balances SEO and journalistic rules that must not be violated. At the off page level SEO optimization detik.Sulsel has also implemented special strategies such as internal links which are carried out only on internal detik.com, implementing an anchor article strategy, utilizing social media, and optimizing the available web analytics to the maximum. Conclutions: Then the research results also show that there are four supporting factors, namely an organized editorial system, meetings and evaluations, supporting advanced technology, and having article writing guidelines that apply SEO techniques. Implications: The inhibiting factor is that the Google algorithm is always changing, so SEO specialists must always follow and understand the latest algorithms.
Analisis Peran Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Papua dalam Aktivitas Media Relations Nurjayanti Nurjayanti; Harmin Hatta; Lidia Numberi
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 2 (2023): Jambura ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah provinsi Papua melalui biro Humas dan Protokol dengan tugas pokok mempublikasikan kegiatan pemerintah provinsi Papua melalui media massa guna menciptakan dan membina hubungan yang positif, baik dalam lingkup pemerintah provinsi Papua maupun kepada masyarakat Papua. Biro Humas dan Protokol suatu instansi pemerintah merupakan ujung tombak pengelolaan informasi dalam upaya menciptakan tata kelola humas yang baik sebagai bagian dari tata kelola pemerintahan yang baik pula. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran biro Humas dan Protokol sekretariat daerah provinsi Papua dalam aktivitas dan pengelolaan hubungan dengan media massa (media relations) serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi biro Humas dan Protokol sekretariat daerah provinsi Papua dalam aktivitas media relations tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap pejabat dan staf biro Humas dan Protokol sekretariat daerah provinsi Papua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biro Humas dan Protokol sekretariat daerah provinsi Papua telah memenuhi dan menjalankan perannya dengan sangat baik dalam aktivitas media relations. Terbukti dari tersedianya dokumen perjanjian kerja sama dengan media massa, adanya pelayanan protokoler serta aktivitas dokumentasi dan publikasi untuk penyebarluasan informasi. Faktor yang memengaruhi pemenuhan peran tersebut ialah adanya kerja sama, tanggung jawab, dan komitmen dari staf humas, dukungan pimpinan, jumlah dan kualifikasi staf yang memadai. Adapun kendala yang diahadapi biro Humas dan Protokoler sekretariat daerah provinsi Papua adalah minimnya konfirmasi awal dari pihak media massa terkait penempatan halaman pemberitaan dan gambar yang terkadang tidak sesuai dengan kesepakatan kerja sama. Sehingga, diperlukan sistem kontrol yang memberi hak kepada biro Humas dan Protokol sekretariat derah provinsi Papua agar pemberitaan di media massa sesuai dengan isi perjanjian kerja sama.
KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM TOXIC RELATIONSHIP PACARAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO Sumarjo; Yowan Tamu; Deby Astuty Elvita Hussa
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 2 (2023): Jambura ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In romantic relationships, things don't always go smoothly. There are many reasons why aconsensual relationship between people of different genders becomes an unhealthy relationship.For example, the lack of openness between partners is one of the causes of problems in romanticrelationships. An unhealthy relationship can have a negative impact on the physical and mentalhealth of someone involved in the relationship. The condition of an unhealthy romanticrelationship is called a toxic relationship.This research aims to find out how interpersonal communication processes and social exchangesoccur in toxic relationships among Gorontalo State University students. The research methodused is a qualitative descriptive approach using social penetration theory and Social ExchangeTheory as analytical tools.The research results show that the relationship level that leads to a toxic relationship occurs inthe communication context, namely verbal and nonverbal communication. The findings of verbalcommunication that occurred in the relationships of several informant couples were that thecouple received harsh words, lies, insults towards the partner, demeaned and intimidated thepartner. Meanwhile, findings related to nonverbal communication that occurred were thatseveral informants often received physical violence such as punches and even throwing thingswhen a conflict occurred. Second, the social exchange that occurs in relationships, namely costsand rewards. The costs received in a relationship include momentary emotional satisfaction andsufficient financial needs. Apart from that, the rewards that occur include frequently feelingstressed, anxious, and losing freedom in relationships.
Analisis Isi Infografis Berita Kekerasan Seksual Pada Portal Berita Online Tirto.id Nadia Febrianti Abdul Salam; Rahmawati Latief; Abdul Halik; Muhammad Akram Mursalim
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 2 (2023): Jambura ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tirto.id is one of the online media that uses visual data journalism. Sexual violencecases are one of the topics discussed in this media by using infographics in describing importantfacts and data in the news. Purpose:This research aims to determine trends in media reportingpresented in the form of infographics regarding cases of sexual violence on the online news portalTirto.id. Methods:This research uses quantitative descriptive methods with content analysismethods. This research corpus consists of 20 infographics on sexual violence news from theonline news portal Tirto.id. Results: The results of this research show that 82.5% of theinformation sources for information on sexual violence news infographics came from nongovernmental institutions, namely Tirto.id Research, BKBLII, Walhi Sulteng, BailurangReportage, Sikola Mombine, The Jakarta Post Reportage, then 12.5% came from The governmentis the Ministry of Women's and Children's Empowerment, the National Commission for AntiViolenceAgainstWomenand5%acombinationofbothsources.Thetypesofsexualviolence experiencedbythevictimswere60%imagined,30%expressedverballyintheformofcatcalling, 7.5%expressedphysical,namelyunwantedtouchingleadingtoimmoralactssuchastouching thevictim'svitalorgans,and2.5%expressedvisualdistributionofphotosorcontentofvictims with sexual nuances without consent. 67.5% of efforts to handle and resolve cases of sexualviolence come from non-governmental institutions such as beauty brand product collaborationsholding campaigns and outreach regarding sexual violence, and 32.5% from the Government inthe form of legal regulations regarding the Sexual Violence Crime Law regarding the PKS Bill.(Elimination of Sexual Violence). Lastly, the types of infographics are 80% informational, 15%Timeline and 5% Mixedchart. Conclusion: The results of this research show that Tirto.id alwaysprioritizes news with clear, in-depth information sources in accordance with its research eventhough it is faced with the characteristics of modern journalism in the era of speed and artificialintelligence (AI).

Page 1 of 1 | Total Record : 10