cover
Contact Name
Siti Mayasari Pakaya
Contact Email
ilkom10@ung.ac.id
Phone
+6285246097267
Journal Mail Official
jpeneilkom@ung.ac.id
Editorial Address
JURUSAN KOMUNIKASI Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, 96128 Kontak : Telepon (0435) 821125 Fax (0435) 821752 Nomor HP 085246097267
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 30262380     DOI : https://doi.org/10.37905/jik.v1i1
Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi e-ISSN 3026-2380 mengundang para dosen, mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di bidang komunikasi untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi. Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi terbit selama dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November Adapun fokus dari jurnal ini antara lain: 1) Komunikasi massa dan jurnalistik 2) Kebijakan media 3) Hubungan masyarakat (public relations) 4) Media massa dan perubahan sosial 5) Media massa dan budaya popular 6) Komunikasi strategis 7) Kajian lain yang masih berkaitan dengan Ilmu Komunikasi
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi" : 5 Documents clear
Kalangan Usia Senja dan Facebook (Analisis Problematika Penggunaan Facebook di Kalangan Usia Senja) Nurjayanti Taqwa
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.35

Abstract

Masifnya perkembangan infrastruktur jaringan internet di Indonesia menjadi babak baru masuknya berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang semakin mutakhir seperti smartphone dan gawai lain berbasis Android dan iOs. Hal ini membuat seluruh kalangan usia berbondong-bondong memanfaatkan perkembangan tersebut untuk mendukung pemenuhan kebutuhannya akan komunikasi dan informasi. Tidak terkecuali bagi kalangan usia senja (pra lansia) dengan usia di atas 50 tahun. Perkembangan ini kemudian menghadirkan problematika tersendiri, khususnya bagi para kalangan usia senja yang gagap teknologi dalam menggunakan sosial media, khususnya Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi untuk mendeskripsikan problem apa saja yang ditemui oleh kalangan usia senja dalam menggunakan Facebook dan bagaimana mereka mengatasinya. Hasilnya, masalah utama yang dihadapi kalangan usia senja dalam menggunakan Facebook terletak pada minimnya kemampuan intelektual yang mengakibatkan rendahnya kemampuan mengingat serta memaknai informasi yang berdampak pada mudahnya kalangan tersebut menjadi penerima sekaligus penyebar informasi hoaks. Sebagian besar masalah yang dihadapi tersebut dapat diatasi dengan meminta bantuan kepada orang lain yang lebih muda usianya untuk membantunya dalam memanfaatkan fitur pada Facebook.
Implementasi Situational of The Publics pada Public Relations PT. Angkasa Pura I (Persero) Elsa Hida
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.36

Abstract

Pembangunan Bandara NYIA di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu pembangunan berskala besar. Pembangunan tersebut memang mendatangkan sisi positif, yaitu munculnya bandara internasional yang mendatangkan investor serta memudahkan perkembangan industri untuk Indonesia. Di sisi lain, terdapat dampak-dampak lain yang melibatkan sosial ekonomi dan lingkungan, sehingga keberadaan Bandara NYIA ini ibarat dua sisi mata uang. Sebagai perusahaan yang terlibat dalam pengadaan dan pembangunan Bandara NYIA ini, PT. Angkasa Pura I (Persero) seharusnya melakukan tindakan yang mencegah terjadinya perluasan dari dampak-dampak negatif tersebut. Tentunya, hal itu merupakan tugas dari public relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan untuk melihat tindakan-tindakan yang dilakukan oleh public relations di perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori situational of the public untuk menganalisis tentang persepsi, sikap, dan perilaku publik dan organisasi. Hasilnya, public relations dari PT. Angkasa Pura I (Persero) masih menunjukkan bahwa kurangnya klarifikasi serta tindakan yang dilakukan untuk mencegah dampak-dampak negatif dari segi sosial ekonomi pada masyarakat yang terdampak dari pendirian Bandara NYIA tersebut.
PERILAKU KOMUNIKASI COLLECTOR DALAM PROSES PENAGIHAN KEPADA DEBITUR DI PT. NUSANTARA SAKTI CIPTADANA FINANCE (NSC) Ziat Hasan; Noval Sufriyanto Talani; Yowan Tamu
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.37

Abstract

Seperti yang kita ketahui, stigma masyarakat terhadap leasing tidak selalu positif, fakta di lapangan menyatakan bahwa leasing menunjuk collector untuk menyelesaikan masalah finansial antara nasabah dan perusahaan. Saat ini kasus mengenai penjualan kenderaan ilegal atau yang tidak memiliki surat-surat sudah banyak terjadi di Gorontalo, hal tersebut tidak luput dengan kasus yang ada di pt nsc finance gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu sebagai bentuk karya ilmiah yang dapat mendeskripsikan perilaku komunikasi Collector pada proses penagihan kepada debitur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa setiap collector yang melakukan penagihan kepada debitur memiliki sifat yang berbeda, namun dalam penagihan tersebut, jika debitur tidak melakukan pembayaran maka collector akan melakukan kesepakatan perihal penunggakan yang terjadi, dan apabila setelah terjadi kesepan dan belum juga melakukan pembayaran maka dari pihak collector akan menyita barang tersebut. Apabila barang tersebut sudah berpindah tangan atau kepemilikan, maka masalah tersebut akan diserahkan pada pihak kepolisian.
Manajemen Kesan Pada Petugas Layanan Konsumen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Witel Gorontalo Nur Fadilah; Siti mayasari Pakaya; Citra F.I.L Dano Putri
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.40

Abstract

Petugas layanan konsumen pada PT Telkom Indonesia betugas melayani pelanggan pada garda terdepan dengan harapan dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan PT. Telkom berdasarkan Moment of Truth dalam yang tertuang dalam Code of Conduct perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kesan pada petugas layanan konsumen pada PT Telkom Indonesia Witel Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat interpretif. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi oleh erving Goffman sebagai metode analisis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara panggung depan dan panggung belakang dari petugas layanan konsumen dimana pada panggung depan informan menunjukkan proses pengelolaan kesan yang terjadi tidak jauh berbeda dikarenakan berada di ruang lingkup kerja yang sama sebagai petugas layanan konsumen yang memerankan peran dipanggung depan sesuai code of conduct. Namun pada panggung belakang, karakter informan berbanding terbalik dari apa yang ditampilkan di panggung depan, terkesan angkuh oleh rekan kerja pada unit lain dan suka membicarakan satu sama lain, ketika berada di lingkungan rumah ada yang lebih pendiam dan suka menyendiri. Hal ini jauh bertolak belakang dengan Moment of Truth yang mengutamakan aspek emphaty, responsiveness, reability & assurance dalam pelayanan kepada konsumen.
Aktivisme Siber dan Gerakan Sosial Baru di Twitter : Analisis Wacana Kasus Penembakan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat Rahmawati Latief
JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI Vol. 1 No. 1 (2023): Jambura Ilmu Komunikasi
Publisher : Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/jik.v1i1.42

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi memiliki peran penting dalam aktivisme politik dansosial sehingga menghadirkan aktivisme siber dan gerakan sosial baru di media sosialkhususnya untuk peristiwa fenomenal yang viral seperti kasus penembakan Brigadir PolisiNofriansyah Yosua Hutabarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi publikterhadap kasus penembakan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat dan menganalisissejauh mana peran aktivisme siber dan gerakan sosial baru sebagai alat mobilisasi opini publikpada kasus tersebut. Riset menggunakan metode kualitatif dengan mengadopsi teknik analisiswacana Teun A.van Dijk yaitu struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa peran aktivisme siber sangat penting dalam memobilisasi suarapada kasus penembakan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat hal ini didukung karenaadanya kombinasi antara topik penembakan antar anggota polisi sebagai isu yang menarikdengan Twitter sebagai ruang baru dalam kebebasan berekspresi sehingga menimbulkaninteraksi rutin warganet yang bersifat informal dan penerapan strategi algoritma Twitter.Ketiga unsur ini membentuk gerakan sosial baru yang menjadi ruang gema di dunia virtualdan melahirkan mobilisasi massa dibeberapa kota besar di Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 5