cover
Contact Name
Novian Faqih
Contact Email
novian.faqih@isimupacitan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurasic945@gmail.com
Editorial Address
Office: Jl. Gajahmada No.20, Purwoharjo, Baleharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Basic Learning and Thematic i
ISSN : -     EISSN : 29877083     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Basic Learning and Thematic focuses on issues about empirical investigation of basic learning. The journal aims to publish and disseminate high-quality publication at the national level through the blind review process. The articles published are expected to cover wide range of topics in studies and application of theories, writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education.
Articles 11 Documents
Penerapan model bermain pendidikan gerak dalam meningkatkan aktivitas jasmani siswa Sekolah Dasar Usi Sulis Setiani usi; Agus Mahendra; Wildan Alfia Nugroho Nugroho
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas jasmani siswa sekolah dasar melalui penerapan model bermain pendidikan gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan selama dua siklus, sebanyak empat kali pertemuan. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi Active Learning Time (ALT) Duration Recording menggunakan Stopwatch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model bermain pendidikan gerak berupa permainan soccer like games dapat meningkatkan aktivitas jasmani siswa kelas IV SD Negeri 2 Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran tahun ajaran 2022/2023
Efektifitas metode drill dalam pembelajaran linguistik Ani Safitri; Rudi Ruhardi; Itsnaini Muslimati Alwi
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa sebelum menggunakan metode drill (2) mengetahui pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa setelah menggunakan metode drill (3) mengetahui efektivitas metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Eksperimen ini disebut juga eksperimen semu karena berkenaan dengan pengontrolan variabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan model pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Di dalam model ini sebelum dimulai perlakuan kedua kelompok diberi tes awal atau pretest untuk mengukur kondisi awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan (X) dan pada kelompok pembanding tidak diberi. Sesudah diberi perlakuan kedua kelompok diberi tes lagi sebagai posttest. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan metode drill sedangkan pada kelas kontrol dilakukan dengan metode ceramah. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 05 Kalikunung. Hasil dari penelitian ini ada yaitu (1) pembelajaran kosa kata sebelum menggunakan metode drill siswa mendapat nilai rata-rata 46,67. nilai rata-rata 46,67 termasuk kategori nilai rendah karena di bawah angka 75,00. (2) Pembelajaran kosa kata setelah menggunakan metode drill siswa mendapat nilai minimun 44 dan nilai maximum 100. Dengan rata-rata 81,33. Peningkatan yang terjadi adalah sebesar 74,27%. (3) Metode drill efektif dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning berdasarkan pemerolehan nilai 0,6792 dan berdasarkan kreteria N-gain Skor dengan nilai 0,3 ? g ? 0,7 menunjukkan interprestasi sedang
Peningkatan motivasi belajar siswa SD kelas IV mata pelajaran IPAS tema batang tumbuhan melalui quantum teaching di SD Islam Terpadu Arrahmah Pacitan Suyitno Suyitno; Dedi Dwi Cahyono; Nurul Hadi Mustofa; Djalal Fuadi; Sri Gunarsih
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu sosial merupakan ilmu yang diperoleh melalui pengamatan, penelitian dan penalaran data secara terus menerus, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menghafal dan mengingat kembali materi yang ada. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran ipas tema batang tumbuhan melalui metode quantum teaching dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD IT Arrahmah Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Arrahmah yang berjumlah 11 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan lembar observasi berupa cek list untuk mengetahui aktivitas siswa. Sebelum diadakan penelitian, motivasi belajar siswa masih rendah. Kemudian setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa motivasi siswa dari siklus I 45,5% dan pada siklus II 82% mengalami peningkatan 36,5%. Prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran pada siklus I adalah 36% dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 27,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS SD IT Arrahmah.
Upaya guru dalam meningkatkan budaya literasi siswa SD Ryan Firmansyah; Yusroh Alquriyah; Eka Danik Prahastiwi
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada literasi siswa dalam proses pembelajaran. Permasalah yang diungkap adalah lunturnya literasi siswa karena minat literasi siswa-siswi di Indonesia sangat kurang. Dalam menyikapi hal ini tentunya guru pendidikan agama Islam juga mengupayakan dalam meningkatkan literasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan literasi siswa di SDIC Pacitan. Penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. Sumber data utama yaitu kepala sekolah, guru kelas, pustakawan, siswa, dan sumber data tambahan berupa dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pembiasaan literasi membaca sebelum jam pembelajaran, (2) pembiasaan memanfaatkan jam kosong untuk membaca, (3). upaya yang dilakukan oleh guru kelas beragam, seperti mengembangkan kebiasaan membaca materi sebelum pembelajaran dimulai, melakukan kegiatan apersepsi (pembukaan) atau mengajukan pertanyaan tentang materi apa yang telah dibaca siswa, dan juga berdiskusi bersama antara guru dengan siswa. Selain itu juga guru kelas memberikan tugas hafalan dan melakukan pembelajaran diluar kelas, (4) faktor pendukung dari lembaga atau pihak sekolah, orang tua, guru, serta sarana dan prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambat adalah dari dalam diri siswa.
Penerapan metode problem-based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Sumberharjo Pacitan Retno Anggraheni; Rudi Ruhardi; Yenni Nur Safitri; Zaenal Arifin; Anwar Kholid
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Sumberharjo. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain dari penelitian ini menggunakan Model Stringer yang ditandai dengan kerangka sederhana yaitu melihat (look), berpikir (think) dan bertindak (act) secara rutin. Dalam mengumpulkan data dan mendapatkan data, maka penulis menggunakan teknik Observasi dan teknik tes. Teknik observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian siswa kelas IV untuk mencatat kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan teknik tes yaitu evaluasi untuk mendapat skor hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam bentuk kata-kata atau kalimat sedangkan data kuantitatif berbentuk angka- angka di presentasekan selanjutnya dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini yaitu Banyak terjadi perubahan dan peningkatan pada siswa. Hal ini terbukti nilai belajar (rata-rata) siswa meningkat dari 42,86% menjadi 57,14% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning lebih mudah membuat siswa memahami pelajaran terhadap materi pengukuran sudut
Analisis potensi lokal pantai Pidakan sebagai sumber belajar IPA Sekolah Dasar Ratnaningsih Ratnaningsih; Ezif Rizqi Imtihana
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui kajian literatur hasil penelitian eksploratif dengan tujuan untuk mengidentifikasi potensi lokal di pantai Pidakan Kabupaten Pacitan sebagai bahan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis potensi lokal. Hasil kajian yang diperoleh berupa keanekaragaman makroalgae di pantai Pidakan Kabupaten Pacitan. Adapun spesies yang ditemukan berdasarkan hasil penelitian eksplorasi terdahulu diantaranya yaitu 5 spesies Chlorophyta, 2 spesies Phaeophyta dan 8 spesies Rhodophyta. Berdasarkan kriteria pembuatan bahan ajar yang terdiri dari kejelasan potensi, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, kejelasan sasaran, kejelasan informasi yang dapat diungkap, kejelasan pedoman eksplorasi dan kejelasan perolehan yang diharapkan, maka potensi lokal tersebut dapat dikemas sebagai bahan ajar pada pokok bahasan pelestarian makhluk hidup pada mata pelajaran IPA kelas 4 Sekolah Dasar. Bentuk bahan ajar yang dapat dikembangkan bersumber potensi lokal tersebut adalah bahan ajar dalam bentuk modul atau e-modul, LKPD, booklet.
Peningkatan efektifitas belajar permainan bolavoli dengan menggunakan modifikasi bola mini bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumberharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan Semester II tahun pelajaran 2022/2023 Rudi Ruhardi; Ardhian Tomy Kurniawan; Witri Suwanto; Sayid Fariz Bin Seh Abubakar
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian lapangan di bidang pendidikan khususnya bidang pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa SD Negeri Sumberharjo Kabupaten Pacitan. Spesifikasi permasalahan adalah upaya peningkatan prestasi bolavoli pada kelas V SD Negeri Sumberharjo Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 14 siswa. Pengambilan data dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan prosedur setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, tes permainan bolavoli dan refleksi. Tindakan dalam penelitian ini adalah memberikan keterampilan permainan bolavoli pada kelas V SD Negeri Sumberharjo Kabupaten Pacitan. Data yang diambil penilaian permainan bolavoli mengunakan modifikasi bola mini bagi kelas V SD Negeri Sumberharjo Kabupaten Pacitan selama KBM berlangsung. Data hasil penelitian siswa diambil selanjutnya diolah dengan persentase dan didiskripsikan, sehingga memberikan gambaran yang nyata mengenai proses pembelajaran yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bolavoli menggunakan media modifikasi bola mini bagi siswa kelas V SD Negeri Sumberharjo Kabupaten Pacitan ada kemajuan yang signifikan. Adapun saran yang diajukan adalah guru mata pelajaran penjasorkes yaitu harus mampu menggunakan media pembelajaran lain pada materi bolavoli, sehingga dapat berkolaborasi dalam KBM, dan penggunaan media pembelajaran yang tepat siswa akan lebih senang dan berkesan
Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan matematika dan menguatkan karakter cinta tanah air di SDN 2 Gendingan Yulida Yoni Dwi Tristia; Ardhana Januar Mahardhani
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap matematika yaitu menggunakan konsep etnomatematika. Pembelajaran etnomatematika mengintegrasikan matematika dengan budaya atau adat kebiasaan, dalam kaitannya dengan pembeajaran di sekolah berarti melalui konsep etnomatematika ini guru akan mengintegrasikan mata pelajaran matematika dalam media yang ada di sekitar lingkungan siswa. Tulisan ini melihat lebih jauh tentang budaya pitonan yang ada di Desa Gendingan dan guru bersama siswa akan mengeksplorasi lebih mendalam tentang alat apa saja yang ada dalam aktivitas pitonan tersebut. Guru dan siswa melakukan eksplorasi secara mendalam sehingga ditemukan unsur matematika yang ada. Selain itu dalam tulisan ini juga akan melihat tentang aktivitas cinta tanah air dalam pelaksanaan pitonan, sehingga dalam pembelajaran akan mendapatkan dua aktivitas yang dipelajari yaitu matematika dan kewarganegaraan.
Analisis kebutuhan peserta didik terhadap pemanfaatan potensi lokal di Kabupaten Pacitan sebagai sumber belajar IPA biologi Sekolah Dasar Ezif Rizqi Imtihana; Rizka Amiliya Febriani
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan pemanfaatan potensi lokal daerah sebagai sumber belajar IPA biologi pada jenjang Sekolah Dasar di wilayah Kota Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri yang berada di Wilayah Kota Pacitan berjumlah 33 sekolah. Teknik pengambilan data dilakukan secara non tes melalui angket yang disusun menggunakan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi lokal perlu untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPA biologi dibuktikan dengan hasil analisis perhitungan nilai indeks yang menunjukkan bahwa peserta didik “Sangat Setuju” untuk memanfaatkan potensi lokal di Kabupaten Pacitan sebagai sumber belajar IPA biologi untuk jenjang Sekolah Dasar.
Penguatan rasa percaya diri pada anak melalui kegiatan fashion show Nurtina Irsad Rusdiani
Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Basic Learning and Thematic
Publisher : Journal of Basic Learning and Thematic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah program pembinaan bagi anak usia nol sampai enam tahun yang menggunakan rangsangan pendidikan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar anak siap melanjutkan ke sekolah yang lebih formal. Kajian ini berkaitan dengan fakta bahwa siswa usia 4 - 5 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo kurang percaya diri terhadap kemampuannya untuk belajar dan berinteraksi dengan orang lain di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi dan menentukan kontribusi guru terhadap pengembangan rasa percaya diri siswa TK Negeri Pembina Ponorogo yang berusia 4-5 tahun. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dan informasi dikumpulkan dari observasi, wawancara, makalah, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak TK Negeri Pembina Ponorogo usia 4-5 tahun yaitu: a) guru pembimbing, b) motivator guru, c) guru inisiator, d ) panduan guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 11