cover
Contact Name
Usep Muttaqin
Contact Email
pamasa@unsoed.ac.id
Phone
+6285640439448
Journal Mail Official
pamasa@unsoed.ac.id
Editorial Address
Jl. DR. Soeparno No.60, Karangwangkal, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Pamasa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : 30252075     EISSN : 3025115X     DOI : https://doi.org/10.20884/1.pamasa
Core Subject : Education,
Pamasa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menerima artikel hasil kegiatan kepada masyarakat dalam bidang: 1. Pendidikan 2. Bahasa 3. Sastra 4. Budaya
Articles 14 Documents
Optimalisasi Potensi Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Cikembulan Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Burhanudin Burhanudin; Kurnia Akbar Santoso; Rahmah Nur Utami
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.1.8577

Abstract

Desa Cikembulan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa tengah yang memiliki luas wilayah 196.868 ha dengan jumlah penduduk laki-laki 2.681 dan perempuan 2.579. Sebagian besar masyarakatnya bertani dan berwirausaha di bidang olahan kedelai dan melinjo. Desa Cikembulan memiliki potensi sumber daya alam di sektor pertanian yang melimpah, seperti padi, kedelai, buah salak dan melinjo. Ada lebih dari 300 unit kelompok pengolahan tahu skala mikro dan beberapa unit pengolahan emping melinjo. Meskipun desa ini merupakan salah satu sentra produksi tahu, pada kenyataannya, pengrajin tahu ini belum memanfaatkan sepenuhnya limbah padat tahu dengan baik. Selain itu, bahan baku produksi tahu diperoleh dari kedelai impor. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya pembinaan dan pemberdayaan desa yang memanfaatkan potensi lokal untuk pengembangan ekonomi masyarakat, apalagi di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, kegiatan ekonomi produktif masyarakat menjadi lesu. Program PHP2D Tim Himabisi KIP-K Universitas Jenderal Soedirman ditujukan untuk mengoptimalkan potensi unggulan desa. Metode pelaksanaan program dilakukan dengan diseminasi dan praktik secara langsung. Pelaksanaan program mendapatkan dukungan penuh dari kepala desa, mitra kegiatan, dan melibatkan partisipasi masyarakat di setiap kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan yang telah dilakukan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Cikembulan secara umum dan mitra kegiatan secara khusus.
Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri Remaja Di MTs Pakis Cilongok Monika Herliana; Indriyati Hadiningrum
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.1.8805

Abstract

Remaja di era modern saat ini sangat penting memiliki keterampilan berbicara di depan umum. Mereka dapat melatih diri dan mengembangkan diri melalui pelatihan public speaking. Public speaking atau berbicara di depan umum dapat memberikan banyak manfaat berupa kepercayaan diri. Namun, masih banyak siswa di usia remaja yang merasa tidak memiliki kemampuan public speaking bahkan tidak mampu sama sekali berbicara di depan umum disebabkan kurangnya kepercayaan diri atau tidak memahami bagaimana harus melakukannya. Keterampilan tersebut harus dilatih dan dikembangkan secara terus-menerus. Tujuan program pelatihan public speaking ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja sekaligus kemampuan berbicara siswa MTs Pakis Cilongok. Pelatihan ini dapat menjadikan siswa sebagai seorang individu yang berpikir luas, memiliki empati, dan berpikir kritis terhadap lingkungan di sekitarnya. Observasi dan wawancara merupakan dua metode yang digunakan oleh penulis untuk menelaah. Hasil kegitan ini yaitu setelah mengikuti program public speaking ini, siswa usia remaja di MTs Pakis memiliki peningkatan dalam aspek kepercayaan diri, motivasi, dan keterampilan public speaking.
Pelatihan Decoding Texts untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dan Kemampuan Penerjemahan Siswa Lina Aris Ficayuma
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.1.8817

Abstract

Program English camp yang berisi pelatihan decoding texts dan memorizing vocabulary ini dilaksanakan secara hybrid learning. Tujuan pengabdian yang dilaksanakan di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo ini adalah untuk membekali siswa-dan siswi mampu menerjemahkan teks Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Salah satu caranya dengan pelatihan decoding text dan memorizing vocabularies yang dilaksanakan selama satu bulan penuh. Selain itu, kegiatan juga bertujuan membentuk generasi muslim yang berkarakter. Metode yang dilakukan dalam kegiatan English Camp ini yaitu dalam bentuk pengajaran, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Pelatihan ini menargetkan level A yaitu basic user dan grade A1 (break-through) berdasarkan CEFR dengan konversi nilai KKM 75, dan 300 kosakata. Pengabdian ini dilaksanakan selama 1 bulan dengan melibatkan 5 koordinator, 12 walikelas, 7 dosen, 59 siswi dan 60 siswa. Monitoring perkembangan kemampuan menerjemahkan siswa dan siswi dipantau melalui kegiatan harian dan pekanan. Sebagai bentuk evaluasi, akhir pekan dilaksanakan ujian pekanan dan post-test diakhir bulan. Keefektifan kegiatan ini juga dievaluasi oleh siswa dan siswi dengan mengisi angket layanan kepuasan. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa dan siswi mendapatkan NA 9.30, dengan rincian kelas putra NA 92.67 dan kelas putri lebih unggul yaitu NA 96. Hasil nilai decoding telah melampaui KKM dan mencapai target A1 dengan tingkatan tertinggi, advanced basic user. Sedangkan rata-rata penguasaan vocabulary selama 1 bulan yaitu 280 kata, dengan batas bawah 225 kata dan batas tertinggi 338 kata, serta rata-rata pada tingkatan tertinggi yaitu advanced starter. Kemudian berdasarkan hasil angket, 96% siswa dan siswi menjawab puas dengan pelatihan ini.
Pengembangan Blueprint Wisata Desa Dan Paket Wisata Sebagai Upaya Akselerasi Desa Tambong Sebagai Desa Wisata Ahmadintya Anggit Hanggraito; Eka Afrida Ermawati; Esa Riandy Cardias
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.1.8844

Abstract

Desa Tambong merupakan salah satu desa yang berjarak 13 Km dari Pusat Kota Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi. Desa ini memiliki kekayaan alam yang melimpah seperti kawasan persawahan dan sungai yang potensial untuk dilakukan pengembangan. Adanya potensi besar ini menjadikan Desa Tambong dapat menjadi sasaran kunjungan dari wisatwan lokal hingga mancanegara. Hal ini menjelaskan bahwa, kawasan pertanian dan konsep pariwisata yang tepat diharapkan dapat menjadi kombinasi yang sempurna dalam menyejahterakan masyarakat desa. Keterbatasan ide dari sumber daya manusia Desa Tambong atas konsep kepariwisataan dan model paket wisata diatasi dengan adanya blueprint wisata desa yang disosialisasikan oleh Tim PKM. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah Blueprint wisata desa yang disosialisasikan pada pemerintah desa, pokdarwis, dan masyarakat desa. Blueprint wisata desa yang dihasilkan mencakup pemanfaatan kawasan pertanian dan budaya masyarakat Desa Tambong yang memiliki berbagai potensi paket wisata. Hasil dari sosialisasi ini diharapkan menjadi kerangka kerja bagi pokdarwis dan pemerintah desa untuk segera mengeksekusi berbagai paket wisata yang dapat dijalankan oleh masyarakat Desa Tambong. Secara berkala, pendampingan pada pokdarwis Desa Tambong akan menjadi keberlanjutan penting dari blueprint yang telah dibuat.
Pelatihan Pembuatan Buku Pancasila Berbasis Augmented Reality Pada Guru PAUD di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Palangka Raya Triyani Triyani; Kartika Ananda; Abdul Gofur
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.1.8847

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ini bertujuan ini mempersiapkan guru-guru PAUD di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Palangka Raya untuk menghadapi tantangan dari pesatnya kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan. Teknologi yang dikelola dengan baik akan menciptakan peluang baru dengan kreatif dan inovatif salah satunya yakni melalui media pembelajaran yang efektif. Salah satu solusi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, aktual, dan aplikatif untuk anak usia dini yakni dengan mengadaptasi teknologi augmented reality (AR) ke dalam pembelajaran. Untuk mendukung realisasi program pengabdian kepada masyarakat, maka metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode partisipatif berupa: pelatihan, kerja praktik dan pendampingan kepada mitra. Hasil dari pengabdian ini guru-guru dapat menyusun dan merancang sendiri materi Pancasila yang menarik dan aktual untuk anak usia dini yang dikemas dalam bentuk buku dan diintegrasikan dengan teknologi Augmented Reality. Guru-guru sebagai peserta pelatihan memberikan respon baik terhadap pelaksanaan pengabdian ini, guru-guru menyatakan sangat senang dan antusias memperoleh pengetahuan baru dari mulai menyusun materi Pancasila ke dalam buku hingga menggunakan teknologi augmented reality. Sebanyak 95,6% guru sangat setuju bahwa kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik, aktual, dan aplikatif pada jenjang PAUD.
Frontmatter Pamasa Vol. 1(1) Juni 2023 Tim Editor Pamasa
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Frontmatter Pamasa Vol. 1(1) Juni 2023
Backmatter Pamasa Vol. 1(1) Juni 2023 Tim Editor Pamasa
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Juni
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Backmatter Pamasa Vol. 1(1) Juni 2023
Penerapan Metode Design for Change dalam Kontribusi Sosial pada Kelas Modul Nusantara Kelompok 4 PMM Unsoed di MTS Pakis, Desa Gununglurah, Cilongok, Banyumas Gita Anggria Resticka; Sulistyaningtyas Sulistyaningtyas; Jemmi Polando; Ferdian Riski; Yesicha Megawarni; Muhammad Fachri A.D; Juwanda P.S; Serlyna Serlyna; Afriani Lestari; Muhammad Rahyan Ulmi
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.2.8861

Abstract

Modul Nusantara merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Salah satu kegiatan di kelas Modul Nusantara yaitu kontribusi sosial. Dalam kelas Modul Nusantara, selain belajar mengenai keberagaman budaya, adat,tokoh dan toleransi antarumat beragama. Dalam berkegiatan, para mahasiswa ini menemukan masalah-masalah sosial yang memerlukan kepekaan sosial untuk mengurangi sifat egosentrisme dan mengembangkan rasa empati terhadap orang lain. Sehubungan dengan hal tersebut, mahasiswa memiliki pengetahuan, kreativitas dan keterampilan yang sangat memadai untuk mereka berkontribusi lebih bagi lingkungannya. Namun, mahasiswa membutuhkan trigger untuk berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada. Kontribusi sosial kemudian menjadi salah satu kegiatan dalam Modul Nusantara yang diharapkan mampu meningkatkan kepekaan sosial di masyarakat. Sasaran kegiatan kontribusi sosial yang dilaksanakan oleh kelompok 4 yaitu sekolah komunitas MTS Pakis di Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Sistem pendidikan di MTS Pakis berbasis agroforestry yaitu dengan penerapan kurikulum berbasis alam. Sistem pendidikan ini akan mempengaruhi tingkat kecakapan hidup para siswanya. Kegiatan kontribusi sosial yang dilaksanakan selama 3 hari dengan tajuk Menginspirasi – Mengedukasi – Menjelajah ini berfokus pada kegiatan literasi dan peningkatan motivasi siswa untuk menggapai cita-cita. Dalam kegiatan kontribusi sosial ini menggunakan penerapan metode design for change. Metode ini menekankan pada pemahaman mendalam dan berpikir kritis. Kegiatan Kontribusi Sosial ini mengajarkan para mahasiswa untuk peduli secara sosial dan proaktif menjadi agen perubahan di permasalahan sosial.
Pemberdayaan Perempuan Desa Wisnu: Pemanfaatan Limbah Perca Menjadi Suvenir Cantik Widya Nirmalawati
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.2.9729

Abstract

Menjadi perempuan yang tumbuh dalam budaya patriarki tidaklah mudah. Supremasi laki-laki atas perempuan menjadi keniscayaan karena kepemilikan kuasa dalam perekonomian keluarga. Pola ini secara tidak sadar menempatkan perempuan dalam posisi inferior terhadap laki-laki. Pelatihan ini dilakukan bersama dengan mahasiswa KKN UMP semester gasal tahun 2023 dengan tujuan untuk membuka wawasan dan kesadaran gender perempuan di Desa Wisnu dalam program pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan limbah perca. Limbah perca dipilih karena desa tersebut banyak pengusaha konveksi dan limbah percanya dibuang percuma. Kegiatan diawali dengan diskusi tentang kesadaran gender dan pentingnya pemberdayaan perempuan supaya dapat mandiri dalam segala bidang. Selanjutnya pelatihan pembuatan suvenir dari limbah kain perca. Pelatihan berjalan dengan lancar, sesi tanya jawab tentang kesadaran gender berlangsung dengan baik terlihat dari antusiasme warga yang hadir pada pelatihan tersebut. Pembuatan suvenir berlangsung meriah dan memberikan banyak inspirasi dan motivasi untuk melakukan kegiatan kewirausahaan serupa supaya menjadi perempuan yang maju dan mandiri. Menjadi Perempuan yang mandiri secara social dan ekonomi memberikan banyak peluang bagi Perempuan untuk menjadi mitra yang sejarar dengan laki-laki.
Membangun Insan Akademis Yang Bijak Dan Cerdas Bermedia Sosial Di Era Digital Literasi dan Informasi Pada Siswa SMKN 2 Palangka Raya Triyani Triyani Triyani; Dotrimensi Dotrimensi; Firman Firman; Suryadi Suryadi
Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.pamasa.2023.1.2.10026

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ini bertujuan untuk pertama, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan siswa SMK N 2 Palangka Raya dalam menggunakan media sosial. Kedua, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa SMK N 2 Palangka Raya tentang literasi media dan informasi. Dengan adanya sosialisasi terkait bijak dalam bermedia sosial diharapkan para siswa memiliki kesadaran yang utuh dalam menggunakan media sosial, etika bermedia sosial yang baik dan benar, dan cermat dalam memvalidasi berita yang berimbang. Hasil kegiatan pengabdian ini para siswa mendapatkan bekal pengetahuan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media sosial. Dibutuhkan sikap yang bijak dan cerdas dalam memainkan media sosial agar tidak memberikan dampak negatif pada masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 14