cover
Contact Name
Irja Tobawan Simbiak
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+6282134376195
Journal Mail Official
ilorafael@apji.org
Editorial Address
Jl. Camp. Wolker Waena, Abepura, , Jayapura, Provinsi Papua, 99117
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Sains dan Teknologi
ISSN : 29620236     EISSN : 2961936X     DOI : 10.58169
Core Subject : Engineering,
pada bidang Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Sistem Informasi, Sains dan Teknologi, Pendidikan serta Kejuruan dan Rekayasa
Articles 43 Documents
ANALISA DAN INTERPRETASI KANDUNGAN MINERAL PADA BATUAN SEBAGAI BAHAN GALIAN INDUSTRI Bodian Davin Panggabean; Frans Simbol Tambing
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.28

Abstract

Batuan merupakan kumpulan dari beberapa jenis mineral. Setiap mineral terdiri dari berbagai ion-ion atau unsur-unsur tertentu. Ion atu unsur-unsur ini dapat diextrak melalui proses pengolahan atau metalurgi yang bermanfaat sebagai bahan industri, baik industri kimia, manufactur, industri kesehatan, maupun industri bahan peledak. Penelitian ini merupakan kelanjutan perluasan penelitian tahun lalu, dimana pengambilan sampel dilakukan secara random di beberapa titik daerah Jayapura yaitu daerah Koyakoso dan sekitarnya. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan batuan yang masih segar dengan berat sekitar 2 Kg setiap titik. Titik pengambilan sampel sebanyak 6 titik dimana jarak antar titik sekitar 25 meter dengan titik pengambilan mengarah pada daerah perbukitan. Sampel yang telah diambil akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan analisa. Sampel terlebih dahulu dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel seperti debu dan tanah,kemudian di gerus sampai ukuran 15 mesh, kemudian sampel hasil penggerusan di analisa dengan menggunakan mikroskop polarisasi untuk mengetahui sifat-sifat fisik batuan. Hasil dari sifat fisik batuan ini kemudian di interpretasi untuk mengetahui kandungan mineral-mineral yang terdapat pada batuan yang akan dikorelasikan dengan kandungan mineral yang tertera pada peta geologi regional lembar jayapura, dan hasil pengujian XRD terdahulu sebagai perbandingan. Hasil dari pengujian sifat fisik batuan ini langsung menunjukkan jenis kandungan mineral.
Robot Paralel Konfigurasi Delta Dengan Penggerak Motor Servo Adam Adam
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.32

Abstract

Robot menjadi pilihan untuk membantu pekerjaan manusia mengatasi masalah kepresisian, keamanan, fleksibilitas dan pekerjaan yang berulang. Bidang industri merupakan salah satu bidang yang telah menggunakan robot dalam pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan efesien, terutama dalam melakukan tugas pick & place yang membutuhkan keamanan, kecepatan, presisi dan konsistensi. Untuk mencapai tujuan tersebut dibuatlah robot delta yang cocok dalam melakukan tugas tersebut, terutama dalam industri pengemasan. Pada penelitian ini robot delta yang dibuat merupakan prototype yang memiliki ukuran kecil dan berbasis Arduino Mega 2560. Robot delta ini memiliki 3 DoF (Degree of Freedom) yang disusun secara paralel dengan konfigurasi segitiga. Aktuator robot ini menggunakan motor servo yang dikontrol oleh mikrokontroler dengan input yang berasal dari joysitck dan GUI melalui komunikasi serial. Input yang berasal dari joystick dan GUI diproses oleh mikrokontroler untuk melakukan perhitungan inverse kinematics yang telah diuraikan, sehingga mendapatkan hasil sudut untuk ketiga servo untuk mencapai posisi end-effector yang diinginkan. Selain secara manual, robot dapat dikendalikan secara otomatis dengan mode perekaman posisi.
Analisis Pengaruh Suhu Terhadap Tegangan Tidak Seimbang Pada Motor Induksi Ahmad Rizal Nurika
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.33

Abstract

Permasalahan kelistrikan yang sering terjadi pada motor induksi ialah tidak seimbangnya tegangan phasa yang menyebabkan kinerja motor induksi yang semakin berkurang. Ini ditandai dengan adanya kenaikan temperature yang menyebabkan umur motor induksi tersebut berkurang. Oleh karena itu penulis mengangkat topik ini sebagai tugas akhir untuk mengetahui pengaruh tegangan tidak seimbang terhadap temperature motor induksi lima phasa, analisis ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk isolasi dan proteksi pada motor induksi itu sendiri. Motor induksi lima phasa pada keadaan tegangan tidak seimbang terjadi kenaikan temperatur yang lebih tinggi dari keadaan motor induksi lima phasa di beri tegangan seimbang, yaitu 0.36 0C/m untuk tegangan seimbang, 0.72 0C/m untuk tegangan tidak seimbang 1% dan 0.84 0C/m untuk tegangan tidak seimbang 3% berdasarkan pengukuran thermometer infrared. Sedangkan pengukuran menggunakan pengukuran resistansi yaitu 0.64 0C/m untuk tegangan seimbang, 0.934 0C/m untuk tegangan tidak seimbang 1% dan 1.147 0C/m untuk tegangan tidak seimbang 3%.
Studi Antena Mikrostrip Dipole Dengan Fraktal Cohen-Minkowski Bhima Andika Putra
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.34

Abstract

Antenna mikrostrip merupakan salah satu jenis antena yang pengembangannya dimulai sejak tahun l970an dan hingga kini masih menjadi jenis antena yang terus dikembangkan. Berbagai aplikasi komunikasi radio tidak luput dari penggunaan antena ini. Salah satunya adalah modul RF yang bekerja pada frekuensi 433 MHZ. Pemilihan antenna mikrostrip untuk keperluan industri dan system komunikasi didasarkan karena bahannya yang sederhana (low profile), ringan, mudah diintegrasikan dengan sistem lainnya dan biaya fabrikasi yang relatif lebih murah, serta mampu memberikan parameter antena yang diharapkan dengan cukup baik hanya dengan teknik-teknik khusus yang sederhana. Pada penelitian ini antenna mikrostrip dipole dirancang dengan teknik fractal Cohen-minkowski. Hasil peranvangan dengan menggunakan teknik in dapat memnimalisasikan ukuran antenna sebesar 30% untuk iterasi pertama dan 40% pada iterasi kedua.
Analisis Perancangan Antena Yagi Menggunakan Teknik Fraktal Frekuensi UHF Bryan Wakita
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.35

Abstract

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merancang antenna adalah frekuensi yang digunakan. Frekuensi berpengaruh terhadap ukuran antenna. Semakin kecil antenna maka dimensi ukuran antenna semakin besar, begitu pula sebaliknya. Frekuensi yang digunakan pada penelitian ini adalah frekuensi UHF (600 MHz). antenna yang dirancang berjenis antenna yagi yang berdasarkaan frekuensi tersebut maka ukuran antenna terbilang besar. Untuk dapat mereduksi ukuran fisik antena dengan mempertahankan atau meningkatkan performansi antena tersebut, salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah teknik fraktal Kurva Koch. Dari hasil simulasi antenai, diperoleh parameter karakteristik antena yaitu gain sebesar 12.9 dBi, VSWR 1.4, dan pola radiasi unidireksional. Setelah diterapkan teknik fraktal Kurva Koch iterasi 1 diperoleh kenaikan gain sebesar 7.3%, VSWR 1.18, pola radiasi unidireksional dan penurunan panjang fisik linear antena sebesar 7.4%.
KAJIAN TEKNIS PENYEDIAAN AIR BERSIH DI DESA OEBOLA LUAR KECAMATAN FATULEU KABUPATEN KUPANG Elisabeth Ratna; Rista Theedens
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.39

Abstract

The availability of clean water in the Oebola village community has not yet been available due to several obstacles, such as the distance of the water source from the residential area has not yet received the service of a clean water distribution system network that makes it easier for the community to obtain clean water to meet their daily needs. This study aims to determine the pattern of clean water consumption, the potential of water sources, the rate of clean water usage in 2020-2030, and strategies to meet the needs of clean water. The research method used in this research is descriptive method. The results of the analysis show that the current use of clean water is 43 liters/person/day less than the standard 60 liters/person/day, there is an adjustment to the limited water use in daily use such as bathing and washing habits. The potential available water sources from the Oetulu spring with a minimum discharge of 1.27 liters/second is smaller than the demand in 2020, which is 2.89 liters/second and in 2030 it is 4.39 liters/second. The strategy to fulfill clean water needs in Oebola Luar village is to provide clean water distribution system network services that make it easier for the community to obtain clean water.
Faktor Penghambat Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Erwin Simon Paulus Olak Wuwur
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i2.70

Abstract

Rendahnya literasi membaca siswa menjadi masalah utama dalam pendidikan di Indonesia. Literasi membaca merupakan dasar yang harus ditanamkan dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat minat baca siswa pada sekolah dasar kelas V pada salah satu sekolah swasta di kabupaten Lembata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Hasil penelitian menunjukan ada dua faktor penghambat minat baca siswa sekolah dasar yakni faktor internal yang terdiri dari siswa belum lancar membaca, kurangnya motivasi dan pembiasaan dalam membaca, dan kurang memahami isi bacaan, sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan sekolah yang kurang mendukung, faktor ekonomi keluarga, kurangnnya fasilitas dan kebiasaan siswa bermain gadget.
Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Ruas Jalan Tanjung – Kersana STA 0+000 s.d. 6+000 Azmiyati Mutoharoh; Wahidin Wahidin; Yulia Feriska; Muhammad Taufiq
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Juni: Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i1.71

Abstract

Ruas jalan pada Kabupaten Brebes merupakan jalan Kabupaten yang menghubungkan dua ibu kota kecamatan yaitu Kecamatan Kersana dan Kecamatan Tanjung. Seiring berkembang dunia industri dan dunia usaha di dua kecamatan terseebut, berakibat semakin bertambah volume kendaraan di ruas jalan Tanjung – Kersana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer, untuk dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan jalan. Metode yang digunakan adalah metode PCI (pavement condition index). Pada ruas jalan Tanjung – Kersana STA 0+000 s.d. 6+000 didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, retak tepi, lubang, tambalan dengan nilai PCI = 75 yang termasuk kategori sangat baik (very good). Haal ini dalam metode bina marga, masuk dalam kategori pemeliharaan rutin. Penanganan yang dilakukan berupa pengaspalan (P2), mengisi retakan (P4), penambalan lubang (P5). Jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah.
PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK MATERI DI KELAS II SEKOLAH DASAR UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA Dwi Yani; Herawati Susilo; Ratna Ekawati
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i2.73

Abstract

Penelitian ini didasari dari studi pendahuluan buku tematik kelas II tema 1 Hidup Rukun Kurikulum 2013 yang hanya memaparkan materi Hidup Rukun secara singkat dalam bentuk buku teks sehingga kurang praktis dan membosankan. Penelitian desain dan pengembangan ini bertujuan: 1) Menghasilkan sebuah media pembelajaran untuk Sekolah Dasar berupa produk e-book untuk mata pelajaran Tema 1 Hidup Rukun kelas II dengan mengintegrasikan karakter Profil Pelajar Pancasila; 2) Mengetahui kelayakan hasil uji produk e-book untuk mata pelajaran Tema 1 Hidup Rukun kelas II dengan mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila; 3) Mengetahui respon guru dan siswa terhadap produk e-book untuk mata pelajaran Tema 1 Hidup Rukun kelas II dengan mengintegrasikan profil pelajar pancasila. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan D & D yang memiliki 2 tahapan, yakni: 1) Design dan 2) Development; Subjek penelitian pada artikel ilmiah ini melibatkan beberapa ahli media, ahli materi hingga siswa Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran berupa flipbook dengan materi Tema 1 Hidup Rukun kelas II dengan mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Sekolah dasar, yang didalamnya meliputi media visual; 2) Kualitas produk media yang telah dibuat menurut penilaian beberapa subjek dari mulai ahli media, ahli materi, hingga siswa termasuk ke dalam kategori layak dengan rincian: 1) uji ahli materi mendapatkan hasil 84%; 2) uji ahli media mendapatkan hasil 70,86% atau layak; 3) uji skala kecil oleh siswa memperoleh hasil 66,67% atau layak; 4) uji skala besar oleh siswa memperoleh hasil 74,71% atau layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media oleh para subjek penelitian yang terlibat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook materi Tematik kelas II tema Hidup Rukun dengan mengintegrasikan karakter Profil Pelajar Pancasila sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar.
Pengendalian Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Variable Frequency-Drive (VFD) Untuk Mendeteksi Aliran dan Tekanan Air Pada Modul Pumps Training System PT. Festo Indonesia Maeli Khusnul Munfiqoh; Didik Aribowo
Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Jurnal Sains dan Teknologi
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58169/saintek.v1i2.74

Abstract

Pengaturan kecepatan dalam menggerakkan motor induksi yang biasanya digunakan pada mesin baik pada sektor perumahan maupun industri sangat perlu diperhatikan karena dapat menghemat daya dalam penggunaannya. Umumnya, motor induksi bergerak relatif konstan. Seperti halnya pada penelitian ini yang mengamati motor induksi tiga fasa pada Pumps Training System (trainer sistem pompa) yang diatur frekuensinya.Adanya pergerakan rotor pada motor induksi yang bergerak relatif konstan berdampak langsung pada kecepatan motor induksi yang mempengaruhi pergerakkan sistem pompa air. Dampak tambahannya tentu pada laju aliran dan tekanan air yang dihasilkan selama proses penampungan. Adapun upaya untuk mengurangi dampak pergerakan motor induksi listrik 3 fasa adalah dengan mengatur kecepatan putaran rotor pada motor induksi listrik 3 fasa pada sistem tersebut. Solusi yang digunakan untuk mengatur kecepatan putaran motor adalah dengan menggunakan salah satu jenis inverter yang biasa dikenal dengan Variable Frequency Drive (VFD). Dengan begitu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui laju aliran dan tekanan air pada Pumps Training System dengan penggunaan VFD sebagai upaya untuk mendeteksi laju aliran dan tekanan air yang dipengaruhi oleh kecepatan putaran pada motor induksi tiga fasa baik pada kondisi arah putaran pompa sentrifugal normal maupun terbalik (invers). Kata Kunci: aliran, kecepatan, motor induksi, pompa, VFD.