cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journalmelior@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Published by Actual Insight
ISSN : 27765180     EISSN : 27755924     DOI : https://doi.org/10.56393/melior.v3i2.147
Core Subject : Education,
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi yang sebelumnya, terutama dalam hal: kebijakan, desain pendidikan, sumber daya guru, sampai ke praktik-praktik pembelajaran di dalam kelas. Hasil-hasil riset bisa dari para pemikir dan praktisi di bidang pendidikan dan pembelajaran, baik itu ilmuwan, dosen, guru, dan mahasiswa. Jurnal ini menerima kajian-kajian dengan menggunakan isu aktual, systematic literature review, case study approach, dan kajian lapangan. Metode yang digunakan bisa kajian teoritis, dan empiris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Mei" : 5 Documents clear
Manajemen Stress dan Motivasi Belajar Siswa Pada Era Disrupsi Adriantoni Adriantoni; Gusril Kenedi
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i1.1206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang mengelola stress belajar siswa dikarenakan banyaknya tugas dari sekolah pada era distrupsi. Dari beberapa kajian literatur mengungkapkan bahwa peserta didik mengalami stress akibat banyaknya tugas dari sekolah. Peserta didik juga menyatakan bahwa pengelolaan stress yang salah mengakibatkan menurunnya produktivitas dalam mengerjakan tugas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel dan buku, reduksi artikel dan buku, display artikel dan buku, pembahsan dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 6 tahun terakhir (206-2022). Hasil dari kajian ini menyatakan bahwa manajemen stres yang tidak kelola akan menimbulkan motivasi belajar siswa semakin menurun. Artinya motivasi belajar siswa pada era disrupsi ini disebabkan oleh banyak faktor tidak hanya tugas yang banyak dari sekolah tetapi ada faktor lain seperti kondisi keluarga, hubungan dengan teman dekat, lingkungan sekitar dan teman pergaulan. Peran pendidik dan orang tua sangat penting pada era disrupsi saat ini. Peserta didik akan mengalami stres jika dukungan dari orang tua dan motivasi, saran dari pendidik tidak dilakukan secara efektif karena peserta didik pada era pandemi COVID 19 kehilangan masa-masa bersosialisasi dengan teman sekolahnya.
Pendekatan Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sosial Anak Desa Sriwijaya Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang Wendy Prasetya; Maimun Maimun; Erna Hayati; Rusli Yusuf
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i1.1298

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pendekatan paling dominan diterapkan oleh orang tua di Desa Sriwijaya dalam membentuk prilaku sosial anak dan peran yang dilakukan orang tua di Desa Sriwijaya dalam membentuk prilaku sosial anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang tua di Desa Sriwijaya.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)Pendekatan paling dominan diterapkan oleh para orang tua di Desa Sriwijaya yaitu pendekatan demokratis.Hal tersebut terlihat dengan keadaan berkehidupan sosial masyarakat di Desa Sriwijaya yang rata-rata tidak terlalu mengekang anak-anak mereka serta juga para orang tua di Desa Sriwijaya tidak terlalu melepas anak-anak mereka kedunia luar, dalam arti kata masih dalam jangkauan pantauan orang tua.(2) Peran orang tua membentuk perilaku sosial anak di Desa Sriwijaya masih terbilang dalam pengawasan dan memberikan peran penting dalam pembentukan perilaku sosial anak.(3) Kepada masyarakat, untuk mematuhi aturan yang telah dibuat dan membuat contoh yang baik kepada anak-anak.
Penerapan Media Hero Card untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn Ike Nurwulansari
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i1.1539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Hero Card untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Berdasarkan observasi pada peserta didik kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulangan-Sidoarjo, didapatkan hasil adanya peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah pada  pembelajaran PPKn, sehingga berdampak pada hasil belajar yang tergolong rendah karena banyak peserta didik yang tidak tahu dan tidak bisa membedakan antara nama suku bangsa dengan nama daerah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Awalnya, peneliti merencanakan akan menggunakan teknik observasi dengan lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan aktivitas guru sebagai alatnya. Hasil analisis didapatkan hasil bahwa media Hero Card mampu mendorong peserta didik untuk meningkatkan inisiatif dan keaktifannya dalam pembelajaran serta menjadikannya tertarik dengan pelajaran PPKn karena penggunaan media yang menarik. Media Hero Card dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Berdasarkan paparan tersebut, peneliti berharap agar media Hero Card mampu memingkatkan hasil belajar peserta didik.
Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Rofi’ul Huda
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i1.1542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial di tinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Malang. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen) dengan desain penelitian Non Equivalent Group Control. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan kelas VII-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dengan jumlah soal 5 nomor. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: nilai pre-test dan post- test, rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 40,3 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 18,8. Hasil analisis uji t dengan n menggunakan independent sample t-test diperoleh data signifikansi adalah 0.000< 0.05. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Mind Map berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Map berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS di tinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Malang.
Analisis Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Problem-Based Learning pada Peserta Didik Suhila Nihayah
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i1.1548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tempat penelitian berada di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Dander Bojonegoro. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui pemberian tes yang diberikan setelah siswa mendapat pembelajaran sesuai dengan materi yang diberikan. Tes dipersiapkan terlebih dahulu pada tahap perencanaan. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini melakukannya dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan pendekatan saintifik model pembelajaran problem-based learning pada kelas XI ditunjukkan dengan aktifnya siswa mengikuti pelajaran PKn yang selama ini kurang menarik dalam proses pengajaran. Hasil tes siklus kedua pertemuan pertama adalah dengan rata-rata kelas 80, nilai tertinggi 100 dan terendah 73. Sehingga tidak ada siswa yang berada di bawah KKM artinya semua siswa 100 % tuntas. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil siklus ke dua lebih baik dari siklus pertama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5