cover
Contact Name
Rendika Vhalery
Contact Email
Rendikavhalery31@gmail.com
Phone
+6281271777755
Journal Mail Official
Rendikavhalery31@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
ISSN : -     EISSN : 28294130     DOI : https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA) merupakan jurnal yang menerbitkan hasil dan karya di bidang C yaitu bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. semua hasil karya orisinil akan di review dan dipublikasikan di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): Jurnal PKM Batasa" : 5 Documents clear
MENGENALI DAN MENGELOLA EMOSI SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH Rosalina Dewi Heryani; Ufiya Putri Adhiyati; Irna Kumala
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 2 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i2.1764

Abstract

Orangtua merupakan pendidik yang pertama dan utama bagi anak. Namun, menjadi orangtua bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak orang yang tidak siap menjadi orangtua yang baik dan hangat bagi anak dan keluarganya. Akhirnya, periode emas perkembangan tumbuh kembang anak seringkali tidak dimanfaatkan secara optimal. Apalagi tugas orangtua selama masa pandemi dinilai begitu berat terasa, selain harus mengurus keperluan rumah tangga, kini mereka dihadapkan untuk dapat mendampingi anak belajar di rumah. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka di sekolah sekarang dilakukan dari rumah dengan mengunakan media dalam jaringan (daring). Peserta didik tetap bertemu dengan guru dan teman-temannya namun pertemuan itu hanya melalui visualisasi dilayar handphone atau laptop, begitu juga dengan proses belajar mengajarnya. Penggunaan metode baru dalam proses belajar mengajar ini pun memerlukan waktu adaptasi yang panjang. Berbagai kendala pun akhirnya terjadi antara lain keterbatasan pengetahuan akan penggunaan teknologi dan keterbatasan kemampuan orangtua dalam mendampingi anaknya. Adaptasi dalam pembelajaran  di rumah tidak hanya terjadi pada anak, orangtua pun sebagai guru pengganti di rumah juga mengalami hal yang sama. Keadaan ini membuat sebagian orangtua terpancing emosi negatifnya karena adanya tekanan situasi.
PEMBEKALAN MANAJEMEN PEMASARAN BAGI PEDAGANG DI RT 01 RW 01 PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR Agus Jamaludin; Toto Widiarto
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 2 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i2.1747

Abstract

Pedagang adalah salah satu pekerjaan untuk mencari rezeki dengan mengadakan jual beli produk dengan memuaskan konsumen dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pemasaran yaitu suatu proses pengelolaan pemasaran produk kepada konsumen yang mereka butuhkan dengan menukarkan nilai kepada konsumen dengan memberikan kepuasan. Pelanggan adalah orang yang selalu membeli produk yang dibutuhkan di perusahaan karena pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, sehinga perusahaan mendapatkan keuntungan. Maka perusahaan berorientasi pada pemasaran yang tujuannya adalah membangun kepuasan pelanggan. Program Pengabdian Masyarakat ini metode yang digunakan adalah pembekalan materi Manajemen Pemasaran kepada pedagang di RT 01 RW 01 Kelurahan Pondok Kopi Jakarta Timur sebanyak 20 orang ,dengan mengunjungi pedagang secara door to door dan mengadakan tanya jawab, sehingga pedagang mengerti tentang produk yang berkualitas, penetapan harga yang bersaing, tempat yang strategis , pelayanan yang memuaskan, dan bagaimana promosi yang efektif.
UPAYA PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN PADA UMKM BOMBASTIS DI BOJONGSARI KOTA DEPOK Siti Alifah; Adhis Darussalam Pamungkas; Ari Wahyu Leksono; Ahmad Fahrudin
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 2 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i2.1778

Abstract

Akses keuangan yang diperlukan oleh UMKM saat ini tidak hanya melalui bank, tetapi dapat mengakakses diluar lembaga keuangan bank seperti asuransi, pembiayaan, dana pensiun dan sebagainnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan yaitu mentransfer ilmu pengetahuan dalam bentuk penguatan literasi keuangan, target kegiatan ini adalah pelaku UMKM Bombastis, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok yang berjumlah 30 orang. Kegiatan akan dilaksanakan bulan November 2022 – Januari 2023, Mengingat para pelaku UMKM memiliki usaha yang harus dijalankan setiap harinya dan juga agar lebih fleksibel dari segi waktu dan tempat, maka teknis kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara daring. Pemberian materi dilengkapi diskusi antara tim abdimas dengan peserta, dan simulasi perhitungan produk lembaga keuangan bank dan non bank. Pemberian wawasan dan pemahaman tentang etika literasi keuangan mencakup: Penilaian awal pemahaman literasi keuangan (Pre test), Memperkenalkan kepada para UMKM mengenai lembaga keuangan bank dan non bank, Menjelaskan keuntungan dan risiko menggunakan produk keuangan bank, Menjelaskan keuntungan dan risiko menggunakan produk keuangan non bank, Evaluasi pemahaman (Post test). Hasil post test menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan telah berhasil mencapai target.
PKM PENGENALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MILLENIAL DI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR Anco Anco; Darwin Hartono; Endy Grade Tampubolon
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 2 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i2.1721

Abstract

Kemajuan sains dan teknologi membawa perubahan yang begitu cepat baik fisik maupun psikis. Hal tersebut mengakibatkan dampak positsif dan negatif pada setiap sendi kehidupan termasuk didalamnya perilaku atau sikap masyarakat  termasuk generasi milenial sebagai pengguna utama kemajuan teknologi. Perubahan sikap masyarakat yaitu generasi milenal perlu perhatian dan penanganan cermat terutama terhadap perubahan yang berdampak negatif salah satunya adalah meninggalkan nilai-nilai karakter budaya bangsa dan negara. Fenomena tersebut akhirnya menjadikan pendidikan karakter menjadi prioritas dalam kebijakan Pendidikan nasional bidang berkarakternya pendidikan. Pelaksanan kegiatan belajar mengajar dengan mengembangkan nilai-nilai karakter yang dianggap luntur diantaranya seperti nilai prinsip, keagamaan, semangat gotong royong, kenegaraan, dan kreatif mandiri. Nilai-nilai karakter bangsa yang mulai luntur terutama pada generasi milenial harus segera diatasi secara komprehensif agar memberikan dampak yang lebih positif dan bermartabat bagi bangsa dengan cara mendidik. Cara kegiatan ini yaitu mitra diberikan penjelasan dasar tentang nilai- nilai filosifis pendidikan karakter, dan kemudian dialog terkait pendidikan karakter. Adapun hasil yang didapatkan dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan pemahaman terkait pendidikan karakter yang harus diterapkan dalam kehidupannya yang dimulai dari hal yang kecil, oleh diri sendiri dan dimulai sedini mungkin.
PKM PENYULUHAN RAGAM INVESTASI SAHAM DAN REKSADANA PADA PRAKTISI PENDIDIKAN INDONESIA Darwin Hartono; Endy Grade Tampubolon; Anco Anco
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 2 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i2.1765

Abstract

Pengenalan investasi saham dan reksadana sebagai ragam bentuk investasi bagi praktisi pendidikan yang nantinya dapat menambah pengetahuan para praktisi pendidikan agar memahami ragam investasi sehingga praktisi timbul minat melakukan investasi dan tidak terkena penipuan. Cara pelaksanaan kegiatan ini dengan para praktisi diberikan referensi pengetahuan ragam saham dan reksadana, pembelajaran, pengenalan investasi pasar modal saham dan reksadana agar terhindar dari investasi bodong, dialog terkait ragam investasi saham. Hasil kegiatan ini yaitu bertambahnya pengetahuan dan pemahaman terkait ragam investasi saham dan reksadana pada kalangan professional atau praktisi pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5