cover
Contact Name
Rendika Vhalery
Contact Email
Rendikavhalery31@gmail.com
Phone
+6281271777755
Journal Mail Official
Rendikavhalery31@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
ISSN : -     EISSN : 28294130     DOI : https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA) merupakan jurnal yang menerbitkan hasil dan karya di bidang C yaitu bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. semua hasil karya orisinil akan di review dan dipublikasikan di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa" : 6 Documents clear
PEMERIKSAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK DI PANTI ASUHAN BAITUS SYUKUR & TUNAS MELATI, BANDUNG Yuniarti Yuniarti; Siska Nia Irasanti; Febriana Kurniasari
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i4.2098

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan kualitas hidup karena penyakit ini dapat menyebabkan masalah serius seperti rasa sakit, kesulitan mengunyah makanan, berbicara, tidur, penurunan nafsu makan, bahkan kematian. Pemeriksaan kondisi kesehatan gigi dan mulut khususnya pada anak-anak panti asuhan Baitus Syukur dan Tunas Melati perlu dilakukan untuk mencegah penyakit di daerah gigi dan mulut berkembang yang akhirnya dapat dapat mengganggu proses tumbuh kembang seorang anak.
PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA PEDAGANG KULINER DI RW 26 RAWALUMBU BEKASI Agus Jamaludin; Toto Widiarto; Sutina Sutina
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i4.2101

Abstract

Setiap pedagang menginginkan omset penjualannya selalu meningkat, karena dengan meningkatnya omset pendapatan berarti akan meningkat pula keuntungannya, dan keuntungan itu untuk membiayai operasional usahanya, untuk tabungan dan untuk investasi serta memperluas usahanya. Maka pedagang berusaha bagaimana strategi pemasarannya agar menarik konsumen agar selalu membeli dagangannya dan sebagai pelanggan setianya. Dengan demikian Strategi Pemasaran yang tepat akan meningkatkan omset pendapatan bagi pedagang. Tujuan mengadakan Pengabdian masyarakat bagi kami adalah untuk memberikan penyuluhan tentang strategi Pemasaran untuk meningkatkan omset penjualan bagi pedagang. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan penyuluhan dengan memberi materi tentang Strategi Pemasaran, dan langsung dipraktekkan pada usahanya. Hasilnya adanya perubahan penataan desain tempat, penataan barang, produk yang berkualitas, harga yang bersaing, adanya spanduk, penggunaan aplikasi online dan kerjasama dengan gojek, grab, shopie dan lainya.Sehingga pemasaran produknya menggunakan system online dan ofline, dan akhirnya omset penjualannya meningkat.
MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM BENTUK WADAH POTENSI EKONOMI MELALUI KONTEN YOUTUBE DAN TIKTOK Saripah Saripah; Maemunah Nurmaya Sari; Juni Mashita
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i4.2212

Abstract

Media Sosial sangat beragam saat ini. Tidak hanya sekadar untuk hiburan, namun bisa menjadi potensi ekonomi bagi berbagai pihak. Pembelajaran yang dilakukan pada lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak tentu berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya, karena pada pembelajaran di tingkat taman kanak-kanak pembelajaran akan dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat dan motivasi anak untuk mau belajar sambil bermain. Pada RA Al-Hidayah, potensi ekonomi hanya didapatkan dari SPP anak didiknya saja, tanpa ada tambahan lain diluar pendapatan tetap tersebut. Pada kegiatan abdimas ini diadakan kegiatan workshop dalam rangka meningkatkan kreativitas dalam bentuk wadah potensi ekonomi melalui konten YouTube dan TikTok.
PEMBUATAN JENAMA GERAKAN “HALO SAYA DISABILITAS” Dewi Indah Susanti; Yulianto Hadiprawiro; Atiek Nur Hidayati; Angga Kusuma Dawami; Febrianto Saptodewo
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i4.2140

Abstract

Jenama merupakan bagian penting dalam pembentukan konstruksi pemikiran tentang sebuah kampanye. Dosen dan mahasiswa berkolaborasi untuk mendukung kegiatan pembuatan jenama dalam program MBKM. Tujuannya jelas untuk menerapkan ilmu yang telah diajarkan dalam kelas. Kegiatan ini berbentuk kegiatan pembelajaran kreatif dengan studi kasus pembuatan sebuah gerakan “Halo Saya Disabilitas” yang bekerjasama dengan SDS IT Nurul Yaqin dan EPIC School of Autistics. Metode  kegiatan dalam PkM ini menggunakn metode yang dilakukan secara bertahap yaitu diawali dengan merencanakan kegiatan. Pembentukan tim kreatif ada pada tahap ini, berikutnya, tahap  pelaksanaan  guna membentuk jenama dan film animasi,  dan  tahap  terakhir adalah perbaikan melalui FGD serta rencana tindak lanjut. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu ada tiga kegiatan, yaitu mendefinisikan masalah dengan menggunakan creative brief, membantu proses kreatif dalam mengeksplorasi gerakan ini, dan membantu membuat karya desain yang berbasis pada teknologi. Hasil analisis pelaksanaan pengabdian ini adalah terbentuknya rencana aplikasi desain yang berbasis pada komunikasi, ide, serta penyebarannya.
PELATIHAN KRAEPELIN DAN TIPS MENGHADAPI WAWANCARA UNTUK PERSIAPAN TES MELAMAR PEKERJAAN Irna Kumala; Rosalina Dewi; Ufiya Putri Adhiyati
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i4.2259

Abstract

Banyak dari para pencari kerja tidak mempersiapkan dirinya dengan baik saat melakukan tes masuk dan wawancara sehingga kesempatan untuk dapat mendapatkan pekerjaan tersebut menjadi kecil. Walaupun skill atau kemampuan yang dimiliki oleh para pencari kerja pemula ini sudah dirasa cukup baik, namun pihak perusahaan tetap memiliki standarnya untuk dapat menerima calon pekerja yang dirasa sesuai dengan posisi lowong yang ada di perusahaan tersebut. Selain memiliki skill yang baik, hal yang juga penting untuk dimaksimalkan bagi para pencari kerja pemula adalah mengetahui cara mengerjakan tes dengan cepat dan akurat, salah satu tes yang biasa diujikan adalah tes Kraepelin. Tes Kraepelin ini, bertujuan sebagai tes konsentrasi bagi para peserta dan tes ini masuk dalam kelompok tes cepat yang tidak memungkinkan pengerjaan semua soal. Lain halnya dengan wawancara yang dilakukan oleh personalia maupun user pada tahap akhir nantinya. Wawancara biasanya menjadi tahap yang sangat menentukan bagi calon pelamar untuk dapat diterima di perusahaan tersebut. Masalah mengenai kepercayaan diri, kegugupan, dan pembawaan diri saat diwawancarai menjadi hal penting yang mesti dikuasai para calon pelamar dalam melamar pekerjaan. Maka itu, kami tergerak untuk membekali para calon pelamar pekerjaan ini dengan hal-hal yang mereka butuhkan setelah lulus dari sekolah.
MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM BERWIRAUSAHA PADA PARA PENGRAJIN DAN PENGUSAHA LANTING DI KEBUMEN Akhmad Sefudin; Deta Muliyani; Aditya Saputra; Tri Putra Waskito
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 4 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i4.2110

Abstract

Berbagai motivasi menjadi latarbelakang seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu baik tindakan poistif maupun negatif. Motivasi juga yang memungkinkan seseorang untuk tetap bertahan melakukan tindakan tersebut. Motivasi berusaha menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan seseorang untuk berwirausaha atau menjadi selfemployee. Desakan ekonomi, usaha turunan, atau bahkan minimnya tingkat pendidikan menjadi alasan atau motivasi seseorang akhirnya memutuskan menjadi wirausaha. Lanthing (sering kali disebut klanthing), merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin. Rasa makanan ringan tersebut awalnya hanya mempunyai rasa yang gurih dan asin tetapi sekarang banyak variasi aneka rasa dari rasa asin, asin pedas, rasa keju, sampai manis pedas. Lanthing berkembang di wilayah Jawa Tengah bagian Selatan salah satunya Kabupaten Kebumen, lanting sebagai salah satu makanan khas daerah tersebut. Sentra produksi lanting di Kabupaten Kebumen ada 12 kecamatan. Usaha turun temurun akhirnya membuat para penerusnya kurang termotivasi untuk dapat memajukan usaha yang telah ada sehingga cenderung menjalankan bisnis seadanya. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi kembali dan menunjukkan bahwa memiliki motivasi yang jelas dapat membantu para pengusaha melihat sisi lain persaingan dan juga bagaimana menjalankan usaha kedepannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6