cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
jurnaldecive@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Published by Actual Insight
ISSN : 27765040     EISSN : 27756009     DOI : https://doi.org/10.56393/decive.v1i12.274
De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dalam bidang, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Nilai, Pendidikan Moral, Pendidikan Politik, Pendidikan Hukum, Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Karakter dan berbagai bidang lainnya yang mendukung pengembangan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal ini diterbitkan duabelas kali dalam setahun yang menampung berbagai naskah hasil penelitian dari para guru, dosen, mahasiswa maupun peneliti yang tertarik dalam bidang penelitian dan pembelajaran.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2021): April" : 5 Documents clear
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara Wulan Nurafifah; Dinie Anggraeni Dewi
De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 No. 4 (2021): April
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/decive.v1i4.227

Abstract

Pancasila merupakan dasar negara, pandangan hidup; dan ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat; berbangsa; dan bernegara. Penghayatan dan pengamalan dalam Pancasila belum bisa terlaksana dengan baik di karenakan masyarakat Indonesia yang belum memahami makna dari nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan permasalahan yang bisa merugikan diri sendiri maupun bangsa dan Negara; seperti penyimpangan yang marak terjadi di negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan untuk memberi gambaran tentang implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan begitu, bangsa Indonesia memerlukan solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Temuan penelitian tentang implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah menggali pengetahuan dan pemahaman mengenai Pancasila. Pemahaman itu mencakup nilai-nilai untuk dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Langkah konkret yang bisa dilakukan pemerintah dalam mendukung masyarakat Indonesia adalah memasukkan nilai-nilai Pancasila dalam materi bahan ajar di sekolah pada sistem pendidikan nasional.
Pandangan Mahasiswa tentang Hak Asasi Manusia dalam Penerapan Hukum Qanun Jinayah di Aceh Kemala Fakhira Shandi; Thoriq Izzurahman; Anisa Nur Paramita Dewi; Muhammad Ridwan
De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 No. 4 (2021): April
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/decive.v1i4.290

Abstract

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mengimplementasikan Syariat Islam baik dalam kehidupan sehari-hari maupun peraturan yang berlaku. Hal ini disebabkan oleh kedudukannya sebagai daerah istimewa yang memiliki otonomi khusus, sehingga Nanggroe Aceh Darussalam dapat membuat serta menerapkan hukum Qanun Jinayah di Indonesia. Namun, hukum Qanun Jinayah ini memicu kontroversi karena dianggap melanggar berbagai jenis hak asasi manusia salah satunya karena dianggap hukuman yang kejam. Seperti contohnya hukum cambuk juga dianggap bertentangan dengan konvensi anti penyiksaan. Sehingga, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah hukum Qanun Jinayah ini bersesuaian atau bertentangan dengan HAM serta mengetahui pandangan mahasiswa ITB terhadap hukum tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dan kuesioner pada beberapa mahasiswa ITB. Kesimpulan yang didapatkan yaitu hukum Qanun Jinayah ini bersesuaian dengan HAM dan 50% mahasiswa ITB memandang hukum ini sudah tidak relevan diterapkan dan 50% lainnya memandang hukum ini masih relevan diterapkan di Provinsi Aceh.
Penguatan Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kartika Dewi; Nadya Putri Saylendra; Fitri Silvia Sofyan
De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 No. 4 (2021): April
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/decive.v1i4.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguatkan kedisiplinan siswa melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII MTs. Alhidayah Kedungwaringin Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifdengan metode deskriptif tentang bagaimana proses penguatan kedisiplinan melalui pembelajaran PPKN. Pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru berperan dalam proses menumbuhkan kesadaran dalam kedisiplinan untuk membentuk karakter baik pada siswa dengan menerapkan pembelajaran yang menggunakan strategi ceramah dan diskusi disertai dengan media pembelajaran agar menambah ketertarikan untuk siswa mengikuti pelajaran, serta menerapkan contoh-contoh nilai kedisiplinan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari seperti materi “Norma dan Keadilan” yang banyak sekali mengandung nilai kedisiplinan dan nilai pancasila yang dapat siswa terapkan untuk disekolah maupun dilingkungan masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa penguatan kedisiplinan siswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaran berjalan baik dan tersampaikan.
Solusi Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Online di Sekolah Menengah Pertama Windi Yuliani; Yudi Firmansyah; Tridays Repelita
De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 No. 4 (2021): April
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/decive.v1i4.401

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan solusi guru terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran online di SMP Negeri 4 Klari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil pembahasan mengenai solusi guru terhadap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran online di SMP Negeri 4 Klari dengan cara; (1) melakukan pendekatan kepada siswa, (2) mengoptimalkan kompetensi guru, serta (3) adanya kerja sama baik guru dengan siswa, guru dengan orang tua, dan orang tua dengan siswa. Sehingga dapat terwujudnya kedisiplinan siswa dalam melaksanakan pembelajaran online. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu solusi yang diberikan guru terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran online diantaranya yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa, mengoptimalkan kompetensi guru, serta adanya kerja sama baik guru dengan siswa, guru dengan orang tua, dan orang tua dengan siswa sehingga dapat terwujudnya kedisiplinan siswa dalam melaksanakan pembelajaran online. Rekomendasi penelitian bagi guru dapat meningkatkan profesionalisme kerja dan dapat berperan aktif untuk menjunjung tinggi moral dan kedisiplinan.
Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan di Desa Inuai Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Ratika Mokoagow; Apeles Lexi Lonto; Theodorus Pangalila
De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 No. 4 (2021): April
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/decive.v1i4.466

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pemuda tentang perannya dalam pembangunan desa, tentang faktor-faktor penyebab rendahnya partisipasi pemuda dalam pembangunan di Desa Inuai. Dengan subjek penelitian adalah pemuda yang ada di Desa Inuai Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya partisipasi pemuda dalam pembangunan di Desa Inuai Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatf, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemuda yang ada di Desa Inuai Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow belum berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan desa, rendahnya partisipasi pemuda ini dikarenakan, pertama: faktor pendidikan. Hal ini menyebabkan rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi pemuda dalam pembangunan desa. Kedua, faktor ekonomi, karena minimnya ekonomi keluarga hal ini yang menyebabkan pemuda lebih memilih bekerja dibandingkan melanjutkan pendidikan. sehingga mereka sulit untuk ikut serta secara langsung dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di desa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5