cover
Contact Name
Muhammad Munawir Pohan
Contact Email
leader.iainkerinci@gmail.com
Phone
+6281263898919
Journal Mail Official
leader.iainkerinci@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kapten Muradi, Sungai Liuk, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Jambi, Indonesia, 37112
Location
Kab. kerinci,
Jambi
INDONESIA
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 29871034     EISSN : 29871158     DOI : 10.32939/ljmpi
Core Subject : Education,
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam published by Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Jambi, Indonesia. This journal publishes interesting articles for researchers, teachers, lecturers, and education practitioners. This journal focuses on the study of Islamic Education Management, which includes: 1) Educational Leadership, 2) Education Management, 3) Educational Supervision, 4) Educational Policy, 5) Pesantren Management, 6) Student Management, 7) Educational Innovation, 8) Curriculum Management, 9) Madrasah Management, 10) Management of Human Resources in the Field of Education, and 11) Organizational Communications. This journal is published twice a year, in May and November.
Articles 10 Documents
Manajemen Kelas Unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang Rahmatun Nida Azkiyani; Novan Ardy Wiyani; Ahmad Sahnan
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i1.2250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kegiatan manajemen kelas unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kepeserta didikan, guru kelas dan peserta didik kelas unggulan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, bahwa kelas unggulan MTs Negeri 3 Pemalang telah terimplementasikan dengan optimal ditandai dengan adanya perumusan tujuan kelas unggulan yang disusun oleh tim, terdiri dari Kepala Madrasah, Dewan Guru beserta tutor kelas unggulan. Perumusan peraturan kelas unggulan dilakukan secara matang dengan melibatkan kepala madrasah, semua guru, guru BK, dan komite. Pengembangan layanan belajar kelas unggulan ditandai dengan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, perangkat pembelajaran dan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan sarana dan prasarana kelas unggulan ditandai dengan adanya perencanaan dan analisis kebutuhan, pengadaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana dan solusi dalam mengatasi pengelolaan sarpras kelas unggulan. Pengembangan guru kelas unggulan ditandai dengan perekrutan, pembinaan dan pelatihan serta memberikan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan kompetensi guru kelas unggulan. Pengawasan manajemen kelas unggulan ditandai dengan adanya supervisi perangkat pembelajaran oleh Kepala Madrasah.
Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif Fenomenologi) Daflaini Daflaini; Yatti Fidya; Sesmi Mulyani
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i1.2258

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap manajemen pembelajaran di pondok pesantren Al Islah di Danau Pauh, Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain fenomenologi. Informan penelitian ini meliputi pengurus pondok pesantren, ustadz dan ustadzah, dan santri. Purposive sampling digunakan dalam pemilihan informan. Ada dua macam sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Memanfaatkan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi dalam proses analisis data. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, reliabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan pembelajaran di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh sudah efektif. Pengorganisasian yang dilaksanakan di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh telah terstruktur sesuai dengan konsep atau tahapan tertentu. Rencana pelaksanaan pembelajaran pondok pesantren Al Islah Danau Pauh meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Diawali dengan pembukaan atau salam, ustadz menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, spidol, dan kertas yang dibagikan kepada santri. Di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh, evaluasi formatif dan sumatif digunakan untuk menilai pembelajaran siswa.
Manajemen Materi Pendidikan Dalam Perspektif Hadits Ria Wulandari
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i1.2267

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pentingnya manajemen dalam mengembangkan materi pendidikan Islam di Indonesia sesuai dengan perspektif hadits di dalam pendidikan, dan materi ini juga dilandasi pendidikan agama Islam, yang mana materi pendidikan ini dipaparkan dalam perspektif hadits dan materi pendidikan ini juga sudah disusun sedemikian rupa agar dapat diajarkan kepada anak didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan library research, yang menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan cara mengkaji sebuah buku, jurnal, dan juga sumber data yang sangat relevan. Hasil dari penelitian ini ialah Al-Qur’an dan juga As-Sunnah yaitu salah satu sumber yang dijadikan materi pelajaran di dalam pendidikan Islam. Dan juga materi pelajaran ini dijadikan suatu acuan semangat belajar agama Islam agar mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan di dalam pendidikan Islam dengan terbentuknya suatu keseimbangan pada setiap diri siswa secara menyeluruh dengan melakukan suatu pelatihan seperti jiwa, intelektual, dan juga panca inderanya. Materi pendidikan Islam seharusnya mencakup seluruh aspek perkembangan fitrahnya para siswa, aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah dan bahasa. Hadis-hadis Nabi ini juga memberikan kita suatu pelajaran dalam materi pendidikan Islam ini sendiri seperti, materi Akidah, Akhlak dan juga ibadah agar setiap ummatnya belajar menyeimbangkan semua kebutuhannya di dalam pendidikannya sesuai dengan hadits tersebut yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dan juga sesuai dengan Syari’at Islam.
Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah Munawwaroh Pohan; Paini Paini; Lisnani Lisnani
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i1.2461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana manajemen pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Informan pada riset ini berjumlah tiga orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, dan Bendahara. Dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling, dan diyakini para informan akan mampu memberikan informasi yang tepat dan benar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, serta komfirmabilitas. Uji kredibiltas menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah direncanakan dengan baik. Hal itu ditandai dengan komitmen yang kuat dari Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah dalam memajukan Madrasah dan mutu lulusannya. Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah berjalan dengan optimal dibuktikan dengan melakukan berbagai macam strategi sehingga pemanfaatan dana bisa efektif dan efisien. Transparansi pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah dilakukan dengan terang benderang. Hal tersebut dibuktikan ketika menyusun laporan penggunaan dana dan ketika melaporkan penggunaan dana melibatkan beberapa pihak yang terkait.
Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTsS PTP-VI Berangir Nila Yustika; Lidya Utami Harahap; Minarsi Minarsi
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i1.2467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Informan pada riset ini terdiri Kepala Madrasah, PKM bidang Kesiswaan, dan lima orang guru tetap yayasan. Penentuan informan berdasarkan purposive sampling. Data primer bersumber pada wawancara dan observasi langsung tentang manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Data sekunder umumnya dalam bentuk dokumen seperti data siswa, daftar penerimaan peserta didik baru, laporan kegiatan pembina osis, daftar prestasi siswa, daftar kasus siswa, arsip-arsip, serta data aktivitas yang berlangsung yang berkaitan dengan manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, serta komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rekrutmen peserta didik baru sudah dipersiapkan dengan matang seperti melakukan promosi, menyebarkan pengumuman rekrutmen, menyiapkan formulir pendaftaran, melaksanakan seleksi, serta mempertimbangkan daya tampung peserta didik dan sarana prasarana. Manajemen pembinaan peserta didik dilaksanakan dengan beberapa strategi yang efektif untuk pencapaian tujuan pembinaan peserta didik dan juga dengan berbagai program seperti pembinaan akademik, pembinaan ekstrakurikuler, pembinaan karakter, dan pembinaan sosial. Manajemen kelulusan dan alumni sudah dilakukan dengan baik yaitu dengan membangun database alumni yang akurat dan mengarahkan alumni untuk bisa memilih sekolah lanjutan yang sesuai dan yang diinginkan oleh alumni tersebut.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Noorsanti Noorsanti; Zamroni Zamroni; Mohammad Salehudin
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i2.2506

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetai pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru Di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang sesuai dengan hipotesis penelitian 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y). 2). Terdapat pengaruh yang signifikan dari budaya organisasi (X2) terhadap kinerja guru (Y) di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang. Dan 3). Terdapat pengaruh antara kepemimpinan (X1) dan budaya organisai (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis regresi dengan menguji hipotesis menggunakan analisis uji t dan F, responden merupakan guru SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang yang berjumlah 33 orang. Sedangkan instrumen telah dilakukan uji validitas dan reliabelitas menggunakan  SPSS. Hasil penelitian menemukan, Uji Hipotesis 1 dibuktikan dari hasil uji t menunjukkan angka 0,005 < 0,05 dengan analisis nilai t tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung. Ada pengaruh dari kepemimpinan (X1) memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja guru (Y). Maka Ho positif diterima. Hasil uji hipotesis 2 dibuktikan dari hasil uji t menunjukkan angka 0,000< 0,05 dengan analisis nilai t tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung. Ada pengaruh yang positif dari Budaya Organisasi (X2) terhadap Kinerja Guru . Maka Ho positif diterima. Untuk uji hipotesis 3 ditemukan dibuktikan dari hasil uji F menunjukkan angka 0,000< 0,05 dengan analisis nilai t tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung Berdasarkan pengaruh secara parsial yang terjadi antara variabel bebas (kepemimpinan dan budaya organisasi) terhadap variable terikat ( kinerja guru ), hasil yang diperoleh nilai signifikansi budaya organisasi sebesar 0,000 < 0,05 maka Hipotesis diterima, nilai signifikansi kepemimpinan kepala sekolah 0,005 < dari 0,05 maka Hipotesis diterima dan nilai signifikan budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan 0,000 < 0,005 maka Hipotesis diterima ditunjukkan nilai R square sebesar 89%.
Manajemen Pendidikan Islam Dalam Keluarga Jama’ah Tabligh di Semurup Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci Yatti Fidya; Daflaini Daflaini
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i2.2628

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen pendidikan Islam dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Desa Semurup Kecematan Air Hangat Barat. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengatur, memenuhi tanggung jawab pendidikan dan cara mengetahui bagaimana pola pendidikan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah seluruh anggota Jama’ah Tabligh yang berada di Semurup kecamatan Air Hangat Barat kabupaten Kerinci yang dijadikan subjek penelitian dengan kriteria, yaitu keluarga yang keduanya (suami-istri) aktif dalam Jama’ah Tabligh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa metode wawancara yang mendalam terhadap informan dan melakukan observasi/pengamatan langsung. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jama’ah Tabligh desa Semurup melakukan manajemen pada keluarga itu sudah sangat baik tetapi tanggung jawab dan pola pendidikan yang berbeda dikarenakan berbedanya pendidikan orang tua. Adapun kesamaan yang dimiliki dalam pelaksanaan pendidikan agama salah satunya adalah menjadikan Al-Qur’an salah satu materi yang diberikan kepada anak, seperti menghafal surat-surat pendek, selain Al-Qur’an Jama’ah Tabligh juga menjadikan buku fadilah amal sebagai materi pendidikan.
Manajemen Pemasaran Pendidikan Nonformal: Studi Kasus di Desa Bahasa Borobudur Muhammad Ridlwan Ali
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i2.2780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Manajemen Pemasaran Pendidikan Nonformal di Desa Bahasa Borobudur. Jenis penelitian yang akan dilakukan untuk meneliti strategi pemasaran jasa pendidikan ialah dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian, yaitu: pendiri desa bahasa, direktur utama, dan staf desa Bahasa Borobudur. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari tiga alur yang bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data memfokuskan terhadap trigulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Desa Bahasa Borobudur secara tidak langsung menggunakan bauran pemasaran (marketting mix). Produk yang ditawarkan adalah program reguler yang meliputi level 1, level 2 dan level 3, program eduwisata yang meliputi 6 hari, dan Magic English Program. Faktor pendukung di desa Bahasa Borobudur berupa fasilitas yang dimiliki lumayan lengkap, garansi mengulang, sumber daya alam sekitar dan metode pembelajaran yang ditawarkan. Faktor penghambat di desa Bahasa Borobudur yaitu kurangnya dukungan dari pemerintah, kurangnya ruang kelas, dan kurangnya tenaga pengajar.
Profesionalisme Guru Daerah Terpencil (Studi Kasus SDN 209/III Masgo Jaya) Fadila Fadila; Samin Samin; Ali Marzuki Zebua
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i2.2946

Abstract

Daerah terpencil diartikan sebagai suatu daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi, mempunyai kondisi sosial, ekonomi, dan fisik yang kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain yang berdekatan. Oleh karena itu, penting bagi guru profesional untuk mengajar di bidang ini. Guru merupakan penentu utama keberhasilan belajar siswa. Memahami pembelajaran tergantung bagaimana guru menjelaskan. Penelitian bertujuan: 1) mengetahui apa yang dimaksud dengan profesionalisme guru, 2) upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan guru, 3) hambatan peningkatan keterampilan guru di SDN 209/III Masgo Jaya Kecamatan Gunung Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode field research. Lokasi penelitian di SDN 209/III Masgo Jaya Kecamatan Gunung Raya. metode pengumpulan data, penulis menggunakan metode yang berbeda yaitu metode observasi, metode wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) profesionalisme guru di SDN 209/III Masgo Jaya kurang baik, terlihat guru di sana kurang memahami keterampilan dan kemampuan guru, sehingga ketika guru melakukan proses belajarnya, Hal ini akan membuat siswa bosan dan tidak efektif dalam proses pembelajaran; 2) upaya yang dilakukan meningkatkan profesionalisme guru di SDN 209/III Masgo Jaya yakni  membaca buku-buku pendidikan untuk memperluas pengetahuan dalam memberikan pendidikan; 3) kendala pengembangan profesi guru di SDN 209/III Masgo Jaya adalah akses menuju sekolah sangat sulit, jalan yang ditempuh merupakan jalan yang bebatuan besar sehingga proses pengembangan profesional guru juga akan terhambat. Fasilitas dan sumber daya yang tidak memadai.
Manajemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci Rizki Gusmanto
Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ljmpi.v1i2.3084

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu fasilitas penting dalam proses belajar mengajar.  Sebagai tempat belajar atau sumber belajar, laboratorium harus nyaman dan aman. Laboratorium yang nyaman berarti tersedianya kebutuhan atau persyaratan untuk melaksanakan kegiatan suatu tempat yang seharusnya atau mudah dijangkau bila ditempati dan digunakan. Artinya seluruh penyimpanan bahan berbahaya dan aktivitas berbahaya telah dipersiapkan dan diantisipasi. Pengelolaan laboratorium akan berjalan paling efektif bila terdapat struktur organisasi laboratorium yang didukung oleh unsur-unsur antara lain ketua/kepala laboratorium, staf laboratorium pendidikan/teknisi/laboratorium/analis dan asisten/staf laboratorium. Tujuan pengelolaan laboratorium adalah menciptakan suasana nyaman dan suasana laboratorium yang aman bagi masyarakat pengguna, termasuk mahasiswa, peneliti, dan pengunjung laboratorium serta staf pengelola laboratorium. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif berdasarkan tinjauan pustaka (meta-analisis). Kerangka konseptual untuk meta-analisis didasarkan pada pendefinisian tata letak dan ruang, manajemen alat dan bahan, peraturan dan keselamatan laboratorium. Diharapkan dengan menerapkan manajemen yang baik dalam pengelolaan laboratorium, akan tercipta suasana laboratorium yang aman dan nyaman. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan antara manajemen dan administrasi yang baik dengan suasana aman dan nyaman bagi pengguna dan pengelola laboratorium.

Page 1 of 1 | Total Record : 10