cover
Contact Name
Ardi Susanto
Contact Email
ardisusanto@poltektegal.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id
Editorial Address
Gedung B, Politeknik Harapan Bersama, Jl Mataram No 9 Pesurungan Lor Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT
ISSN : 24775126     EISSN : 25489356     DOI : https://doi.org/10.30591
Core Subject : Science,
The scope encompasses the Informatics Engineering, Computer Engineering and information Systems., but not limited to, the following scope: 1. Information Systems Information management e-Government E-business and e-Commerce Spatial Information Systems Geographical Information Systems IT Governance and Audits IT Service Management IT Project Management Information System Development Research Methods of Information Systems Software Quality Assurance 2. Computer Engineering Intelligent Systems Network Protocol and Management Robotic Computer Security Information Security and Privacy Information Forensics Network Security Protection Systems 3. Informatics Engineering Software Engineering Soft Computing Data Mining Information Retrieval Multimedia Technology Mobile Computing Artificial Intelligence Games Programming Computer Vision Image Processing, Embedded System Augmented/ Virtual Reality Image Processing Speech Recognition
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020" : 7 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARIR BERBASIS WEB yeka hendriyani; Ambiyar Ambiyar; Ika Parma Dewi
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.1735

Abstract

This research aims to design a Decision Support System (DSS) to choose a job with web base. So that later this system can be a container consulting user or meember in determining the choice of type of work in accordance with the personality they have. The input data used is the result of personality tests then the data will be processed using Case Based Reasoning (CBR) method to be matched with the psychological value of personality then matched to the type of work then the system will give advice job vacancy according to his personality. The design of this system using structured system design model as data flow and object-based system design is Unified Modeling Language (UML), PHP as programming language with Codeigniter faramework, and MySQL as database. The results of this study is an application that can be used by the community to consult in determining the appropriate job type choices.
MENGUKUR TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TI MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V.3 (Studi Kasus : PT Wijaya Karya ) Willy Adam; Rudi Budi Agung; Dadang Komarudin
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.2924

Abstract

Disaat ini perusahaan harus mengatur tata kelola TI sebagai perangkat pendukung proses bisnis perusahaan. Sesuai Peraturan Kementerian BUMN PER-02/MBU/2013 tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi Badan Usaha Milik Negara maka teknologi informasi berperan penting dalam pengembangan usaha suatu perusahaan. Sehingga perlu dikembangkan secara terarah dan terukur di BUMN guna mendukung strategi bisnis BUMN sejalan dengan tujuan jangka panjang, menegah dann jangka pendek yang ingin dicapai oleh BUMN. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja ITIL V 3 domain service operation dan bertujuan untuk menilai tingkat kematangan (maturity level) terhadap layanan yang dimiliki dan rekomendasi penerapan berdasarkan panduan service operation. Dimana hasil maturity yang didapat dalam penelitian ini yaitu berada dilevel 4 (Managed) dikelola, pengukuran dan pemantaun terhadap kepatuhan dengan prosedur, serta pengambilan tindakan jika proses tidak berjalan secara efektif, dapat dilakukan. Namun dalam proses implementasinya diserahkan pada setiap individu dan dilakukan monitoring secara berkala melalui laporan per tiga bulan. Sehingga dapat meminimalkan penyimpangan terhadap prosedur dan kebijakan perusahaan. Akan tetapi ditemukan gap antara prosedur dengan implementasinya, sehingga dibutuhkan sosialisasi dan monitoring pada proses implementasinya. Kata Kunci : Penelitian, ITIL V 3, domain service operation, tata kelola TI, gap.
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Mahasiswa (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang) betha nurina sari; jajam haerul jaman
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.1739

Abstract

Salah tujuan untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang informatika. Hal ini menunjukkan bahwa masalah pengelolaan tugas akhir mahasiswa sebagai syarat mahasiswa bisa lulus termasuk hal yang prioritas. Mayoritas mahasiswa yang belum menyelesaikan tugas akhir ini sudah bekerja, sehingga terkendala masalah waktu tatap muka dan bimbingan dengan dosen pembimbing. Penelitian ini akan mengembangkan sistem informasi pengelolaan tugas akhir berupa media komunikasi bimbingan dengan mahasiswa, rangkuman catatan selama bimbingan, data mahasiswa tugas akhir berdasarkan fase pengerjaannya. Pengembangan sistem informasi menggunakan model extreme programming (XP),yaitu melalui tahap perencanaan, desain, pembuatan kode, kemudian pengujian. Perencanaan dilakukan dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuisioner. Desain sistem informasi dilakukan menggunakan Balsamiq mock up. Tahap penulisan program menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework Code Igniter 3. Pengujian dengan metode black box testing atau usability testing.
Implementasi Metode SCRUM dalam Perancangan Produk Backlog Sistem Cerita Desa Lia Farokhah; Fadhli Almu'iini Ahda; Lilis Widayanti; Vivi Aida Fitria
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.1658

Abstract

Abstract  The village is the smallest part of governance. Data from the Central Statistics Agency in 2018, villages have poverty greater than cities. The village has various weaknesses and strengths such as economics, psychology, engineering, skills, capital, successful application of hydroponic agriculture and others. On the other hand, collages have mandatory programs for the entire academic such as society dedication, research and internship programs for students. In the business sector, there are companies that are required to carry out CSR (Corporate social responsibility) to follow regulations in Indonesia. The problem of all actors is the inaccurate target of the distribution of aid in their soft skills and hard skills to bring their contribution to village development. Documentation and classification of problems and strengths in the village need to be mapped. Both of these relationships will be mutually beneficial subjects and objects in a development cycle. This study will examine the importance of the backlog product of the system model that will be developed using the SCRUM method. The results of the level of importance and priority of the backlog product will be used in system development and have an influence in determining the next stage of the Scrum method namely sprint planning meeting, sprint execution and scrum analysis. The results of the college backlog priority analysis are facilities 1,3,4,5,8,2 and 6. On the other hand, the priority order of backlog products for villages / communities is facility 1, 4,2,3,6,7,9, and 8 while Facility 5 is a very undesirable only 36%. The conclusions of the synchronization of two stakeholders based on their respective needs are facility 1, which is about the community's need for assistance from tertiary institutions and the needs of objects by tertiary institutions. Abstrak - Desa merupakan bagian terkecil dalam tata kelola pemerintahan. Data Badan Pusat Statistik tahun 2018, desa memiliki tingkat kemiskinan lebih besar dari kota. Desa memiliki berbagai kekurangan dan kelebihan seperti masalah, perekonomian, psikologi, bidang teknik, skill, permodalan, keberhasilan penerapan pertanian hidroponik dan yang lainnya. Disisi lain, perguruan tinggi memiliki banyak program wajib untuk seluruh civitas akademika dosen seperti pengabdian, penelitian dan program magang atau kuliah kerja nyata (KKN) bagi mahasiswa. Pada bidang bisnis, ada perusahan yang wajib melakukan CSR (Corporate social responsibility) sesuai aturan yang diberlakukan di Indonesia. Permasalahan ketiga aktor tersebut adalah kurang tepatnya sasaran penyaluran bantuan dalam softskill maupun hardskill yang mereka miliki untuk membawa kontribusinya bagi pembangunan desa. Dokumentasi dan klasifikasi permasalahan serta kelebihan yang ada di desa perlu dipetakan. Kedua hubungan ini akan menjadi subjek dan objek yang saling menguntungkan dalam sebuah siklus pembangunan.  Penelitian ini akan menguji tingkat kepentingan produk backlog dari model sistem yang akan dikembangkan menggunakan metode SCRUM. Hasil dari tingkat kepentingan dan prioritas produk backlog akan dipakai dalam pengembangan sistem dan memiliki pengaruh dalam menentukan tahap metode scrum berikutnya yaitu sprint planning  meeting, eksekusi sprint dan analisis scrum. Hasil analisis prioritas backlog perguruan tinggi adalah fasilitas 1,3,4,5,8,2 dan 6. Disisi lain, urutan prioritas produk backlog untuk desa/masyarakat adalah fasilitas 1, 4,2,3,6,7,9, dan 8 sedangkan Fasilitas 5 menjadi fasilitas yang sangat tidak diinginkan karena hanya 36 %. Adapun simpulan singkronisasi dua stakeholder berdasarkan kebutuhan masing-masing adalah adalah fasilitas 1 yaitu tentang kebutuhan masyarakat akan bantuan dari perguruan tinggi dan kebutuhan objek oleh perguruan tinggi. Kata Kunci - Teknologi, Desa, Permasalahan, Solusi, Singkronisasi
Load Balancing Web Server Menggunakan Nginx pada Lingkungan Virtual Zaidal Bustomi; Mohammad Syahiruddin; Mochammad Ilham Afandi; Khadijah Fahmi Holle
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.1745

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu menyebabkan tingginya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. Tingginya aktivitas tersebut berbanding lurus dengan tingginya penggunaan jaringan yang digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu peningkatan kualitas jaringan yang berhubungan langsung dengan server sebagai peran dari suatu lalu lintas jaringan. Penggunaan secara serentak saat melakukan akses pada suatu situs menyebabkan lamanya waktu tanggap bahkan server akan down dikarenakan overload yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode load balancing menggunakan Nginx dan dalam sistem virtual menggunakan tools VirtualBox untuk mengatasi masalah tersebut. Metode load balancing menggunakan minimal dua server dan metode ini akan mengalihkan beban trafik dari web server yang sudah penuh kepada web server lainnya sesuai dengan jumlah web server yang digunakan. Menurut hasil pengujian yang didapat setelah penggunaan Nginx sebagai load balancer dihasilkan bahwa ketika salah satu web server mendapatkan beban trafik yang tinggi hingga down, maka akan dialihkan ke web server lainnya untuk mendapatkan akses situs yang diinginkan tanpa adanya gangguan overload pada web server.
Penilaian Tingkat Kematangan Keselarasan Strategi Bisnis Dan TI Menggunakan Luftman Maturity Model (Kasus : Unika Soegijapranata) F X Hendra Prasetya; Bernardinus Harnadi; Agus Cahyo Nugroho
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.1665

Abstract

ITGI (IT Governance Institute) states that the alignment of business strategy and IT organization is the key to realizing the benefits of IT for business. The large gap / gap between IT strategy and business strategy will have an impact on the organization's business performance, especially if the organization relies on IT in its business operations or making IT as one of its selling points. Unika Soegijapranata as one of the tertiary institutions sees IT as a mandatory requirement to build competence and capability in the context of competition in its area. The purpose of this study is to assess the alignment level of business and IT strategies at Soegijapranata Unika by using the Luftman SAMM (Strategic Alignment Maturity Model) model. This study uses data collection methods through questionnaires and interviews with University leaders and University IT Institution Leaders. Currently Unika Soegijapranata has a strategic alignment value that is at level 4 (Improved / Managed Process), where at level 4 institutions are said to have focused on investing in IT to win the competition.
Perbandingan Algoritma Word Matching dan Naive Bayes untuk Klasifikasi Sentimen Analisis Komentar Instagram Agnes Asthika Setyawinda; Barep Setiyadi; Anggit Dwi Hartanto
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 5, No 1 (2020): JPIT, Januari 2020
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v5i1.1733

Abstract

Analisis sentimen telah menunjukkan bahwa otomatisasi dan pengenalan komputasi terhadap sentimen adalah mungkin dan berkembang seiring berjalannya waktu, karena faktor munculnya tren teknologi baru dan keadaan yang semakin dinamis dari bahasa manusia sebagai bentuk komunikasi. Dengan adanya media sosial semakin banyak pula teks-teks berupa data informal, menyebabkan proses ekstraksi dan penguraian informasi yang relevan menjadi masalah. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis mengusulkan dua metode klasifikasi yang kemudian akan melakukan perbandingan hasil dari kedua metode tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 7