cover
Contact Name
Lalu Moh Yudha Isnaini
Contact Email
lppmununtb@gmail.com
Phone
+6281805439086
Journal Mail Official
ijert.ununtb@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pendidikan No. 06, Dasan Agung Baru, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83125
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
ISSN : 27750698     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) is a forum for scientific publications containing research results and literature reviews containing education, curriculum, learning, and technology.
Articles 33 Documents
Kajian Deskriptif Gricean Maxims Flouting dan Hedging Masyarakat Sasak Dialek Ngeno-Ngene di Desa Kabar Azmussya'ni Azmussya'ni; Hadi Wijaya
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 1 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan bahasa dalam pengungkapan pesan dan atau berkomunikasi dapat menimbulkan efek komunikatif yang berbeda-beda. Jika bahasa dimanfaatkan secara positif maka efek komunikatif dapat berjalan secara santun. Sebaliknya, jika bahasa dimanfaatkan secara negatif maka efek komunikatif dapat menimbulkan ketidaksantunan. Dengan kata lain, komunikasi yang baik hanya akan muncul jika pemakainya dapat menggali dan memanfaatkan dalam konteks pemakaian secara tepat. Jika pemanfaatan bahasa tidak tepat dan dilanggar di kalangan tertentu, maka akan menimbulkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis maksim yang dilanggar (flouted) dan dibatasi (hedged), menemukan alasan dilakukannya pelanggaran dan pembatasan maksim, dan menemukan jenis-jenis strategi yang digunakan untuk melanggar (flout) maksim dan jenis jenis hedges yang digunakan untuk membatasi (hedge) maksim. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif karena ia menggambarkan seluruh kejadian yang ada di lapangan dan karena itu ia direpresentasikan ke dalam kata-kata. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah klaster teknik sedangkan jumlah sampel tidak ditentukan karena penelitian ini lebih berfokus pada kualitas informasinya. Data pada penelitin ini dikumpulkan melalui empat cara, yaitu, observasi, wawancara, perekaman, dan pencatatan. Dalam observasi, peneliti terlibat langsung di dalamnya karena peneliti adalah penutur asli dialek yang diteliti. Data yang telah diperoleh dianalisa melalui empat langkah, yaitu, identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan pelaporan. Pertama-tama data disalin ke dalam tulisan kata demi kata bersamaan dengan hasil wawancara dan catatan ditulis ulang sebagai pelengkap data. Setelah itu data dipilih dan dikelompokkan berdasarkan kategori pelanggaran (flouting) dan pembatasan (hedging) masing-masing maksim dan menggunakan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penutur ngeno ngene di Kabar melanggar semua jenis Gricean maksim, yaitu maksim kualitas, maksim kauntitas, maksim relasi dan maksim sikap. Selanjutnya, membatasi tiga maksim dalam komunikasi, yaitu maksim kualitas, maksim kuantitas dan maksim relasi. Pelanggaran maksim kualitas oleh penutur dialek ngeno ngene di kabar disebabkan oleh tiga alasan, yaitu pertama, untuk meyakinkan lawan bicara. Kedua, untuk menyembunyikan sesuatu yang tidak ingin diketahui oleh mitra tutur. Ketiga, untuk menutupi sesuatu. Kemudian, pelanggaran maksim kuantitas berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran disebabkan oleh tiga alasan juga. Pertama, untuk menjelaskan dengan cara melebih-lebihkan. Kedua, menitik beratkan pada pembicaraan. Ketiga, untuk mengharapkan sesutau. Selanjutnya pelanggaran maksim relasi dilakukan karena tiga alasan juga. Pertama, mengalihkan topik pembicaraan. Kedua, memberikan informasi yang tidak penting. Ketiga, untuk menghindari topik pembicaraan yang sedang dilakukan. Terakhir, alasan penutur ngeno ngene di Kabar membatasi maksim adalah penutur kabar ingin menghindari pernyataan pasti dari pembicaraan.
Pengaruh Mental Training dan Konsentrasi terhadap Kemampuan Shooting (Free Throw) dalam Permainan Bola Basket Hasbi Hasbi; Lalu Moh Yudha Isnaini
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 1 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi fisik, teknik dan mental. Latihan mental merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program latihan tahunan atau periodesasi latihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan mental self hypnosis dan hypnotheraphy terhadap peningkatan kemampuan shooting (free throw), mengetahui perbedaan pengaruh konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah terhadap peningkatan kemampuan shooting (free throw) dan menganalisis interaksi latihan mental dan konsentrasi terhadap peningkatan kemampuan shooting (free throw). Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian sebanyak 40 pemain. Hasil penelitian menunjukan Ada perbedaan pengaruh mental training self hypnosis dan hypnotheraphy terhadap kemampuan shooting (free throw) dengan keterangan nilai F Hitung > F Tabel = 11.086 > 4.098. Ada perbedaan pengaruh konsentrasi rendah dan tinggi terhadap kemampuan shooting (free throw) dengan keterangan nilai F Hitung > F Tabel = 7.569 > 4.098. Ada interaksi mental training dan konsentrasi terhadap kemampuan shooting (free throw) dengan keterangan nilai F Hitung > F Tabel = 10.186 > 4.098. Latihan hypnotheraphy dan konsentrasi tinggi lebih memberikan pengaruh lebih baik terhadap hasil kemampuan shooting (free throw).
Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tamatan Sekolah Dasar (SD) di Pondok Pesantren Yusuf Abdustar Junaidi Junaidi; Baiq Mulianah
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi merupakan salah satu diskursus yang sering kali disorot dalam sistem pembelajaran bahasa, khususnya Bahasa Arab. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tamatan sekolah dasar (SD) di Pondok Pesantren yusuf Abdusattar banyak memiliki problem dalam pembealajarannya yaitu; intraksi antara guru dengan siswa kurang, Guru yang mengajar bukan dari Jurusan bahasa Arab, lulusan SD dan MI dikumpulkan menjadi satu kelas dan diajarkan dengan materi yang sama, Guru masih menggunakan metode klasik sehingga menjadi monoton dan adapun beberapa pelaksanaan Pembelajaran yang dilaksanakan sebagai berikut; Pengorganisasian ada empat langkah pembagian tugas mengajar, penyusunan jadwal pelajaran, penyusunan jadwal evaluasi dan perbaikan. penyusunan jadwal kegiatan siswa, penyediaan fasilitas perlengakapan, dalam pelaksanaan juga, Rapat Rutinan pesantren, pelatihan guru pengajar Bahasa Arab, kunjungan pembelajaran dikelas, membangun pola komunikasi. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab meliputi beberapa tahapan yakni penetapan standar penilaian, penilaian atau evaluasi belajar dan remidial.
Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Ujan Rintis Mukminah Mukminah; Herjan Haryadi
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 1 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi Covid-19 ini adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Dengan pembelajaran daring, siswa memiliki keleluasaan waktu belajar, dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Adapun solusi pembelajaran yang ditawarkan pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Ujan Rintis adalah pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui sejauhmana implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Ujan Rintis, untuk mengetahui apakah pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Ujan Rintis bisa dilakukan dengan baik dan efektif, dan untuk mengetahui bagaimana dampak pembelajaran daring IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Ujan Rintis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tahapan penelitian yang digunakan: Reduksi data, display data, dan penrikan dan verifikasi kesimpulan. Dari hasil pengumpulan data melalui penyebaran google form, akses internet, dan wawancara via telpon dengan siswa kelas V MI Nurul Iman menyatakan 21% setuju dengan penerapan pembelajaran daring, 65% Tidak setuju dengan penerapan pembelajaran daring, dan 14% menyatakan ragu dengan pelaksanaan pembelajaran daring. Penerapan pembelajaran daring dirasakan kurang efektif, peserta didik mengalami kesulitan memahami materi melalui pembelajaran daring, ini disebabkan karena sulitnya interaksi secara langsung antara guru dan peserta didik, peserta didik cepat merasa bosan, sumber daya manusia yang belum siap terhadap pembelajaran daring, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran MA An-Najah Al Halimy Sesela Lombok Barat Nurmaningsih Nurmaningsih; Dewi Puspita Ningsih
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ntuk mengetahui bentuk media yang digunakan guru dalam proses belajar di sekolah MA An- Najah Al Halimy Sesele, Gunung Sari Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian media pembelajaran ini yaitu dengan kualitatif deskriptf. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan kurang lengkapnya media pembelajaran yang ada di MA An-Najah Al Halimy, maka dari itu kami memutuskan media yang akan kami buat untuk membantu guru yang mengampu mata pelajaran biologi yaitu media torso mengenai struktur sistem organ pada manusia atau hewan. fasilitas yang ada di laboraturium belum lengkap, sehingga guru biologi yang mengajarkan harus menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian LKS sebagai alat bantu atau media yang di gunakan untuk mempermudah siswanya mengetahui apa yang di sampaikan oleh guru nya.
Pola Pewarisan Tradisi Banjar Dalam Masyarakat Kewilayahan Kebun Jeruk Desa Sepit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur Muhammad Zoher Hilmi; Didin Septa Rahmadi
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 1 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganailsis pola pewarisan tradisi banjar di dalam masyarakat dan mendeskripsikan nilai tradisi banjar di dalam masyarakat di kewilayahan Kebun Jeruk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini adalah Pola pewarisan Tradisi banjar di Kewilayahan Kebun Jeruk tidak memerlukan pendidikan secara khusus, namun melalui pengenalan praktek langsung terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Proses pewarisan Tradisi banjar Kewilayahan Kebun Jeruk berlangsung dengan disengaja maupun tanpa disengaja, dalam hal ini orang tua sering berperan memperkenalkan tradisi banjar bagi generasi penerusnya, proses ini terjadi pewarisan dari generasi tua kepada generasi muda. Bahkan cara mewariskan juga adalah dengan cara saling mengingatkan dan saling menceritakan dari satu orang ke orang lainnya. Nilai tradisi banjar di kewilayahan Kebun Jeruk sangat beragam namun intinya adalah untuk saling membantu antara satu dengan yang lainnya.
Strategi Pengembangan Desa Wisata Sebagai Pembangkit Ekonomi Kerakyatan (Studi di Desa Setanggor Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah) Habibul Umam Taqiuddin; Muhammad Yakub
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan desa wisata dan strategi pengembangan ekonomi kerakyatan di Desa Setanggor. Penelitian ini dilaksanakan di Desa etanggor Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah selama 6 bulan dari bulan September 2020 sampai dengan bulan Februari 2021. Adapun metode yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu dilakukan pada kondisi yang alamiah dan peneliti berperan sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data penelitian data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pertama, memilih data yang berhubungan dengan masalah yang peneliti teliti dan membuang data yang tidak diperluan. Kedua, melakukan penyajian data dalam bentuk naratif dan gambaran yang terjadi di lapangan, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adalah pertama. Strategi pengembangan Desa Setanggor sebagai desa wisata adalah dengan menonjolkan potensi destinasi wisada, berupa budaya, seni, tradisi, dan lain-lain yang terdapat di Desa Wisata. Hal ini dimaksudkan karena salah satu jenis potensi yang dapat memperkuat daya saing desa wisata adalah potensi budaya yang ada di desa tersebut. Kedua, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Setanggor untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan adalah melalui sektor pariwisata dan industri kreatif. Sektor yang diandalkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat adalah melalui pengembangan ecotourism (pariwisata alam).
Plus Minus Tafsir Ilmi Mutmainnah Mutmainnah; Junaidi Junaidi
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 2 No 1 (2022): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah penafsiran ilmiah atas ayat-ayat merupakan salah satu kemusykilan yang harus diselesaikan ketika kita membicarakan hubungan antara dan ilmu pengetahuan. Karena itu, disini pertama-tama akan dibahas pengertian arah dan tujuan tafsir ilmi, alasan-alasan yang menopangnya, kritik-kritik terhadapnya, serta aspek positif maupun negatif dari Tafsir Ilmi. Permasalahan penciptaan dalam ilmu ekstakta masih berkisar dalam lingkup asumsi dan teori-teori ilmiah yang belum pasti. Oleh sebab itu, tidakkah kita termasuk terburu-buru apabila kita memasukkan persoalan-persoalan paradigma ilmu pengetahuan tersebut ke dalam pemahaman keagamaan. Apabila suatu saat nampak dalam kehidupan sesuatu yang baru yang muncul dari perkembangan ilmiah modern dan tidak sesuai dengan penafsiran ilmiah, maka kesalahannya bukan pada ayat-ayat Al-Qur'ân tersebut, tetapi pada kedangkalan pemahaman ilmiah terhadap ayat-ayat tersebut. Dari semua uraian diatas, baik dari argument maupun kontra argument, penulis dapat menyimpulkan bahwa menghubungkan dengan ilmu pengetahuan memerlukan kehati-hatian. Selain penguasaan ilmu pengetahuan- sehingga mampu membedakan fakta ilmiah dari teori ilmiah- mufassir ilmi juga tidak boleh mengabaikan kaidah-kaidah bahasa Arab dan penjelasan-penjelasan yang manqul. Alternatif kita bukanlah menyesuaikan ayat-ayat dengan ilmu pengetahuan atau mencari teori ilmiah dari, tetapi menemukan bagaimana persepektif tentang ilmu pengetahuan.
Penggunaan Metode Dialog (Muhawaroh) Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas X (Sepuluh) SMK Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022 Ahmad Mujaddid
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 2 No 1 (2022): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai: 1) penggunaan metode dialog (muhawaroh) dalam kemampuan berbicara bahasa Arab di SMK Negeri 7 Mataram, 2) kelebihan dan kelemahan dari metode dialog (muhawaroh) dalam kemampuan berbicara bahasa Arab di SMK Negeri 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan menggunakan teori Jhon Creswell. Hasil penelitian yang diperoleh ialah Pembelajaran dengan metode dialog muhawaroh menjadi lebih efektif Karena siswa terlihat lebih aktif dan interaktif serta bersemangat dalam belajar yang disampaikan sehingga guru mata pelajaran bahasa Arab selama ini mencoba untuk meningkatkan penguasaan dialog dalam bahasa Arab dalam proses pembelajarannya, guru selalu mengulang yang diajarkan dari materi serta metode yang digunakan oleh guru adalah dengan berdialog dengan siswanya pada materi hiwar sehingga penguasaan dialog bahasa Arab yang diharapkan dalam proses pembelajaran ini secara keseluruhan dapat tercapai supaya dapat siswa mahir dalam berbicara bahasa Arab. kelebihan siswa dalam keterampilan berbicara ketika proses pembelajaran berlangsung siswa dan siswi dengan begitu antusias dalam menggunakan metode dialog, siswa terasa gembira bersemangat dan memiliki minat belajar yang besar di sekolah dengan dan mempraktikkan berbicara di dalam kelasnya, Setelah dengan metode ini siswa dapat mempraktikkan kedepan percakapan tersebut dan siswa tidak merasa gugup lagi dan tidak malu ketika disuruh oleh guru untuk berbicara kemudian siswa terasa gembira, bersemangat dan memiliki minat belajar. Adapun kekurangan siswa dalam melakukan pembelajaran kalam pada kegiatan proses belajar mengajar bahasa Arab menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam proses belajar masih pasif yaitu cenderung hanya sebagai penerima saja, siswa kelihatan tidak semangat, banyak yang malu sehingga siswa gugup untuk berbicara, dan siswa terlihat kurang tertarik untuk mempelajari materi bahasa Arab dengan metode dialog muhawaroh alasannya mereka takut salah dalam berbicara dengan bahasa Arab.
Pakaian Bekas Peluang Bisnis di Pasar Karang Sukun Kelurahan Mataram Timur Kecamatan Mataram Kota Mataram Andi Mulyan; Trisna Kusuma Wardani; Lalu Moh Yudha Isnaini
Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) Vol 2 No 1 (2022): Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT)
Publisher : LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui alasan mendapatkan alasan bahwa pakaian bekas bagus untuk dibisniskan. Referensi yang dipergunakan adalah mengenai peluang bisnis. Lokasi untuk penelitian berlangsung di tempat bisnis pakaian bekas yang terdapat di Pasar Karang Sukun Mataram. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualititatif. Subyek penelitian yaitu pedagang pakaian bekas yang sedang beroperasi di Pasar Karang Sukun Mataram. Metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan uji keabsahan data dan analisis data. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu pakaian bekas bagus dibisniskan karena selain harga murah, juga masih layak pakai, stok cukup terbatas, dan tren vintage.

Page 1 of 4 | Total Record : 33