cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
journalpedagogik@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengabdian No 395 Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 30257719     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication thought carried out by researchers, teachers, lecturers, and education students. Detailed information for article loading and article instructions is provided in each issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024)" : 17 Documents clear
Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa Susanti, Sani; Aminah, Fitrah; Mumtazah Assa'idah, Intan; Wati Aulia, Mey; Angelika, Tania
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengajaran monoton dalam konteks pendidikan merupakan praktik pengajaran yang terbatas pada penggunaan satu metode atau pendekatan yang sama secara berulang tanpa variasi yang signifikan. Masalah penelitian ini terletak pada dampak negatif dari pengajaran monoton terhadap motivasi belajar siswa, yang dapat mengakibatkan kejenuhan, kebosanan, dan penurunan minat belajar. Kurangnya variasi dalam metode pengajaran juga menghambat perkembangan keterampilan sosial, kreativitas, dan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengajaran monoton dan dampak negatifnya terhadap motivasi belajar siswa, serta untuk mengembangkan strategi pencegahan yang efektif guna meningkatkan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis literatur terkait. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengajaran monoton meliputi kurangnya pelatihan guru, penggunaan teknologi, evaluasi, motivasi dan karakteristik siswa, media belajar yang kurang kreatif, materi yang monoton, suasana kelas yang tidak nyaman, dan kenyamanan siswa yang terganggu.
Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas IV di MI Nurul Ulum Fatul Fauziah, Asmah Rohma; Widyaningrum, Retno
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana lingkungan belajar dan motivasi belajar dapat mempengaruhi karakter religius siswa, yang mana tujuan ini didasarkan pada tingkat karakter religius siswa yang masih rendah dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunanakan analisis statistik dan data berupa numerical (angka), dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu karakter religius siswa sangat ditentukan oleh lingkungan belajar dan motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari peranan lingkungan baik lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam mengajarkan dan mencontohkan siswa mengenai karakter religius. Selain itu, perlu adanya motivasi belajar dalam mengembangkan nilai-nilai yang sudah ditanamkan pada lingkungan belajar atau yang telah dipelajari di lingkungan.
Etika Konselor Dalam Konseling Lintas Budaya Asbi, Asbi; Apriananda, Risty Dwi; Sembiring , Okia Sari
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Counseling is assistance and guidance provided to individuals in general, and students in particular at madrasas or schools in order to improve the learning process. Counseling in madrasas or schools is carried out to meet the development of students in the process of emotional development and guidance in madrasas or schools and in the community. Ethics is closely related to the concept that an individual or group has to assess whether the actions they take are wrong or right, good or bad. Ethics is in the form of written regulations (codes) that are created systematically based on existing moral principles and, if necessary, can be used as a tool to measure all kinds of actions that are generally logically considered to deviate from ethical values. In the counseling process, errors or differences between clients' backgrounds often occur which makes the counseling process ineffective. Because different cultures create obstacles to communication, while communication is part of culture.
Harmonisasi Multikultural Pada Prestasi Belajar PAI Antara Siswa Lulusan SMP, MTs, dan Pesantren di SMAN I Pulung Setiawan, Ferry; Widyaningrum, Retno
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberagaman latar belakang siswa tentu bisa dari berbagai hal. Salah satunya adalah keberagaman lulusan siswa. Terdapat siswa lulusan SMP, MTs, dan Pesantren yang menjadikan kondisi kelas yang multikultural. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bisa melakukan harmonisasi terhadap perbedaan latar belakang siswa sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Karya ilmiah ini sepenuhnya menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yang dilakukan dengan menggunakan rumus SPSS diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Adapun hasil temuan karya ilmiah ini adalah siswa lulusan pesantren memiliki prestasi belajar PAI yang lebih baik daripada siswa lulusan lain. Kemudian proses harmonisasi dilakukan dengan penggunaan metode pembelajaran yang berbeda. Siswa lulusan pesdantren menggunakan metode Problem Solving, siswa lulusan MTs menggunakan metode ceramah, serta metode pembelajaran berbasis digital untrk siswa lulusan SMP.
Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Tariqat Naqsyabandiyah: (Studi Tariqah Naqsabandiyah Al- Hasanah Ujung Batu) Pardomuan Harahap, Tua; Efendi Hasibuan, Zainal
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil studi lapangan penulis ini tentang internalisasi nilai-nilai akhlak dalam tariqah naqsyabandiyah di persulukan tariqah naqsabandiyah Al- Hasanah Ujung Batu dibahas dalam artikel ini. Penulis artikel ini menemukan, metode dan pendekatan kualitatif, bahwa nilai-nilai akhlak yang ditemukan dalam ajaran tariqah naqsyabandiyah dan ajaran syekh H. Hasan Haitami termasuk jujur, tawadu', dermawan, penolong, kesopanan, qana'ah, kesederhanaan, kelembutan, dan ramah. Selain itu, mereka menyatakan bahwa setiap sālik telah berubah sebagai hasil dari penerapan nilai-nilai moral ini, dan adab yang terlibat dalam tariqah itu adalah akhlak.
Kebutuhan dan Strategi Pendampingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Alia Putri, Tita Diah; Sabrina, Chailla; Sapri, Sapri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kebutuhan dan strategi yang baik dan benar bagi anak-anak yang memiliki gangguan dalam penglihatan, pendengaran, dan lainnya. Metode yang digunakan adalah kajian literatur. Kajian literatur ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber data yang berkaitan dengan topik tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini dalam mengajarkan anak berkebutuhan khusus harus memenuhi kebutuhan yang diperlukannya agar dapat menyesuaikan bahan atau cara pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus sesuai dengan disabilitas yang di sandangnya.
Taksonomi Tujuan Pendidikan dan Evaluasi Hasil Belajar Mauridhatul Kasanah; Arga Putra Pratama
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research examines the taxonomy of educational objectives through a library research approach, referring to seminal works such as "Taxonomy About Educational Objectives" by Bloom and "Basics of Educational Evaluation" by Zulfa Amirna as primary data sources and secondary sources derived from articles related issues, analyzed using content analysis techniques to evaluate symbolic representations in text and images. This research aims to deepen understanding of the taxonomy of educational objectives which includes the cognitive, affective and psychomotor domains, as well as to develop indicators of student competency achievement. Anderson's revised taxonomy, which introduced categories such as remembering and creating, as well as Bloom and Kathwohl's classification of affective and psychomotor domains, are also reviewed to assess their impact on the assessment of learning outcomes. It is hoped that the results of this research will provide insight for the development of more effective learning and assessment programs, as well as for monitoring and improving student learning progress.
Implementasi Terapi Musik Klasik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Autisme di SLB Mutiara Hati Sofia, Revianda; Wijaya, Candra; Hanum OK, Azizah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat kemampuan keberhasilan berbahasa pada anak autis melalui media terapi musik klasik dimana Penelitian ini dilatar belakngai oleh adanya suatu implementasi yang dilakukan terhadap anak autis me dalam meningkatkan kemampuan berbahasa memalui terapi musik klasikal.Dimana pada Anak penyandang autisme dapat menunjukkan kemampuan fisik yang baik. Pada penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dimana menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi , wawancara dan dokumtasi Adapun objek dalam penelitian ini ialah salah satu murid slb penyandang autis dimana pada penelitian ini ditemukan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak autis. Pada penelitian ini dapat di simpulkan bahwa anak dengan terapi musik saat anak mendengar musik kesukaaanya setiap anak memiliki respon yang berbeda- beda adayang loncat-loncat, kegirangan, menggambar, tepuk tangan sesuai dengan irama yang didengarkannya. pada kasus kali ini pada saat anak mendengarkan musik yang diputarnya anak mendapatkan respon kegirangan . saat menjalani trapis musik ada pula sebagian anak yang langsung mencontohkan dengan gerakan tangan dan bernyanyi tahapan ini di sebut dengan metode kolady yaitu sitem do, re, mi, fa, so, la, si, do. Adapun manfaat dari adanya trapi musik ini ialah untuk melatih kepekaan tubuh terhadap irama, perkembangan respon saraf pada anak dan bagaimana pola fikir anak setelah mendengarknan musik.
Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MTs. Al Washliyah Labuhanbatu Putri, Vika Yuliana; Daulai, Afrahul Fadhila; Ardianti, Siti
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MTs. Al Washliyah Labuhanbatu     Vika Yuliana Putri¹, Afrahul Fadhila Daulai², Siti Ardianti³   1,2,3Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, 20371   Email: vika0301202013@uinsu.ac.id1, afrahulfadhila@uinsu.ac.id2, sitiardianti@uinsu.ac.id3     Corresponding Author: Vika Yuliana Putri     ABSTRAK Penelitian ini akan membahas terkait penggunaan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al Washliyah Labuhanbatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan serta pengalaman guru dan siswa terkait media pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data  yaitu observasi, wawancara  serta dokumentasi, dalam analisis data ada tiga langkah yang dilakukan, yaitu reduksi data (mengumpulkan data), display data (penyajian data), serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) guru Al-Qur`an Hadis telah menggunakan media yang bertujuan agar pesan (materi) dapat tersampaikan dengan baik. (2) keadaan baca tulis Al-Qur`an siswa bervariasi, namun rata-rata dalam baca tulis Al-Qur`an para siswa hanya mampu sekedar membaca dan terkadang keliru dalam membedakan pelafalan makhorijul huruf dan tajwidnya (3) penggunaan media pembelajaran Al-Qur`an Hadis tidak begitu optimal, dikarenakan keterbatasan media yang ada (4) faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam baca tulis Al-Qur`an, yaitu dikarenakan tidak adanya motivasi dalam diri peserta didik itu sendiri, dan kurangnya dukungan dari orangtua, serta keterbatasan guru ngaji (5) Upaya penanggulangan yang dilakukan yaitu dengan membuat kursus Tahsin yang diadakan disetiap hari jum’at, yang dilakukan agar para siswa bisa lebih memahami cara membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar.
Metode Pendidikan Hati Perspektif Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah Serta Urgensinya Terhadap Pendidikan Islam Harahap, Pancarian; Daulai, Afrahul Fadhillah; Mahariah, Mahariah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dengan judul “Metode Pendidikan Hati Perspektif  Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah Serta Urgensinya Terhadap Pendidikan Islam”. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian kepustakaan (libarary research), yaitu meneliti bahan-bahan kepustakaan atau literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian dengan memilih, membaca, menelaah dan meneliti buku-buku atau sumber tertulis lainnya yang relevan dengan judul penelitian yang terdapat dalam sumber-sumber pustaka, yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menyusun suatu laporan ilmiah.Berdasarkan hasil penelitian  berdasarkan rumusan maasalah bahwa urgensi dari terapi penyakit hati ini, sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam yaitu mendidik agar anak memiliki iman serta bertakwa kepada Allah dan dari keimanan dan ketakwaan itu peserta didik akan memiliki akhlak yang baik dan nantinya akan membawa anak tersebut kepada kebaikan dunia dan akhirat. Dalam pendidikan Islam yang menjadi sasaran utamanya adalah hati. Pentingnya terapi penyakit hati atau pendidikan hati dalam pendidikan Islam tidak lain karena apabila hati nya tidak sehat dan berpenyakit maka tindakan yang akan dilakukan seseorang itu pasti akan buruk juga.

Page 1 of 2 | Total Record : 17