cover
Contact Name
Intan Novianti Nurhidayah
Contact Email
kantorarrahman@gmail.com
Phone
+62897827866
Journal Mail Official
kantorarrahman@gmail.com
Editorial Address
Jl. Wanariset Km.7 Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, 83562
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30264529     DOI : https://doi.org/10.61692/solutif.v1i2.90
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah yang khusus menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat di berbagai disiplin ilmu, seperti: 1. Pendidikan 2. Sosial 3. Agama 4. Enginering 5. Kesehatan 6. Ekonomi 7. Hukum. Segala jenis kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan akademisi dapat dipublikasikan di jurnal ini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Penyuluhan Model Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme Berbasis Nilai-Nilai Sosial Budaya Di Kelurahan Anggalo Melai Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara Maulid Taembo; La Yani Konisi; Nurmin Suryati
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i1.64

Abstract

Kebodohan dan kekurangpedulian mengenai pemahaman Islam yang benar dapat menimbulkan dan memunculkan paham terorisme. Paham tersebut sering menimbulkan konflik. Pada dasarnya, gejala tindakan yang bermuatan kekerasan dan menjadi pemicu konflik dapat terjadi ketika kecintaan akan sistem nilai tertentu terus ditumbuhkembangkan sehingga bermuatan politis. Dengan memojokkan orang lain, maka tindakan kebencian sebenarnya sedang berlangsung dalam bentuk penolakan dan perlawanan, terutama aspek ide dan kelembagaan yang dianggap bertentangan dengan keyakinannya. Disisi lain, banyak masyarakat yang salah menilai dan mengidentifikasi ciri dan model terorisme. Beberapa masyarakat menilai bahwa setiap orang yang berjenggot dan menggunakan celana cinkrangdan wanita bercadar dianggap sebagai teroris. Permasalahan lainnya adalah belum adanya model pengenalan, pencegahan dan penanggulan terorime. Oleh karena itu, penilaian masyarakat yang keliru dan kurang tepat menyebabkan semakin menimbulkan konflik berkepanjangan di masyarakat. Oleh karena itu, penilaian masyarakat yang keliru dan kurang tepat menyebabkan semakin menimbulkan konflik berkepanjangan di masyarakat. Salah satu hal yang direkomendasikan adalah pemerintah perlu mengembangkan model-model pencegahan berbasis masyarakat. Model-model pencegahan berbasis masyarakat dan komunitas, khususnya terhadap pemuda dan pemudi agar tidak mudah terpapar terorime sangat diperlukan. Bahkan, pengembangan pendidikan calon pengantin dan semua pasangan orang tua, terkait pengasuhan dan pembekalan kiat-kiat mengasuh anak tanpa muatan radikalisme juga sangat penting. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah keterlibatan perguruan tinggi dalam menangkal terorisme. Program Pengabdian masyarakat yang biasanya memilih lokasi ke desa-desa perlu mengambil peran pencegahan kerentanan anak dari bahaya terorisme. Terkait dengan permasalahan tersebut, kami menawarkan program penyuluhan model pencegahan dan penanggulangan terorisme berbasis nilai-nilai sosial budaya di Kelurahan Anggalo Melai, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Program ini merupakan bentuk pengabdian Universitas Halu Oleo kepada masyarakat. Sebelum melaksanakan kegiatan, dikordinasikan atau dikomunikasikan terlebih dahulu dengan aparat lurah/desa dan tokoh pemuda untuk membantu kelancaran kegiatan pengabdian tersebut. Dilihat dari metodenya atau cara mempertemukan penyuluh dengan khalayak sasaran digunakan lima metode penyuluhan, yaitu metode pendekatan masal, metode pendekatan kelompok, metode pendekatan perorangan, diskusi, dan ceramah. Kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan lancar karena ada dukungan dari pemerintah Kelurahan Anggalo Melai, yang ikut mempersipakan sarana dan prasarana yang digunakan saat penyuluhan, seperti pengeras suara, meja, kursi, ruangan, dan daftar absen peserta. Selain itu, antusias dari masyarakat sangat tinggi. Bahkan, setelah pemateri menyampaikan bahan presentasenya, para peserta sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan saran-saran. Setelah melakukan pengabdian di masyarakat, para peserta pengabdian merasa sangat senang karena mendapatkan banyak pengetahuan baru. Pengetahuan masyarakat semakin baik setelah pengabdian ini. Mereka mulai memahami konsep terorisme. Selain itu, mereka juga sudah dapat mengenal dan mengidentifikasi paham terorisme.
Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Jaddih 3, Kecamatan Socah, Bangkalan Melalui Abdimas Rumah Singgah KKN-T 18 UTM Alvin Vikrun Nuha; Iffah Fausiyah; Putri Firdha Rahma Adji; M. Fadlillah
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i1.65

Abstract

Tujuan Rumah Singgah adalah untuk membantu siswa dalam mendampingi belajar bahasa inggris dan untuk memberdayakan Rumah Singgah belajar di Desa jaddih. Pengabdian ini dilaksanakan di salah satu kelas SDN Jaddih 3. Pembelajaran ini dilaksanakan setiap hari Jum'at jam 15.30 dan setiap hari minggu jam 09.00.
Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 3 Melalui Kegiatan Menghias Figura Dari Cangkang Kerang Di SDN Pernajuh Putri Ayu Wulandari; Najwa Aulia; Nadya Rafika; Mutiara Adelia Putri; M. Fadlillah
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i1.66

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kreativitas siswa kelas 3 dengan melakukan kegiatan menghias figura dengan cangkang kerang di SDN Pernajuh. Metode yang digunakan adalah studi literatur, data diperoleh dengan menelaah jurnal-jurnal, buku-buku, artikel-artikel dan skripsi. Subjek penelitian siswa kelas 3 berjumlah 24 pertisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghias figura dengan cangkang kerang dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 SDN Pernajuh.
Pengolahan Udang Rebon Bagi Masyarakat Desa Pernajuh Kabupaten Bangkalan Nadya Rafika; Mutiara Adelia Putri; Putri Ayu Wulandari; Najwa Aulia; M. Fadlillah
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i1.67

Abstract

Udang rebon merupakan jenis udang yang berukuran kecil Pasal 1 Ayat 2 berbunyi ikan segala sesuatu jenis organisme yang seluruhan atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan. Maknanya sumber daya perairan tidak hanya rumput laut tapi mahluk hidup lain banyak berkembang terutama ikan dengan beragam jenis seperti ikan buntal, cumi, udang, tuna lobster, kerang dan lain sebagainya sebagai negara tropis, pesisir dan juga sekaligus negara kepulauan, hasil amenunjukkan bahwa di Desa Pernajuh Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan ini memiliki petensi perikanan yang sangat menguntungkan untuk dikelola kembali dengan hasil laut yang melimpah contoh Udang Rebon yang dapat mencapai ton / tahun dengan adanya pengolahan sambel Udang Rebon ini diharapkan untuk menjadi inovasi sendiri untuk menjadi penghasil dan UMKM menjadi setabil atau bahkan meningkat. Pengolahan Udang Rebon ini dilakukan dengan skala rumahan dan biaya pengeluaran yang minim namun keuntungan yang terasa.
Sosialisasi Membentuk Remaja Tangguh Anti Narkoba Bagi Peserta Didik di MTSS Hidayatuddiniyyah Desa Pendabah Bangkalan Miliani Sari; Belgis Ayunda Gusti Putri; Dieza Risqi Ardila Yusuf; Heny Maulidhea Irawati
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i1.68

Abstract

Permasalahan narkoba di Indonesia masih merupakan sesuatu yang bersifat urgent dan kompleks. Dengan bertambahnya jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba secara signifikan, seiring meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba yang semakin beragam polanya dan semakin masif pula jaringan sindikatnya. sehingga, dampak dari penyalahgunaan narkoba tidak hanya mengancam kelangsungan hidup dan masa depan pengguna, namun juga mengancam masa depan bangsa dan negara, tanpa membedakan strata sosial, ekonomi, usia maupun tingkat pendidikan. Sampai saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level, tidak hanya pada wilayah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh wilayah pedesaan. Faktor yang menyebabkan seseorang ingin mengkonsumsi narkoba adalah perpecahan unit keluarga misalnya perceraian, keluarga yang berpindah-pindah, orang tua yang tidak ada/jarang di rumah, dsb. Pengaruh media massa misalnya iklan mengenai obat-obatan dan zat, perubahan teknologi yang cepat, kaburnya nilai-nilai dan sistem agama serta mencairnya standar moral, meningkatnya waktu menganggur, ketidakseimbangan keadaan ekonomi misalnya kemiskinan, perbedaan ekonomi etno rasial, kemewahan yang membosankan dan sebagainya, menjadi manusia untuk orang lain.
PEMENUHAN KEBUTUHAN SAYUR KELUARGA MELALUI PANEN MANDIRI DENGAN MEMANFAATKAN BOTOL BEKAS SEBAGAI POT Aditya Dyah Puspitasari; Ade Cyntia Pritasari; Ika Dian Rahmawati; Kirani Lestari; Lilik Nur Azizah; Moh Tohir; Kamelia Rahmah
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli-Desember 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i2.80

Abstract

Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di wilayah Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan melalui kegiatan pemanfaatan botol bekas sebagai pot tanam dan pelatihan budidaya sayuran secara mandiri. Kegiatan dilaksanakan mulai bulan September sampai Oktober. Adapun tahapan yang dilakukan meliputi kegiatan sosialisasi dan edukasi, pelatihan, serta pendampingan. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada ibu rumah tangga untuk dapat menciptakan kebun sayur di rumah masing-masing sehingga dapat melaksanakan panen mandiri. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa ibu-ibu rumah tangga senang dan antusias melakukan budidaya sayuran skala kecil di pekarangan rumah masing-masing. Ibu-ibu mulai rajin memilah sampah sehingga botol-botol bekas dapat dimanfaatkan. Sayuran yang telah ditanam di pot botol bekas juga rajin disiram dan dirawat.
PELATIHAN PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL DAN NUMERASI BERBASIS GAME ONLINE DI SDN TANJUNG 3 PADEMAWU PAMEKASAN Widya Ayu Kurnia Hidayati; Kholifah Nur Fajariyah; Annisa Nurul Fadlillah
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli-Desember 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i2.81

Abstract

Teknologi digital merupakan teknologi yang lebih mementingkan penggunaan digital daripada tenaga manusia. Literasi digital merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya digital. SDN Tanjung 3 merupakan sekolah yang belum sepenuhnya menerapkan literasi digital dalam pembelajaran. Jika dilihat dari potensi sekolah dan adanya guru penggerak di sekolah, secara bertahap bisa menerapkan literasi digital dengan maksimal. Karena rendahnya literasi digital di SDN Tanjung 3, maka mahasiswa Abdimas berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pemanfaatan media game edukasi online untuk mengasah kecakapan literasi digital dan literasi numerasi pada siswa. Game edukasi online yang disajikan merupakan game yang memuat konten operasi hitung penjumlahan, penguranga, dan perkalian untuk siswa kelas III SD. Game edukasi online ini dapat membantu siswa dalam memahami operasi hitung karena didalamnya terdapat latihan soal yang disajikan secara menarik dengan menampilkan animasi permainan seperti game pada umumnya. Melalui pelatihan ini, siswa semakin tertarik dan senang untuk belajar matematika. Pelatihan ini juga memberikan inovasi baru kepada guru dan sekolah untuk memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
PEMBEKALAN NILAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI FASILITATOR BELAJAR DI SANGGAR BELAJAR MALAYSIA Dian Kristiana Respati; Sulton Sulton; Ambiro Puji Asmaroini
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli-Desember 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i2.90

Abstract

Penguatan nilai karakter profil pelajar Pancasila wajib dimiliki oleh pendidik, calon pendidik, fasilitator bahkan peserta didik tersebut. Namun belum semua pendidik, calon pendidik terutama dan fasilitator yang ada di sanggar belajar sekolah Indonesia di Malaysia memiliki kemampuan dalam memahami dan menerapkan nilai karakter profil pelajar Pancasila. Tujuan pengabdian Masyarakat yang akan dilakukan yaitu memberikan pembekalan nilai karakter profil pelajar pancasila bagi fasilitator belajar di sanggar belajar sentul Malaysia. Tujuan ini mencakup pelatihan pembelajaran nilai karakter profil pelajar Pancasila sesuai dengan kebutuhan peserta didik.Solusi yang ditawarkan yaitu: 1. Pembekalan nilai karakter profil pelajar Pancasila melalui kegiatan pelatihan. 2.Rancangan inovasi pembelajaran yang memiliki nilai karakter profil Pancasila sesuai dengan konsep merdeka belajar
PENGGUNAAN MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) MELALUI PERMAINAN PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKN 3 BANGKALAN Meisya Maulidini
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli-Desember 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i2.91

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan zaman, teknologi informasi telah memberikan pengaruh besar dalam berbagai bidang, terutama di bidang pendidikan. Salah satunya guru dituntut untuk sekreatif mungkin saat merancang pembelajaran dan menggunakan media yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan materi yang dibahas. Oleh karena itu, model TGT (Team Games Tournament) dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas X di SMKN 3 Bangkalan semester gasal tahun pelajaran 2023/2024 melalui penggunaan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai siswa di kelas X TKJ dan X FKK 2 setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Presentase nilai siswa kelas X TKJ dari 15,58% meningkat menjadi 27,58%. Pada kelas X FKK 2 dari presentase 18,63% meningkat menjadi 20,30%. Dengan demikian, model TGT dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
SOSIALISASI PENGENALAN DAN MANFAAT FUNGSI TOEFL PADA SISWA SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR Rohanna Sinambela; Anggreni Nurmika Turnip; Gresy Turnip; Hotnola Simanungkalit; Herman Herman
Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): Juli-Desember 2023
Publisher : Yayasan Arrahman Nahdlatul Wathan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61692/solutif.v1i2.93

Abstract

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan TOEFL dan fungsi TOEFL kepada siswi di kelas tersebut. Untuk itu diharapkan mereka dapat lebih mempersiapkan diri untuk mampu menghadapi kesulitan kelak ketika melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Pada kegiatan sosialisasi ini terdapat 26 siswa yang terdiri dari siswa kelas XII MIA 3. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga sesi yaitu; Sesi pertama merupakan sesi persiapan berupa persiapan tim sosialisasi yang akan dilakukan pada kegiatan ini. Sesi kedua merupakan sesi implementasi yaitu memperkenalkan dan menjelaskan pengertian dan fungsi TOEFL dalam bentuk soal TOEFL ITP “Structure and Written Expression”. Sedangkan pada sesi ketiga yaitu sesi evaluasi, siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi dan siswa juga diberikan latihan berupa contoh soal TOEFL. Hasil yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini adalah: 1) para siswa mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias. 2) siswa dapat mengenal lebih jauh tentang TOEFL, dan jenis-jenis TOEFL yang akan diujikan nantinya. Mereka juga dapat mengetahui sekilas bagaimana cara mengerjakan soal TOEFL. Pada akhirnya dari data dan hasil yang penulis peroleh dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi pengenalan TOEFL ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10