cover
Contact Name
Risky R. Sarapung
Contact Email
riskyrichlossarapung@gmail.com
Phone
+6285398915733
Journal Mail Official
riskyrichlossarapung@gmail.com
Editorial Address
Jln. Siswa Darame Kec. Morotai Selatan Kab. Pulau Morotai
Location
Kab. pulau morotai,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Pasifik Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2828125X     DOI : https://doi.org/10.51135/jukip
Core Subject : Education,
Cakupan dari Jurnal Pasifik Pendidikan meliputi : 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. Pendidikan Bahasa Inggris 3. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Pendidikan Matematika 5. Pendidikan Fisika 6. Pendidikan Biologi 7. Pendidikan Kimia 8. Pendidikan Geografi 9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 10. Pendidikan IPA 11. Pendidikan IPS 12. Pendidikan Olahraga
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Juni" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD INPRES WAWAMA KECAMATAN MOROTAI SELATAN Gullyt Karlos Papingka; Nurhani Mahmud
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 2 (2022): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i2.9

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi tentang penjumlahan bilangan bulat negatif dan mengetahui penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Matematika penjumlahan bilangan bulat negatif kelas III SD Inpres Wawama. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 19 siswa. Penelitian Tindakan ini dilakukan dengan dua siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan test serta data dianalisa dalam bentuk kuantitaif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan guru dalam proses belajar mengajar secara signifikan. Hasil belajar siswa dari Siklus I skor perolehan4 siswa (21%) yang tuntas dan yang belum tuntas 15 siswa(79%) serta pada siklus II terjadi peningkatan dengan skor perolehan 17 siswa(89%) yang tuntas dan yang belum tuntas 2 siswa (11%) Dari 2 siswa yang belum tuntas diadakan remedial. Secara klasikal hasil belajar telah mencapai standar KKM 70.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXSPLAININGPADA KELAS IV SD INPRES RAJA KECAMATAN MOROTAI SELATAN BARAT JUKIP UNIPAS MOROTAI M. RAIS SALIM; YANTI ANASTASYA MABUKA
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 2 (2022): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i2.11

Abstract

Penelitian dengan judul meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining di kelas IV SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan terhadap 17 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan, penelitian dalam dua siklus. Dari hasil penelitian pada siklus I dengan mengikuti tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi), peneliti mendapatkan hasil yang belum maksimal, dimana tingkat aktiviatas guru pada siklus I yaitu 57,5%, hal ini mengakibatkan hasil belajar yang belum mencapai standar ketuntasan klasikal (80%) karena dari 17 siswa yang mencapai standar ketuntasan minimum (KKM) yaitu 5 siswa (29,47%) dan 12 siswa (70,53%) belum berhasil. Di lihat dari siklus I, maka pada siklus II, peneliti melakukan perbaikan cara mengajar sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Dengan demikian hasil penelitian pada siklus II menurut observer, guru sudah maksimal dalam hal penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, dimana aktivitas guru pada siklus II yaitu 90%, karena aktivitas guru yang sudah maksimal, maka hasil belajar pada siklus II sudah mencapai standar KKM klasikal (80%). Dari 17 siswa yang berhasil yaitu 14 siswa (82,12%) dan 3 siswa (17,88%), dengan demikian dapat di simpulkan penelitian pada siklus II sudah berhasil, dan tidak perlu melakukan penelitian lanjutan kesiklus berikutnya. Sementara 3 siswa yang belum berhasilhanya di lakukan remedial.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS II-A SD NEGERI UNGGULAN 1 PULAU MOROTAI KECAMATAN MOROTAI SELATAN Ledy Yanti Lessy; Siti Raudia Soleman
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 2 (2022): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II-A SD Negeri Unggulan 1 Pulau Morotai, siswa belum mampu menerima pelajaran bahkan merasa bosan dengan pola belajar yang ada. Untuk itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul; Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Visual Siswa Kelas II-A SD Negeri Unggulan 1 Pulau Morotai Kecamatan Morotai Selatan. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus penelitian, dimana pada siklus I, dari keseluruhan 25 siswa terdiri dari 17 siswa dan 8 siswi, yang tuntas belajar berjumlah 9 siswa (36%) sedangkan 16 siswa (64%) belum tuntas. Untuk itu, observer berkesimpulan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia materi “Merawat Hewan di Sekitarku” belum berhasil dan di lanjutkan ke penelitian siklus II. Pada penelitian siklus II, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran siklus I sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan persiapan yang baik, maka penelitian siklus II mendapatkan hasil yang lebih baik dari siklus I. Pada siklus II menujukan adanya peningkatan, dari 9 siswa (36%) yang berhasil pada siklus I, sedangkan pada siklus II menjadi 24 siswa (96%), hasil ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II, ini di karenakan dalam hal pemahaman terhadap materi yang di ajarkan sudah lebih baik dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi “Merawat Hewan di Sekitarku”. Sementara 1 siswa (4%) yang belum berhasil, di lakukan remedial.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD GMIH DESA TOWARA KECAMATAN MOROTAI JAYA KABUPATEN PULAU MOROTAI Risky R. Sarapung; Rustam Baba
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 2 (2022): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi Bagian-bagian Tumbuhan, pada siswa kelas V SD GMIH Towara Kecamatan Morotai Jaya Kabupaten Pulau Morotai. Model penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) yang di adakan pada siswa kelas V SD GMIH Towara, dengan jumlah keseluruhan 24 siswa yang terdiri dari 6 perempuan dan 18 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah wali kelas V SD GMIH Towara. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 14 orang (58%) dari jumlah keseluruhan (24 siswa), sementara 10 siswa (41%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (25%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 20 siswa (83%) dan yang belum berhasil 4 siswa (17%). Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi “Bagian-Bagian Tumbuhan”.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn PADA POKOK BAHASAN PEMERINTAHAN DESA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NOMBERED HAEDS TOGETHER(NHT) SISWA KELAS IV SD NEGERI JUANGA Subhan Hayun; Irvan Marekubulo
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 1 No 2 (2022): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v1i2.14

Abstract

Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Pokok Bahasan Pemerintahan Desa Dengan Menggunakan Metode Nombered Haeds Together (NHT) Siswa Kelas IV SD Negeri Juanga. Manfaat Penelitian a. Hasil penelitian ini dapat memberi sumbangan bagi pengembangan pendidikan, terutama dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Juanga. b. Penelitian ini sangat besar manfaatnya bagi penulis karena merupakan perbekalan dan menambah wawasan serta khasana ilmu pengetahuan dikala penulis menjadi seorang guru dan menerapkan metode Nombered Haeds Together (NHT) dalam mentransferkan pengetahuan pada peserta didik.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang kita kenal dengan sebutan PTK (Classroom Action Research), Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan secara garis besar, terdapat empat tahapan yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting).Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Pemerintahan Desa pada siklus I ada 14 orang 70% dengan nilai rata-rata 68,75. Pada siklus ke II yaitu 17 orang 85% dengan nilai rata-rata 73.Dengan demikian penerapan model pembelajaran Nombered Haeds Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Page 1 of 1 | Total Record : 5