cover
Contact Name
Risky R. Sarapung
Contact Email
riskyrichlossarapung@gmail.com
Phone
+6285398915733
Journal Mail Official
riskyrichlossarapung@gmail.com
Editorial Address
Jln. Siswa Darame Kec. Morotai Selatan Kab. Pulau Morotai
Location
Kab. pulau morotai,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Pasifik Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2828125X     DOI : https://doi.org/10.51135/jukip
Core Subject : Education,
Cakupan dari Jurnal Pasifik Pendidikan meliputi : 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. Pendidikan Bahasa Inggris 3. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Pendidikan Matematika 5. Pendidikan Fisika 6. Pendidikan Biologi 7. Pendidikan Kimia 8. Pendidikan Geografi 9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 10. Pendidikan IPA 11. Pendidikan IPS 12. Pendidikan Olahraga
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2023): Oktober" : 10 Documents clear
UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI PULAU TALIABU Pardin
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.53

Abstract

Fiqih merupakan saalah satu pendidikan Islam yg terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Fokus penelitian ini membahas mengenai upaya tenaga pendidik dalam menaikkan output belajar peserta didik khususnya mata pelajaran fiqih, pada MAN Pulau Taliabu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memakai pendekatan kualitatif berbasis fenomologi dengan metode penelitian studi kasus. Peneliti menemukan output penelitian ini diantaranya pelaksanaan perencanan pembelajaran satu lembar sesuai aturan darim Kementerian Agama RI. Penerapan penelitian ini meliputi indikator waktu, bahan ajar, metode pembelajaran dan evaluasi. Faktor pendukung penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat penelitian ini yaitu latar belakang siswa yang tidak semuanya lulusan madrasah atau pesantren sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan pelajaran agama yang lebih mendalam yaitu pelajaran fiqih.
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMA NEGERI UNGGULAN 1 KABUPATEN PULAU MOROTAI Risky Richlos Sarapung
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif atau negatif kegiatan mengakses situs jejaring sosial instagram terhadap prestasi belajar IPA SMA Negeri Unggulan 1 Kabupaten Pulau Morotai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei bentuk korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian untuk hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara antara media sosial instagram dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Unggulan 1 Kabupaten Pulau Morotai. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,810 yang signifikan pada taraf 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0.656 sehingga dapat dikatakan bahwa 65,6% varian yang terjadi dalam prestasi belajar IPA (Y) terjelaskan oleh pengaruh media sosial instagram (X) dan 34.6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti.
PENTINGNYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Syarif Umagapi; Adiyana Adam
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.55

Abstract

Kepala madrasah memainkan peran strategis dalam mengarahkan dan mengembangkan madrasah menjadi lembaga yang unggul. Dalam proses ini, kepala madrasah telah mengimplementasikan berbagai strategi, seperti memastikan masukan yang memadai, mempersiapkan proses pembelajaran yang efektif, dan mengawasi pelaksanaan program-program pengembangan profesional untuk staf. Selain itu, kepala madrasah juga memotivasi guru dan stafnya, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran, dan menjaga kedisiplinan di madrasah. mutu pendidikan di MTsN 1 Sanana tercermin dalam hasil lulusan yang berkualitas dan prestasi akademik yang tinggi. Meskipun demikian, ada potensi untuk meningkatkan output pendidikan, terutama dalam hal inovasi kurikulum dan peningkatan komunikasi baik internal maupun eksternal. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, kepala madrasah perlu terus berperan sebagai pemimpin, inovator, motivator, dan wirausaha di lingkungan sekolah. Selain itu, kepemimpinan yang demokratis dan konsultatif tetap menjadi salah satu pilar utama dalam memastikan partisipasi semua pihak dalam pengambilan keputusan dan pengembangan madrasah ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, kepemimpinan kepala madrasah menjadi kunci dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan pendidikan di MTsN 1 Sanana serta meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTS NEGERI 1 KABUPATEN PULAU MOROTAI Fahmi Jaguna
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.56

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana mengetahui model perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam hal peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTS Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai. Adapun jenis penelitian ini yaitu bagaimana penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi data yang telah diperoleh kemudian akan dianalisis dengan cara deskriptif serta dengan cara reduksi data, penyajian data dan juga verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan dimana perencanaan peningkatan kompetensi pedagogik guru MTS Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai menyesuaikan dan kebutuhan guru yang berdasarkan pada visi, misi dan tujuan sekolah. Dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTS Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai terdiri dari unsur kegiatan yaitu keikut sertaan dalam forum ilmiah, pelatihan RPP dan penyediaan fasilitas penunjang pembelajaran yang mana bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogik guru di sekolah. Pada aspek evaluasi bagaimana peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTS Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai yang dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi program dan evaluasi kinerja dari guru.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IIIB SEKOLAH DASAR UNGGULAN 1 PULAU MOROTAI Nurhani Mahmud; Nurhamsa Mahmud; Anuwar Kadir Abdul Gafur
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika operasi perkalian melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IIIB SD Ungguan 1 Pulau Morotai. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 20 siswa. Penelitian Tindakan ini dilakukan dengan dua siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan test serta data dianalisa dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa dari Siklus I skor 35% (7 Siswa) yang tuntas dan pada siklus II terjadi peningkatan skor 90% (18 siswa) yang tuntas. Secara klasikal hasil belajar telah mencapai standar KKM 70.
OPTIMALISASI KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI PROSES SUPERVISI DI MTs. MUHAMMADIYAH PABOS HALMAHERA BARAT (PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH) Sakinang Makian
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.58

Abstract

MTs Muhammadiyah Pabos merupakan salah satu Madrasah yang terletak di Jailolo Kabupaten Halmahera Barat Provinsi maluku Utara , Posisi strategis dalam peningkatan mutu pendidikan dipegang oleh guru yang profesional, karena pelaksanaan pembelajaran yang bermutu merupakan ujung tombaknya. Oleh karena itu, profesionalisme guru perlu terus ditingkatkan terutama kompetensi paedagogik dalam hal mengajar siswa di sekolah yang dipimpinnya. Sebagai pengelola dan pengawas, kepala madrasah memiliki tugas pokok terkait pemberdayaan sumber daya sekolah, termasuk guru, beserta pembinaannya secara berkesinambungan. Melalui PTS, kepala madrasah dapat melaksanakan tugas pokok substantifnya sebagai pengelola dan pengawas secara lebih terencana, metodologis, sistematis dan akuntabel. Kinerja guru profesional dalam mengajar juga dapat ditingkatkan oleh kepala madrasah melalui PTS.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHLAK DI MTs AL-HUDA SIDANGOLI HALMAHERA BARAT Lili Hamadan
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.59

Abstract

PAIKEM merupakan pendekatan dalam pembelajaran yangmengharuskan keterlibatan siswa secara aktif, memberikan kesempatan yangluas kepada siswa untukmengeksplorasi informasi, mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta membangun sendiri konsep-konsep yangingin dipelajarinya. . Dengan pendekatan PAIKEM, diharapakan dapat meningkatkan perhatian siswadalam mengikuti pembelajaran sekaligus dapat memaksimalkan hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.dengan jenis Penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari peneltiian ini adalah untuk mengetahui penerapan model PAIKEM pada mata pelajaran aqidah Ahlak di MTs Al-Huda Sidangoli Halmahera Barat Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Huda Sidangoli Halmahera Barat masih belum maksimal Karena banyak guru mata pelajaran khususnya guru mata pelajaran akidah akhlak belum maksimal dalam penerapan PAIKEM di kelas.
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AN-NUR SUSUPU Badi Lei
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.60

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kegiatanm kepramukaan terhadap disiplin siswa Madrasah Aliyah An-Nur Susupu. Dalam konteks Madrasah Aliyah An-Nur Susupu, kegiatan Pramuka berperan penting dalam membentuk kedisiplinan siswa. Integrasi yang baik antara kegiatan Pramuka dengan lingkungan sekolah menciptakan atmosfer yang mendukung pembelajaran karakter. Siswa yang terlibat aktif dalam Pramuka menunjukkan tingkat kedisiplinan yang tinggi, mematuhi peraturan dan tata tertib, serta bertanggung jawab terhadap tugas-tugas mereka. Faktor internal, seperti motivasi intrinsik, dan faktor eksternal, seperti bimbingan dari pembina Pramuka, berpengaruh dalam membentuk sikap disiplin siswa. Teori Social Learning Theory oleh Albert Bandura mendukung konsep bahwa siswa belajar dari contoh dan pengamatan, di mana perilaku disiplin dari sesama siswa dan pembina Pramuka menjadi contoh yang penting. Sanksi dan penghargaan, sebagai bagian dari pendekatan Behaviorism Theory, juga memengaruhi perilaku siswa terhadap aturan. Dengan dukungan lingkungan sekolah yang positif, Pramuka bukan hanya memberikan pengalaman praktis, tetapi juga membentuk karakter siswa, menciptakan individu yang disiplin, bertanggung jawab, dan mandiri.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JUANGA Ledy Yanti Lessy; Gullyt Karlos Papingka; Umian Nyong
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.61

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan alat peraga mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV SD Negeri Juanga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang kita kenal dengan sebutan PTK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan secara garis besar, terdapat empat tahapan yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa penggunaan pendekatan alat peraga dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi bagian-pagian tumbuhan. Pada siklus I ada 10 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II yang tuntas adalah 18 siswa dan tidak tuntas 4 siswa. Penelitian ini tidak lagi dilanjutkan pada siklus berikutnya atau siklus III karena pada siklus II sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan sehingga 4 siswa yang tidak tuntas hanya diberikan materi secara remedial.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn PADA POKOK BAHASAN PEMERINTAHAN DESA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NOMBERED HAEDS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD NEGERI JUANGA Subhan Hayun; Gullyt Karlos Papingka
JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN Vol 2 No 3 (2023): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasifik Morotai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51135/jukip.v2i3.62

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Pokok Bahasan Pemerintahan Desa Dengan Menggunakan Metode Nombered Haeds Together (NHT) Siswa Kelas IV SD Negeri Juanga. Manfaat Penelitian a. Hasil penelitian ini dapat memberi sumbangan bagi pengembangan pendidikan, terutama dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Juanga. b. Penelitian ini sangat besar manfaatnya bagi penulis karena merupakan perbekalan dan menambah wawasan serta khasana ilmu pengetahuan dikala penulis menjadi seorang guru dan menerapkan metode Nombered Haeds Together (NHT) dalam mentransferkan pengetahuan pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang kita kenal dengan sebutan PTK (Classroom Action Research), Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan secara garis besar, terdapat empat tahapan yaitu 1. Perencanaan (Planning), 2. Pelaksanaan (Acting), 3. Pengamatan (Observing), dan 4. Refleksi (Reflecting). Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Pemerintahan Desa pada siklus I ada 14 orang 70% dengan nilai rata-rata 68,75. Pada siklus II Yaitu 17 orang 85% dengan nilia Rat-rata 73. Dengan demikian Metode Nombered Haeds Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Page 1 of 1 | Total Record : 10