cover
Contact Name
H.B.A Jayawardana
Contact Email
hepta2011@gmail.com
Phone
+6281336101853
Journal Mail Official
jurnaljecie@gmail.com
Editorial Address
Prodi PG PAUD, Universitas PGRI Argopuro Jember, Jl. Jawa No. 10 Jember, Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
ISSN : 26144387     EISSN : 25992759     DOI : https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1
Core Subject : Education,
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in the field of Early Childhood Education (PAUD). The JECIE is published twice a year in July and December. The field of study in the JECIE covers the field of education and teaching in Early Childhood Education (PAUD), including the study of physical motor development, socio emotional development, cognitive development, language development, development of moral and religious values, art development, childrens inclusive education, and various other fields related to Early Childhood Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022): Desember" : 8 Documents clear
Pembuatan Karya Inovatif Alat Peraga Kipas Jepit Pintar di TK Negeri Karangsari Ismiyati Ismiyati
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat alat peraga kipas jepit pintar. Alat peraga kipas jepit pintar ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif kepada anak TK sehingga dapat dikategorikan sebagai permainan edukatif. Penggunaan alat peraga kipas jepit pintar ini diharapkan dapat memberi wacana baru pada proses pembelajaran anak; meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar pada anak didik; kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien karena suasana senang dengan alat peraga yang menarik; membangkitkan minat dan rasa keingintahuan pada anak; anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru; mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif di PAUD /TK; dan pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa alat peraga kipas jepit pintar mampu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif kepada anak di TK Negeri Karangsari Kota Blitar.
Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi H.B.A Jayawardana; Ade Irma Noviyanti; Nova Eko Hidayanto; Rina Sugiarti Dwi Gita
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.710

Abstract

Sekolah Penggerak merupakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi serta kepribadian yang dimulai dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Peluncuran Kurikulum Merdeka adalah salah satu dari sekian banyak upaya Kemendikbudristek dalam menyikapi terbentuknya krisis pendidikan di Indonesia yang belum membaik dari tahun ke tahun. Riset PISA menampilkan banyak peserta didik yang tidak sanggup untuk menguasai teks simpel ataupun mempraktikkan konsep matematika dasar. Sepanjang 10 hingga 15 tahun terakhir kurang lebih 70% siswa umur 15 tahun terletak di dasar kompetensi minimum dalam literasi serta numerasi. Program Implementasi Kurikulum Merdeka dirancang untuk menunjang peluncuran kurikulum merdeka melalui aktivitas sosialisasi serta tutorial teknis untuk pemangku kepentingan seperti Dinas Pendididikan, Penilik, Pengawas, UPT Pusat, Organisasi Mitra yang bertugas mendampingi satuan PAUD di wilayahnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan utuk menganalisis apakah guru-guru PAUD sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka tersebut dengan baik sesuai dengan harapan dari pemerintah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagain besar guru telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Fase Fondasi (PAUD) dengan baik.
Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia Dini Melalui Variasi Lagu Imaratul Ulwiyah
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.711

Abstract

Kecerdasan linguistik-verbal memegang peranan penting dalam kehidupan. Kecerdasan ini merupakan kemampuan berbahasa seseorang baik secara lisan atau tulisan. Dengan memiliki kemampuan ini seseorang dapat berkomunikasi secara efektif yang mencakup keempat aspek bahasa yaitu mendengar, menulis, membaca, dan berbicara. Kecerdasan linguistik anak umur 4-5 tahun dapat distimulasi dengan mengajarkan mereka bernyanyi melalui variasi lagu yang berisikan kosakata yang berbeda-beda. Lagu-lagu tersebut berjudul “Aku Sudah Tahu”, “Rumahku”, “Pulang Sekolah”, dan “Senandung Al Qur’an”. Penelitian ini mencoba mengamati bagaimana variasi lagu yang diajarkan kepada anak-anak tersebut dapat memperkaya kosakata mereka. Metode penelitian kualitatif dipilih untuk memperoleh data yang sistematis melalui wawancara, teknik simak catat dan observasi. Hasil dari pengamatan ini akan diketahui ketika anak usia 4-5 tahun berhasil menyanyikan ulang lagu-lagu tersebut dengan benar.
Pengembangan Media Pembelajaran Buku Jilid dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4 Tahun di RA Az-Zahrah Oni Asri Aprilianti; A Zulkarnain Ali; Ratnasari Dwi Ade Chandra
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.712

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media Buku Jilid yang layak digunakan untuk anak usia 4 tahun di RA Az-Zahrah; (2) Mengetahui pelaksanaan pengembangan media pembelajaran Buku Jilid dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak usia 4 tahun di RA Az-Zahrah, Tempurejo, Jember. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara validasi ahli media dan bahasa, lembar obsevasi dan dokumentas. Hasil penelitian ini mendapat validasi dari ahli media sebesar 87,5% dan dinyatakan “sangat layak”. Penilaian oleh ahli bahasa mendapat skor persentasi 87,5%, dan dinyatakan “sangat layak”. Sedangkan pada tahap observasi sebelum menggunakan media mendapat prosentase BB (Belum Berkembang) yaitu dengan skor rata-rata prosentase 34,8%, dan pada tahap observasi sesudah uji coba produk skor persentase meningkat menjadi 50,5%.
Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book pada Materi Pokok Mengenal Tanaman Buah untuk Anak Usia 4-5 Tahun Sheila Nadia Kirana; Indah Kharismawati; Hariyanto Hariyanto; Febrina Gerhani
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kualitas produk media busy book pada materi pokok mengenal tanaman buah untuk anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian pengembangan ini meliputi; potensi masalah, pengumpulan data penelitian, desain media pembelajaran, validasi media pembelajaran, revisi media pembelajaran, uji coba media pembelajaran. Masalah diperoleh dari temuan oleh peneliti melalui wawancara kepada guru kelas TK Raudlotul Jannah. Masalah atau kendala yang terjadi di sekolah mengenai kurangnya fasilitas media pembelajaran, oleh sebab itu pendidik kesulitan untuk menjelaskan materi pembelajaran di kelas dan anak menyebabkan anak kurang tertarik dalam memahami materi pembelajaran di sekolah. Setelah melakukan pengumpulan data hasil analisis kebutuhan, selanjutnya mendesain produk yaitu media pembelajaran Busy Book, dan dilanjutkan dengan memvalidasi produk media pembelajaran. Validator produk media pembelajaran dilakukan oleh ahli media pembelajaran, kepala sekolah, dan guru. Hasil validasi keempat validator diperoleh skor nilai 4,755 yang dikategorikan “baik” serta layak digunakan. Setelah itu dilakukan uji coba pemakaian produk kepada anak usia 4-5 tahun di TK Raudlotul Jannah Jenggawah. Hasil dari uji coba pemakaian produk anak mempunyai ketertarikan pada media dan lebih mudah mengenal bentuk dan nama buah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media busy book ini, guru dan siswa terbantu dalam mengenal bentuk dan nama buah.
Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis Findi Dwi Wijayanti; Anik Lestariningrum; Ayu Titis Rukmana Sari
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.714

Abstract

Penelittian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan produk media edukatif “Explosion Box” guna meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Klampitan. Penelitian ini menggunaka metode reseach and development R&D. Kelayakan media pembelajaran didasari dengan validasi ahli media dan ahli materi yang telah dipilih oleh peneliti. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dengan kepala sekolah TK Dharma Wanita Klampitan. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan melalui serangkain uji coba validasi oleh ahli materi dan ahli media bahwa media Explosion Box dinyatakan layak digunakan dengan melalui revisi. Ahli media menyatakan bahwa hasil dari kelayakan memperoleh skor 93,3 sedangkan ahli materi memperoleh skor 88,63 yang artinya media Explosion Box dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun.
Permainan Tradisional Bathok Jangkungan dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Vira Desiana; Rosa Imani Khan; Anik Lestariningrum
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.715

Abstract

Anak usia dini merupakan suatu individu yang masih mengalami proses pertumbuan dan perkembangan secara pesat. Anak usia dini memiliki rentang usia yang sangat berharga dibanding dengan usia-usia remaja karena pada kecerdasannya berkembang cepat sangat. Usia dini merupakan tahap pertumbuhan yang unik, setiap individu bersifat unik, sehingga belum pernah ditemukan ada dua anak atau lebih, memiliki perilaku yang sama. Setiap anak terlahir dengan potensi yang berbeda-bedaJenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ialah peningkatan hasil belajar anak secara klasikal hingga mencapai standart ketuntasan yang sudah ditentukan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini setitiap indikator mendapatkan nilai rata-rata 75%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang meningkatkan kemampuan motorik kasar bagi anak usia dini melalui permainan tradisional. Selain itu juga dapat diguanakan sebagai refenesi bagi lainnya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini.Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa permaian bathok jangkungan dapt meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Hal ini terbukti banyak perubahan yang terjadi di saat pelaksaan pada siklus I 46% dan siklus II meningkat 61,5% kemampuan fisik motorik kasar anak meningkat dari belum berkembang sampai berkembang. Melalui permainan Bathok Jangkungan anak merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan didalam kelas maupun diluar kelas.
Pengembangan Media Ular Tangga Edukatif dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anak Usia 5-6 Tahun Diana Friwahyuni; Hisbiyatul Hasanah; Indah Kharismawati
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 6 No. 1 (2022): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v6i1.716

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan serta kualitas kelayakan media ular tangga edukatif dalam menanamkan nilai nasionalisme pada anak dengan rentang usia 5 hingga 6 tahun. Penelitian ini berjenis penelitian R and D (Research and Development) atau Penelitian dan Pengembangan dengan penggunaan data kualitatif serta kualitatif. Prosedur yang digunakan berupa tahapan penelitian dan pengembangan sebagaimana yang dijabarkan oleh Sugiyono dan disederhanakan menjadi enam tahapan berikut, yakni 1) Pengkajian Masalah dan Potensi, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) memvalidasi produk, 5) revisi produk dan 6) uji pemakaian produk. Masalah yang ditemukan melalui wawancara dengan guru kelas kelompok B (5-6 tahun) adalah kesulitan dalam menanamkan nilai nasionalisme. Langkah berikutnya peneliti mengoleksi data yang bersumber dari kegiatan wawancara agar dapat dilakukan analisis kebutuhan. Hasil analisis tersebut kemudian dipergunakan sebagai acuan dalam menentukan desain produk. Setelah produk selesai dibuat, setelah itu produk divalidasi oleh validator yang merupakan ahli media pembelajaran serta ahli materi guna mengukur kelayakan atau kualitasnya. Dari proses validasi tersebut diperolehlah skor rata-rata 4,916 dimana skor tersebut tervalidasi dengan penilaian “sangat baik” sehingga dapat dinyatakan dapat digunakan tanpa memerlukan revisi. Media ular tangga edukatif ditambahkan materi lagu daerah sesuai rekomendasi yang disampaikan oleh ahli media. Pasca penyempurnaan produk, tahapan selanjutnya yaitu mengujicobakan pemakaiannya. Tahap ujicoba produk difokuskan pada anak dengan rentang kelompok usia 5 hingga 6 tahun di TK Muslimat NU 53 Tanjungrejo. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa anak-anak tertarik pada media ular tangga edukatif ini serta materi nasionalisme yang ada di dalamnya. Anak-anak menjadi lebih mudah memahami materi nasionalisme. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ular tangga edukatif ini dapat memudahkan guru dalam menanamkan nilai nasionalisme pada anak usia 5-6 tahun.

Page 1 of 1 | Total Record : 8