cover
Contact Name
Mohammad Arridho Nur Amin
Contact Email
mohammad.arridho@gmail.com
Phone
+6285157785539
Journal Mail Official
mohammad.arridho@gmail.com
Editorial Address
Jl. Angsana Raya No.29 Mejasem Barat, Kramat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 30248361     DOI : doi.org/10.62421
Core Subject : Economy, Social,
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi is a peer-reviewed journal. JIBEMA invites academics and researchers who do original research in the fields of business, economics, management, accounting, taxes including but not limited to: Taxation Science Corporate Tax Individual Tax Accounting and Planning Taxes and Business Strategy Taxation Procedures for Estates, Trusts and Partnerships Financial Accounting Taxation Procedures for C Corps and S Corps Payroll and Business Tax Accounting Management Science Marketing Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship Monetary Economics, Finance, and Banking International Economics Public Economics Economic development Regional Economy Accounting Sciences Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2024): January" : 6 Documents clear
Stres Kerja Dalam Memediasi Faktor-Faktor Turnover Intention Muchtadin Muchtadin; Zelvy Emmelya Sundary
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2024): January
Publisher : CV. Muris Global Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62421/jibema.v1i3.16

Abstract

Niat berpindah kerja terkait dengan meningkatnya biaya seperti anggara rumah sakit dan berkurangnya kualitas dari perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh komitmen afektif, role conflict, dukungan rekan kerja terhadap turnover intention yang dimediasi oleh stres kerja. Responden merupakan 134 perawat di Pertamina Bina Medika. Sampel dipilih melalui convenience sampling. Metode analisis data yang dipakai berupa PLS SEM. Hasil penelitian menemukan bahwa stres kerja memediasi pengaruh komitmen afektif, role conflict, dan dukungan rekan kerja terhadap turnover intention. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan mediasi work-family conflict dan job embeddedness. Penelitian ini berkontribusi bagi praktik keperawatan dalam mengurangi tingkat turnover intention perawat.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Mekanisme Bonus dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer Pricing Fany Dewi Irma Purba; Dirvi Surya Abbas; Imam Hidayat
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2024): January
Publisher : CV. Muris Global Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62421/jibema.v1i3.17

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, mekanisme bonus, dan kepemilikan asing terhadap Transfer Pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 6 tahun yaitu periode 2015-2020. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 20 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme bonus berpengaruh negatif signifikan terhadap Transfer Pricing, ukuran perusahaan dan kepemilikan asing tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing, dan ukuran perusahaan, mekanisme bonus, dan kepemilikan asing secara bersama-sama berpengaruh terhadap Transfer Pricing.
Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Siti Nurhalizah; Nurvi Oktiani
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2024): January
Publisher : CV. Muris Global Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62421/jibema.v1i3.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT Samugara Artajaya, Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi, Disiplin kerja, dan Kinerja Karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan data primer, wawancara dan kuisioner, menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan perhitungan rumus slovin dan diperoleh sebanyak 30 responden. Software yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SPPS versi 26. Analisis data ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, asumsi klasikm analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t, uji f, uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis penelitian menunjukkan hasil yang positif dan signifikan antara variabel motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Samugara Artajaya, hasil yang didapat yaitu motivasi berpengaruh secara positif terhadap kinerja, dan untuk disiplin kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja, dan hasil Uji F terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Motivasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan Dadang Masuku; Nurzalinar Joesah; Alan Budi Kusuma
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2024): January
Publisher : CV. Muris Global Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62421/jibema.v1i3.19

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak kualitas pelayanan dan ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan di PT. Ponti Jaya Ekpress. Metode kuantitatif digunakan dengan sampel 100 konsumen dipilih secara acak menggunakan rumus lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesioner google form. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Ketepatan waktu pengiriman juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukkan kualitas pelayanan dan ketepatan waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan 84% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan (X1) dan ketepatan waktu (X2). Sisanya, 16%, dipengaruhi faktor-faktor lain.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Layanan Naziatul Khasanah; Nurvi Oktiani
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2024): January
Publisher : CV. Muris Global Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62421/jibema.v1i3.20

Abstract

Kepuasan layanan merupakan salah satu hal utama yang perlu diwujudkan oleh perusahaan atau instansi. Kepuasan layanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan nilai konsumen. Puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan perlu mencapai kepuasan layanan untuk bisa menarik masyarakat agar bersedia menggunakan jasa pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan secara simutan dan parsial anatara Kualitas Pelayanan dan Nilai Konsumen terhadap Kepuasan Layanan puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum yang menggunakan jasa puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan. Penentuan sampel menggunakan metode random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 260 responden. Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai konsumen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan layanan. Pada uji koefisien determinasi dihasilkan nilai R square sebesar 0,760 yang artinya pengaruh variabel kualitas layanan dan nilai konsumen terhadap kepuasan layanan adalah sebesar 76% sedangkan sisanya yaitu 34% dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Kepada Orang Tua Asuh Terhadap Keputusan Ber-Zis Muthmainnah; Reksa Jayengsari; Yasmi Aprilia Nitami
JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2024): January
Publisher : CV. Muris Global Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62421/jibema.v1i3.36

Abstract

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) jumlah penduduk miskin tahun 2022 di Indonesia mencapai angka 26.36 juta jiwa (semester 2). Dengan adanya kemiskinan perlu adanya dana kebajikan dimana dalam Islam dana tersebut bersumber dari zakat, infaq, sedekah dan dana kebajikan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat, pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat,pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini 1.676 orang tua asuh atau donator Infaq Center Al-Bahjah Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel 94 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, berdasarkan hasil uji t (parsial) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan ber- zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat. Selain itu dapat dilihat dari uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa besarnya promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan ber-zis adalah 82,1% sedangkan sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6