cover
Contact Name
Wiwik Fitri Ningsih
Contact Email
lppm@itsm.ac.id
Phone
+6282330448178
Journal Mail Official
wiwik@itsm.ac.id
Editorial Address
Sumatera 118-120
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 2775197X     EISSN : 27767752     DOI : https://doi.org/10.31967/jpm.v4i1
Jurnal Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu jurnal yang bertujuan untuk menjadi wadah penyebarluasan ilmu pengetahuan bidang teknologi dan ekonomi bisnis. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat mempublikasikan naskah asli terkait: 1. Pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pendidikan 2. Pengembangan pelatihan/bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas masyarakat 3. Pengembangan model pembelajaran, pelatihan dan media pendukung yang berguna bagi pengembangan kualitas hidup masyarakat.
Articles 32 Documents
PENYULUHAN TIPS DAN TRIK PENGGUNAAN E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN UMKM MASYARAKAT DESA SIDOMULYO KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER DI ERA PANDEMI COVID-19 Ahmad Sauqi
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i1.426

Abstract

This service seeks to solve the problems of MSMEs in Sidomulyo village by providing counseling on the theme of tips and tricks for using e-commerce for community development in Sidomulyo Village, Semboro District, Jember Regency in the era of the Covid-19 pandemic. The results of this trial included the MSME community in the village of Sidomulyo Semboro Jember stated that their products were selling well compared to before the existence of E-Commerce counseling, MSME players in Sidomulyo Village stated that they had started a lot of these things they felt by ordering them. more and more every week. MSME players in Sidomulyo Village stated that marketing products through E-Commerce is easy if you learn to just post in the Facebook buying and selling group, put it on the Facebook market place or sell it through shopee or tokopedia. Keywoard: Tips; Tricks; E-Commerce; UMKM; Sidomulyo
PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BAGI UMKM DI WILAYAH KAMPUNG BARU JEMBER Nurshadrina Kartika Sari
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i1.427

Abstract

UMKM merupakan sektor usaha yang dapat bergerak disegala macam bidang usaha, termasuk UMKM yang berada di wilayah Kampung Baru Jember. Mayoritas usaha yang dimiliki UMKM tersebut merupakan bisnis yang bergerak dibidang kuliner, diantaranya bisnis seafood, makanan rumahan dan minuman siap saji yang berbahan kopi dan cokelat. Sebelum terjadi pandemi COVID-19 bisnis yang dijalankan masih dikelola dengan model pemasaran sederhana dengan pencatatan keuangan tradisional. Selama pandemi COVID-19 jumlah penjualan harian UMKM menurun akibat dampak kekhawatiran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan di luar rumah, sekalipun pemerintah telah menerapkan New Normal belum bisa mengembalikan jumlah penjualan UMKM. Tujuan khusus kegiatan PKM ini adalah: (1) UMKM di Wilayah Kampung Baru dapat mengimplementasikan Digital Marketing dan Sistem Informasi Akuntansi dan (2) Mampu mengimplementasikan Sistem Informasi Akuntansi untuk mempermudah proses pencatatan keuangan harian. Metode yang digunakan adalah penyuluhan kepada UMKM terkait Digital Marketing dan Sistem Informasi Akuntansi, pelatihan dan pendampingan dilakukan untuk mendorong dan memperkuat kemampuan UMKM. Pada program ini berhasil dibangun sistem penjualan dengan e-commerce dengan pemanfaatan Digital Marketing dan sistem informasi akuntansi untuk pencatatan keuangan. Keywords : UMKM, Digital Marketing, Sistem Informasi Akuntansi
PELATIHAN AKUNTANSI EMKM MELALUI APLIKASI SI APIK PADA PEMUDA KARANG TARUNA TUNAS BANGSA DESA WONOASRI KEC. TEMPUREJO KAB. JEMBER Wiwik Fitria Ningsih; Yuniorita Indah Handayani; Diana Dwi Astuti
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i1.428

Abstract

Sebagian besar pengusaha umkm tidak mengetahui laba yang didapatkan, mereka menjawab bukan dengan nominal angka rupiah melainkan dengan benda-benda berwujud seperti motor, rumah, atau mobil. Jawaban tersebut tidak menggambarkan laba yang sebenarnya didapatkan oleh perusahaan karena itu merupakan salah satu penggunaan dana yang mungkin didanai dari laba atau justru dari utang ataupun pengambilan modal pemilik. Karena hal itulah maka kegiatan pelatihan akuntansi melalui aplikasi si Apik ini disambut hangat oleh para pemuda karang taruna untuk meningkatkan literasi tentang akuntansi dan mengukur laba secara baik dan benar. Kegiatan ini diadakan dengan metode ceramah dan learning by doing. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi pemua karang taruna. Materi yang diberikan dapat menambah pemahaman mereka dibidang akuntansi. Keywords : Akuntansi, UMKM, Aplikasi
MOTIVASI BELAJAR DI SAAT PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH ALMISRI, DI DESA CURAHMALANG, KECAMATAN RAMBIPUJI- JEMBER Nely Supeni
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i1.429

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Almisri Desa Curahmalang, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1) Untuk memotivasi para siswa kelas 12 MA Almisri agar tetap menyelesaikan pendidikan hingga lulus walaupun di tengah pandemi covid-19 dan 2) Untuk memotivasi para siswa kelas 12 MA Almisri agar setelah lulus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu melanjutkan studi ke bangku kuliah. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan melakukan kunjungan ke MA Almisri, bertatap muka dengan siswa kelas 12 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan yaitu para siswa semakin termotivasi untuk menyelesaikan sekolah hingga lulus dan tidak sedikit dari mereka yang antusias untuk melanjutkan studi lanjut ke bangku kuliah, hal ini dapat dilihat dari respon yang mereka berikan, dengan meminta contact person dan juga nomer telpon STIE Mandala. Kata Kunci: Pengabdian Kepada Masyarakat, Siswa, Motivasi
Pemanfaatan E-Commerce Untuk Pemasaran Kopi UD. Topeng Kona Coffee Roastery Bondowoso Dedy Wijaya Kusuma; Mustofa Mustofa; Helmi Agus Salim
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i1.430

Abstract

Perkembangan teknologi, komunikasi dan komputer mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat yang mengembangkan bisnis secara online. Perdagangan menggunakan media internet merupakan peluang usaha yang menjanjikanuntuk dikembangkan. Kemudahan proses transaksi dan dukungan teknologi membuat perdagangan menggunakan media internet (e-commerce) berkembang pesat. UD. Topeng Kona Coffee Roastery merupakan usaha kecil yang mengolah biji kopi untuk siap dikonsumsi. Namun pemasaran produk kopi dengan merek Topeng Kona ini masih dilakukan secara konvensional, sehingga produk kopi ini kurang dikenal oleh masyarakat luas karena kurangnya promosi. Karena kendala pemasaran dan promosi ini maka usaha kecil tersebut kurang berkembang. Melihat trend e-commerce yang banyak diminati oleh para pembeli ini, maka produk kopi Topeng Kona yang dihasilkan oleh UD. Topeng Kona Coffee Roastery ini dapat dipasarkan menggunakan e-commerce sehingga usaha kecil ini dapat berkembang. Keywords: pemasaran, e-commerce, perluasan pemasaran, promosi produk.
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DAN IMPLEMENTASI EXCELLENT SERVICE PADA KELOMPOK LASKAR SHOLAWAT KECAMATAN PATRANG JEMBER Ahmad Sauqi
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i2.496

Abstract

Community service with the theme of business development strategy and implementation of excellent service is carried out at the Laskar Sholawat Commissariat which is located at Jl. Watermelon II No. 2 Patrang District, Jember Regency. There are 16 participants in this entrepreneurship training. Most of the training participants are already entrepreneurs by running small businesses, including in the fields of electronic services, embroidery, cakes, handicrafts, snack traders, livestock, plantations and online shops. Referring to the partner's problems, the servant will provide training on strategies to create customer satisfaction with the concept of excellent service. building a business strategy from 4 basic management foundations, including financial management (don't mix business financial management and family financial management), operational management (how to build service quality or product quality), HR management (how to build a strong personality in entrepreneurship) and marketing management (how to respond to existing opportunities and always update with all market developments) and Marketing strategy training with marketing implementation through E-Commerce. Keywords: Strategy; Business; Implementation; Excellent; Services.
PENDAMPINGAN STRATEGI KUALITAS LAYANAN TAMBAHAN (AUGMENTED PRODUCT) PADA USAHA IILA SALON Tri Palupi Robustin
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i2.497

Abstract

The problem with this salon business is the lack of knowledge about optimal service strategies, especially to attract consumers to come back to the salon. Based on the background and problems, this community service activity aims to provide assistance to Iila Salon owners related to the quality of additional services (augmented products). Additional service quality strategy after sale in the form of giving away free hair cap (shampoo headgear) and providing free shampooing for customers who have come to the salon for treatments such as rebonding and smoothing. The strategy aims to make customers satisfied with the service and ultimately have an impact on loyalty. The results of the implementation of this community service activity are: (1) Survey of business locations so that information obtained Iila Salon place and approval of cooperation contracts with partners / owners of salons. (2) Interview with the owner of Iila Salon, information was obtained related to the history of the establishment of the business and the problems faced so that the community service team can provide solutions related to the problem. (3) Provide assistance in the form of rebonding drugs, hair stamps, shampoos and conditioners so that salon owners can later implement additional service quality strategies (augmented products) that have been taught by the community service team. Keywords : Iila Salon, Augmented Product, Service Quality
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM ERA NEW NORMAL DI DESA SRATEN KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL DAN BUDAYA Suwignyo Widagdo; Nengah Hariyani; Siti Fatimah; Devi Indah Permatasari; Ahmad Baidowi
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i2.498

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan program ini yaitu diharapkan, mahasiswa memperoleh pengalaman yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi masalah yang berada dilapangan. Adapun sasaran dari pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan yaitu masyarakat dan UKM. Tidak banyak program yang kami laksanakan di Dusun Sukodadi tersebut meliputi kegiatan kesehatan yaitu Program cuci tangan pada kegiatan Posyandu, pembagian dan pembuatan hand sanitizer. Selain kegiatan kesehatan kami juga mempunyai kediatan dalam bidang ekonomi yaitu pembuatan logo dan bener UKM, promosi produk UKM, pembuatan aplikasi pemasaran dan mengajari pemilik UKM agar bisa aktif di sosial media, membantu pembuatan pesanan standing flower dan vas sabut kelapa, penentuan harga produk UKM.
KUALITAS MANAJEMEN PADA SAAT PANDEMI COVID 19 DI DESA KEDUNGREJO, DUSUN SAMPANGAN KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI Wiwik Fitria Ningsih; Riza Andriyan Shidiq; Maria Stefania WaroBheri; Vivy Kurniawati Dewi; Siskasetya Wulandari; Reza Nurhalili; Putri Oktaviana
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i2.499

Abstract

Umkm petis sari ikan tuna ARBA merupakan salah satu Umkm yang berada di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Umkm ini bergerak di bidang sumber daya laut lebih tepatnya pemanfaatan Sari ikan tuna yang di produksi oleh pabrik sekitar. Petis sari ikan tuna berbahan baku air rebusan ikan tuna jadi yang di gunakan sebagai petis adalah air uap ikan bukan limbah atau minyak ikan. Banyak program yang bisa kami lakukan di UMKM tersebut sepertihalnya membantu produksi mulai awal hingga petis jadi, selain itu kami juga membantu pengemasan dan pelebelan. Pengemasan yang di gunakan di umkm tersebut ada yg di taruk plastic kecil, botol gelas dan ada juga yang di kemas di timba-timba besar, saat kita melihat logo dari umkm tersebut kurang menarik jadi kita mulai membuatkan logo agar terlihat lebih fresh dan elegan, kami pun membuatkan baner menggantikan baner yang sudah kusam dan rusak, maksud kami melakukan hal ini adalah agar pemasaran semakin meluas banyak yang tau akan umkm petis sari ikan tuna Arba ini melalui sosmed atau pun offline. Umkm tersebut memiliki karawan sebanyak 10 orang, dari 10 orang tersebut ada yang sebagai koki atau peracik, ada yang sebagi pengaduk dan bagian pembungkus bahan yang sudah jadi. Pelanggan dar iproduk petis sari ikan tuna Arba Ini sudah sampai situbondo dan bahkan pemesan banyak yang dari daerah jember. Kata Kunci: UMKM, Pengembangan, Pemasaran
MEMBANGUN JARINGAN USAHA BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH DI MASA PANDEMI Hamzah Fansuri Yusuf; Yani Dahliani; Wiwik Fitria Ningsih
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Institut Teknologi dan Sains Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31967/jpm.v1i2.500

Abstract

Pembangunan ekonomi yang bertumpu pada segelintir orang atau kelompok untuk mengejar pertumbuhan yangtinggi dengan harapan terjadinya penetesan ke bawah tidak pernah terwujudkan. Justru sebaliknya yang terjadi,kemiskinan dan tingkat pengangguran bertambah terus setiap tahun. Sektor usaha kecil dan menengah yang diakuidunia mampu menjadi penopang ekonomi nasional tidak terperhatikan selama ini dan semakin tersisih dalampersaingan. Pandemi yang menempa bangsa ini, membuat memberikan perhatian pada UMKM. Namun sudahkahkita betul-betul memberikan perhatian yang penuh pada UMKM. Inilah yang harus diwujudkan terlebih lagimenghadapi tantangan yang semakin berat ke depan dalam era globalisasi dan otonomi daerah. Usaha kecil danmenengah harus mampu bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya, baik di dalam dan luar negeri.Kata Kunci: UMKM, Pandemi, Jaringan

Page 1 of 4 | Total Record : 32