cover
Contact Name
Ali Sadikin
Contact Email
alisadikin@unja.ac.id
Phone
+6281274175959
Journal Mail Official
jurnal.jupema@unja.ac.id
Editorial Address
Kampus Pinang Masak Jl. Lintas Jambi-Ma.Bulian KM.15 Mendalo Indah-Jambi Indonesia
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JUPEMA
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 3031108X     DOI : 10.22437
Fokus dan scope meliputi kegiatan pengabdian masyarakat dengan multidisiplin ilmu yang melaksanakan pelatihan, pemberdayaan, pengembangan dan pelayanan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Penelitian Tindakan Kelas : Sebuah Kewajiban bagi Guru Jodion Siburian; Ali Sadikin; Afreni Hamidah
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagi guru menulis Penelitian Tindakan kelas (PTK) adalah kewajiban. Dengan PTK guru dapat meneliti dan mengembangkan pembelajaran yang berkualitass. Namun sayangnya, guru-guru di SMA N 11 Muaro Jambi masih memiliki kekurangan dalam menulis PTK. Berdasarkan observasi penyebabnya adalah waktu untuk menulis yang masih kurang, mereka sibuk mengajar, ada juga yang mengalami kendalam dalam Menyusun instrument pengambilan data. Maka dari itu tim PPM FKIP Universitasa Jambi akan mengadakan workshop penelitian Tindakan kelas Bagi guru-guru SMAN 11 Muarro Jambi. Metode pelakasanaan kegiatan meliputi pemaparan Langkah-langkah Menyusun PTK, Menyusun instrument dan praktik Menyusun PTK.  Kegiatan terakhir adalah evaluasi kegiatan dan apabila ada yang masih membutuhkan bimbingan maka akan dibimbing secara berkala.
Pemberdayaan Masyarakat melalui Bank Sampah mewujudkan Desa Mandiri, Bersih dan Sejahtera Jodion Siburian; Ali Sadikin; Pinta Murni
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan sampah terjadi di mana-mana, termasuk di Desa Mendalo Indah. Sampah ini kebanyakan dari sampah rumah tangga, dan kesadaran masyarakat masih kurang terhadap kebersihan, Kesehatan dan keindahan. Maka dari itu tim pengabdian Universitas Jambi mengadakan pemberdayaan masyarakat dengan penerapan bank sampah. Tahapan pengabdian meliputi : tahapan koordinasi ke perangkat desa dan tokoh masyarakat pembentukan pengurus bank sampah, kegiatan sosialisasi bank sampah, perekrutan nasabah bank sampah, penentuan secretariat bank sampah, dan operasionalisasi bank sampah. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon positif dari warga, hal ini dibuktikan dengan terbentuknya bank sampah dengan nama bank sampah “maju Bersama”. Kemudian terbentuknya kepengurusan bank sampah, masyarakat mendaftar sebagai nasabah bank sampah dan pengurus bank sampah aktif berpikir dan berdiskusi untuk memajukan bank sampah “Maju Bersama”.
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Ali Sadikin; Jodion Siburian
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menulis karya ilmiah atau artikel merupakan salah satu tuntutan guru SMA dalam rangka mengimplementasikan ilmunya. Kemampuan menulis artikel belum sepenuhnya dikuasai oleh guru-guru di SMA N 2 Muaro Jambi. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah bagi guru di SMA N 2 Muaro Jambi supaya menjadi guru profesional. Metode pelaksanaan kegiatan diawali dengan kegiatan diskusi tentang kendala dan ide dari guru-guru. Tahap kedua, kami dari tim akan mengadakan pemberian materi dalam Menyusun artikel ilmiah, komponen apa saja yang perlu di kuasai dan bagaimana mengimplementasikannya. Tahap ketiga, kegiatan praktek menulis artikel dan mendukung dengan referensi.
Workshop Mendeley Bagi Guru di SMA Negeri 2 Muaro Jambi Jodion Siburian; Ali Sadikin
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan dalam menggunakan aplikasi Mendeley perlu dikuasai oleh guru di SMA N 2 Kabupaten Muaro Jambi karena dalam rangka mendukung kualitas dan keprofesionalan guru dalam menulis karya ilmiah atau artikel. Dengan adanya kemampuan mengerjakan penulisan artikel dengan aplikasi Mendeley maka guru dapat menentukan buku, artikel maupun prosiding yang dikutip. Metode pelaksanaan workshop Mendeley ini diawali dengan kegiatan pengarahan oleh kepala sekolah, ketua pengabdian dari Universitas Jambi dan penyampaian informasi tentang materi Mendeley. Kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung menggunakan Mendeley. Diawali dengan mendowload aplikasi Mendeley lalu aktivasi dan menggunakan sinkronisasi ke word. Setelah itu guru dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengutip artikel dari google scholar, scopus, dan buku. Dengan adanya aplikasi ini guru mendapatkan keterampilan dalam mensitasi yang baik, benar dan mudah.
Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Pembelajaran Fitri Jasmin; Muhammad Yusuf
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk penyediaan informasi yang mudah di akses oleh semua lapisan masyarakat. Penyediaan dan penyebarluasan informasi tersebut dapat dilakukan di berbagai media sosial. Media sosial adalah platform media yang memusatkan perhatian pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktifitas maupun berkolaborasi. Perkembangan publikasi media sosial ini dimanfaatkan oleh berbagai lembaga, termasuk juga lembaga pendidikan. Publikasi media sosial berperan penting dalam penyebaran informasi tentang pembelajaran bagi siswa. Metode pengabdian masyarakat dilaksanakan berdasarkan observasi penggunaan media social bagi pembelajaran. Hasi pengabdian media social berperan penting dalam penyebaran informasi yang menarik bagi siswa.
Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Ferdiaz Saudagar; Patria Akbar
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggara pendidikan dalam hal ini adalah guru harus memiliki prestasi kerja sesuai dengan tupoksinya, yaitu dalam bidang kegiatan: (1) pendidikan, (2) proses pembelajaran, (3) pengembangan profesi dan (4) penunjang proses pembelajaran. Tujuan kegiatan ini melakukan kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan model direct instruction. Peningkatan keterampilan guru ini dengan capaian indikator sebagai berikut. 1) Guru mampu menemukan ide penyusunan penelitian tindakan kelas. 2) Guru mampu merancang pelaksanaan penelitian tindakan kelas. 3) Menerapkan sistematika penulisan proposal yang sesuai dengan kaidah. 4) Menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Keempat indikator tersebut terlihat dengan adanya proposal yang dibuat oleh guru. Motivasi guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK) meningkat karena fokus hasil pelatihan adalah bentuk jadi proposal penelitian tindakan kelas. 75% guru memiliki keinginan untuk menulis proposal PTK setelah kegiatan pelatihan PTK. Hal ini karena guru masih membutuhkan pendampingan penulisan proposal PTK secara intensif.
Upaya Melatih Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat Pinta Murni; Jodion Siburian; Ali Sadikin
Jurnal JUPEMA Vol. 1 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu Permasalahan di Desa Mendalo Indah adalah sampah. Hal ini disebabkan desa mendalo indah dekat dengan Kampus Universitas Jambi dan banyak perumahan dimana-mana. Hal ini mengakibatkan sampah dimana-mana karena kurang kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain kurang kesadaran memang tempat membuang sampah yang tidak ada. Maka dari itu tim PPM Universitas Jambi sebagai bentuk tri darma perguruan tinggi terutama pada daerah sekitar Kampus akan mengadakan pengabdian dengan tema pemberdayaan masyarakat desa mendalo indah melalui bank sampah untuk menjadi desa mandiri dan bersih berbasis entrepreneur. Metode pelaksanaan PPM meliputi : (1) workshop tentang bank sampah, (2) pembentukan pengurus bank sampah, (3) pembuatan secretariat bank sampah, (4) perekrutan nasabah, (5) menerima sampah plastic, (6) menjual sampah plastic, kertas dan besi, (7) membayarkan listrik dan air nasabah bank sampah. Dengan bank sampah ini diharapkan Desa Mendalo Indah menjadi bersih, mandiri dan sejahtera.
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Mahasiswa Magang Kependidikan Program MBKM Ali Sadikin; Dian Arisandy Eka Putra Sembiring
Jurnal JUPEMA Vol. 2 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas penting bagi mahasiswa calon guru. Untuk itulah diadakan pelatihan PTK bagi mahasiswa yang akan mengikuti program MBKM berupa magang kependidikan. Metode pengabdian meliputi: perekrutan mahasiswa magang, proses seleksi, pelatihan PTK dan pelapasan mahasiswa magang ke sekolah. Hasilnya mahasiswa cukup antusias mengikuti pelatihan PTK, hal ini dibuktikan ada 366 mahasiswa yang mengikuti baik secara luring maupun daring. Kesimpulan: mahasiswa dapat mengikuti dan memahami PTK.
Pelatihan Pengembangan Modul dan Media Ajar Berbasis Interactive Untuk Tenaga Pengajar Di SMA N 11 Muaro Jambi Sofyan Sofyan; Ali Sadikin
Jurnal JUPEMA Vol. 2 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahan ajar atau sering disebut dengan bahan pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran, materi pelajaran merupakan inti dari kegiatan pembelajaran. Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran diperlukan suatu bahan ajar karena digunakan untuk membantu guru dalam mengajar dan kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu permasalahan penting yang dihadapi dosen dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan bahan ajar atau bahan pembelajaran yang tepat guna membantu mahasiswa mencapai kompetensi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA N 11 Muaro Jambi. Dengan melakukan pelatihan pengembangan bahan ajar dan media ajar berbasis media interaktif kepada para guru di SMA N 11 Muaro Jambi diharapkan para guru tersebut dapat menjadi a) guru yang berkompeten sesuai bidang ilmunya, b) guru diharapkan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan bahan ajar dan media pengajaran secara tepat sesuai dengan kebutuhan siswa. Beberapa pertemuan diadakan untuk menyajikan materi yang lebih tepat kepada guru. Sehingga para guru akan mempunyai kemampuan untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh siswanya terutama setelah mereka lulus dari SMA N 11 Muaro Jambi.
Pemberdayaan Tenaga Pendidik: Upaya Implementasi Pembelajaran Abad 21 di SMP Adhyaksa 1 Jambi Imelda Aisya Syarif; Ika Kartika Sari
Jurnal JUPEMA Vol. 2 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Inisiatif pemberdayaan ini bertujuan untuk menawarkan panduan komprehensif tentang bagaimana merancang dan mengembangkan e-learning untuk pendidikan abad ke-21. Program ini dirancang untuk melatih dan mempersiapkan pendidik dalam metode pengajaran terbaru yang berfokus pada desain e-learning. Hal ini juga memberikan konsep-konsep penting dan wawasan ke dalam proses dan kompetensi penting untuk e-learning yang efektif. Di dunia sekarang ini, keterampilan merancang dan mengelola platform e-learning sangat diperlukan bagi para guru. Kegiatan yang terlibat dalam inisiatif ini meliputi pelatihan, pendampingan, implementasi, dan evaluasi. Pesertanya sebagian besar adalah guru IPA dari SMP Adhyaksa 1 Jambi. Data yang terdiri dari hasil observasi dan angket dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa guru telah berhasil memperoleh keterampilan menggunakan e-learning secara efektif. Mereka kini dapat menciptakan ruang e-learning yang berisi materi pendidikan untuk siswa. Namun, masih terdapat tantangan dalam penerapan e-learning di seluruh sekolah, terutama karena keterbatasan sumber daya dan infrastruktur. Meskipun terdapat hambatan-hambatan ini, masukan yang diterima melalui kuesioner sangat positif, sehingga mendukung nilai kegiatan pelatihan dan pemberdayaan dalam pendidikan abad ke-21.

Page 1 of 2 | Total Record : 17