cover
Contact Name
Marhamah
Contact Email
cocosbio2016@gmail.com
Phone
+6281330743672
Journal Mail Official
cocosbio@e-journal.hamzanwadi.ac.id
Editorial Address
Jl. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madijd 132, Kelurahan Pancor, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Cocos Bio
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : -     EISSN : 25274775     DOI : https://doi.org/10.29408/cob
Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil kajian Lesson Study bidang biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Isu tentang program profesi guru dan implementasi kurikulum merdeka dalam bidang pendidikan biologi; Pendidikan lingkungan hidup
Articles 78 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DISERTAI MIND MAP PADA MATERI JAMUR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X Tutik Fitri Wijayanti; Sukron Sukron; Suyud Abadi
Cocos Bio Vol 7, No 1 (2022): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik disertai mind map pada materi  jamur terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pemulutan Selatan. Metode  yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalent control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh dari perhitungan uji t berpasangan (Paired Sample t-Test) pada kelas eksperimen dengan (α = 0,05) didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 0,05. Nilai korelasi pada tabel Paired Sample Correlations yang diperoleh dari nilai pretes dan postes peserta didik kelas eksperimen adalah 0,2592= 0,05 (5%), sehingga 5% model pembelajaran problem solving berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik disertai mind map berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pemulutan Selatan.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ratna Ratna
Cocos Bio Vol 4, No 1 (2019): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk eksperimen dengan quasi eksperimen design tipe post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang siswa, dan kelas XB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda, dan tekhnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji-t. Nilai rata-rata dari hasil tes belajar kognitif yang diperoleh dari kelas eksperimen (𝑥 = 79) dan kelas kontrol (𝑥 = 67,3). Hasil uji normalitas data kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal, untuk kelas eksperimen nilai X2hitung (1,981) X2tabel (11,070), dan pada kelas kontrol nilai X2hitung (1,791) X2tabel (11,070). Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,35) Ftabel (1,95). Untuk uji hipotesis diperoleh thitung (3,13) ttabel (2,01). Dengan demikian ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh Tahun Pelajaran 2018/2019. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN POLA LESSON STUDY Nuraini Nuraini; Wawan Muliawan; Darwilin Darwilin
Cocos Bio Vol 5, No 2 (2020): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to know the Influence The Effect of Cooperative Learning Model Investigation Group (IG) Toward Critical Thinking Ability With Lesson Study Pattern on Biology Subject Class X MAN Selong . The type of this research is experimental research using Quasy Experimental Design. The population in this study are students of class X IPA Semester II consisting of  3 classes with a total of  91 students. The sample in this research is IPA 1 class as experimental class and IPA 2 class as control class using simple random sampling technique. The instrument in this research is the critical thinking skill test in the form of essay test which amounts to 7 items. Based on the data analysis, the average value of post-test experimental class is 83.00 and control class is 67.70. Meanwhile, hypothesis test using statistical analysis with the t-test formula at the level of 5% confidence is obtained tcount of 14.97. After comparison with ttable 2.056, tcount 14.97 ttable 2.056, so the conclusion in this research is The Effect Cooperative Learning Model Type Investigation Group (IG) Influential on Critical Thingking Ability With Lesson Study Pattern on Biology Subject Class X MAN Selong. Keywords: Investigation Group, Critical Thinking Skill, Lesson Study 
PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK SABUT KELAPA (COCOPEAT) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN TOMAT DI DESA KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR NIHLAH NIHLAH
Cocos Bio Vol 3, No 1 (2018): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cocopeat diperkirakan akan menjadi alternatif dunia bagi peningkatan kesuburan tanah, sebab bila dicampurkan dengan tanah berpasir hasil tanam pun menakjubkan. Cocok untuk pembibitan, perkebunan, pertanian. Cocopeat dapat menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk serta dapat menetralkan keasaman tanah. Karena sifat tersebut, sehingga cocopeat dapat digunakan sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman khusus nya pertumbuhan bibit tanaman tomat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Serbuk Sabut Kelapa Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Tomat. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen. Teknik yang digunakan adalah teknik Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sebanyak 4 sampel dengan 3 kali pengulangan dan perlakuan pada penelitian ini sebanyak 5 kali perlakuan sehingga total sampling sebanyak 60 tanaman. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic Analysa of Varians (ANAVA) diperoleh hasil yang signifikan pada setiap perlakuan. Dimana hasil parameter penelitian pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun dan lebar daun pada umur 7 HSS, 14 HSS dan 21 HSS berturut- turut (6,377),( 159,87),( 54,13) ,menunjukan nilai F-hitung F- tabel dengan taraf kepercayaan 1% (5,99) dan 5% (3,48), ini berarti bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan serbuk sabut kelapa terhadap pertumbuhan bibit tanaman tomat.
Identifiksi Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Hortikultura Studi Kasus di Desa Sembalun Lawang Zamratul Zamratul; M Marzuki
Cocos Bio Vol 2, No 1 (2017): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanaman hortikultura merupakan jenis tanaman yang di nilai baik bagi para petani untuk di budidayakan. Selain karena sesuai dengan lahan pertanian dan menjadi komoditas yang nilai ekonominya cukup tinggi. Desa Sembalun Lawang merupakan desa yang banyak membudidayakan tanaman hortikultura diantaranya yaitu tanaman cabe, tomat dan kol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis penyakit pada tanaman hortikultura khususnya pada tanaman cabe,tomat dan kol di desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Populasinya adalah tanaman cabe, tomat dan kol, sedangkan sampel penelitiannya yaitu jenis-jenis penyakit pada setiap 50 are pada masing-masing tanaman cabe, tomat dan kol. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif dimana dalam penelitian ini berusaha mendeskrifsikan penomena atau peristiwa yang ada. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dimana di lakukan analisis data yang berhasil di peroleh dengan menghitung persentase tanaman sakit. Kesimpulan dari penelitian dengan melakukan perbandingan persentase tanaman sakit dari hasil persentase tertinggi sampai yang terendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pada tanaman hortikultura di desa Sembalun Lawang terdapat tiga belas jenis penyakit yaitu pada cabe terdapat penyakit (antraknosa, busuk daun, busuk buah, layu bakteri dan sentik), pada tomat (bercak kering, busuk daun, penyakit layu, penyakit kerdil dan busuk buah),dan pada kol (busuk basah, busuk hitam dan akar gada).
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI muhammad zadul muslim
Cocos Bio Vol 8, No 2 (2023): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatan hasil belajar kognitif peserta didik Kelas XI MIPA-6 SMA Negeri 1 Mataram. Subyek penelitian berjumlah 36 orang yang teridiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik 69% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 74. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik 89% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 85. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. 
KEANEKARAGAMAN MANGROVE DI DESA GEDANGAN, KECAMATAN PURWODADI, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH DIVERSITY OF MANGROVE IN GEDANGAN VILLAGE, PURWODADI SUBDISTRICT, PURWOREJO REGENCY, CENTRAL JAVA Slamet Mardiyanto Rahayu
Cocos Bio Vol 6, No 2 (2021): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to know diversity of mangrove in Gedangan Village, Purwodadi Subdistrict, Purworejo Regency, Central Java. This research conducted on June-September 2016 with purposive sampling methods with three station. Based on the results of the research are nine mangrove species found are: Rhizophora mucronata, Sonneratia alba, Nypa fruticans, Hibiscus tiliaceus, Ipomoea pescaprae, Acanthus ilicifolius, Gymnanthera paludosa, Wedelia biflora, and Scirpus sp. Diversity of tree mangrove are low (H’ station 2=0,95 and H’ station 3= 0,15). Diversity of sapling mangrove are low with H’ in station 1, 2, and 3 are 0,2; 0,68; dan 0,08. And diversity of mangrove seedling and lower plants are medium with H’ in station 1, 2, and 3 are 1,17; 1,56; and 1,48. Environment condition in all station is relatively good to support live of mangrove plant.That is temperature  28-30°C, pH 7-8, DO 4,0-6,5 mg/l, salinity 6-9 ppt, and sandy mud substrat.
PENGEMBANGAN ELEKTRONIL MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM REPRODUKSI miftahul Jannah; M Marzuki; Marhamah Marhamah; Zumiyati Zumiyati
Cocos Bio Vol 7, No 2 (2022): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik modul sebagai sumber belajar siswa menggunakan Flipbook maker pada materi sistem reproduksi di MA Muallimin NWDI Pancor. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, persiapan uji coba lapangan, revisi produk, uji coba, dan revisi produk. Adapun subjek dari  penelitian ini dalah siswa kelas XII, guru mata pelajaran dan beberapa ahli yang menjadi  validator baik dari segi materi dan media. Untuk pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket respon kepada siswa dan guru serta memberikan angket penilaian kepada validator. Data yang diperoleh dari subjek penelitian ini kemudian dianalisis untuk menguji kelayakan terhadap e-modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai 3,4 dari ahlimateri dengan kriteria Layak dan tidak revisi, dari ahli media diperoleh 3,66 dengan kriteria Layak dan tidak revisi, hasil respon guru 3,1 dengan kriteria Layak dan revisi sebagian serta hasil dari respon siswa 3,27 dengan kriteria layak dan tidak revisi. Selain itujuga dilakukan uji N-Gain untuk menguji kelayakan e-modul oleh siswa dengan perolehan nilai N-Gain 35 dengan kriteria sedang sehingga e-modul yang dikembangkan layak untuk dijadikan sumber belajar siswa.  Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak menjadi sumber belajar siswa.
KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU SASAK LOMBOK DALAM MEMANFAATKAN TUMBUHAN BERPOTENSI OBAT DI WILAYAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ETNOBOTANI Nurul Fajri
Cocos Bio Vol 5, No 1 (2020): Cocos Bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nowadays people are increasingly aware of the importance of returning to nature to cure various diseases. Increased awareness. so scientific research is increasingly directed at natural ingredients. Herbal medicines that are processed in a modern way and are supported by research results are increasingly available. The use of traditional medicine has long been practiced in developing countries and developed countries. The use of various types of plants is influenced by ethnic groups or ethnic level culture. Exploring the perceptions and conceptions of traditional community knowledge about the plants around them is an activity of gathering local wisdom with the local community. Interactions between humans and plants are studied through ethnobotany studies. The purpose of this study was to determine the potential use of medicinal plants by the East Lombok Sasak etnic and the use of research results as a source of ethnobotany learning. The method used is ethnometodology.  The results of the research have been obtained 32 types of potentially medicinal plants that are often used by the Sasak people of East Lombok Regency to treat various diseases. Utilization by processing the parts of plants, namely leaves, fruit, seeds, stems and roots. The results of this study will continue to be used as a source of ethnobotany learning
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Nunung Ariandani
Cocos Bio Vol 1, No 1 (2016): Cocos bio
Publisher : UNIVERSITAS HAMZANWADI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar biologi dengan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan karena cara penyampaian guru yang kurang variatif selalu menjadi permasalahan utama dalam proses pembelajaran, guru juga cenderung menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan latihan soal-soal sehingga pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen karena sengaja menimbulkan variabel dan selanjutnya dikontrol untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar dan selanjutnya dianalisis menggunakan angka-angka sebagai hasil akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs NW Kelayu Tahun Pelajaran 2013/2014, subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 52 siswa, yaitu untuk kelas VIIA dengan jumlah 26 siswa menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 26 siswa menjadi kelompok kontrolnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai untuk masing-masing kelompok yaitu kelompok eksperimen 1947 dengan nilai rata-rata 76,42. Sementara kelompok kontrol 1744 dengan rata-rata nilai 67,07. Kemudian dari hasil uji-t pada kemampuan kognitif siswa dengan perhitungan statistik di peroleh t-hitung sebesar 2,983. Selanjutnya harga t-hitung tersebut dibandingkan dengan harga t-tabel dengan taraf kepercayaan 5% dengan db=50 adalah 2.66. Maka t-hitung t-tabel yaitu 2,983 2,66. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA.