cover
Contact Name
Dadang Juandi
Contact Email
dadang.juandi@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
sigmadidaktika@upi.edu
Editorial Address
Ruang Publikasi, Lantai 3, Gedung FPMIPA A (JICA), Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 22527435     EISSN : 29873894     DOI : -
Core Subject : Education,
Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. Dalam satu volume terdapat dua nomor berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan atau pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022)" : 4 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI SISWA SMA MELAUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING (CORE) Firliani - Firliani; Iik - Nurhikmayati; Nia - Kania
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v10i2.51448

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang menunnjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan kemandirian belajar siswa yaitu menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi dan kemandirian belajar menggunakan model pembelajaran CORE. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 leuwimunding, sampel dipilih secara acak kelas, yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan non tes. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experimental) dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Pretest-posttest Control Group Design. Analisis pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistic inferensial menggunakan Uji-T (Independent sample T-Test Duaa rah). Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: (1) Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran CORE sebagian besar merespon baik. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan koneksi dan kemandirian belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE). 
Menilai Numerasi Calon Peserta Didik Madrasah Aliyah menggunakan Pemodelan Rasch Baiq Siti Aminuriana; Shahibul Ahyan
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v10i2.51752

Abstract

Pemerintah sudah melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di tingkat sekolah sejak tahun 2021. Tujuan dilakukan AKM adalah untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan dari input, proses, dan output. Salah satu kemampuan yang dinilai pada AKM adalah mengenai numerasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menilai numerasi 592 calon peserta didik (laki-laki = 230, perempuan = 362) salah satu Madrasah Aliyah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Data diperoleh dari skor jawaban mereka yang mengikuti seleksi ujian masuk madrasah dan dianalisis menggunakan pemodelan Rasch. Mereka menjawab lima soal numerasi yang dikerjakan dalam waktu 20 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 25,34% calon peserta didik memiliki numerasi sangat tingi, 22,13% kategori tinggi, 29,05% kategori rendah, dan 23,48% kategori sangat rendah. Disamping itu, 66,34% jalur prestasi dan 43,44% jalur regular berada pada tingkat numerasi tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa numerasi calon peserta didik perempuan lebih baik dibandingkan dengan laki-laki.
MENGENAL PERAN HURUF-HURUF ALJABAR DARI INTERPRETASI SISWA SMP Reni Wahyuni; Tatang Herman; Siti Fatimah; Muntazhimah Muntazhimah; Anwar Anwar
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v10i2.53065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang interpretasi siswa pada huruf-huruf aljabar dengan diberikannya suatu masalah kontekstual. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa adanya peran huruf-huruf aljabar yang berbeda-beda pada pembelajaran aljabar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang memiliki partisipan penelitian sebanyak 6 siswa dan partisipan tersebut merupakan siswa kelas VII SMP Negeri di daerah Pekanbaru, Riau. Teknik pengumpulan data berupa dokumen hasil tes siswa dan rekaman berupa audio dan video pada saat siswa dilakukan wawancara. Teknik analisis data berupa reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interpretasi siswa cenderung memberikan cara berpikir bahwa peran huruf-huruf aljabar adalah pengganti dari suatu bilangan tertentu sehingga dengan cara berpikir tersebut siswa belum bisa melangkah ke cara berpikir bahwa huruf-huruf aljabar merupakan generalized numbers. Dengan cara berpikir tersebut juga menyebabkan siswa belum mampu membentuk ekspresi aljabar pada permasalahan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian ragam masalah kepada siswa yang mengarahkan pada peran huruf-huruf aljabar yang beragam.
ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN R&D MODEL ADDIE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VOSVIEWER TAHUN 2017-2022 Sulistiawati -; Eliva Sukma Cipta; Effie Efrida Muchlis
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2022)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v10i2.52509

Abstract

Dewasa ini penggunaan metode RD model ADDIE dalam penelitian pendidikan, khususnya pembelajaran matematika telah berkembang pesat. Disisi lain, penggunaan metode penelitian dengan pendekatan bibliometrik juga semakin populer. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki: 1) bagaimana analisis kinerja (performance analysis) dari metrik terkait publikasi dan kutipan beserta trennya  dari studi “research and development model ADDIE in mathematics learning”, dan 2) bagaimana pemetaan ilmu pengetahuan dan analisis jaringan (science mapping and network analysis) terkait analisis kutipan, analisis mitra kepenulisan dan analisis mitra kata dari studi “research and development model ADDIE in mathematics learning”. Metode penelitian adalah  pendekatan bibliometrik menggunakan basis data Scopus dengan dua kata kunci pencarian yaitu “research AND development AND addie” dan “mathematics learning” “. Sebanyak 135 dokumen terkait dengan kedua kata kunci tersebut yang tersebar pada rentang tahun 2012-2022. Analisis data dilakukan secara analisis kinerja, pemetaan ilmu pengetahuan dan analisis jaringan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish dan VOSviewer. Hasilnya diperoleh bahwa terdapat 118 publikasi terkait studi “research and development model ADDIE in mathematics learning” pada rentang tahun 2017-2022 dengan 290 kutipan (sitasi) yang fluktuatif. Terdapat kolaborasi internasional kepenulisan juga negara, seperti Indonesia, Malaysia, China, dan Nigeria dengan Indonesia sebagai negara yang paling berpengaruh. Bahasa yang digunakan pada penelitian seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris dengan mayoritas publikasi pada tahun 2019 hingga 2021. Penelitian tentang “research and development model ADDIE in mathematics learning” telah berkembang pesat di lima tahun terakhir, namun masih terdapat celah bagi kita untuk membuat penelitian baru sebagai pengembangan dari penelitian-penelitian sebelumnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 4