cover
Contact Name
Endah Retnowati
Contact Email
jurnal_pmat@uny.ac.id
Phone
+6288238794975
Journal Mail Official
jurnal_pmat@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pedagogi Matematika
ISSN : -     EISSN : 29874386     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, teknologi, siswa, guru dan tenaga kependidikan, evaluasi, penilaian, pengembangan, dan kebijakan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MANISRENGGO Nauqi Aprilia Putri; Wahyu Setyaningrum
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7889

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematikamenggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau dari kemandirianbelajar siswa dan (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika menggunakanpendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan metode pretest-posttest control groupdesign. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensionalefektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa, namun pembelajaran matematika menggunakanpendekatan konstruktivisme lebih efektif daripada pembelajaran matematika menggunakanpendekatan konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa dan (2) pembelajaran matematikamenggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari prestasibelajar siswa, namun pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme lebihefektif daripada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dariprestasi belajar siswa.Kata Kunci: pendekatan konstruktivisme, pendekatan konvensional, kemandirian belajar, prestasibelajar
THE EFFECTIVENESS COMPARISAN OF SCIENTIFIC LEARNING WITH COOPERATIVE LEARNING STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) AND JIGSAW IN TERMS OF STUDENTS’ MATHEMATCS LEARNING ACHIEVEMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL GRADE VII Dewi Saputri; Heri Retnawati
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7870

Abstract

This study aimed to: (1) find out the effectiveness of scientific learning with cooperative learning STAD in terms of students’ mathematics learning achievement, (2) find out the effectiveness of scientific learning with cooperative learning Jigsaw in terms of students’ mathematics learning achievement, and (3) find out which one is more effective between scientific learning with cooperative learning STAD and scientific learning with cooperative learning Jigsaw in terms of students’ mathematics learning achievement. This study was a quasi-experimental research with the nonequivalent pretest-posttest group design. The study population included all students of grade VII in SMP Negeri 3 Mlati and the sample was class VII A and class VII B which were randomly selected. Data were analyzed by one sample t-test and independent sample t-test with significance value of 5%. The results of this study showed that: (1) scientific learning with cooperative learning STAD is effective in terms of students’ mathematics learning achievement, (2) scientific learning with cooperative learning Jigsaw is effective in terms of students’ mathematics learning achievement, and (3) scientific learning with cooperative learning STAD is not more effective than scientific learning with cooperative learning Jigsaw in terms of students’ mathematics learning achievement.Keywords: scientific learning, cooperative learning, STAD, Jigsaw, learning achievement
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Soviyana Munawaroh Syidhi; Endang Listyani
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep serta membandingkan efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep dan model pembelajaran saintifik jika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan design Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Sewon dengan sample penelitian adalah kelas VII A dan kelas VII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII; (2) model pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (3) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, strategi peta konsep, kemampuan pemecahan masalah
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA Febri Harina Alwi; Jailani .
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan modelpembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray (TS-TS) ditinjau dari kemampuan komunikasimatematika dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimentdengan pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 61 siswa kelas X SMA N 11Yogyakarta yang terbagi menjadi 32 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol.Analisis data menggunakan,uji-t dan Hotteling’s Trace. Berdasarkan pengujian hipotesis,diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipeTS-TS dan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis danminat belajar siswa, pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TStidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuankomunikasi matematis dan minat belajar siswa.Kata kunci: komunikasi matematis, minat belajar, pendekatan saintifik, kooperatif tipe TS-TS
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP Luthfannisa Afif Nabila; Nila Mareta Murdiani
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7887

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kualitasperangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar KegiatanSiswa (LKS) pada materi bangun datar menggunakan pendekatan kontekstual yang berorientasi padapemahaman konsep siswa. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2)aspek kepraktisan, dan 3) aspek keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaranmengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, danEvaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Hasilpenelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan oleh skor ratarataRPP yaitu 4,26 dan skor rata-rata LKS yaitu 4,27. Perangkat pembelajaran praktis ditunjukkanoleh skor rata-rata respon siswa yaitu 3,51, skor rata-rata respon guru yaitu 3,78 dan persentase hasilobservasi pembelajaran yaitu 94,64. Perangkat pembelajaran efektif ditunjukkan oleh skor rata-ratapemahaman konsep yaitu 85,50 dan persentase ketuntasan siswa yaitu 78,125.Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep.
EFEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP Defy Kusumaningrum; Sahid .
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7863

Abstract

Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaranbangun ruang sisi datar dengan pendekatan guided discovery antara yang berbantuan GeoGebra danyang berbantuan alat peraga dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Muntilan tahun pelajaran 2016/2017, sedangkansampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIA dan VIIIC. Instrumen penelitian ini adalahinstrumen tes kemampuan pemecahan masalah, angket sikap terhadap matematika, dan lembarobservasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaranberbantuan GeoGebra efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan sikap terhadapmatematika, sedangkan pembelajaran berbantuan alat peraga tidak efektif ditinjau dari kemampuanpemecahan masalah tetapi efektif ditinjau dari sikap terhadap matematika.Kata kunci: GeoGebra, alat peraga, guided discovery
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE JOYFUL EFFECTIVE LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Indra Kusuma Wijayanti; Heri Retnawati
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi segiempat dan segitiga kelas VII berupa LKS yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran Active Joyful Effective Learning (AJEL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan valid ahli materi memberikan skor 4,2. LKS dinyatakan praktis karena guru memberikan skor rata-rata 3,5 dan siswa memberikan skor rata-rata 3,1 terhadap aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis, LKS dan RPP memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan kenaikan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen sebesar 47,2% lebih dari kenaikan hasil belajar pada kelas kontrol dan persentase siswa yang memenuhi KKM pada kelas kontrol sebesar 62,5% dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata Kunci : lembar kerja siswa, pendekatan kontekstual, AJEL, kemampuan komunikasi matematis
DEVELOPING MEDIA OF MATHEMATICS LEARNING BASED PROBLEM BASED LEARNING TO LEARN LINE AND ANGLE FOR 7TH JUNIOR HIGH SCHOOL Rofiah Yusuf; Murdanu .
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v6i7.7868

Abstract

This research was about development research that had purpose to make product and describethe quality of product that must fulfill aspect of validity, practicality, and effectiveness. The productconsisted of student worksheet and visual aid (frame of line and angel) based on Problem BasedLearning approach to learn mathematics material about line and angle especially in basic competence3.13 and 4.13 for 7th grade of junior high school.This development research used Plomp methods with 5 phases such as phase of preliminaryinvestigation, phase of design, phase of realization or construction, phase of test, evaluation, andrevision, and phase of implementation. Subject of this research was 32 students of 7th grade of juniorhigh school 1 Mlati with 90,62% of students passed school grade value, it meaned learning objectiveswere achieved.The result of this development research were: (1) product was valid to help students learnabout line and angle, basic competence 3.13 and 4.13; (2) product was practise to help teacher andstudents in learning process; (3) product was effective with achieved of learning objectives. Thisproduct was valid, practice, and effective so it could be implemented in learning process.Key words: line and angle, worksheet and visual aid (frame of line and angle), Problem BasedLearning, Plomp methods.

Page 1 of 1 | Total Record : 8