cover
Contact Name
Elida Elfi Barus
Contact Email
alistimrar@ishlahiyah.ac.id
Phone
+6285370722744
Journal Mail Official
jurnalelrayyan@ishlahiyah.ac.id
Editorial Address
LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai Jl. Ir. H. Juanda No. 5, LK. II, Kel. Timbang Langkat, Kec. Binjai Timur, Kota Binjai, Prov. Sumatera Utara, Kode Pos 20735
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah
ISSN : -     EISSN : 29854962     DOI : 10.59342/istimrar.
Core Subject : Economy, Art,
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah is a double blind peer-reviewed scientific journal published by the Institute for Research and Community Empowerment (IRCE) or LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh. H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah particularly focuses on: Islamic Economics Islamic Finance Islamic Macroeconomics and Microeconomics Islamic Social Finance Islamic Microfinance Islamic Economic Thoughts Islamic Political Economics Islamic Insurance Islamic Management and Ethics Islamic Financial Technology Other issues which are related to Islamic Economics
Articles 40 Documents
Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Prespektif Marketing Syariah HPAI (HNI ) Cabang Panglima Denai Zatihulwani
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.50

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kebijakan harga yang ditetapkan masih belum memuaskan para konsumen, dikarenakan masih terdapat harga yang dirasa kurang sesuai dari keguanaan produk. Kurang puasnya konsumen terhadap pelayanan yang diberikan pengemudipada stokis tersebut, dikarenakan karyawan kurang memberikan pemahaman tentang keguanaan produk-produk yang dijual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami paparan harga terhadap kepuasan konsumen HPAI cabang panglima denai dan untuk menganalisis paparan harga terhadap kepuasan konsumen HPAI cabang paglima denai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ditinjau dari prespekrif marketing syariah HPAI (HNI ) cabang panglima denai. Diperoleh nilai thitung sebesar 4,350 sementara ttabel1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.000 > 0.05 atau thitung 4,350 < ttabel1,984. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi ( R square) yang diperoleh sebesar 0,162, hasil ini memiliki arti bahwa 16,2% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel harga sedangkan sisanya sebesar 83,8% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Analisis Kelayakan Penyaluran Pembiayaan Murabahah pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat Nurul Aznin; Anjur Perkasa Alam
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.51

Abstract

Pembiayaan yang disalurkan menjadi sumber pendapatan utama sebuah Bank yang dihasilkan dari nisbah bagi hasil yang diperoleh. Pembiayaan yang paling sering dilakukan pada Bank Syariah yang ada di Indonesia adalah pembiayaan dengan akad murabahah. Umumnya pembiayaan murabahah dilakukan melalui angsuran yang dilakukan nasabah setiap periode sesuai dengan kesepakatan diawal akad. Dengan timbulnya masalah tersebut jelas pihak Bank harus mengambil sanksi tegas, namun selain memberikan sanksi tegas pihak Bank juga harus memberikan penjelasan sehingga masyarakat tidak berasumsi dengan sanksi yang telah Bank berikan. Namun tidak selamanya penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh Bank mendatangkan keuntungan dan berjalan dengan baik. Bisnis Perbankan merupakan bisnis yang penuh risiko, karena sebagian besar dananya mengandalkan dana titipan dari masyarakat baik dalam bentuk tabungan maupun deposito. Perbankan hendaknya mampu mengelola kegiatan usahanya berdasarkan prinsip kehati-hatian. Pelaksanaan prinsip kehati-hatian terutama dalam penyaluran pembiayaan merupakan hal penting yang bertujuan untuk mewujudkan sistem Perbankan yang sehat, professional dan bermaslahah bagi umat. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil Penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan penyimpulan hasil maka PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat melakukan prinsip kehati-hatian dalam setiap penyaluran pembiayaan yang kami lakukan. Kami menggunakan analisis 5C, 7P dan 1S. untuk lebih jelasnya mengenai penjelasan tersebut dapat dilihat di internet, karena pada dasarnya semua lembaga keuangan menggunakan analisis tersebut termasuk PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat. Seluruh prinsip tersebut kami analisa dan yang paling utama adalah prinsip Syariah yang merupakan cirri khas Bank Syariah. kami harus memastikan bahwa pembiayaan yang kami lakukan digunakan untuk hal yang sesuai dengan Islam
Pengaruh Kualitas Agunan terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Murabahah Di PT. Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Stabat Eli Syahfitri; Muhizar Muchtar; Muhammad Saleh
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.52

Abstract

Di Indonesia telah berkembang pesat salah satunya adalah pembiayaan murabahah dengan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi pengusaha kecil dan kecil dengan-antara lain yang mendorong kegiatan penunjang pembiayaan kegiatan ekonominya. Pembiayaan sangat bermanfaat bagi Bank Syariah, Nasabah maupun pemerintah karena memberikan hasil yang sangat besar dari penyalur dana lainnya. Penyaluran dana dalam bentuk yang didasarkan pada kepercayaan yang diberikan oleh pihak pemilik dana kepada pengguna dana. Pembiayaan yang diberikan oleh Bank Syariah berbeda dengan kredit yang diberikan oleh Bank Konvensional. Dalam Perbankan Syariah kembaliatas pembiayaan tidak berbentuk bunga, tetapi dalam bentuk bagi hasil ataupun akad-akad yang disediakan di Bank Syariah. Dalam praktik perbankan, ketika barang telah diserahkan kepada bank, maka bank akan menjualnya kepada rekan nasabah atau kepada nasabah itu sendiri secara tunai atau secara cicilan. Harga jual yang ditetapkan oleh bank adalah harga beli bank dari nasabah ditambah keuntungan. Keputusan Pembiayaan adalah proses pengambilan keputusan disetujui atau tidaknya pembiayaan yang diusulkan. utama yang digunakan dalam mengatur kewenangan dalam pengambilan keputusan pembiayaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan asosiatif atau hubungan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Kualitas Agunan terhadap Keputusan melakukan Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Stabat Langkat. Jika Kualitas Agunan meningkat maka Keputusan melakukan Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Stabat juga akan meningkat, begitupun sebaliknya
Pengetahuan Pemahaman tentang Bank Syariah terhadap Minat Menabung Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Stai Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Firmansyah Yudi; Diyan Yusri; Anjur Perkasa Alam
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.53

Abstract

Bank syariah adalah Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri dai Bank Umun Syariah, Unit Usaha Syariah. Setelah perbankan syariah diberikan jaminan hukum oleh pemerintah, maka bank syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sampai dengan juli 2010. perkembangan perbankan syariah yang pesat ini tidak semata-mata karena dukungan regulasi pemerintah saja akan tetapi didukung oleh kualitas serta pelayanan perbankan syariah yang semakin membaik. Pelayanann, kualitas variasi produk, minimalisasi resiko serta etika dan kerah tamahan karyawan yang memberikan keuntungan pada nasabah serta profesionalisme pengelola perbankan syariah yang semakin mengalami perbaikan kini membuat perbankan syariah perlahan bisa bersaing dengan perbankan konvensional secara profesional. Perbankan syariah terbukti lebih bisa memberikan keuntungan kepada nasabah karena dalam operasionalnya lebih hati-hati, tidak mengandalkan spesikulasi yang justru bisa mendatangkan resiko fatal bagi nasabah. Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura adalah sebagai salah satu komponen masyarakat pangsa pasar yang layak jadi pertimbangan bank untuk menanbah jumlah nasabah mereka. Hal ini memperlihatkan besarnya jumlah Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura sangat patut dijadikan pertimbangan oleh pihak perbakan sebagai salah satu segmen pasar yang potensial untuk penghimpunan data masyarakat. Oleh karena itu, bank perlu mengetahui secara umum faktor dominan yang sekaligus menjadi alasan Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura membuat keputusan menabung di Bank. Perbankan harus terlebih dahulu memahami karakter Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura dalam berprilaku membuat keputusan menabung sehingga segmen potensial ini bisa benar-benar dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura mengenai Bank Syariah. Terdapat hubungan yang positif atau sejalan antara pengetahuan tentang Bank Syariah dengan minat menabung mahasiswa Prodi Perbankan Syariah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Jika pengetahuan tentang Bank Syariah meningkat maka minat menabung mahasiswa Prodi Perbankan Syariah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura juga akan meningkat
PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BMT PRADESA STABAT Muhammad Irfan; Azhar; Diyan Yusri
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.54

Abstract

Pengaruh Jumlah Dana Pihak Ketiga terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) PT. Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Stabat Maulana Irvan Supranata; Yaumul Khair Afif
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.55

Abstract

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Fungsi utama Bank, Bank Syariah juga berfungsi sebagai lembaga intermediasi yang menerima dan menyalurkan dana dari masyarakat. Fungsi intermediasi Bank Syariah sendiri tercermin dalam rasio Financing to Deposit Ratio (FDR). Rasio tersebut akan menunjukan tingkat kemampuan Bank syraiah dalam menyalurkan dana yang dihimpun dari masyarakat. Rata-rata rasio Financing to Deposit Ratio (FDR) pada Bank Syariah melebihi 110%. Pada satu sisi hal ini menunjukkan bahwa fungsi intermediasi Bank Syariah berjalan dengan baik karena dengan rasio yang melebihi 100% ini berarti seluruh dana yang dihimpun oleh Bank. FDR atau Financing to Deposit Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur suatu jumlah pembiayaan yang diberikan dengan jumlah dana masyarakat dan modal sendiri yang digunakan. pengaruh yang signifikan antara jumlah dana pihak ketiga terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR), hal ini diperoleh dari uji hipotesisi yaitu uji t yang menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (4,827 > 2,01063) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hipotesis diterima yaitu Ha: Terdapat pengaruh yang signifikan antara jumlah dana pihak ketiga terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) di PT. Bank SUMUT Syariah Kantor Cabang Stabat periode tahun 2017-2021. Jumlah dana pihak ketiga mempengaruhi Financing to Deposit Ratio (FDR) di PT. Bank SUMUT Syariah Kantor Cabang Stabat sebesar 27,4%.
Implementasi Produk Tabungan Haji IB Makbul di Bank SUMUT Syariah KCP Stabat Nova Armaya; Ahmad Fuadi; Khairunnisa
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.56

Abstract

Bank Sumut Syariah KCP Stabat merupakan bank yang menghimpun dan menyalurkan dananya kepada masyarakat, yaitu melalui beberapa produk salah satunya adalah produk tabungan haji iB Makbul. Dalam menjalankan kegiatannya, yakni menghimpun dana tentunya bank memerlukan strategi untuk menarik minat nasabah membuka tabungan haji iB Makbul di Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan produk tabungan haji iB Makbul di Bank Sumut Syariah KCP Stabat, Untuk mengetahui penerapan produk tabungan haji iB Makbul di Bank Sumut Syariah KCP Stabat dan untuk mengetahui kendala atau hambatan yang dihadapi dalam menerapkan produk tabungan haji iB Makbul di Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode dengan cara melakukan survei kelapangan langsung dengan sumber-sumber yang ada. Penulis juga melakukan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara (interview) yaitu teknik melakukan Tanya jawab langsung kepada pihak yang berwenang dari perusahaan yang diteliti, untuk dapat melengkapi data maupun informasi yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut Syariah KCP Stabat menerapkan jenis produk tabungan haji iB Makbul yang merupakan produk dengan menggunakan prinsip titipan (wadiah yad adh-dhamanah) yaitu akad dimana sipenerima titipan dapat memanfaatkan barang titipan tersebut dengan seijin pemiliknya dan menjamin untuk mengembalikan titipan tersebut secara utuh setiap saat kala sipemilik menghendakinya. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan Bank Sumut Syariah KCP Stabat menerapkan produk tabungan haji iB Makbul menggunakan akad wadiah yad adh-dhamanah bagi penabung, Pengelolaan tabungan haji adalah dengan cara membuka rekening tabungan haji, membuat surat keterangan sehat, mengisi surat pendaftaran pergi haji di kantor Kementerian Agama, pemorsian di bank, melaporkan ke kantor Kementerian Agama, pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Adapun yang menjadi kendala atau hambatan dalam menerapakan produk tabungan haji iB Makbul di Bank Sumut Syariah KCP Stabat terkait masalah jumlah customer service yang tidak sebanding dengan jumlah nasabah. Mengingat tugas customer service yang salah satunya memberikan pelayanan informasi produk kepada nasabah meruapakan hal penentu bagi kemajuan bank, maka perlu menyediakan customer service yang cukup.
Pengaruh Service Excellence oleh Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat KCP Stabat Nurul Akmalia; Azhar; Anjur Perkasa Alam
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.57

Abstract

Terdapat berbagai tantangan dalam mencapai keberhasilan perusahaan. Untuk mengantisipasinya, perusahaan dituntut untuk dapat bekerja dengan baik, yaitu dengan menggunakan berbagai macam sumber daya yang dimiliki agar dapat diterima di pasar. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mencapai keberhasilan adalah kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah merupakan manifestasi dan kelanjutan agar terciptanya loyalitas nasabah dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, serta untuk tetap setiap menjadi nasabah dari perusahaan tersebut. Kepuasan nasabah dapat diraih dengan adanya pelayanan yang memuaskan sesuai dengan harapan nasabah atau bahkan melebihi dari harapan nasabah. Kepuasan nasabah merupakan indikator utama dari standar suatu fasilitas dan sebagai suatu ukuran mutu pelayanan yang diberikan. Kepuasan nasabah dapat dicapai melalui kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Pemberian pelayanan terbaik terjadi bila perusahaan mampu menjaga atau meningkatkan kualitas jasa atau pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Oleh karena itu, setiap perusahaan atau usaha yang dijalankan harus dapat terus membaca apa yang menjadi kebutuhan nasabah guna mencapai tingkat kepuasan nasabah yang tinggi. Perusahaan harus mampu membuat nasabah merasa nyaman dan puas melalui pelayanan-pelayanan yang disuguhkan kepada nasabah. Customer service sangat berperan aktif dalam suatu pelayanan disuatu Bank, terlebih jika customer service dapat melakukan service excellence. Karena dari service yang excellence akan mendatangkan dan mempertahankan nasabahnya. Dari latar belakang diatas, maka penulis ingin mengetahui dan menjelaskan tentang service excellence yang dilakukan oleh customer service Bank Muamalat tepatnya di KCP Stabat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Terdapat hubungan yang positif atau sejalan antara service excellence yang dilakukan customer service dengan kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Stabat, semakin bagus service excellence yang dilakukan customer service maka semakin tinggi kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Stabat, begitupun sebaliknya semakin kurang service excellence yang dilakukan customer service maka semakin rendah kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Stabat.
Penerapan Manajemen Sumber Daya Insani dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Stabat Ragil Pratomo; Diyan Yusri; Anjur Perkasa Alam
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.58

Abstract

Manajemen yang memperlakukan karyawan hanya sebagai objek manajemen, dalam pandangan ekonomi syariah merupakan manajemen yang lalai dari sifat adil yang semestinya menjadi dasar manajemen. Manajemen harus memanusiakan manusia dan menempatkannya sebagai fokus, tidak hanya sebagai factor produksi semata. Perkembangan yang begitu cepat dari industry keuangan dan perbankan syariah saat ini masih membutuhkan sumber daya insani (SDI) yang benar-benar profesional dan berkualitas yang mampu mengetahui tidak hanya pada tataran konseptual tetapi juga pada tataran praktis tentang ekonomi Islam tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan perekrerutan sumber daya insane di KCP Stabat, yang dilakukan odengan melihat sampel dari para karyawan di Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. Hasil yang didapat setelah melakukan riset pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat di peroleh bahwa Penerapan manajemen sumber daya insani pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat Sistem rekrutmen yang di terapkan di Bank BNI Syariah KC Stabat sudah sesuai dengan sistem rekrutmen manajemen sumber daya insani walaupun rekrutmen tidak hanya dari lulusan Syariah yaitu dengan system penarikan tenaga kerja yang didasarkan pada kemampuan, kecakapan, ketrampilan, dan pengalaman calon tenaga kerja. Proses seleksi yang diterapkan di Bank BNI Syariah KC Staba sudah sesuai dengan proses manajemen sumber daya insane yaitu pelamar harus penuhi syarat-syarat yang meliputi beragama Islam, shiddiq, amanah, fathonah, tabligh, ta’awun, dan Istiqomah. Manajemen sumber daya insani dalam meningkatkan kinerja karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Stabat yaitu melaksanakan Pelatihan dan pengembangan sudah sesuai dengan teori manajemen sumber daya insani, yaitu pelatihan dan pengembanganyang diberikan perusahaan tidak hanya berupa moral dan spiritual nya saja, melainkan pelatihan dan pengembangan yang bersifat religious.
Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat Rahmayani; Ahmad Fuadi
Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59342/istimrar.v1i1.59

Abstract

Upaya peningkatan kinerja karyawan terutama yang berkaitan dengan layanan nasabah membuat pihak manajemen sumber daya manusia mengadakan serangkaian program pelatihan yang diberikan pada para calon karyawan yang bertujuan untuk memberikan gambaran pada para calon karyawan mengenai pekerjaan yang akan mereka jalankan. Tingkat loyalitas merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (hasil) terhadap ekspektasi seseorang. Nasabah adalah orang terpenting dalam terbentuk nya bank.demi meningkatkan loyalitas nasabah, Bank Sumut Syariah Kcp Stabat melakukan undian berhadiah. Bagi setiap nasabah yang sudah lama bergabung di Bank Sumut Syariah akan mendapatkan hadiah sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh pihak bank. Pengundian hadiah tersebut dilakukan setiap tahun. Untuk meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap adanya perbankan syariah tidak hanya dengan meningkatkan kualitas pelayanan, akan tetapi memberikan beberapa hadiah kepada nasabah yang loyal dalam menabung di Bank Syariah. Salah satu kemuliaan ajaran Islam adalah sunnah memberikan hadiah kepada orang lain. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat asosiatif Pada penelitian ini thitung diperoleh dari pengolahan data menggunakan program komputer SPSS 22.00. Dan hasil pembahasan didapat pengaruh yang signifikan antara pemberian hadiah terhadap loyalitas nasabah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesisi yaitu uji t dengan tingkat signifikasi 0,00 karena tingkat signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (4,979 > 2,06866) maka terdapat pengaruh kedua variable tersebut. Pemberian hadiah yang dilakukan mempengaruhi loyalitas nasabah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat sebesar 49,8%, semakin sering dan efektif pemberian hadiah yang dilakukan oleh PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat maka loyalitas nasabah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat akan semakin besar

Page 1 of 4 | Total Record : 40