cover
Contact Name
Mukhamad Khumaidi Usman
Contact Email
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Phone
+628919579264
Journal Mail Official
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Editorial Address
Tim Redaksi NOZZLE : Journal Mechanical Engineering Program Studi D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147 Email : jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Nozzle : Journal Mechanical Engineering
ISSN : 23016957     EISSN : 2776219X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Nozzle : Jurnal Teknik Mesin (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) menerbitkan artikel penelitian, artikel konseptual, laporan kajian lapangan, praktik terbaik dan kebijakan teknik mesin di kancah nasional dan internasional (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup ). Artikel jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Januari dan Juli (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Politeknik Harapan Bersama Tegal. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of mechanical engineering on a national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this journal are published every six months, that is in January and July (2 issues per year), and published by the Politeknik Harapan Bersama Tegal. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. The journal publishes original papers in the field of Mechine but not limited to, the following scope: Mechine: Electronic Materials, Materials Engineering, Energy Manufacturing, Machinery, Electronic Instrumentation, Automation, Control, Embedded Systems, Mechatronics, Eectric power, Technology, Energy Storage Systems, Transmission, Energy Distribution, New Renewable Energy, and other related topics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering" : 6 Documents clear
Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Diesel Injeksi Langsung Berbahan Bakar Solar-Minyak Jarak Syarifudin Syarifudin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i1.2256

Abstract

Kebutuhan bahan bakar solar semakin meningkat akibat peningkatan volume kendaraan. Sifat bahan bakar solar yang tidak bisa diperbaharuhi memicu untuk mencari solusi bahan bakar yang dapat mengganti bahan bakar solar. Minyak jarak dapat dijadikan sebagai bahan bakar altenatif untuk menggantikan bahan bakar solar. Minyak jarak dapat diproduksi dengan mudah melalui biji pohon jarak. Akan tetapi, nilai kalor yang rendah daripada solar mengakibatkan daya mesin lebih rendah dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan bahan bakar tanpa minyak jarak. Daya mesin tertinggi terjadi pada bahan bakar tanpa campuran minyak jarak sebesar 25,47 kW. Sedangkan konumsi bahan bakar tertinggi terjadi pada pengggunaan bahan bakar campuran solar-minyak jarak sebesar 0,327 kg/kW.jam.
Uji Kapasitas Pengaduk Adonan Pada Mesin Pembuat Mie Amin Nur Akhmadi; Agus Suprihadi
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i1.2250

Abstract

Mie merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu yang sangat populer dikalangan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Proses pembuatan mie menggunakan cara dan alat tradisional memerlukan waktu yang lama. Tujuan perancangan mesin pembuat mie adalah untuk mempermudah produsen mie kelas bawah dalam meningkatkan produktivitas. Melakukan pengujian dengan menggunakan beban 0,5 kg dan 1,0 kg  dengan bahan stainless stell 30 dengan ketebalan 3mm, besi siku, acrylic. Pada saat melakukan pengujian ini alat yang digunakan diantaranya adalah digital Hand Tacho Meter, stopwatch. Pada saat melakukan perancangan pembuatan produk ini, membutuhkan daya motor 0,25 HP, Putaran motor 1488 rpm,    ketebalan 8 mm yang untuk  diujikan agar mendapatkan data yang diinginkan, yaitu pada pengujian kapasitas pengaduk adonan pada mesin pembuat mie.    Untuk mengetahui kinerja pengaduk adonan mie terhadap pencampuran bahan adonan mie yaitu dengan cara membandingkan hasil pengujian terhadap putaran poros pisau pengaduk. Dari hasil pengujian pada mesin pengaduk adonan didapat hasil sebagai berikut, ketika tanpa pembebanan didapat nilai rpm pada poros pengaduk sebesar 278 rpm. Pada pembebanan 0,5 kg didapat nilai rpm sebesar 276,2 dan pada pembebanan 1 kg didapat nilai rpm sebesar 256,0.
Efektivitas Putaran Terhadap Hasil Cacah Pada Mesin Shredder Plastik M. Taufik Qurohman; Syaefani Arif Romadhon; Wawan Junaidi Usman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i1.2254

Abstract

Semakin banyaknya jumlah sampah, terutama sampah plastik yang dalam proses penguraiannya berlangsung sangat lama dan pesatnya teknologi pendaur ulang sampah salah satunya dengan mesin pencacah sampah jenis shredder yang bertujuan untuk menghasilkan cacahan yang lebih banyak. Metode pengujian menggunakan mesin pencacah dan metode manual menggunakan tangan, untuk mesin pencacah menggunakan motor listrik Rpm 1400 dengan di perlambat menggunakan reducer sebagai torsi dengan perbandingan 1:30 dengan menghasilkan 46 putaran permenit, pengujiannya masing-masing selama satu jam dan dikalikan dalam satu hari jam kerja yaitu 7 jam kerja. Kemudian dicatat  berapa banyak perbandingan cacahan per-kg dalam satu hari kerja, penggunaan mesin pencacah sampah tentunya sangat berpengaruh terhadap hasil cacah dibandingkan pada proses manual yang masih menggunakan tangan sebagai proses pencacahannya dimana hasil yang didapatkan lebih banyak mesin pencacah daripada proses manual.
Analisis Pengaruh Variasi Ampere Terhadap Pengisian Baterai Mobil Listrik Habe EV-2 Yang Dirangkai Seri Nur Aidi Ariyanto; Mukhamad Khumaidi Usman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i1.2253

Abstract

Dalam perkembangan teknologi kendaraan bermotor, mobil listrik menjadi salah satu solusi dalam mengantisipasi timbulnya dampak dari krisis energi. Mobil listrik yaitu mobil yang digerakan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Salah satu permasalahan dalam mobil listrik adalah sistem pengisian pada baterai yang membutuhkan waktu lama, sehingga perlu dilakukan penelitian sistem pengisian baterai pada mobil listrik agar sistem pengisian baterai pada mobil listrik dapat mengisi secara efektif. Telah dilakukan penelitian tentang proses pengisian 4 baterai yang dirangkai seri dengan variasi ampere yang berbeda selama 30 menit, pada awal penelitian tiap-tiap baterai diukur voltasenya, kemudian 4 baterai dirangkai seri dan diukur voltase total 4 baterai. Saat proses pengisian setiap 10 menit diambil data voltase dan ampere pengisian baterai, setelah pengisian selama 30 menit diambil data voltase akhir tiap baterai dan 4 baterai yang dirangkai seri. Setelah pengujian selesai tiap-tiap baterai di kosongkan menggunkan lampu halogen selama 30 menit. Dari hasil pengujian pengisian baterai dengan variasi ampere 3, 4, 5 dan 6. Ditemukan pengisian baterai yang efektif dengan daya yang kecil dan penambahan voltase yang besar yaitu menggunakan selektor ampere di posisi 4, dengan daya pengisian per jam 1.025,63 Wh dan penambahan voltase 8,1 Volt.
Pengaruh Penambahan Butanol Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Mesin Pompa Air Berbahan Bakar Pertamax Firman Lukman Sanjaya; Maulana Ahmad Awali
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i1.2252

Abstract

Penggunaan pompa air semakin meningkat seiring dengan tingginya kebutuhan irigasi untuk lahan persawan. Hal ini meningkatkan penggunaan bahan bakar bensin yang menyebabkan semakin menipisnya persediaan bahan bakar fosil. Selain itu, masalah lain yaitu polusi udara akibat sisa hasil pembakaran mesin pompa air. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu adanya bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan bahan bakar bensin. Butanol merupakan bahan bakar yang sering digunakan sebagai pengganti bahan bakar bensin karena karakteristik yang hampir sama dengan bensin, dapat diperbaharui dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penambahan butanol pada bahan bakar pertamax terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang mesin pompa air. Hasil pengujian menunjukan bahwa penambahan butnol dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 20,45%. Selain itu, butanol juga mampu mereduksi emisi gas buang CO dan HC masing-masing  70,75% dan 22,67%.
Pengaruh Diethyl Ether pada Mesin Diesel Berbahan Bakar Diesel dan Jatropa terhadap Smoke Opacity Faqih Fatkhurrozak; Firman Lukman Sanjaya; Syarifudin Syarif
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 1 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i1.2251

Abstract

Mesin diesel digunakan secara luas dan lebih banyak dibandingkan dengan mesin bensin karena mempunyai daya yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan meningkatnya penggunaan bahan bakar fosil yang semakin meningkat serta menimbulkan emisi yang lebih besar. Jatropha merupakan bahan bakar alternatif dari non pangan hayati yang dapat terbarukan, penambahan bahan bakar jatropha tidak mengurai daya mesin. Tetapi menimbulkan smoke opacity yang lebih besar dibanding dengan menggunakan solar murni. Oleh karena itu, diethil ether merupakan salah satu jenis alkohol yang dapat memperbaiki performa mesin diesel dan menurunkan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi efek penambahan diethyl ether pada campuran bahan bakar diesel dan jatropa tanpa EGR terhadap smoke opacity mesin diesel. Penelitian ini menggunakan mesin diesel injeksi langsung yang dilengkapi sistem EGR. Bahan bakat yang digunakan yaitu diesel dan jatropa 20% yang dicampur diethyl ether dengan prosentase 5%, 10%, 15% dari total volume bahan bakar. Hasil pengujian menunjukan bahwa penambahan cairan alkohol Diethyl ether pada bahan bakar campuran diesel dan jatropa pada sisi emisi juga menghasilkan dampak positif yaitu terjadi penurunan emisi smoke opacity. Penurunan nilai smoke opacity tertinggi terjadi pada bahan bakar DJ20DEE15 sebesar 15,665% dibandingkan D100.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020