cover
Contact Name
Mukhamad Khumaidi Usman
Contact Email
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Phone
+628919579264
Journal Mail Official
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Editorial Address
Tim Redaksi NOZZLE : Journal Mechanical Engineering Program Studi D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147 Email : jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Nozzle : Journal Mechanical Engineering
ISSN : 23016957     EISSN : 2776219X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Nozzle : Jurnal Teknik Mesin (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) menerbitkan artikel penelitian, artikel konseptual, laporan kajian lapangan, praktik terbaik dan kebijakan teknik mesin di kancah nasional dan internasional (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup ). Artikel jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Januari dan Juli (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Politeknik Harapan Bersama Tegal. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of mechanical engineering on a national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this journal are published every six months, that is in January and July (2 issues per year), and published by the Politeknik Harapan Bersama Tegal. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. The journal publishes original papers in the field of Mechine but not limited to, the following scope: Mechine: Electronic Materials, Materials Engineering, Energy Manufacturing, Machinery, Electronic Instrumentation, Automation, Control, Embedded Systems, Mechatronics, Eectric power, Technology, Energy Storage Systems, Transmission, Energy Distribution, New Renewable Energy, and other related topics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering" : 6 Documents clear
Pengaruh Penggunaan EGR Panas Terhadap Daya Dan Emisi Jelaga Mesin Diesel Syarifudin Syarifudin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i2.2264

Abstract

Emisi jelaga terbentuk akibat bahan bakar yang tidak terbakar atau imbas dari pembakaran tidak sempurna. Hal ini merugikan daya yang dihasilkan mesin diesel. Sistem EGR panas digunakan untuk meningkatkan temperatur sehingga dapat meningkatkan kualitas pembakaran dan meningkatkan nilai daya serta menurunkan emisi jelaga mesin diesel. Penelitian ini bertujuan mengobservasi penggunaan sistem EGR panas terhadap daya dan emisi jelaga yang dihasilkan oleh mesin diesel. pembebanan divariasikan dari 0% sampai 100%. Hasil pengujian menunjukkan penggunaan sistem EGR panas mengakibatkan daya mesin semakin meningkat dan emisi jelaga semakin menurun. Peningkatan daya tertinggi terjadi saat pembebanan 25% sebesar 1,51% dengan pembukaan katup EGR 75%. Sedangkan penurunan emisi jelaga tertinggi terjadi pada pembebanan 25% dengan persentase pembukaan katup 100% yaitu sebesar 13,46%.
Analisis Putaran Pulley Pada Mesin Penggiling Jagung M. Taufik Qurohman; Syaefani Arif Romadhon; Wawan Junaidi Usman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i2.2262

Abstract

Dengan kemajuan teknologi industri rumah tangga sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya petani dalam pengolahan hasil pertanian contohnya jagung, selain itu sebagai salah satu makanan pokok juga dapat di manfaatkan sebagai salah satu bahan baku industri pangan seperti diolah menjadi minyak nabati, margarin, maizena, kue dan jagung juga sebagai makanan produksi jagung harus ditingkatkan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan perkembangan usaha ternak dan industry. Tujuan untuk menentukan Rpm mana yang lebih baik antara dua kombinasi puli untuk digunakan pada mesin pemipil jagung. Metode pengujian menggunakan metode eksperimen yaitu dengan cara merubah variasi pulley pada mesin penggerak dengan diameter 152 mm, 178 mm, 203 mm dan ukuran diameter pulley pada mesin yang digerakkan 58 mm dan masing-masing selama 10 menit, kemudian catat hasil pengilingan yang paling efisien. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil penggilingan dengan menggunakan variasi pulley mesin penggerak diameter 152 mm selama 10 menit dengan kecepatan mesin 2000 Rpm dan hasil penggilingan 3 Ons sedangkan hasil penggilingan dengan menggunakan variasi pulley mesin penggerak diameter 178 mm selama 10 menit dengan kecepatan mesin 2000 Rpm menghasilkan 4 Ons. Untuk pulley berdiameter 203 mm selama 10 menit dengan kecepatan mesin 2000 Rpm  didapatkan hasil penggilingan 9 Ons.
Rancang Bangun Mesin CNC Router 3 Axis Berbantu Perangkat Lunak Autodesk Inventor 2015 Andre Budhi Hendrawan; Nur Aidi Ariyanto
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i2.2260

Abstract

Mesin cnc router ini merupakan alat untuk membantu para pengusaha dibidang produk kreatif terutama yang berkaitan dengan seni ukir-mengukir yang membutuhkan kecepatan, ketepatan dan kualitas  produk yang tinggi. Dengan mesin ini para pengusaha dapat menghasilkan produk dengan kapasitas yang banyak dan seragam sehingga barang yang dihasilkan akan sama dan konsisten. Mesin cnc router yang akan dibangun menggunakan 3 axis dalam pengoperasiannya dan bersifat portable yang bertujuan untuk mempermudah dalam penempatan. Mesin router ini memiliki kapasitas yang terbatas dalam ukuran bahan baku yang digunakan. Dalam jurnal ini, akan dibahas mengenai perencanaan desain mesin cnc router, dan bagian-bagian mekanik yang bergerak. Dalam perancangan ini perlu dilakukan suatu analisis untuk memastikan hasil perancangan dapat digunakan. Bila dahulu proses perancangan suatu mesin dilakukan dengan cara “trial and error“ hingga diperoleh hasil yang optimal, maka saat ini rancang bangun mesin dilakukan dengan proses komputerisasi dalam hal ini mesin cnc router 3axis dirancang dengan menggunakan software Autodesk Inventor. Dan material rangka mesin yang dipakai adalah material pelat jenis SS400 dan besi hollo.
Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Mesin Motor 100 cc Berbahan Bakar Premium Dan Metanol Firman Lukman Sanjaya; Syarifudin Syarifudin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i2.2261

Abstract

Metanol merupakan bahan bakar alternatif yang mampu menggantikan bahan bakar fosil. Metanol memiliki nilai oktan dan kadar oksigen yang tinggi sehigga mampu memberikan efek positif pada mesin. Penelitian ini bertujuan mengobservasi pengaruh konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang  mesin berbahan bakar premium dan metanol dengan prosentase metanol 5%, 10%,15%, dan 20%. Pengujian ini menggunakan mesin 100cc dan dilakukan pada putaran mesin 2000 rpm. Hasil pengujian menunjukan konsumsi bahan bakar meningkat seiring dengan pertambahan metanol pada bahan bakar. Namun, emisi CO dan HC mengalami penurunan masing-masing 96,92% dan 31,5%. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan oksigen pada metanol yang memperbaiki proses pembakaran dalam silinder.
Analisa Hasil Pengelasan 2g Dan 3g Dengan Bahan Plat Besi St 40 Ketebalan 10 mm Dan Voltase 20 - 35 Menggunakan Mesin Las Mig Amin Nur Akhmadi; M. Taufik Qurohman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i2.2259

Abstract

Pengelasan secara umum dapat diartikan sebagai suatu ikatan metalurgi pada sambugan logam atau logam paduan yang dilaksanakan pada saat logam dalam keadaan cair. Prosedur pengelasan kelihatannya sangat sepele dan sederhana dalam pengelasan, pengetahuan harus turut serta mendampingi praktek. Secara lebih terperinci dapat dikatakan bahwa dalam perancangan konstruksi bangunan dan mesin dengan sambungan las, harus direncanakan pula tentang cara pengelasan, cara pemeriksaan, bahan las dan jenis las yang akan dipergunakan berdasarkan fungsi dari bagian-bagian bangunan atau mesin yang dirancang. Definisi las berdasarkan DIN (Deutche Industrie Normen) adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam atau logam panduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair.Secara umum pengelasan dapat didefinisikan sebagai penyambungan dari beberapa batang logam dengan memanfaatkan energi panas Adapun jenis-jenis las yaitu seperti las tig, las mig, las listrik dan las karbit. Las mig yaitu merupakan proses penyambungan dua material logam atau lebih menjadi satu melalui proses pencairan setempat, dengan menggunakan elektroda gulungan (filler metal) yang sama dengan logam dasarnya (base metal) dan menggunakan gas pelindung ( inert gas ). Dalam pengujian bahan di lakukan uji lengkung pada sambungan las plat besi ST 40, uji tekan adalah suatu alat uji mekanik yang berguna untuk mengukur dan mengetahui kekuatan benda terhadap gaya tekan. Metode pengujian dilakukan di laboratoriumdiketahui bahwa bahan mengalami beban tekanan maksimum 24,21 kgf,kemudian mengalami kuat tarik 62,64 kgf/cm².
Analisis Emisi Gas Buang Mobil Berbahan Bakar Gas Elpiji Mukhamad Khumaidi Usman; Wawan Junaidi Usman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 9, No 2 (2020): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v9i2.2263

Abstract

Metode yang diguanakan yaitu dengan menganalisa emisi gas buang mesin Toyota kijang 5K dengan menggunakan bahan bakar gas elpiji. Hasil pengujian emisi gas buang penggunaan bahan bakar LPG pada mobil Toyota kijang  5K tahun 1993 dapat menurunkan dan menaikan kadar emisi gas buang kendaraan bermotor. Kadar emisi CO (Karbon Monoksida) mengalami penurunan terendah 28,9% pada 5000 rpm. Kadar emisi HC (Hidro Karbon) mengalami peningkatan yang sangat signitif yaitu peningkatan tertinggi sebesar 625% didapatkan pada putaran 3500 rpm, dan hanya sekali mengalami penurunan emisi yaitu sebesar 48,5% pada putaran 5000rpm, tetapi kenaikan pada emisi HC tersebut dapat diterima, dikarenaka tidak melampaui batas emisi yang ditentukan kementrian lingkungan hidup No.05 tahun 2006 yaitu HC sebesar 1200 ppm vol CO 4,5% vol.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020