cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
MANFAAT PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK AUD Nurul Kusuma Dewi
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15657

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat penerapan program pendidikan inklusi untuk anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di Labschool Rumah Citta Yogyakarta pada bulan April-Juni 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah murid Labschool Rumah Citta dari usia 2-7 tahun. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Humberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pendidikan inklusi yang diterapkan di Labschool Rumah Citta memberikan manfaat baik bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus mapupun anak normal pada umumnya. Penerapan program pendidikan inklusi di Labschool Rumah Citta dapat menstimulasi perkembangan dan menanamkan nilai karakter pada anak, yaitu: (1) anak mau saling membantu dan bermain bersama dengan anak berkebutuhan khusus; (2) anak dapat mengenal dan menghargai perbedaan; (3) anak memiliki tanggung jawab dan rasa percaya diri; dan (4) anak memiliki keterampilan sosial. Kata Kunci: Program Pendidikan Inklusi; AUD
RANCANGAN MODEL MEDIA AUDIO PERMAINAN DAN CERITA ANAK NUSANTARA (PERMATA NUSANTARA) UNTUK PAUD Suparti -
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15681

Abstract

Salah satu prinsip pembelajaran di PAUD adalah belajar melalui bermain. Berbagai aspek perkembangan anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan permainan, misalnya permainan tradisional. Namun, berbagai permainan tradisonal mulai tergantikan dengan permainan modern yang bersifat pasif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan merancang sebuah model media audio Permata Nusantara (Permainan dan Cerita Anak Nusantara) yang dikembangkan dengan mengadopsi model ADDIE yang daapt dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran di PAUD. Rangkaian kegiatan ini merupakan sebuah tindak lanjut terhadap hasil evaluasi model MA Permata Nusantara yang direvisi berdasarkan hasil evaluasi yang dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret dan April 2016 dengan melibatkan praktisi lapangan atau guru TK/PAUD sebanyak 12 orang, ahli materi yaitu dosen PAUD sebanyak 2 orang, dan ahli media dari BPMRPK sebanyak 6 orang. Hasil penelitian ini berupa blue print atau cetak biru model media audio Permata Nusantara yang meliputi spesifikasi model, rancangan garis besar isi media (GBIM), dan rancangan pengembangan bahan belajar. Dengan adanya cetak biru yang baik, diharapkan produk model media yang dihasilkan akan lebih baik. Kata Kunci: desain, media audio, permata nusantara, PAUD
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI JARI KREASI SAMPAH BOCAH CILIK DI KAWASAN PARANGTRITIS Yora Harlistyarintica; Hana Wahyuni; Widiyawanti -; Nur Yono; Indah Permata Sari; Nur Cholimah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15658

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan karakter cinta lingkungan pada anak-anak usia 4- 12 tahun di kawasan wisata Parangtritis. Usia tersebut merupakan usia emas dalam tumbuh kembang anak yang memungkinkan adanya penanaman karakter cinta lingkungan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini berupa bermain, bercerita, menyanyi dan demonstrasi. Kegiatan yang dilakukan berupa eksplorasi sampah, outbond, pembuatan kerajinan (gelas plastik, tutup botol dan botol) dan lomba kreasi sampah. Sasaran kegiatan ini berjumlah 30 anak dari wilayah Parangtritis. Pendidik dalam kegiatan ini yaitu tim pelaksana program kreativitas mahasiswa Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik. Hasil dari kegiatan ini anak mampu membuat kreasi sampah sebagai wujud rasa cinta terhadap lingkungan. Kreasi tersebut berupa boneka kelinci, boneka tutup botol, boneka laba-laba, dan lukis botol. Anak-anak terlihat antusias selama mengikuti kegiatan. Orang tua sangat mendukung kegiatan ini terlihat dari keterlibatannya dalam mendampingi anak. Kata kunci: karakter, cinta lingkungan, sampah, anak
PERSEPSI GURU TKI TERHADAP PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI BERDASARKAN HEALTH-BELIEF MODEL Juliette Pepita Felicia; Weny Savitry S. Pandia
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15682

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi persepsi guru taman kanak-kanak Islam (TKI) terhadap pendidikan seksual anak usia dini berdasarkan teori Health-Belief Model (HBM). Penelitian dilakukan di TKI XYZ menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner dan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. HBM mengandung berbagai persepsi individu yang berkaitan dengan perilaku kesehatan. Perilaku kesehatan dalam penelitian ini adalah penerapan pendidikan seksual anak usia dini. Hasil data kuantitatif menunjukkan sebagian besar guru memiliki persepsi netral dalam setiap variabel HBM yaitu 50% guru pada Perceived Susceptibility, 62.5% guru pada Perceived Severity, 62.5% guru pada Perceived Benefit, 68.75% guru pada Perceived Barrier, 62.5% guru pada Cues to Action, 81.25% guru pada Self-Efficacy, dan 56.25% guru pada Perilaku Kesehatan. Data kualitatif menunjukkan guru TKI XYZ belum melakukan Perilaku Kesehatan secara komprehensif. Informasi terkait pendidikan seksual yang disampaikan pada siswa tidak sistematis, bersifat situasional, belum merata kepada seluruh siswa, dan belum dapat di evaluasi keefektifannya. Hal ini disebabkan pemahaman guru yang kurang mengenai kekerasan seksual, perkembangan seksual, dan pendidikan seksual anak usia dini. Hambatan guru dalam menerapkan Perilaku Kesehatan adalah kemampuan diri, faktor budaya, dan persetujuan orangtua siswa. Kata Kunci: persepsi, guru, health-belief model, pendidikan seksual, anak usia dini 
IDENTIFIKASI PEMAFAATAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKA MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI Baik Nilawati Astini; Nurhasanah -; Ika Rachmayani; I Nyoman Suarta
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15678

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah salah satu lembaga pendidikan yang memegang peran penting untuk membantu pemerintah mempersiapkan generasi muda sedini mungkin, yang sesuai dengan tujuan pendidikan anak usia dini yaitu membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik. Penelitian ini pada hakekatnya bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang Analisis Identifikasi Pemafaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Dimana hasil penelitian ini pada akhirnya diperoleh data yang menggambarkan Analisis Identifikasi Pemafaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa APE yang banyak digunakan atau dimanfaatkan guru untuk stimulasi tumbuh kembang motorik halus anak adalah bahan alam yang terdiri dari barang bekas seperti kertas bekas yang akan di sobek dan dibuat bubur kertas 88,8%. Tetapi pemanfaatan Koran bekas yang lebih mudah untuk dibentuk dan diekmbangkan pada kegiatan dan stiulasi asek lain maah jarang digunakan (33,3%) Bahan alam yang mudah didapat seperti serbuk gergaji, pasir dan air dan sejinisnya 83,3% guru sangat sering menggunakannya dalam proses pembelajaran. Hal yang juga sering dimanfaatkan guru adalah meronce manic-manik yakni 72,2%, alat mencocok 77,8%. Kata kunci: APE, motorik halus
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLANNEL PINTAR KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA BANTUL Partijem -
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15683

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui  flannel pintar pada kelompok A2 TK Negeri Pembina Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 sebanyak 22 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat meningkat setelah diberikan tindakan menggunakan flannel pintar yang dilakukan secara bersamaan dengan teman menyerupai perlombaan, serta pemberian reward secara kongkret yakni memberi bintang dari kertas berwarna yang di tempel di papan karya. Peningkatan kemampuan membaca permulaan tersebut di atas dapat terlihat secara optimal dari hasil data observasi dan dokumentasi yang diperoleh pada setiap siklusnya. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 16,6% dan,dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 41,6%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan berjumlah 2 anak (16,6%), pada Siklus I berjumlah 6 anak 34,4 % dan pada Siklus II berjumlah 11 anak (91,6%). Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media flannel pintar, kelompok A2
PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK Ika Budi Maryatun
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15679

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan langkah-langkah pengembangan tema pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literasi untuk menggali berbagai teori tentang pengembangan tema. Hasil dari kajian adalah langkah pengembangan tema yang meliputi tiga langkah utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Langkah persiapan berisi analisis sumber tema. Langkah pelaksanaan meliputi :(1) memilih topik sebagai tema; (2) brainstorming tentang tema; (3) mencari literatur; (4) mengembangkan tema besar menjadi tema kecil; (5) menyusun konsep pengetahuan; (6) menentukan puncak tema; dan (7) melaksanakan tema. Langkah tindak lanjut berisi evaluasi pelaksanaan tema. Kata kunci: Tema pembelajaran, taman kanak-kanak
PEMBELAJARAN MUSIK MENGGUNAKAN GELAS BERBAHAN KACA PADA MAHASISWA JURUSAN PAUD FIP UNY TAHUN AJARAN 2016/2017 Rina Wulandari
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15684

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran musik menggunakan gelas berbahan kaca pada mahasiswa jurusan PAUD FIP UNY tahun angkatan 2016/2017. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah komponen pembelajaran dalam permainan musik gelas berbahan kaca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan/verifikasi. Uji kredibilitas menggunakan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yaitu pembelajaran dilaksanakan dengan urutan: 1). pengenalan unsur irama menggunakan software Sibelius seri 6, metode Takadimi, jenis birama, pengulangan harafiah dari ilmu bentuk lagu; 2) melodi; 3) harmoni; 4) kaden; 5) bentuk lagu dua bagian; 6) progresi harmoni/ akor; 7) tempo jenis sedang; 8) penggunaan Wine Glass; 9). Teknik memainkan gelas adalah dengan cara menyentuhkan jari-jari tangan terhadap bibir gelas/ teknik menyentuhkan satu sama lain; 10). Kondisi jari tangan haruslah terbebas dari segala macam bentuk minyak; 11). Gelas direkatkan di meja; 12). Perolehan nada berurutan dari total setengah lusin gelas adalah sejumlah 5 gelas; 13) jumlah air berpengaruh pada nada yang dihasilkan; 14) menggunakan alat pengukur tinggi rendah nada yaitu aplikasi sejenis tuner dan aplikasi piano. Kata Kunci: musik, gelas, kaca
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELOMPOK A1 TK MADUKISMO Ni Made Ary Astuti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada anak kelompok A1 semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di TK Madukismo Bantul yang berjumlah 17 orang anak, terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Data mengenai pemahaman konsep bilangan pada anak dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Dari sebelum tindakan diketahui persentase pemahaman konsep bilangan anak pada kategori baik mencapai 17,64% yaitu sebanyak 3 anak, siklus I persentase kemampuan pemahaman konsep bilangan pada kategori baik mencapai 35,29% yaitu sebanyak 6 anak, sedangkan pada siklus II persentase kemampuan pemahaman konsep bilangan pada kategori baik mencapai 52,94% yaitu sebanyak 9 anak dan pada kategori sangat baik mencapai 29,41% yaitu sebanyak 5 anak. Jadi peningkatan pemahaman konsep bilangan anak mencapai 82,35% yaitu sebanyak 14 anak pada kategori baik dan sangat baik. Kata  kunci:  pemahaman  konsep  bilangan,  model  pembelajaran  Numbered Head  Together (NHT).
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPPH MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PENDAMPINGAN DI TK BINAAN PADA SEMESTER 1 TAHUN 2016/2017 Sukarmi -
Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v6i1.15680

Abstract

.Tujuan penelitian ini adalah agar para guru dapat mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sehingga sasaran kurikulum 2013 dapat terealisasikan dengan baik. Penelitian dilaksanakan di TK binaan Kecamatan Wirobrajan dan diikuti sebanyak 20 guru. Metode yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mendapatkan data Peningkatan Kemampuan Guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian di TK binaan. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam siklus dan melalui proses pengkajian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari siklus satu yaitu sesi pemberian materi dan sesi latihan penyusunan rencana cukup sebanyak 16 orang atau 80% dan dengan hasil baik sebanyak 4 orang atau 20%. Hasil yang diperoleh dari siklus dua yaitu sesi ketiga pendalaman materi dan sesi keempat pemberian tugas dan evaluasi menunjukkan bahwa peserta yang mencapai hasil cukup sebanyak 4 orang atau 20%  dan dengan hasil baik sebanyak 16 orang atau 80% pada siklus 3 dan 20 orang dengan hasil baik atau 100% Kata kunci: Peningkatan Kemampuan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

Page 1 of 1 | Total Record : 10