cover
Contact Name
Lintang Ronggowulan
Contact Email
lintang_ronggowulan@satff.uns.ac.id
Phone
+6281282291037
Journal Mail Official
s1pendidikangeografifkip@unit.uns.ac.id
Editorial Address
Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Geadidaktika
ISSN : -     EISSN : 2774339X     DOI : -
The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, society and individual. The subject matter of the journal includes the following and related issues: 1. Geography Education, including classroom action research results, experimental research, development research and survey research related to geography education in elementary, junior high, high school and university. 2. Population education, including classroom action research results, experimental research, research development and survey research related to population education in elementary, junior high, high school and university. 3. Environmental education, including classroom action research results, experimental research, development research and survey research related to environmental education in elementary, junior high, high school and university. 4. The phenomenon of the lithosphere and its interaction with the population 5. The phenomenon of hydrosphere and its interaction with the population 6. The phenomenon of the atmosphere and its interaction with the population 7. The phenomenon of anthroposphere and its interaction with environmental elements 8. Interaction between society, development and implication for sustainable development 9. Sustainable use of land, water, energy and biological resources in development 10. Social and cultural contexts of sustainable development 11. Role of education and public awareness in sustainable development 12. Impacts of population growth and human activity on food and other essential resources for development 13. Sustainable land use, water, energy and biological resources in development Distribution, growth, population composition and demographic-related issues 14. Development and application of sustainability indicators GEADIDAKTIKA journal welcomes scientific research papers, review papers and discussion papers dealing with environmental sustainability issues from such fields as the biological sciences, agriculture, geology, meteorology, energy, food sciences, soil and water sciences, geography, education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Geadidaktika Agustus 2021" : 5 Documents clear
Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan Pertanian Ke Non Pertanian Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun 2006 - 2018 Muhammad Faruq Al Rosyid; Yasin Yusup; Pipit Wijayanti
GEADIDAKTIKA Vol 1, No 2 (2021): Geadidaktika Agustus 2021
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v1i2.47906

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pertumbuhan penduduk Kecamatan Banyudono tahun 2006 – 2018; (2) Mengetahui perubahan lahan penggunaan pertanian Kecamatan Banyudono tahun 2006 – 2018; dan (3) Mengetahui pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perubahan lahan pertanian Kecamatan Banyudono pada tahun 2006 – 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah jumLah penduduk Kecamatan Banyudono tahun 2006 - 2018 dan perubahan penggunaan lahan pertanian yang terjadi di Kecamatan Banyudono tahun 2006 - 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi lapangan. Teknik analisis pertumbuhan penduduk dengan analisis dokumen pertumbuhan penduduk alami yang kemudian diklasifikasikan menjadi peta Pertumbuhan Penduduk, perubahan penggunaan lahan pertanian menggunakan metode tumpangsusun (Overlay) peta penggunaan lahan Kecamatan Banyudono 2006 dan 2018 kemudian dijadikan peta perubahan penggunaan lahan pertanian, analisis pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perubahan lahan pertanian Kecamatan Banyudono tahun 2006 – 2018 menggunakan metode diskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Selama 12 tahun dari tahun 2006 sampai 2018 Kecamatan Banyudono mengalami pertambahan penduduk sebesar 4.271 Jiwa dengan angka pertumbuhan peduduk sebesar 0,81% (2) Pada tahun 2006 lahan pertanian Kecamatan Banyudono seluas 1.621,67 Ha dan pada tahun 2018 seluas 1.446,77 Ha, dalam kurun waktu 12 tahun mengalami perubahan penggunaan lahan pertanian sebesar 175,02 Ha (3) Pertumbuhan penduduk tidak berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan pertanian, karena faktor yang paling berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan pertanian yaitu pembangunan industri, pengembangan wisata, dan proyek pembangunan jalan tol.
Penentuan Lahan Kritis Sebagai Arahan Konservasi Lahan di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2021 Anita Wahyu Widyawati; Ahmad Ahmad; Setya Nugraha
GEADIDAKTIKA Vol 1, No 2 (2021): Geadidaktika Agustus 2021
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v1i2.53948

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis kesesuaian penggunan lahan dengan fungsi kawasan di Kecamatan Ngargoyoso Tahun 2021 (2) Menganalisis kesesuaian pola ruang RTRW dengan fungsi kawasan di Kecamatan Ngargoyoso Tahun 2021 (3) Menganalisis tingkat kekritisan lahan di Kecamatan Ngargoyoso Tahun 202 (4) Menganalisis arahan konservasi lahan di Kecamatan Ngargoyoso Tahun 2021. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah satuan lahan. Unit analisis yang digunakan adalah satuan lahan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi lapangan, interpretasi citra, uji laboratorium, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu skoring parameter fungsi kawasan dan tingkat kekritisan lahan, analisis deskriptif hasil overlay peta, dan pengelompokan arahan konservasi lahan berdasarkan fungsi kawasan dan tingkat kekritisan lahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecamatan Ngargoyoso mempunyai empat fungsi kawasan yaitu kawasan lindung, kawasan penyangga, kawasan budidaya tanaman tahunan, serta kawasan budidaya tanaman semusim dan permukiman. Kesesuaian penggunaan lahan dengan fungsi kawasan menunjukan bahwa sebagian besar penggunaan lahan di Kecamatan Ngargoyoso tidak sesuai dengan fungsi kawasaannya seluas 4.162,523 Ha (67,79 %). (2) Kesesuaian pola ruang RTRW dengan fungsi kawasannya menunjukkan bahwa sebagian besar pola ruang RTRW sesuai dengan fungsi kawasannya seluas 4.413,048 Ha (71,87%). (3) Tingkat kekritisan lahan di Kecamatan Ngargoyoso diklasifikasikan menjadi empat yaitu potensial kritis, agak kritis, kritis, dan sangat kritis. (4) Arahan konservasi metode vegetatif yang dapat diterapkan di Kecamatan Ngargoyoso meliputi pengelolaan tanah minimum, hutan lindung/hutan kemasyarakatan/hutan suaka alam/hutan wisata, penanaman vegetasi permanen, penanaman penutup tanah, hutan produksi terbatas/hutan rakyat, agroforestry, penanaman menurut garis kontur, penanaman menurut strip, dan pertanaman lorong, strip rumput, manajemen bahan organik, pertanaman campuran, dan tanaman pagar/pagar hidup. Arahan konservasi metode mekanik/teknik sipil meliputi teras gunung/saluran pengelak, saluran pembuangan air (SPA), bangunan terjunan, kontrol sedimen, teras guludan, teras bangku, teras individu, rorak, dan mulsa vertikal.
Efektivitas Pembelajaran Geografi Melalui Integrasi Whatsapp Group dan Gnomio Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Surakarta Yoseph Vido Anggrihar Saputro; Sugiyanto Sugiyanto; Mohammad Gamal Rindarjono
GEADIDAKTIKA Vol 1, No 2 (2021): Geadidaktika Agustus 2021
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v1i2.53931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran antara geografi pembelajaran melalui integrasi WhatsApp Group dan Gnomio dengan integrasi WhatsApp Group dan Google Classroom, sehingga nantinya dapat menentukan efektivitas pembelajaran geografi melalui integrasi WhatsApp Group dan Gnomio pada hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji N-Gain, dan Uji T Sampel Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen adalah 64,86 dan di kelas kontrol adalah 61,03, sedangkan hasil nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah 81,71 dan di kelas kontrol adalah 73,97. Selanjutnya, hasil perhitungan N-Gain di kelas eksperimen memiliki Skor Gain rata-rata 0,4781 dan untuk kelas kontrol memiliki Skor Gain rata-rata 0,225. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki indeks perolehan hasil belajar dalam kategori sedang dan kelas kontrol memiliki indeks perolehan hasil belajar dalam kategori rendah, ini mengacu pada tabel kategori efektivitas Skor Gain menurut Hake pada Mchunu Imenda (2015) Selanjutnya, menguji hipotesis pada hasil skor N-Gain menggunakan tes-T Sampel Independen,  yang dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011, sehingga p < 0,05 maka hipotesis Ha dapat diterima, sehingga hasil tes membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran geografi melalui integrasi Whatsapp Group dan Gnomio dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran geografi melalui integrasi Whatsapp Group dan Google Classroom pada siswa kelas XI pada SMA Negeri 8 Surakarta.
Kajian Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar (SD/MI) dan Menengah Pertama (SMP/MTS) di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Tahun 2020 (Implementasi Dalam Pembelajaran Geografi Kelas XI Pada Materi Kualitas Penduduk dan Indeks Pembangunan Rahma Nur Aprilia; Sugiyanto Sugiyanto; Singgih Prihadi
GEADIDAKTIKA Vol 1, No 2 (2021): Geadidaktika Agustus 2021
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v1i2.46536

Abstract

Ketersediaan sarana pendidikan di suatu daerah perlu disesuaikan dengan standar sarana dan prasarana untuk melayani kebutuhan penduduk suatu daerah. Evaluasi ketersediaan fasilitas pendidikan penting untuk mengembangkan pendidikan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi sarana pendidikan, menganalisis ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan serta kebutuhan sarana pendidikan di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran SD memiliki pola berkerumun dan SMP memiliki pola acak yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, bahwa sarana dan prasarana pendidikan SD dan SMP tidak mencapai standar baik dari segi kualitas maupun kuantitas, sehingga diperlukan perbaikan dan penambahan terhadap ketersediaan seluruh sarana pendidikan SD dan SMP yang telah terpenuhi. untuk melayani semua penduduk usia sekolah. Keberadaan sekolah dan pemenuhan sarana dan prasarana sangat penting bagi suatu daerah.
Analisis Potensi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Karanganyar Mitha Saputriningsih; Mohammad Gamal Rindarjono; Seno Budhi Ajar
GEADIDAKTIKA Vol 1, No 2 (2021): Geadidaktika Agustus 2021
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v1i2.46881

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam menunjang percepatan pembangunan nasional. Banyak daerah di Indonesia yang tengah giat menggali potensi pariwisata dengan memanfaatkan sumberdaya alam dan kebudayaan pada masing-masing daerah. Penilaian terhadap potensi wisata dan partisipasi masyarakat sangat penting untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi wisata dan partisipasi masyarakat pada lokasi desa-desa wisata di Kabupaten Karanganyar sehingga  strategi pengembangan yang diambil sesuai dengan kebutuhan dan keadaan pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa wisata di Kabupaten Karanganyar mempunyai potensi sedang dan tinggi karena tiap desa wisata mempunyai keunikan atraksi sesuai dengan sumberdaya alam dan budaya pada masing-masing desa. Partisipasi masyarakat termasuk ke dalam derajat partisipasi semu yang berarti masyarakat telah di dengar dan ikut mengemukakan pendapat, tetapi tidak ada jaminan bahwa pandangan yang dikemukakan dapat diterima oleh pemegang kekuasaan dan sangat kecil untuk menghasilkan perubahan dalam masyarakat. Strategi pengembangan yang dapat diambil yaitu strategi strengths-threats dengan menjalankan kegiatan wisata sesuai dengan protokol kesehatan yang telah di anjurkan pemerintah dan mencantumkan bukti bahwa kawasan desa wisata merupakan zona hijau agar menghindari penyebaran covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 5