cover
Contact Name
Ade Kristianus Kaloeti
Contact Email
adekaloeti@ukrimuniversity.ac.id
Phone
+628525658 1775
Journal Mail Official
journal.ukrim@gmail.com
Editorial Address
Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
ISSN : 19781180     EISSN : 30467977     DOI : -
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control System of Fixed Assets. This journal serves as an excellent resource for those seeking comprehensive knowledge in these fields.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)" : 7 Documents clear
Menguji Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi dalam Hubungan Ekuitas Merek (Brand Equity) dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Niat Beli Ulang (Studi pada Oli Yamalube Di Kota Semarang) Paulina Desi Nataliana; MS. Eric Santosa
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.176

Abstract

Perilaku pembelian tidak langsung terjadi. Biasanya dilakukan melalui proses. Satu momen khusus sebelum melakukan sesuatu adalah penciptaan niat perilaku. Banyak pemikiran yang diduga sebagai penyebabnya, tetapi penelitian ini berfokus pada kepuasan, terutama posisi variabel sebagai mediator. Sampel yang terdiri dari 100 responden ditarik melalui purposive sampling. Data dikumpulkan oleh kuesioner, yang didistribusikan kepada mereka yang membeli dan menggunakan minyak Yamalube dan tinggal di Semarang, Jawa Tengah. Program SPSS digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sementara ekuitas merek dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan atau niat pembelian kembali, variabel kepuasan tidak didukung sebagai variabel intervensi baikpada hubungan antara ekuitas merek dan niat pembelian kembali atau kepercayaan dan niat pembelian kembali.
Efek Mediasi pada Pengaruh Nilai Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Sikap Pelanggan dan Dampaknya pada Niat Beli (Studi pada Pengguna Smartphone Samsung Di FEB UNISBANK Semarang) Decidiana Natalia Neno
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.177

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel nilai produk, harga, dan citra merek terhadap niat beli melalui sikap pelanggan pengguna smartphone Samsung. Responden penelitian ini adalah mahasiswa FEB Unisbank yang ingin dan pernah membeli smarpthone Samsung sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Data dari kuesioner kemudian diuji dengan uji validitas, reliabilitas, hipotesis, dan regresi berganda. Hasilnya variabel nilai produk, harga, dan citra merek berpengaruh terhadap signifikan terhadap sikap pelanggan dan nilai produk, harga, citra merek dan sikap pelanggan berpengaruh terhadap niat beli. Uji mediasi menunjukkan bahwa sikap bukan merupakan variabel mediasi dalam konteks pengaruh dari nilai produk harga dan citra merek terhadap niat beli.
Pengaruh Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), earning per Share (EPS) dan Debt to Equity Rasio (DER) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017 Ella Natalia Patabang; Hadi Purnomo
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.178

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap harga saham secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap harga saham parsial, untuk mengetahui dampak Earning per Share (EPS) terhadap harga saham parsial, untuk mengetahui pengaruh Rasio Hutang terhadap Ekuitas (DER) terhadap sebagian saham harga. Untuk mengetahui pengaruh Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), Earning per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER)secara simultan terhadap harga saham. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 tahun, dari 2013 hingga 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on equity dipengaruhi secara negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, return on asset secara positif signifikan pada harga Saham, earning per share positif signifikan pada harga saham, sedangkan variabel hutang terhadap ekuitas secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada harga saham. Hasil regresi berganda dan uji F menunjukkan return on equity, return on asset, earning per share dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham
Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Mirota Kampus Merchi Yemima L Raranta; Agus Prasetyanta
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui profil responden Mirota Kampus,mengetahui apakah citra perusahaan dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Mirota Kampus, dan apakah citra perusahaan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Mirota Kampus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dan uji-t menunjukkan bahwa varibel citra perusahaan dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Mirota Kampus. Analisis regresi linear berganda dan uji F, citra perusahaan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Mirota Kampus. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan citra perusahaan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Mirota Kampus.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal (Study pada Perusahaan Real Estate and Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017) Rini Astrianti; Sri Herlina
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.180

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan secara parsial dan simultan terhadap struktur modal pada perusahaan real estate and property di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2017. Data yang digunakan adalah data sekunder metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Studi ini menemukan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, Struktur Aktiva berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal, Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sementara hasil analisis regresi berganda dan uji F membuktikan Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal (Study pada Perusahaan Real Estate and Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017) Rini Astrianti; Sri Herlina
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.181

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan secara parsial dan simultan terhadap struktur modal pada perusahaan real estate and property di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2017. Data yang digunakan adalah data sekunder metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Studi ini menemukan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, Struktur Aktiva berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal, Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sementara hasil analisis regresi berganda dan uji F membuktikan Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Konsumen E-Commerce Shopee di Kabupaten Sleman Yogyakarta Gracemon Sitompul; Riko Gesmani
EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 2 (2019): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)
Publisher : Universitas Kristen Immanuel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61179/ejba.v13i2.182

Abstract

Tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas produk, harga, promosi, dan varian produk terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee di Kabupaten Sleman. Dengan sebanyak 130 responden, data dianalisis menggunakan regresi linear berganda, uji F dan uji-t, p-value terhadap alpha dan koefisien determinasi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kualitas produk, harga produk, promosi, dan varian produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarakan hasil analisis regresi berganda dan diperkuat hasil data uji F menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kualitas produk, harga produk, promosi, dan varian produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, hasil p-value terhadap alpha (?) untuk menentukan variabel yang paling dominan yaitu pada indikator varian produk yang paling berpengaruh signifikan/dominan terhadap keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7