cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA" : 5 Documents clear
Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ervinda Olivia Privana; Agung Setyawan; Tyasmiarni Citrawati
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari studi pendahuluan ini untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis kata baku dan tidak baku kelas V SDN Buluh 3 di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik analisis data kualitatif secara deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pengambilan angket. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Februari hingga selesai. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah 31 siswa ( 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan) dan 1 guru kelas atau wali kelas V SDN Buluh 3. Dari hasil observasi dan pengambilan angket yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa yang kategori baik sekali , 4 siswa yang kategori baik, 9 siswa yang kategori cukup dan 10 siswa yang kategori kurang mampu membedakan kata baku dan tidak baku. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 10 siswa yang tingkat pemahaman siswa tergolong masih sangat kurang.
Identifikasi Pemahaman Membaca Puisi Siswa Kelas IV SDN Junganyar 02 Krismonarofah Krismonarofah; Agung Setyawan; Tyasmiarni Citrawati
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman membaca puisi Siswa Kelas IV SDN Junganyar 02. Metode penelitaian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif, dimana Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara dan instrumen bservasi yang dlaksanakan pada tanggal 25 Februari 2020 . Peneliti menggunakan analisis kualitatif, dimana data yang telah diperoleh seperti hasil wawancara dan observasi akan dianalisis secara kualitatif. Instrumen observasi dan wawancara digunakan pada studi awal penelitian untuk mengetahui informasi mengenai pemahaman siswa tentang membaca puisi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Jenuh yang merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Junganyar 02 yang terdiri dari 14 siswa yang berkisar umur 10 tahun. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman membaca puisi siswa di kelas IV SDN Junganyar 02 masih sangat kurang atau rendah sehingga siswa mendapatkan nilai tidak sesuai dengan KKM. Berdasarkan observasi dikelas IV menujukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konversional, kurangnya ketertarikan siswa kepada muatan Bahasa Indonesia.
Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SDN Telang 1 Shofatul Isnainy; Agung Setyawan
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

an Penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Telang 1., Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dimana instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, wawancara, lembar pengamatan, dan tes hasil belajar (kognitif). wawancara diberikan setelah penerapan metode bercerita, lembar pengamatan untuk mengamati pelaksanaan metode bercerita dan tes hasil belajar berupa kognitif dengan KKM 75. Sampel dari penelitian ini berjumlah 23 orang terdiri dari Laki-Laki 13 orang dan Perempuan 10 orang. Hasil penelitian ini hasil tes hasil belajar dan wawancara menunjukan bahwa metode bercerita membuat siswa lebih banyak memahami materi yang disampaikan guru. Hasil pengamatan menunjukan bahwa metode bercerita membuat siswa cenderung lebih pasif dan hanya fokus dalam memperhatikan penjelasan guru. Penerapan metode bercerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara kognitif siswa dengan nilai ketuntasan kelas 35% siswa lebih aktif dan mengalami peningkatan dalam berbicara. Simpulan secara umum menunjukkan bahwa Penerapan metode bercerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara kognitif siswa rekomendasi dalam pelaksanaan pembelajaran, hendaknya guru lebih kreatif dan lebih banyak memberi kesempatan dan motivasi kepada siswa
A Semantic Study of Renda’s Dialect (INDONESIA) Nurfitri Ayu Cahyani; Waliyudin Waliyudin
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to know are: (1) types of meaning in semantic that create in daily conversation used by Renda’s society (2) the dominant types of meaning in semantic that create in daily conversation used by different level of Renda’s society. There are sources of data are primary data and secondary data, primary data by taken videos conversation of Renda’s society, there are 3 videos conversation; children, academician and common society. Secondary data is taken from many semantic books. The result of this study showed that there are 37 extracts among 3 videos conversation of Renda’s society, the researcher found 6 Conceptual meaning, 6 Connotative meaning, 5 Social meaning, 3 Affective meaning, 9 Reflected meaning, 4 Collocative meaning and 5 Thematic meaning. Based on that result of types of meaning were create, the researcher concluded that reflected meaning was the dominant type of meaning in semantic that create in daily conversation used by Renda’s society.
Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Powerpoint Meningkatkan Motivasi Belajar Alfani Wulandari; Mulyadi; Novita Ningsih; Adi Apriadi Adiansha; Ramli; Widyanti Nafisah
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor media pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris dasar. Bahasa Inggris dasar memerlukan media pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Salah satunya dengan modul pembelajaran berbasis powerpoint. Modul pembelajaran berbasis powerpoint digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan proses pengembangan modul pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint dalam pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) berupa pengembangan media pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lambitu dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan soal evaluasi sedangkan metode yang digunakan untuk menguji coba media pembelajaran ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan presentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Modul pembelajaran berbasis powerpoint ini telah teruji kefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 47,08%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa inggris dasar berbasis powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5