cover
Contact Name
Mohamad Yudiyanto
Contact Email
yudiyantompd@gmail.com
Phone
+6282217035333
Journal Mail Official
yudiyantompd@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gagak No. 15, Sadangserang, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Murabbi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 29633516     DOI : https://doi.org/10.69630/jm.v1i1.1
Murabbi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is an open access journal, and peer-reviewed journal to discuss about new findings in elementary education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on elementary education. All papers are peer-reviewed by at least two reviewers.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi" : 8 Documents clear
Efektivitas Permainan Scrabble Dalam Mengukur Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Kelas 1 SD Insan Mulia Ani Sri Mulyani; Lies Dharjati; Rohimah Nurul Bayyinah; Johan Rojak
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.18

Abstract

This study aims to determine the mastery of Indonesian vocabulary in grade 1 elementary school children including the quantity of vocabulary variety, word classes, and vocabulary scope. The method used is descriptive qualitative research method. The results of this study include the quantity of various Indonesian vocabulary in each child that differs from one another, nouns are the class of words that are most mastered by children, and the scope of children's vocabulary is mostly still at the level of objects, activities, situations, and things. - Other matters of a concrete nature.
Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Laesti Nurishlah; Anisa Nurlaila; Mangun Rusnaya
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.20

Abstract

This research highlights the importance of understanding the role of intrinsic motivation in student learning along with various strategies for developing approaches to enhance intrinsic motivation in elementary schools. By designing a learning environment that stimulates students' intrinsic interest and understanding the complexity of the interaction between intrinsic and extrinsic motivation, teachers can assist students in reaching their full potential in learning. Thus, a profound understanding of intrinsic motivation is not only a necessity for students and teachers but also a key to creating meaningful and satisfying learning experiences for elementary school students. Penelitian ini menyoroti pentingnya memahami peran motivasi instrinsik dalam pembelajaran siswa beserta ragam strategi pengembangan strategi untuk meningkatkan motivasi intrinsik di Sekolah Dasar. Dengan merancang lingkungan pembelajaran yang menggugah minat intrinsik siswa dan memahami kompleksitas interaksi antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik, guru dapat membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dalam pembelajaran. Dengan demikian, pemahaman yang mendalam tentang motivasi instrinsik bukan sekedar kebutuhan bagi siswa dan guru, tetapi juga merupakan kunci dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan memuaskan bagi siswa sekolah dasar.
Analisis Profesionalisme Guru Di SDIT Santiniketan Mochammad Ramdan Samadi; Riska Purnamasari; Jonaidi
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.22

Abstract

Profesionalisme guru diperlukan untuk pendidikan dan pembelajaran yang efektif. Kompetensi guru yang sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik dan sesuai dengan bidang kopetensi yang dibutuhkan peserta didik akan mewujudkan peran guru sebagai fasilitator yang tepat. Profesionalisme guru juga perlu dikembangkan serta disesuaikan dengan kebutuhan waktu dan tempat peserta didik agar guru memiliki kreativitas dalam penyajian pembelajaran serta berperan tidak hanya mentransfer ilmu melainkan juga memprediksi masa depan peserta didik di lingkungan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif melalui berbagai prosedur yang disederhakan. Hasil penelitian ini adalah 70% guru sarjana pendidikan, 10% guru sarjana nonpendidikan, 20% lulusan SMA/sederajat. Sehingga diperlukan program pengembangan profesionalisme guru yang sesuai denagn tingkat pendidikan dasar.
Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tahsya Nabila; Nisful Lailiyah; Jajang Mulyana
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.23

Abstract

Pendidikan dapat dikatakan suatu upaya pengembangan potensi dan penanaman nilai-nilai sosial budaya yang diyakini oleh sekelompok masyarakat agar dapat mempertahankan hidupnya. Guru sebagai peran utama harus memiliki kecakapan yang beragam sebagai modal pendampingan pendidikan peserta didik, di antaranya adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial pada guru dapat memberikan gambaran watak kehidupan bermasyarakat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya kepada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, metode penelitian kepustakaan melalui berbagai prosedur. Hasil penelitian ini adalah kompetensi sosial pada guru memberikan implikasi terhadap proses pendidikan yang diterima oleh peserta didik, pengembangan inovasi pembelajaran, keefektifan daya tangkap peserta didik yang sesuai dengan psikologi sosial masyarakat setempat.
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru di MI Asy-Syafi'iyah Jatinangor Yani Suryani; Paradita Islam; Ratu Mega Aulia; Hana Rizki Farhana
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.24

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan upaya menyampaikan wawasan keterampilan, serta keahlian tertentu kepada orang lain. Diantara faktor yang mempengaruhi suatu proses pembelajaran adalah kompetensi guru. Kompetensi guru tidak menjadi sempurna apabila guru hanya mampu menyampaikan bahan ajar yang dilakukan secara langsung dikelas. Namun dibutuhkan pula kompetensi pedagogik guru yang harus melekat dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan guru sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan di MI Asy-Syafi’iyah Jatinangor yang dinilai bahwa guru MI Asy-Syafi’iyah telah melaksanakan sebagian besar kompetensi pedagogik dengan: memahami peserta didik; membuat perancangan pembelajaran; melaksanakan proses pembelajaran; dan mengevaluasi hasil belajar.
Kompetensi Pribadi dan Sosial Guru Alvi Nurfadhilah; Tri Yanti; Asep Irfan Saepul Milah
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.25

Abstract

Pendidikan karakter diperlukan untuk membentuk sikap, kepribadian dan moral suatu bangsa. Dalam penerapannya pendidikan karakter dapat diterapkan melalui proses pembelajaran salah satunya dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran IPS dalam pembentukan karakter peserta didik dan untuk mengetahui penerapan atau implementasi pendidikan karakter dalam IPS. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, metode penelitian kepustakaan melalui berbagai prosedur yang disepakati. Hasil penelitian ini adalah pendidik atau guru dan sekolah berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui tata tertib sekolah, kegiatan yang diikuti dan proses pembelajaran. Pendidikan karakter diterapkan pada siswa melalui IPS yang disesuaikan dengan materi dan kondisi siswa. Metode pembelajaran dan pemahaman guru terhadap materi juga mempengaruhi perkembangan pendidikan karakter. Dalam pembelajaran IPS juga memiliki tujuan yang sama dengan pendidikan karakter yaitu menciptakan warga negara yang baik dan memiliki nilai moral.
Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Market Day Mochammad Ramdan Samadi; Yus Hermansyah; Laesti Nurishlah
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.27

Abstract

This study explores the development of entrepreneurial skills in elementary school students through the Market Day program. Using a qualitative approach with a literature study method, this research analyzes various sources to evaluate the impact and effectiveness of the program. Market Day provides a platform for students to directly experience entrepreneurial activities, including planning, production, marketing, and sales. The findings show that Market Day significantly enhances students' understanding of business concepts and fosters their interest in entrepreneurship. Additionally, with the support of teachers and parents, students gain meaningful and relevant learning experiences, preparing them to face real-world challenges. This study emphasizes the importance of integrating practical programs like Market Day into the curriculum to develop entrepreneurial skills from an early age, helping students become more independent and innovative individuals in the future.
Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Materi Penjumlahan Bilangan 1-10 Erna Hernawati; Deni Soidin; Windi Pujasari; Yeni Rohaeni
MURABBI Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Murabbi
Publisher : Prodi PGMI STAI Sabili Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69630/jm.v2i2.28

Abstract

Guru harus menciptakan media pembelajaran yang menarik dan bisa membangkitkan minat siswa. Salah satu penunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah pemilihan media yang tepat. Dengan memperkenalkan kepada siswa berbagai macam alat permainan dalam kegiatan-kegiatan belajar diharapkan dapat membangkitkan minat anak didik dalam proses pembelajaran. Salah satu teknik permainan dalam pembelajaran numbers yaitu dengan memperkenalkan alat permainan kartu bilangan. Teknik permainan kartu angka dibuat dan dimainkan sendiri oleh siswa, sesuai tugas dari guru. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif atau Collaborative Classroom Action Research. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa rata - rata skor hasil belajar menggunakan media kartu bilangan adalah 92 dari skor ideal 100. Skor tertinggi yang dicapai murid adalah 100 dan skor terendah 60, dengan standar yang berarti bahwa skor hasil belajar matematika murid pada Posttest kelas II SD Babusasalam tersebar dari skor terendah 60 sampai skor . sedangkan hasil Pretest dari 25 murid kelas II SD Plus Babussalam pada umumnya memiliki tingkat hasil belajar dalam kategori rendah dengan skor rata - rata 12 dari skor ideal 100. tertinggi 100. Maka penggunaan kartu bilangan pada mata pelajaran bahasa inggris materi penjumlahan 1-10 efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8