cover
Contact Name
Ririh Anggraini Setyahety
Contact Email
wiryakarya@unipma.ac.id
Phone
+6281231355643
Journal Mail Official
ririh@unipma.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya"
ISSN : -     EISSN : 28279336     DOI : 10.25273
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat "Wiryakarya" adalah jurnal pengabdian masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan kewirausahaan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 02 (2024)" : 9 Documents clear
PENGUATAN JIWA ENTERPRENEUR PADA PENGUSAHA MUDA DALAM MENJAGA KEBERLANJUTAN USAHA Moh. Ubaidillah; Anny Widiasmara; Juli Murwani; Abd. Rohman Taufiq
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20586

Abstract

Pengusaha di Indonesia tergolong belum memenuhi standar karena pendapatan perkapita masih rendah jika di bandingkan dengan negara maju. Salah satu contoh pengusaha muda di kota Madiun, berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa entrepreneur belum memebuh standar. Hal ini dikarenakan pengetahuan jiwa entrepreneur dan manajemen usaha masih belum memahami. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan materi tersebut. Tujaun pengabdian kepada masyarakat ini adalah memahami jiwa entrepreneur dan manajemen usaha. Metode yang dilakukan dalam Pengabdian Kepada Masayarat ini melalui beberapa tahap, yaitu persiapan, penyusunan materi, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan (Identifikasi masalah, survey lapangan, tinjauan pustaka, penyusunan materi, pelaksanaan kegiatan dan laporan pelaksanaan. Peserta kegiatan ini adalah pengusaha muda di kota Madiun. Berdasarkan pengamatan, wawancara dan melakukan tanya jawab kepada perserta selama kegiatan berlangsung, kegiatan ini memberikan hasil yaitu memberi motivasi dan semangat kepada para pengusaha muda untuk menjalan usahanya, meningkatkan kreativitas dan inovasi khususna memberi pengatahuan tentang pentingnya keberlanjutan usaha.Kata Kunci: Jiwa Entrepreneur, Manajemen Usaha Keberlanjutan Usaha.
PERSEPSI ISTILAH "GREEN" DALAM GREEN FINANCIAL DAN GREEN FINTECH PADA UMKM BUMI SEMENDUNG Liliek Nur Sulistiyowati
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20649

Abstract

Lapak UMKM Bumi Semendung di Kelurahan Klegen, Kota Madiun, merupakan inovasi dalam pengembangan ekonomi lokal melalui konsep pariwisata dan inklusi komunitas. Dikelola oleh Paguyuban Bumi Semendung, lapak ini mengintegrasikan elemen wisata kuliner dengan spot selfie menarik di tengah area persawahan. Studi ini mengeksplorasi dampak positif lapak terhadap perekonomian lokal, didukung dengan dana dari pemerintah setempat untuk peningkatan infrastruktur taman wisata. Fokusnya juga meliputi adaptasi UMKM terhadap Green Financial dan Green Fintech, menjelaskan pentingnya digitalisasi dalam meningkatkan efisiensi operasional dan akses terhadap modal hijau. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi dan manfaat praktik keuangan berkelanjutan bagi UMKM dalam konteks pengembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.Kata Kunci : Green Financial, Green Fintech, UMKM.
PEMASARAN PRODUK: PENINGKATAN PACKAGING DAN LABELING PADA UMKM ANGGOTA UP2K PKK DESA TIRON KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN Yolanda Dhamayanti; Rihan Mustafa Zahri; Theresia Budi Sucihati; Agnia Henryeta Andika Putri
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20587

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada anggota UMKM UP2K PKK Desa Tiron Kecamtan Madiun Kabupaten Madiun terkait pemasaran produk dengan meningkatkan packaging dan labeling. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Participation Action Research (PAR). Secara umum tahapan metode Participation Action Research (PAR) terangkum ke dalam tahapan yang dimulai dari tahap observasi, perumusan masalah, kemudian dilanjut dengan rencana aksi dan tahap tindakan atau pelaksanaan program. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para pelaku UMKM mendapatkan wawasan baru mengenai packaging dan labeling, dengan adanya kegiatan tersebut UMKM menjadi lebih percaya diri dalam memasarakan produknya.Kata Kunci : Pemasaran Produk, Packaging, Labeling, UMKM.
PELATIHAN KEPEMIMPINAN BISNIS DAN PENDAMPINGAN LAPORAN KEUANGAN PENDUKUNG KEWIRAUSAHAAN PADA KOPERASI MAHASISWA “NIRWASITA” Nik Amah; Richo Diana Aviyanti; M. Agus Sudrajat; Maya Novitasari
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20651

Abstract

Kinerja suatu unit usaha akan sangat dipengaruhi oleh pengelolaan Sumber Daya Manusia dan sumber daya finansial dalam unit usaha tersebut. Organisasi berharap banyak akan peningkatan produktifitas kerja anggotanya yang terealisasi melalui pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan kewajiban dengan baik sesuai Standar Operasional Prosedur terkait. Koperasi Mahasiswa “Nirwasita” merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkup Universitas PGRI Madiun yang menampung aspirasi minat bakat mahasiswa di bidang koperasi dan kewirausahaan dengan asas kekeluargaan dan kegotongroyongan. Kopma “Nirwasita” beranggotakan seluruh mahasiswa S1 yang terdaftar di Universitas PGRI Madiun, serta dengan pengurus aktif dipilih dan disahkan setiap 1 tahun sekali. Pergantian kepengurusan Kopma “Nirwasita” setiap 1 tahun sekali ini menjadi alasan munculnya pemimpin-pemimpin baru yang akan mengelola organisasi, sehingga diperlukan upgrading pengetahuan serta motivasi di bidang kepemimpinan bisnis (business leadership). Di saat yang sama, pemimpin serta pengurus Kopma “Nirwasita” juga memerlukan pendukung kapabilitas berupa kemampuan memahami laporan keuangan koperasi. Kegiatan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan ini sebagai solusi atas urgensi keperluan upgrading pengetahuan pemimpin dan pengurus baru Kopma “Nirwasita”. Kegiatan dilaksanakan secara offline dengan metode pemaparan konsep, pendampingan dan praktik yang melibatkan tim abdimas 4 orang dosen dan peserta berjumlah 33 mahasiswa yang menjabat kepengurusan baru Kopma “Nirwasita”. Pemaparan konsep dan praktik dilaksanakan selama 2 kali pertemuan, sedangkan pendampingan laporan keuangan serta pemantauan perubahan sikap kepemimpinan selama 2 minggu berikutnya secara intens. Hasil kegiatan yaitu peningkatan pemahaman tentang sikap kepemimpinan sebesar 27 poin dari sebelum kegiatan, pemahaman penyajian laporan keuangan naik 35 poin, dan perubahan sikap kepemimpinan. Saran praktis bagi Kopma “Nirwasita”, agar meng-upgrade sikap kepemimpinan bisnis dan pemahaman laporan keuangan untuk mendukung kinerja organisasi.Kata Kunci: Kepemimpinan Bisnis, Laporan Keuangan, Koperasi Mahasiswa, Pelatihan, Pendampingan.
SOSIALISASI PENGUATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA Erma Wulan Sari; Aliffianti Safiria Ayu Ditta; Ahmad Nur Aziz; Wahyuning Diah
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20588

Abstract

UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki persentase serta kontribusi yang besar di Indonesia. Maka sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan kelompok UMKM. Kegiatan pengabdian masayarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman dan pengetahuan kepada pelaku UMKM di Desa Tiron tentang pentingnya peran UMKM dalam membantu ekonomi keluarga, serta memberikan pengetahuan tentang strategi bersaing di pasar dengan memberikan penyuluhan terkait pembuatan laporan keuangan yang benar, cara melakukan pengemasan produk yang berinovasi dan menarik. Manfaat yang akan diperoleh dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini yaitu para pelaku UMKM di desa Tiron akan lebih tergerak dalam mengembangkan kegiatan usaha serta memahami cara membuat laporan keuangan yang benar, pengemasan produk yang menarik dan berinovasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas usahanya.Kata Kunci: Sosialisasi, Penguatan, Pelaku UMKM.
PENDAMPINGAN DIGITALISASI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM SAMBEL PECEL ASLI SELO MADIUN Karuniawati Hasanah; Tiffany Aulia Widjaya; Salas Fatkur Rohman Afif
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20717

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk Sambel Pecel Asli Selo di Kota Madiun melalui strategi bisnis digital. Mitra utama kegiatan ini adalah Bapak Ridho Nur Wijaya, pemilik home industry Sambel Pecel Madiun Asli Selo. Saat ini, mitra menghadapi beberapa kendala dalam pemasaran, termasuk keterbatasan informasi produk, minimnya penetrasi pasar, dan absennya keberadaan toko online. Dalam pendampingan ini, dilakukan pembaharuan melalui bisnis digital dengan memberikan materi tentang pentingnya desain kemasan, optimalisasi penggunaan media sosial, arahan dalam menentukan strategi pemasaran, dan bantuan dalam membuat akun online shop. Tiga varian rasa sambel pecel dipasarkan, mulai dari pedas, sedang, hingga ekstra pedas. Pemasaran dilakukan melalui Instagram dan reseller, tetapi informasi produk seringkali tidak akurat dan kalah saing dari reseller. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan dampak positif terhadap mitra, di mana materi-materi bisnis digital mengubah cara mitra memasarkan produk. Setelahnya, mitra dapat mempelajari pengelolaan keuangan untuk kelangsungan aktivitas penjualan produk. Pendampingan ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, bagi mitra dalam mengembangkan pemasaran melalui media sosial, dan bagi masyarakat untuk dapat mengakses produk secara lebih luas. Perguruan Tinggi juga mendapatkan peluang untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan UMKM sebagai tempat pengabdian mahasiswa.Kata Kunci: Bisnis Digital, Pemasaran, Sambel Pecel, UMKM, Pendampingan Masyarakat.
LITERASI PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA GIRIPURNO KABUPATEN MAGETAN Ririh Anggraini Setyahety; Rollis Ayu Ditasari; Indra Ayu Fatmala
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20589

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan keuangan yang baik serta bagaimana membuat pembukuan sederhana sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, peningkatan kemampuan masyarakat dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan, kemampuan dalam menyusun penganggaran keuangan pribadi dan keluarga dengan tepat. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa survey/ observasi situasi masyarakat, edukasi/ ceramah penyuluhan, diskusi dan tanya jawab serta tutorial pembuatan pembukuan sederhana. Perencanaan atau pengelolaan keuangan dilakukan dengan mencatat berapa jumlah pendapatan, jumlah pinjaman atau utang, berapa pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulannya, dan aktivitas keuangan lainnya. Keberlanjutan kegiatan untuk membantu memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang nantinya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau rumah tangga.Kata Kunci: Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan.
POTENSI CUAN DIGITAL MARKETING: PENDAMPINGAN BAGI BUMDES “KARYA MULYA SOBONTORO” KABUPATEN MAGETAN Heidy Paramitha Devi; Andri Wahyu Utomo
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20585

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan tentang digital marketing bagi pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka membantu para pengelola BUMDes untuk mengembangkan pemasaran secara digital atau online dalam memasarkan produk. Bentuk pengabdian ini dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dengan metode pemberian materi secara ceramah, pemberian contoh studi kasus, diskusi, praktek langsung serta pendampingan langsung ke pengelola BUMDes. Metode Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), melakukan kegiatan untuk membantu menyelesaikan kesulitan yang di hadapi BUMDes Karya Mulya Sobontoro. Hasil pengabdian masyarakat menyatakan pengelola BUMDes mampu memahami dan mendapatkan pelatihan tetang digital marketing. Hasil pengabdian ini memberikan kontribusi bagi pengelola BUMDes dalam melakukan pemasaran terutama dalam menggunakan media online yang menyesuaikan era kemajuan teknologi.Kata Kunci: BUMDes, digital marketing, Kabupaten Magetan.
PEMBERDAYAAN INOVASI DAN PEMASARAN UMKM NASI BAKAR PAK GOPAL Dwi Murniyati; Metik Asmike; Dedy Richi Rizaldy; Hendra Setiawan; Dino Riyadi Hermawan; Ayu Nur Rachmawati; Ardita Nafia Rachmawardani
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 3, No 02 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v3i02.20590

Abstract

Pendampingan UMKM sebagai wujud dukungan terhadap usaha mikro kecil dan menengah untuk bertumbuh dan mencapai titik berdaya. Tujuan pengembangan UMKM tidak hanya menyejahterakan pelaku usaha saja namun dalam perkembangan lebih lanjut dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Proses menuju tahap tersebut harus diawali dengan memperkuat masing-masing UMKM secara tata kelola internal dapat memberikan dampak ekonomi bagi pelaku usaha. Pada pendampingan UMKM Nasi Bakar “Pak Gopal” melalui optimalisasi penggunaan digital marketing sebagai bagian strategi pemasaran. Pendampingan ini berfokus pada menjangkau konsumen lebih luas melalui optimalisasi penggunaan sarana sosial media marketing dan penjualan melalui platform online seperti Go Food pada aplikasi Gojek. Dengan mempertahankan kualitas produk dan menjaga konsistensi dalam setiap hidangan UMKM Nasi Bakar “Pak Gopal” dapat mempertahankan pelanggan dalam pasar yang lebih luas.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Sosial Media Marketing.

Page 1 of 1 | Total Record : 9