cover
Contact Name
Siti Mutholingah
Contact Email
siti.mutholingah89@gmail.com
Phone
+6285731759907
Journal Mail Official
siti.mutholingah89@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cengger Ayam No. 24 Tulusrejo, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education (AJMIE)
ISSN : -     EISSN : 27744639     DOI : 10.32478
Core Subject : Education,
Tafsir Tarbawi, Hadith Tarbawi, Studies of Islamic Education, Studies of Sufism, Science of Islamic Education, Philosophy of Islamic Education, Management of Islamic Education, Evaluation of Islamic Education, Curriculum Development of Islamic Education, Learning and Teaching Strategies, Modern Education Problems and Multidisciplinary Islamic Education
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember" : 9 Documents clear
Pemikiran Pendidikan Islam Al-Kindi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer Dila Pelina Putri
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.1997

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi pemikiran Al-Kindi yang berkaitan dengan pendidikan Islam, dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif berbasis studi pustaka. Sumber data primernya adalah buku karya George N. Atiyeh yang berjudul Al-Kindi: The Philosopher of the Arabs yang sudah diterjemahkan oleh Kasidjo Djojosuwarno. Temuan artikel adalah: Pertama, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat ketuhanan, berimplikasi pada asas pertama rumusan kurikulum pendidikan Islam kontemporer adalah asas ketuhanan. Kedua, Pemikiran Al-Kindi tentang relasi filsafat dan agama, berimplikasi pada model pendidikan Islam kontemporer yang berparadigma integrasi-interkoneksi sains dan agama. Ketiga, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat manusia, berimplikasi pada upaya penciptaan umat muslim yang mampu mengaktualisasikan potensi pikirnya dan mampu merealisasikan akalnya dalam perbuatan nyata, bukan hanya pandai dalam teori.
Pemikiran Pendidikan Islam Al-Kindi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer Dila Pelina Putri
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.1997

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi pemikiran Al-Kindi yang berkaitan dengan pendidikan Islam, dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif berbasis studi pustaka. Sumber data primernya adalah buku karya George N. Atiyeh yang berjudul Al-Kindi: The Philosopher of the Arabs yang sudah diterjemahkan oleh Kasidjo Djojosuwarno. Temuan artikel adalah: Pertama, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat ketuhanan, berimplikasi pada asas pertama rumusan kurikulum pendidikan Islam kontemporer adalah asas ketuhanan. Kedua, Pemikiran Al-Kindi tentang relasi filsafat dan agama, berimplikasi pada model pendidikan Islam kontemporer yang berparadigma integrasi-interkoneksi sains dan agama. Ketiga, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat manusia, berimplikasi pada upaya penciptaan umat muslim yang mampu mengaktualisasikan potensi pikirnya dan mampu merealisasikan akalnya dalam perbuatan nyata, bukan hanya pandai dalam teori.
Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran pada Bimbel Global Educare Sangatta Kutai Timur Marsela Yulianti; Eka Widyanti; Samsina Samsina
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2039

Abstract

Artikel ini membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada Bimbingan Belajar (Bimbel) Global Educare yang berlokasi di Kec. Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Tujuannya memperkaya informasi tentang evaluasi pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan nonformal seperti Bimbel, sehingga dapat dijadikan sebagai data pembanding bagi evaluasi pembelajaran di lembaga formal seperti sekolah. Temuan artikel ini adalah: Pertama, evaluasi pembelajaran pada Bimbel Global Educare belum memenuhi standar ideal evaluasi pembelajaran pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun ruang lingkup kompetensi yang dijadikan sasaran evaluasi. Kedua, evaluasi pembelajaran pada Bimbel Global Educare sudah memenuhi jenis evaluasi formatif dan sumatif, serta memenuhi standar pengawasan secara langsung dan secara tidak langsung.  
Nilai-Nilai Pendidikan pada Materi Hubb Al-Dunya dalam Buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah Rizal Wicaksono; Siti Mutholingah
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2057

Abstract

Artikel ini menganalisis materi Hub al-Dunya (cinta dunia) dalam Buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah terbitan Direktorat KSKK Madrasah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Artikel ini disusun menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Temuan artikel adalah: Pertama, Buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah memuat materi bahasan tentang Hub al-Dunya yang memenuhi standar kelengkapan, keluasan, dan kedalaman materi sebagaimana yang tertuang pada Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 dan 184 tahun 2019. Indikatornya, muatan materi Hub al-Dunya memenuhi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Kedua, nilai-nilai pendidikan akidah dalam materi bahasan Hub al-Dunya adalah fokus pada kehidupan akhirat, tidak menjual agama demi kepentingan dunia, dan bergegas beramal shalih sebelum timbul fitnah. Ketiga, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam materi bahasan Hub al-Dunya adalah gaya hidup sadar halal, menghindari sifat kikir dan tamak terkait dunia.   
Nilai-Nilai Pendidikan pada Materi Hubb Al-Dunya dalam Buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah Rizal Wicaksono; Siti Mutholingah
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2057

Abstract

Artikel ini menganalisis materi Hub al-Dunya (cinta dunia) dalam Buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah terbitan Direktorat KSKK Madrasah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Artikel ini disusun menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Temuan artikel adalah: Pertama, Buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah memuat materi bahasan tentang Hub al-Dunya yang memenuhi standar kelengkapan, keluasan, dan kedalaman materi sebagaimana yang tertuang pada Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 dan 184 tahun 2019. Indikatornya, muatan materi Hub al-Dunya memenuhi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Kedua, nilai-nilai pendidikan akidah dalam materi bahasan Hub al-Dunya adalah fokus pada kehidupan akhirat, tidak menjual agama demi kepentingan dunia, dan bergegas beramal shalih sebelum timbul fitnah. Ketiga, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam materi bahasan Hub al-Dunya adalah gaya hidup sadar halal, menghindari sifat kikir dan tamak terkait dunia.   
Problematika dalam Manajemen Pendidikan Islam Muh. Ulil Abror; A. Qomarudin
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2058

Abstract

Artikel ini mengulas problematika manajemen yang sering terjadi pada lembaga pendidikan Islam, berdasarkan metode studi pustaka. Temuan artikel menunjukkan bahwa problem manajemen yang dihadapi lembaga pendidikan Islam terbagi menjadi dua kategori, yaitu problem klasik dan kontemporer. Artikel ini mengulas empat contoh problematika manajemen pendidikan Islam, yaitu problem manajemen kepemimpinan, stakeholder, pembelajaran dan problem manajemen kontemporer. Sedangkan alternatif solusi yang ditawarkan adalah: Pertama, mengubah manajemen kepemimpinan yang bersifat al-zhulumat, menjadi manajemen kepemimpinan yang bersifat al-nur, melalui penerapan gaya kepemimpinan resonan dan transformasional. Kedua, menjalin pertemuan kelompok, individu dan publikasi lembaga secara intensif, agar hubungan lembaga pendidikan Islam dengan stakeholder semakin harmonis. Ketiga, menggiatkan berbagai pelatihan dan workshop, seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan kualitas guru yang bertanggung-jawab dalam manajemen pembelajaran. Keempat, memadukan tujuan pragmatis dan idealis, agar lembaga pendidikan Islam semakin diminati oleh masyarakat, namun tidak mengabaikan substansi dan esensi ajaran Islam.
Problematika dalam Manajemen Pendidikan Islam Muh. Ulil Abror; A. Qomarudin
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2058

Abstract

Artikel ini mengulas problematika manajemen yang sering terjadi pada lembaga pendidikan Islam, berdasarkan metode studi pustaka. Temuan artikel menunjukkan bahwa problem manajemen yang dihadapi lembaga pendidikan Islam terbagi menjadi dua kategori, yaitu problem klasik dan kontemporer. Artikel ini mengulas empat contoh problematika manajemen pendidikan Islam, yaitu problem manajemen kepemimpinan, stakeholder, pembelajaran dan problem manajemen kontemporer. Sedangkan alternatif solusi yang ditawarkan adalah: Pertama, mengubah manajemen kepemimpinan yang bersifat al-zhulumat, menjadi manajemen kepemimpinan yang bersifat al-nur, melalui penerapan gaya kepemimpinan resonan dan transformasional. Kedua, menjalin pertemuan kelompok, individu dan publikasi lembaga secara intensif, agar hubungan lembaga pendidikan Islam dengan stakeholder semakin harmonis. Ketiga, menggiatkan berbagai pelatihan dan workshop, seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan kualitas guru yang bertanggung-jawab dalam manajemen pembelajaran. Keempat, memadukan tujuan pragmatis dan idealis, agar lembaga pendidikan Islam semakin diminati oleh masyarakat, namun tidak mengabaikan substansi dan esensi ajaran Islam.
Analisis Strategi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MIT Ar-Roihan Lawang Malang Abd. Azis Tata Pangarsa; Hanis Ratnasari; Imam Sabaroddin
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2078

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam konteks implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Ar-Roihan yang berlokasi di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, jenis deskriptif dan penelitan lapangan (field research). Ada tiga temuan artikel. Pertama, strategi pembelajaran PAI di MIT Ar-Roihan sudah memenuhi standar implementasi Kurikulum 2013, sebagaimana tercermin pada beberapa indikator, seperti kelengkapan perangkat pembelajaran dan penerapan pendekatan, strategi dan model pembelajaran khas Kurikulum 2013. Kedua, Kelebihan penerapan strategi pembelajaran PAI di MIT Ar-Roihan, sesuai standar implementasi Kurikulum 2013, seperti guru yang lebih kreatif, pembelajaran yang lebih aktif, dan peserta didik yang menguasai kompetensi afektif, kognitif dan psikomotorik, berdasarkan penilaian autentik. Ketiga, kendala yang dialami MIT Ar-Roihan dalam implementasi Kurikulum 2013, terkait kurangnya media pembelajaran dan sarana-prasarana yang relevan, konten materi yang terlalu berat bagi siswa, sistem penilaian yang rumit bagi guru.  
Analisis Strategi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MIT Ar-Roihan Lawang Malang Abd. Azis Tata Pangarsa; Hanis Ratnasari; Imam Sabaroddin
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/ajmie.v4i2.2078

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam konteks implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Ar-Roihan yang berlokasi di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, jenis deskriptif dan penelitan lapangan (field research). Ada tiga temuan artikel. Pertama, strategi pembelajaran PAI di MIT Ar-Roihan sudah memenuhi standar implementasi Kurikulum 2013, sebagaimana tercermin pada beberapa indikator, seperti kelengkapan perangkat pembelajaran dan penerapan pendekatan, strategi dan model pembelajaran khas Kurikulum 2013. Kedua, Kelebihan penerapan strategi pembelajaran PAI di MIT Ar-Roihan, sesuai standar implementasi Kurikulum 2013, seperti guru yang lebih kreatif, pembelajaran yang lebih aktif, dan peserta didik yang menguasai kompetensi afektif, kognitif dan psikomotorik, berdasarkan penilaian autentik. Ketiga, kendala yang dialami MIT Ar-Roihan dalam implementasi Kurikulum 2013, terkait kurangnya media pembelajaran dan sarana-prasarana yang relevan, konten materi yang terlalu berat bagi siswa, sistem penilaian yang rumit bagi guru.  

Page 1 of 1 | Total Record : 9