cover
Contact Name
Laili Dimyati
Contact Email
lailidimyati@lembahdempo.ac.id
Phone
+62 82371405765
Journal Mail Official
srahayu2119@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kol M. Nuh Jembatan Beringin Pagar Alam Sumatera Selatan Phone. 0730-624445 | Mobile. 08117104411
Location
Kota pagar alam,
Sumatera selatan
INDONESIA
Ekonomia
ISSN : 18582451     EISSN : 29643503     DOI : https://doi.org/10.54342/itbis-e
Core Subject : Economy, Science,
Ekonomia adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Ekonomia diterbitkan dua kali selama satu tahun, yaitu pada februari dan juli. Ekonomia bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang ilmu ekonomi dan bisnis, ilmu manajemen dan ilmu akuntansi. Penyebarluasan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dalam praktik secara nyata oleh stakeholder terkait dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan untuk tujuan pendidikan dan pengembangan ekonomi. Ekonomia adalah jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang manajemen, akuntansi, dan pembangunan ekonomi. Redaksi menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini seperti: Manajemen keuangan, Manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen syariah, akuntansi umum, akuntansi pemerintahan, perencanaan pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi industri dan bisnis ekonomi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2021): Juli" : 7 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI DAN MORAL KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN SELUMA Deli Efrianto; Eska Prima Monique Damarsiwi; Tito Irwanto
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.162

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni buat mengenali pengaruh motivasi serta moral kerja terhadap kinerja pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Seluma. Ilustrasi dalam riset ini 38 orang ASN pada Badan Pengelolaan Keuangan Wilayah Kabupaten Seluma. Pengumpulan informasi memakai kuesioner dan analisis yang digunakan ialah regresi linier berganda, koefisien determinan serta uji parsial dan simultan. Hasil analisis regresi menampilkan Y= 7, 432+ 0, 325X1+ 0, 523 X2, perihal ini menggambarkan arah regresi yang positif, maksudnya terdapat pengaruh yang positif antara X1 motivasi) serta X2 (moral kerja) terhadap kinerja( Y). Berarti kalau apabila variabel motivasi serta moral kerja bertambah sehingga bakal meningkatkan kinerja. Besarnya nilai koefesien determinasi yakni 0, 570.Perihal ini berarti bahwa X1( motivasi) serta X2 (moral kerja) mempengaruhi terhadap kinerja(Y) sebesar 57% sebaliknya sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel- variabel yang lain yang tidak diteliti dalam riset ini. Hasil uji hipotesis secara parsial( uji t) ataupun secara terpisah dapat dilihat bahwa pengaruh motivasi terhadap kinerja memiliki nilai signifikan sebesar 0, 025<0, 05, pengaruh moral kerja terhadap kinerja mempunyai nilai signifikan sebesar 0, 001<0, 05. Maka dapat disimpulkan secara parsial variabel motivasi dan moral kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja. pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Seluma. Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) atau secara bersama-sama memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Artinya variabel motivasi dan moral kerja memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Seluma.
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PADA USAHA KERAJINAN TANGAN (HANDICRAFT) DISENTRA PRODUKSI RUMAH TANGGA KOTA PALEMBANG Januar Ida Wibowati; Nasrullah Nasrullah
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.164

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui secara parsial dan Simultan pengaruh marketing mix (bauran pemasaran) terhadap usaha kerajinan tangan (handicraft) disentra produksi rumah tangga kota Palembang dan Untuk mengetahui pengaruh yang dominan di antara variabel marketing mix (bauran pemasaran) yang mempengaruhi usaha kerajinan tangan (handicraft) disentra produksi rumah tangga kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif, dengan mewawancara, memberikan kuesioner, dan mengobservasi orang dan fenomena adalah tiga metode pengumpulan data yang utama dalam penelitian survei. Metode penelitian ini menggunakan objek penelitian Konsumen yang membeli handicraft Palembang yang berlokasi di Komplek Maskrebet Jln.Sedap Malam I Blok B.18 No.18 Palembang yaitu di“Yun Din Collection” Dalam melakukan penelitian agar tidak menyimpang dari permasalahan yang ada maka penulis menitikberatkan pembahasan pada pengaruh entrepreneut terhadap pengembangan UKM pada usaha kerajinan tangan (handicraft) di sektor produksi rumah tangga kota Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik dari segi teoritis maupun praktis. Dalam Teoritis Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai perkembangan Usaha untuk kepentingan penelitian di masa yang akan datang dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan tema yang sejenis. Sedangkan manfaat Praktis Bagi pengusaha, Penelitian ini diharapkan pengusaha dapat mengembangkan usahanya dengan baik dan dapat menerapkan bauran pemasaran dengan baik. Bagi Pengambil Kebijakan (Dinas UMKM) Penelitian ini diharapkan sebagai referensi dalam mengambil keputusan untuk memajukan Usaha kerajinan tangan (handicraft) disentra produksi rumah tangga kota Palembang
PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS UKM SELERAKU BANJARNEGARA) Sarno Sarno; Fanny Tri Raditya
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.165

Abstract

Tujuan penelitian adalah; a) mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran; b) mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi bauran pemasaran keripik pisang dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (Penelitian Aksi Partisipatif) yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis bauran pemasaran dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; a) Penerapan strategi bauran pemasaran meliputi strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi; b) faktor kekuatan meliputi bahan baku melimpah, motivasi usaha kuat, merk dagang, P-IRT, halal, kualitas produk, dan tingkat keterampilan. Faktor kelemahan seperti akses pemasaran, kerjasama pemasaran, jaringan distribusi, tingkat adopsi teknologi, dan permodalan; c) faktor yang menjadi peluang meliputi diversifikasi produk, pemasaran online, kebutuhan konsumen, pasar ekspor, dan pengembangan usaha. Faktor ancamannya perubahan selera konsumen, persaingan pasar bebas, kebijakan impor, produk sejenis di pasar, dan produk substitusi; d) posisi perusahaan berada pada Kuadran I progresif yang berarti perusahaan dalam kondisi baik dan mantap. Strategi pengembangan bauran pemasaran yang dapat dilakukan adalah mamanfaatkan keberadaan bahan baku melimpah disertai adanya motivasi kuat, merk dagang, P-IRT, halal, kualitas produk, tingkat keterampilan, untuk mengembangkan usaha dan memperluas pasar ekspor dengan cara meningkatkan diversifikasi produk secara maksimal. Hasil produknya dapat dipasarkan secara online sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen
PENGARUH TULISAN PERINGATAN KESEHATAN “HEALTH WARNING” DI KEMASAN PRINGLES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Muhammad Haris Saputra
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.166

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari tulisan peringatan kesehatan “health warning” yang ada di kemasan pringles terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif data dikumpulkan melalui survei online kepada responden, dalam penentuan sampel menggunakan metode convenience sampling dimana metode ini membolehkan siapa saja yang akan menjadi responden tanpa ada kriteria tertentu, didapatlah total responden berjumlah 66 responden. Hasil dari penelitian ini adalah rata rata konsumen tidak mengetahui bahwa ada tulisan peringatan kesehatan di kemasan pringles sehingga tulisan Peringatan kesehatan tidak mempengaruhi konsumen untuk membeli pringles, responden mengetahui ada tulisan peringatan kesehatan ketika mengisi kuesioner. Setelah mengetahui ada tulisan peringatan kesehatan konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli pringles. Pringles sudah menerapkan aturan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan. Saran yang diberikan penulis kepada pringles adalah menyampaikan kepada konsumen bahwa sudah memberikan peringatan kesehatan di kemasan. Karena ketika sudah memberikan tulisan peringatan kesehatan tetapi konsumen tidak tau tentu tidak akan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk pringles.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI UPTD PUSKESMAS BANDAR KOTA PAGAR ALAM Yesita Astarina; Deki Fujiansyah; Ruaman Yudianto
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.167

Abstract

The aims of this study were 1) to determine the effect of BPJS Health service quality on outpatient satisfaction at UPTD Bandar Kota Pagar Alam Health Center, 2) to determine the relationship between BPJS Health service quality and outpatient satisfaction at UPTD Puskesmas Bandar Kota Pagar Alam. The research method used is associative research type. Primary data were obtained from questionnaires distributed to 96 respondents who were outpatients at the UPTD Puskemas Bandar Kota Pagar Alam. Secondary data was obtained through literature study (relevant books and literature) and agency internal data. The indicators used were obtained from this study, namely the dimensions of BPJS Service Quality (X) and the dimensions of Patient Satisfaction (Y). Based on the results of the analysis of research that has been done, that the correlation calculation in this study, the effect of service quality (X) on patient satisfaction (Y) the correlation value of 0.608 means that there is a correlation value in a strong level and a positive sign on the correlation coefficient indicates a unidirectional relationship between quality service (X) with patient satisfaction variable (Y) at UPTD Puskesmas Bandar Kota Pagar Alam. There is an influence of service quality on patient satisfaction of UPTD Puskesmas Bandar Kota Pagar Alam. Based on this statement, it means that Ha can be accepted.
PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 8 PAGAR ALAM Yulia Misrania; Ahmad Feriyansyah; Herma Diana
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.168

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 8 Pagar Alam. Populasi dalam penelitian ini sedikit dan kurang dari 100 orang. Maka teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah 47 orang guru SMP Negeri 8 Pagar Alam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 8 Pagar Alam.
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DUTA ELEKTRONIK KOTA PAGAR ALAM Zulaiha Zulaiha; Yadi Maryadi; Mastriati Hini Hermala Dewi
Ekonomia Vol. 11 No. 2 (2021): Juli
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54342/stie-je.v11i2.169

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan analisis keputusan pembelian konsumen pada Duta Elektronik Kota Pagar Alam. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 90 responden yang merupakan konsumen Duta Elektronik Pagar Alam serta data wawancara langsung pada objek penelitian. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan (buku -buku dan literatur yang relevan) dan data internal instansi. Adapun indikator yang digunakan diperoleh dari penelitian ini yaitu dimensi perilaku konsumen yang terdiri dari 1) Pengenalan masalah, 2) Pencarian informasi, 3) Evaluasi alternatif, 4) Keputusan pembelian produk dan 5) Perilaku pasca pembelian produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu Dari hasil penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu pada proses pengambilan keputusan pembelian produk Duta Elektronik Pagar Alam memiliki 5 tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Pada tahap pengenalan kebutuhan, motivasi utama konsumen ingin membeli produk Duta Elektronik Pagar Alam adalah harga yang terjangkau, dan manfaat utama yang diinginkan adalah sebagai kebutuhan rumah tangga. Pada tahap pencarian informasi, sumber utama informasi konsumen adalah keluarga dan lainnya (informasi saat berada di toko), dan fokus perhatian konsumen adalah harga. Pada tahap evaluasi alternatif, kebanyakan konsumen memilih harga dan kualitas sebagai dasar pertimbangan saat akan membeli produk dan menjadi prioritas utama konsumen dalam melakukan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7