cover
Contact Name
ida marina
Contact Email
idamarina@unma.ac.id
Phone
+6283816287144
Journal Mail Official
idamarina@unma.ac.id
Editorial Address
Jl.K.H.Abdul Halim No.103 Majalengka
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Sustainable Agribusiness
Published by Universitas Majalengka
ISSN : -     EISSN : 28306422     DOI : https://doi.org/10.31949/jsa.
Journal of Sustainable Agribusiness (JoSA) is a journal that contains articles from the results of research studies covering the field of agricultural science which includes the agribusiness sector which has passed the review process and it is confirmed that the review process is a double blind review. Published by the Faculty of Agriculture, Majalengka University and managed by the Faculty of Agriculture, Majalengka University. JoSA represents the results of research work produced by students and lecturers of the Faculty of Agriculture, UNMA. The research focuses on regional superior products including gedong gincu mango, shallots and processed agricultural products. JoSA is published twice a year, where each volume consists of two numbers, published in June and December.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023)" : 5 Documents clear
EVALUASI PROGRAM YOUTH ENTREPRENEURSHIP AND EMPLOYMENT SUPPORT SERVICES (YESS) DI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN WARUNGKONDANG: EVALUATION PROGRAM YOUTH ENTREPRENEURSHIP AND EMPLOYMENT SUPPORT SERVICES (YESS) IN WARUNGKONDANG SUB-DISTRICT AGRICULTURAL EXTENSION CENTER Ida Daminih; Rosda Malia; Adang Suryana; Fakhri Syarif
Journal of Sustainable Agribusiness Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsa.v2i1.4772

Abstract

Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan salah satu program nasional untuk mengatasi permasalahan regenerasi petani yang dihadapi. Kecamatan Warungkondang merupakan salah satu kecamatan yang melaksanakan program YESS. Keberhasilan program YESS di BPP Kecamatan Warungkondang sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen seluruh pemangku kepentingan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, maupun monitoring dan evaluasi dari tingkat pusat sampai daerah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan program YESS di BPP Kecamatan Warungkondang dan mengetahui tingkat keberhasilan program YESS di BPP Kecamatan Warungkondang. Penelitian ini dilaksanakan di BPP Kecamatan Warungkondang, dilakukan sejak Bulan Januari sampai Bulan Juni 2022. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pelaksanaan program YESS di BPP Kecamatan Warungkondang dinilai baik. (2) tingkat keberhasilan program YESS sebesar 71% termasuk dalam kategori baik.
Optimisasi Pasokan Dalam Usaha Hidroponik Di Titik Tanam Minimal: Supply Optimization In Hydroponic Business At Minimum Planting Point Nur Suciati Ramadan; Muhammad Fahrudin; Ida Marina; Sri Ayu Andayani
Journal of Sustainable Agribusiness Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsa.v2i1.5165

Abstract

Penjualan sayuran hidroponik di Saung Hidroponik Wa Adi mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Pendapatan pemilik Saung Hidroponik juga menjanjikan, dengan kisaran antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi efektif guna memaksimalkan pasokan sumber daya dalam usaha hidroponik dengan keterbatasan titik tanam.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 14 orang, termasuk pemilik dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dan inovasi dalam budidaya hidroponik memiliki nilai rata-rata antara 3,1 hingga 3,5, yang mengindikasikan kategori tinggi. Artinya, pernyataan tersebut memiliki pengaruh yang paling signifikan. Media sosial seperti WhatsApp dan Facebook juga memiliki pengaruh besar terhadap penjualan sayuran hidroponik. Penjualan maksimal dapat tercapai dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas.
Analisis Efisiensi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usahatani Ubi Jalar ( Ipomoea batatas L. ) Di Kelompok Tani Tunas Rahayu Desa Sukaperna Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka: Factors Affecting Sweet Potato ( Ipomoea batatas L. ) Farming In Sukaperna Village Talaga District Majalengka Regency Karina Agisni Widyastuti; Memey Imelda; Dinar Dinar; Sri Umyati
Journal of Sustainable Agribusiness Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsa.v2i1.5170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produksi usahatani ubi jalar dan tingkat efisiensi produksi usahatani ubi jalar dan untuk menganalisis tingkat efisiensi penggunaan factor-faktor produksi usahatani ubi jalar di Kelompok Tani Tunas Rahayu. luas lahan berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap peningkatan produksi pada usahatani ubi jalar. Dengan penambahan luas lahan maka akan berpengaruh terhadap tingkat produksi dalam kegiatan produksi. Model fungsi produksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi produksi Cobb-Douglas yang telah ditransformasikan ke dalam bentuk logaritmik, sedangkan metode penduga yang digunakan adalah metode kuadrat terkecil atau Ordinary Least Sguare (OLS). Tingkat pencapaian efisiensi teknis (TE) usahatani ubi jalar tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa usahatani ubi jalar di lokasi penelitian sudah efisien dengan efisiensi teknis rata-rata 0.280. Hasil efisiensi alokatif penggunaan faktor-faktor produksi usahatani ubi jalar belum dikatakan layak secara efisiensi Hasil penelitian regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel luas lahan dan bibit berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi usahatani ubi jalar di Desa Sukaperna sedangkan variabel pupuk dan tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap usahatani ubi jalar. Sedangkan Hasil penelitian menggunakan analisis efisiensi alokatif (harga) menunjukkan bahwa variabel luas lahan dan bibit menunjukkan belum efisien di kelompok Tani Tunas Rahayu. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ubi jalar di Desa Sukaperna.
ANALISIS USAHA INDUSTRI DAN NILAI TAMBAH PRODUK KECAP MENJANGAN DI PERUSAHAAN MAJA MENJANGAN KELURAHAN MAJALENGKA WETAN: Analysis Of Industrial Business And Added Value Of Menjangan Soy Sauce Products In Maja Menjangan Company, Majalengka Wetan Village Achmad Fadli; Aurelia Putri Azzahra; Kosasih Sumantri
Journal of Sustainable Agribusiness Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsa.v2i1.5171

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran usaha industri kecap dan nilai tambah yang diciptakan dari produk pengolahan keap di perusahaan Maja Menjanga. Teknik penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, sedangkan teknik penentuan responden pada penelitian ini menggunakan teknik responden yang terdiri 1 orang pemilik perusahaan dan 11 orang pekerja. Menjangan meliputi penyediaan bahan baku, pengolahan, serta saluran pemasaran. Bahan baku kedelai hitam diperoleh dari pasar yang berada di daerah Jawa Tengah dengan harga Rp. 13.000/Kg. Proses pengolahan meliputi sortasi, pencucian, pemasakan I, penirisan, fermentase, perendaman dengan air garam, pemasakan II, penyaringan dan pengemasan. Hasil produksi dari 208,335 Kg kedelai yang diolah per proses dapat menghasilkan 550,08 Kg kecap dengan harga jual rata-rata Rp 43.000/Kg kecap. Pemasaran kecap dilakukan hanya di sekitaran wilayah majalengka. Nilai tambah dalam agroindustri kecap cukup tinggi, yaitu utuk 1 Kg bahan baku kedelai dengan harga Rp 13.000/Kg nilai tambahnya mencapai Rp 73.250/Kg dengan keuntunggan pengelola yang diperoleh sebesar Rp 151.985.811 atau jika di rata-ratakan dalam satu kali proses produksi pengusaha memperoleh keuntungan sebesar Rp 15.198.581.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN DODOL: DODOL PROCESSING BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY Aninda Mulya Perdanawati; Kosasih Sumantri; Jaka Sulaksana
Journal of Sustainable Agribusiness Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsa.v2i1.5875

Abstract

Dodol merupakan salah satu pengolahan Agroindustri lanjutan yang dikembangkan dengan tujuan untuk menciptakan nilai tambah produk, meningkatkan inovasi produk, serta meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha, baik yang berupa individu maupun kelompok usaha kecil dan menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai strategi pengembangan usaha bagi UMKM agar memiliki daya saing dan tetap bertahan dipasaran. Metode analisis yang digunakan yaitu metode deskriptif, analisis SWOT, dan QSPM. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa total skor dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu sebesar 3.62 dan Eksternal Factor Evaluation (EFE) yaitu sebesar 3.36, serta matriks Internal dan Eksternal (IE) berada pada sel 1 yang menunjukkan posisi perusahaan berada dalam area growth and build. Alternatif Strategi Matriks SWOT menghasilkan 19 Strategi, dan prioritas strategi terbaik dari analisis QSPM adalah Mengembangkan usaha pengolahan dodol, membuat inovasi kemasan baru yang lebih modern dengan merubah tampilannya, serta mempertahankan mutu produk dengan stabil.

Page 1 of 1 | Total Record : 5