cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI MONTOR 1 KAB. PANDEGLANG Didin Tahajudin; Cucu Atikah; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17892

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang kurang di sekolah berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa yang sangat signifikan. Tujuan dilaksanakan penelitianIini untuk menganalisis dan mendeskripsikanNefektivitas media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan memberikanNinstrumen berupa angketTdan tes. Untuk mengetahui efektivitas media audio visual terhadap materi pelajaran, dilakukanNuji coba lapangan di SD Negeri Montor 1. Hasil uji coba lapangan untuk respon siswa terhadap media diperoleh 95,6% dengan kategori sangat layak dan hasil belajar siswa diperoleh nilaiIrata-rata 83,3%, serta uji coba respon guru terhadap media diperoleh 89,2%.
Rectracted: Penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan Lindawati Lindawati; Sholeh Hidayat; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17897

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan dengan menggunakan media sosial whatsapp. Metode penelitian yang digunakan merupakan kolaborasi, dimana guru bertugas melakukan tindakan dan peneliti melakukan pengamatan terhadap berlangsungnya proses tindakan. Dalam penelitian tindakan kelas terdapat empat tahapa penting yang dilakukan secara berurutan membentuk suatu siklus, yaitu satu putaran kegiatan berurutan yang Kembali ke Langkah semula. Empat tahapan itu antara lain tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sasahan Kecamatan Waringin Kurung tahun ajaran 2020/2021.Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan hasil tes siswa pada kegiatan pembelajaran. Analisis data disajikan secara kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan persentase indikator siswa dalam setiap siklusnya. Kreativitas siswa pada siklus I adalah 40% pada kategori cukup dan belum memenuhi kriteria keberhasilan yang di inginkan, pada siklus II mencapai 88% yaitu kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan 48%. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan
PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK SEKOLAH DASAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SUKU BADUY DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE BOOK CREATOR DI SDN 1 CIPARASI KABUPATEN LEBAK Pendi Septiadi; Sudadio Sudadio; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17893

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul Tematik Sekolah Dasar bermuatan konten kearifan lokal masyarakat adat Suku Baduy Luar Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan model  Research and Development (R&D) model Brog dan Gall. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Ciparasi Kabupaten Lebak. Instrumen yang digunakan yaitu instrument kelayakan e-modul, instrumen efektivitas produk dan instrumen respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pengukuran kelayakan produk berdasarkan aspek materi dan aspek multimedia memperoleh nilai rata-rata 90% dengan kategori sangat layak. Efektivitas produk diukur berdasarkan aspek kualitas, kuantitas dan relevansi memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat efektif. Hasil respon siswa memperoleh rata- rata 80% menyatakan bahan ajar yang dikembangkan sangat menarik dan 10% menyatakan menarik. Secara keseuruhan e-modul yang dikembankan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa Sekolah Dasar Kelas IV.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKOMODASI PERHOTELAN Sari Fajarayanti; Sholeh Hidayat; Solih Solih
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar Akomodasi Perhotelan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pandeglang: 2)Pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Akomodasi Perhotelan di kelas XI SMK Negeri 1 Pandeglang: 3) Perbedaan hasil belajar Akomodasi Perhotelan siswa yang berpikir kritis tinggi yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pandeglang: 4) Perbedaan hasil belajar siswa yang berpikir kritis rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas XI SMK Negeri 1 Pandeglang; kuasi eksperimen dengan jumlah sampel 36 peserta didik. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandeglang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar Akomodasi Perhotelan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek .2)Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Akomodasi Perhotelan di kelas XI SMK Negeri 1 Pandeglang.3)Terdapat perbedaan nilai hasil belajar Akomodasi Perhotelan siswa yang berpikir kritis tinggi yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ,berpikir kritis rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI SMK Negeri .4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang diperoleh hasil belajar Akomodasi Perhotelan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan proyek  siswa yang berpikir kritis berpikir kritis rendah di kelas XI SMK Negeri 1 Pandeglang
PENGEMBANGAN PENILAIAN MATERI IPA SMP BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) Kosasih Kosasih; Luluk Asmawati; Suhendar Suhendar
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17894

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : menganalisis cara menyusun instrumen penilaian HOTS, kualitas instrumen penilaian HOTS, menganalisis kelayakan instrumen penilaian HOTS untuk meningkatkan proses berpikir tingkat tinggi peserta didik, dan menganalisis efektifitas penilaian HOTS untuk meningkatkan berpkir tingkat didik peserta didik. Penelitian berlokasi di SMPIT Al Fatih 1 Citra Raya Tangerang Banten. Sampel total dalam penelitian ini sebanyak 86 peserta didik kelas IX SMP. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan model pengembangan penyusunan tes Mardapi. Butir soal dibuat sebanyak 25 item dalam bentuk pilihan ganda.. Validasi isi pada penelitian ini sebesar 0,95, kategori soal termasuk valid dan rata- rata validitas butir soal tinggi. Validitas konstruk terhadap butir soal dinyatakan valid apabila rHitung > rTabel. Reliabilitas kategori tinggi dengan Alpha Cronbach sebesar 0,717. Tingkat kesulitan butir soal terdiri dari mudah, sulit, dan sedang dan uji daya pembeda butir soal terdiri dari butir soal yang jelek, sangat baik, baik, dan cukup. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berdasarkan respon terhadap jawaban butir soal yang terdiri dari ranah menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) mencapai 68% dengan kategori cukup baik. Dengan berdasarkan nilai valiidtas konstruks, validitas isi, dan nilai reliabilitas, maka butir soal dalam penelitian ini layak digunakan untuk penilaian pembelajaran di sekolah. Nilai Uji-t menunjukkan perbedaan hasil pre test dan post test yaitu dengan nilai sig = 0,001 < 0,005 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kedua tes tersebut, sehingga penilaian berbasis HOTS ini efektif untuk meningkatkan proses berikir tingkat tinggi peserta didik.
KEPEMIMPINAN KEPALA TRANSORMASIONAL SEKOLAH DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 5.0 MENUJU SEKOLAH BERMUTU DI SDN KECAMATAN SERANG KOTA SERANG Mumun Malilah; Suherman Suherman; Solih Solih
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17899

Abstract

Studi ini mengusulkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam menghadapi era industri 5.0 menuju sekolah bermutu.  Penelitian ini mengunakan metode triaguklasi serta pendekatan kualitatif. perubahan merupakan suatu keharusan atau keniscayaan. Seperti sekarang ini, setelah Era revolusi menuju era industri 5.0 sudah tidak asing lagi ditelinga kita dan sudah menjadi perbincangan hangat ahir-ahir ini baik dalam ranah akademisi, pemangku kebijakan public maupun para ekonomi. Kepemimpinan di era industri 5.0 kini tidak dapat lagi dihindari Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki efek penting dalam mengahadapi era Industri baik di tingkat organisasi. Dalam lingkungan bisnis modern, yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan globalisasi yang pesat, didukung oleh fenomena IoT dan Industri 5.0, inovasi sangat diperlukan untuk keunggulan kompetitif dan pertumbuhan ekonomi. Namun, banyak organisasi menghadapi masalah dalam penerapannya yang sebenarnya karena tidak adanya kerangka kerja manajemen inovasi praktis, yang membuat penerapan konsep tersebut sulit dipahami dan bukannya persuasif. Pada tingkat individu, hasil pemodelan linier hierarkis menunjukkan bahwa ada antara kepemimpinan transformasional. Selain itu, kepemimpinan transformasional pada tingkat organisasi, hasil analisis mengungkapkan bahwa kepemimpinan transformasional berhubungan positif dengan inovasi organisasi, yang diukur dengan kriteria berorientasi industri yang dikembangkan secara khusus untuk negara berkembang dan industri yang baru berkembang.
PENGGUNAAN BAHAN AJAR APLIKASI RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI SORONGAN 1 KEC. CIBALIUNG Jenudin Jaenudin; Sholeh Hidayat; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan bahan ajar Aplikasi Rumah Belajar dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sorongan 1. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar Aplikasi Rumah Belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sorongan 1. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar Aplikasi Rumah Belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sorongan 1. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan metode yang digunakan proses penelitian tindakan kelas. Hasil temuan dan pembahasan pada siklus 1 yaitu pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sejumlah 16,6%. Pada siklus I terjadi peningkatan kembali menjadi 33,3% dengan kata lain terjadi peningkatan sebanyak 16,7% dari kondisi pra siklus ke siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan kembali sejumlah 90% bagi yang tuntas. Pada siklus II pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sejumlah 13,3%. Pada siklus I terjadi peningkatan kembali menjadi 36,6% dengan kata lain terjadi peningkatan sebanyak 23,3% dari kondisi pra siklus ke siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan kembali sejumlah 93,3% bagi yang tuntas.
HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA SWASTA KOTA CILEGON Novan Badrusalam; Sudadio Sudadio; Fadlullah Fadlullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17900

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah atas dasar permasalahan yang terjadi di SMA Swasta Kota Cilegon yang berkaitan dengan manajemen waktu, motivasi kerja dan kompetensi profesional guru yaitu : (1) masih ada guru yang datang terlambat ke sekolah ; (2) Masih ada guru yang tidak menyusun persiapan mengajar secara rutin ; (3) Masih ada guru yang membawa pekerjaan luar sekolah ke dalam sekolah ; (4) Masih ada guru yang kurang bersemnagat dalam mensuksesan program sekolah ; dan (5) Masih ada guru yang tidak melengkapi adminitrasi pembelajaran, tidak menggunakan media, model dan teknologi dalam pembelajaran serta kurang melakukan peningkatan keprofesionalan melalui pelatihan. Rumusan dan tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis hubungan manajemen waktu dengan kompetensi profesional guru di SMA swasta Kota Cilegon ; (2) Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis hubungan motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru di SMA swasta Kota Cilegon ; dan (3) Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis hubungan manajemen waktu dan motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru di SMA swasta Kota Cilegon. Pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Hasil dari penelitian ini yaitu ; pertama Terdapat hubungan yang sedang dan positif antara manajemen waktu dengan kompetensi profesional guru yang ditunjukkan dari nilai pearson correlation sebesar 0,504. Kedua, Terdapat hubungan yang kuat dan positif antara motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru yang ditunjukkan dari hasil uji pearson correlation sebesar 0,697. Ketiga, Terdapat hubungan yang kuat dan positif antara manajemen waktu dan motivasi kerja dengan kompetensi profesional guru yang ditunjukkan dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh Rhitung sebesar 0,709.
IMPLEMENTASI AKREDITASI ONLINE LEMBAGA PAUD DALAM PENJAMINAN MUTU LEMBAGA PAUD DI KABUPATEN SERANG Heni Nuhayati; Isti Rusdiyani; Fadlullah Fadlullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17891

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di lembaga PAUD Kabupaten Serang yang bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan perencanaan, implementasi, penghambat dan solusi akreditasi online yang dilaksanakan lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan yaitu sosialisasi dan persiapan dokumen akreditasi (2) implementasi yaitu penilaian prasyarat, visitasi dan hasil akreditasi (3) Faktor pedukung dan penghambat terlaksananya akreditasi online tergantung dari kemampuan lembaga mempersiapkan pelaksanaan akreditasi.  
IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS BERDASARKAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU GUGUS 5 KECAMATAN CIPONDOH KOTA TANGERANG Maesun Maesun; Suherman Suheraman; Isti Rusdiyani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i2.17896

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu atas dasar : (1) persiapan supervisi klinis belum sesuai dengan yang diharapkan ; (2) Pelaksanaan /implementasi supervisi klinis belum mempengaruhi peningkatan kreativitas guru yang diharapkan ; (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah belum mempengaruhi kreativitas guru ; dan (4) Hasil supervisi klinis belum berimbas pada peningkatan kreativitas guru setelah dilakukan supervisi klinis. Pertanyaan dan tujuan penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana perencanaan implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah segugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang ; (2) Bagaimana gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru segugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang ; (3) Bagaimana hasil implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru guru segugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang ; dan (4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru segugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Pendekatan kualitatif metode Studi Desktiptif. Hasil dari penelitian ini Yaitu : (1) Supervisor mencatat temuan dan melakukan tindak lanjut perbaikkan, bimbingan dan saran untuk memperbaiki kekurangan guru dalam mengajar ; (2) Kepala sekolah bersikap otoriter dalam kedisiplinan dan bersikap demokratis dalam forum rapat ; (3) Melalui supervisi klinis kepala sekolah memberikan perlakukan khusus kepada guru dalam memberikan arahan dan bimbingan untuk mengkatan pengetahuan dan pembelajaran ; dan (4) Faktor pendukung membangun komitmen, Saling mendukung. Faktor penghambat takut gagal dalam berinovasi, kurang komitmen serta kolaborasi dan koordinasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue