cover
Contact Name
Ahmad Shofiyuddin Ichsan
Contact Email
quranicedu99@gmail.com
Phone
+6281804063611
Journal Mail Official
quranicedu@iiq-annur.ac.id
Editorial Address
Kantor LPPM IIQ An NurGedung Timur Lt. 1 Kampus IIQ An Nur, , Kab. Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55186
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Quranic Edu
ISSN : -     EISSN : 28092481     DOI : 10.37252/quranicedu.v4i1.526
Core Subject : Religion, Education,
QuranicEdu: Journal of Islamic Education (E-ISSN 2809-2481) is a national journal published by the Faculty of Tarbiyah Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta, posted twice a year on February and August. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scholars, scientists, researchers, teachers, as well as profesionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our journal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education" : 6 Documents clear
Pengelolaan Pendidikan dalam Meningkatkan Pelayanan terhadap Guru PAI di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Ali Shofa
QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education
Publisher : IIQ An Nur Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37252/quranicedu.v1i1.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan bagaimana pengelolaan pendidikan dalam meningkatkan pelayanan terhadap guru PAI di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif serta menerapkan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi pengelolaan pendidikan bagi guru oleh Kemenag Kota Yogyakarta, antara lain: (1) Menyusun teknis pelaksanaan program kerja, bahan, dan kelengkapan kegiatan, (2) Menentukan waktu, tempat, peserta, dan narasumber kegiatan, (3) Mengimplementasikan berbagai kegiatan, (4) Memantau dan mengendalikan teknis pelaksanaan program kerja, data, dan perlengkapan, (5) Mengkoordinasi implementasi pengelolaan dengan instansi lain, dan (6) Melaporkan hasil pengelolaan pendidikan.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa sebagai Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar Eri Irawati Agustien; Daluti Delimanugari
QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education
Publisher : IIQ An Nur Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas prosedur pengembangan Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) dan hasil uji kelayakan Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini adalah untuk menyusun lembar kerja siswa terdapat beberapa langkah yakni (1) pencarian dan pengumpulan data, (2) perencanaan (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) Uji lapangan awal, (5) Analisis dan revisi produk tahap 1, (6) Uji coba lapangan (7) analisis dan revisi produk II, (8) uji coba lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir,(10) pengimplementasian. Namun karena penelitian ini hanya uji coba terbatas maka hanya sampai pada tahap ke 9. Adapun hasil validasi media memiliki nilai 84%, hasil validasi materi 100%, hasil responden siswa menunjukkan hasil 89 %, dan uji coba tahap operasional mendapatkan nilai 97% dengan kategori “sangat baik”.
Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 MI Sananul Ula Piyungan Bantul Yogyakarta pada Masa Pandemi Miftahurrohman Miftahurrohman; Ahmad Shofiyuddin Ichsan; Rohmat Dwi Yunianta
QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education
Publisher : IIQ An Nur Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 MI Sananul Ula Piyungan Bantul Yogyakarta di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) upaya guru mapel al-Qur’an Hadis kelas 2 MI Sananul Ula dalam meningkatkan hasil belajar siswa tahun pelajaran 2020-2021, antara lain: penggunaan WhatsApp untuk memudahkan interaksi, dan mengatur kelas online dengan WhatsApp, (2) hasil upaya guru tersebut adalah berdasarkan nilai rapot yang peneliti dapatkan dari guru al-Qur’an Hadis kelas 2 MI Sananul Ula mununjukkan bahwa hasil belajar siswa siswi MI Sananul Ula semakin meningkat. Adapun faktor pendukung atas upaya yang dilakukan guru yaitu: (1) mudahnya pengguaan WhatsApp, (2) aplikasi ringan dan familiar, (3) keberadaan wali murid yang bersedia mendampingi anak belajar, (4) sumber belajar beragam tersedia dengan berbagai format, (5) koreksi hasil belajar menjadi fleksibel. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (1) sinyal di area pedesaan yang tidak stabil, (2) perangkat handphone atau laptop sering dipakai orang tua untuk bekerja, (3) perangkat handphone dipakai bergiliran dengan saudara yang juga mengerjakan tugas sekolah, (4) banyak grup WhatsApp, sehingga performa smartphone menurun, dan (5) siswa tergoda membuka hal selain yang terkait dengan pembelajaran.
Pendidikan Agama Islam bagi Anak-Anak Buruh Gendong (Studi Kasus Buruh Gendong Perempuan di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta dalam Membentuk Keluarga Sakinah) Ali Mustaqim
QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education
Publisher : IIQ An Nur Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Pendidikan Agama Islam anak-anak buruh gendong di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta ini bermaksud untuk Menelaah bagaimana buruh gendong mendidik anak-anaknya dalam hal Pendidikan Agama Islam dan konstribusinya.  Manfaat praktis penelitian ini adalah memberi pengetahuan, informasi dan masukan kepada pemangku kebijakan di pasar bahwa para buruh juga mempunyai anak-anak yang harus didampingi dalam dunia pendidikannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di pasar Beringharjo Kota Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya adalah dengan mendatangi rumah beberapa buruh gendong. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data fenomenologi Moustakas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan para buruh gendong perempuan dalam hal mendidik anak-anaknya untuk menciptakan ketahanan keluarga yang sakinah dengan melalui empat aspek, yaitu aspek lahiriyah, aspek batiniyah, aspek spiritual, dan aspek sosial.
Peran Pondok Pesantren Nahdlatul Qur’an dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al Qur’an di Desa Manarap, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan Muhammad A’athaillah; Muhammad Majdi; Mahmudin
QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education
Publisher : IIQ An Nur Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas peran pondok pesantren Nahdlatul Qur’an dalam meningkatkan motivasi menghafal al Qur’an di Desa Manarap, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya usaha yang gigih dari pengasuh pondok pesantren Nahdlatul Quran dalam membina santri untuk tetap semangat dan termotivasi dalam menghafal Alqur’an. Tidak hanya sekedar menghafal Alqur’an dan menuntut ilmu, akan tetapi juga santri dapat mengaplikasikan dan siap terjun di masyarakat. Adapun yang mendasari meningkatnya motivasi santri dalam menghafal Alqur’an terbagi menjadi dua, yakni motivasi intrinsik dan ekstrinsik.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banggai Sulawesi Tengah Miftahul Rizki
QuranicEdu: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education
Publisher : IIQ An Nur Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to determine the effect of PAI teachers' pedagogic competence on students' learning motivation. The population and sample of this research were 30 students of class XI IPA SMA Negeri 1 Banggai. This research used a quantitative methodology. The data collection used a questionnaire method in the form of a Likert scale. Analysis of the data used was hypothesis testing using the moment product correlation formula with a significant level of 5%. The results showed that PAI teachers at SMA Negeri 1 Banggai had a high level of pedagogic competence at 90%, while the learning motivation of class XI science students was in the high category at 97%. Based on the results of hypothesis testing, it was found that there was a significant influence between the pedagogic competence of PAI teachers and students' learning motivation. This showed that r arithmetic was greater (r_count = 0.609 > r_table = 0.361) at a significance level of 5%. Based on this test, Ho was accepted and Ha was rejected, meaning that there was an influence of PAI teacher pedagogic competence on students' learning motivation.

Page 1 of 1 | Total Record : 6