cover
Contact Name
Arya Samudra Mahardhika
Contact Email
aryamahardhika1988@gmail.com
Phone
+6285879581454
Journal Mail Official
lppm@universitasputrabangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Ronggowarsito No. 18, Pejagoan, Kebumen
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment
ISSN : -     EISSN : 27756319     DOI : https://doi.org/10.32639/jcse.v5i1
Journal of Community Service and Empowerment (JCSE) is a scientific multidisciplinary journal published by LP3M Universitas Putra Bangsa. It is in the regional and national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022" : 10 Documents clear
Pelatihan Manajemen Usaha: Pencatatan Keuangan Usaha Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital Evi Rosalina Widyayanti
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.46

Abstract

Pelatihan Manajemen Usaha ini dilakukan pada Sekolah Wirausaha Aisyiyah Kabupaten (SWA) Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema yang diangkat adalah Pencatatan Keuangan Usaha Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan edukasi keilmuan dan praktek manajemen usaha melalui pencatatan keuangan usaha secara digital agar pelaku usaha terutama usaha kecil dan menengah (UMKM) mampu mengelola keuangan usahanya lebih profesional. Pelatihan ini dilakukan melalui pertemuan daring menggunakan media pertemuan Zoom Meeting yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta anggota Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA) yang anggotanya adalah pelaku UMKM. . Materi ini sangat menarik bagi aggota SWA karena sangat mudah dipraktekkan sehingga dapat memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha dengan pencatatan yang rutin melalui aplikasi keuangan yang dapat dioperasikan pada smartphone kapan saja dan dimana saja. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Akuntansi UKM yaitu, sistem aplikasi keuangan sederhana yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah, serta untuk Pengelolaan Keuangan Sehari-hari. Akuntansi UKM di gunakan untuk memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan tersistem dengan baik dan benar untuk meminimalisir resiko kebangkrutan
Rintisan Pembentukan Bank Sampah “Manfangati” Sebagai Bentuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Siti Nur Azizah Azizah; Indah Rohyani
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.73

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk sosialisasi pembuatan bank sampah dalam meningkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,  dan membakar sampah, karena dari sampah-sampah tersebut dapat menghasilkan uang, kerajinan dll, sehingga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat yang ada di desa Candiwulan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan pada masyarakat desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Kegiatan sosialisasi Bank Sampah “Manfangati” di Desa Candiwulan, masyarakat juga dapat mengetahui bagaimana mengelola sampah menjadi barang yang bernilaimanfaat  ekonomis. Dengan adanya  kegiatan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah, maka sampah yang bau dan kotor tersebut bila dikelola dengan baik dapat memberi manfaat ekonomi seperti yang saat ini dilakukan oleh salah satu bank sampah yaitu Bank Sampah “Manfangati” di Desa.
Edukasi Pentingnya Praktik Akuntansi (Pencatatan Sederhana) dan Manajemen Keuangan dalam Rumah Tangga Ika Neni Kristanti
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.74

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada Ibu Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kebumen karena sebagian besar merupakan perempuan dengan latar belakang pendidikan yang beragam dan tidak memiliki dasar akuntansi sehingga minim akan ilmu akuntansi dan manajemen keuangan dalam rumah tangga. Adapun tujuannya adalah untuk memberikan edukasi pentingnya penerapan akuntansi (pembukuan sederhana) dan manajemen keuangan dalam rumah tangga sehingga setiap keluarga dapat mengetahui kondisi keuangannya apakah dalam kondisi stabil atau lebih besar pasak dari pada tiang. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui pelatihan dan diskusi tentang penerapan akuntansi dalam rumah tangga dan tips dalam mengelola keuangan rumah tangga. Hasil pelaksanaan program pengabdian ini diharapkan dapat dipahami dengan baik dan dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari rumah tangga karyawan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kebumen, sehingga kondisi keuangan rumah tangga terjaga dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Memperkuat Kelembagaan Pemerintah Desa Untuk Menjamin Keberlangsungan Ekosistem Wilayah Sigit Wibawanto
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.76

Abstract

The regional ecosystem has now reached a stage that is prone to damage. This is caused by the growth of development and changes in people's lifestyles who do not care about environmental sustainability. Environmental health is now seen as a result of changing civilizations and is no longer something that needs to be controlled. This thinking now does not only occur in urban communities, but also occurs in rural communities. Involving the government as the controller and person in charge of change requires improvement from the institutional aspect, including the lowest government, namely the government. By having the ability to manage the government, it is hoped that they will be able to repair the damage to the ecosystem that has been happening in their respective regions. Strongly managed institutions regarding environmental sustainability will ensure that the regional ecosystem will be well maintained.
Pemberdayaan masyarakat desa Bendiljati Wetan dalam menggunakan pillbox untuk meningkatkan kepatuhan penggunaan obat antidiabetes Dhanang Prawira Nugraha; Ana Amalia; Eki Wulan Oktafiona; Almana Rizki Alifa; Eli Ernawati; Ikfa Oktaviana M
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.79

Abstract

Diabetes adalah salah satu penyakit tidak menular dan bersifat kronis serta prevalensinya cukup tinggi di Indonesia bahkan Dunia. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah acak ≥ 200 mg/dl. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai komplikasi sepert gagal, ginjal, stroke, neuropati dan lain sebagainya. Salah satu strategi dalam kontrol gula darah selain mengontrol asupan makanan adalah juga dengan mengkonsumsi obat antidiabetes secara rutin sesuai dosis. Salah satu masalah dari penggunaan obat adalah pengetahuan yang rendah serta “lupa” yang sering menjadi faktor yang mengurangi kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat antidiabetes. Untuk meningkatkan pengetahuan maka salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan penyuluhan dan mengurangi faktor lupa dapat menggunakan pillbox. Pengabdian ini terbagi menjadi 4 tahapan. Tahap pertama adalah melakukan pengukuran pengetahuan dan kepatuhan warga, tahap ke empat juga melakukan pengukuran pengetahuan dan kepatuhan warga setelah adanya pengabdian dengan menggunakan kuesioner. Setelah akhir pengabdian, data dianalisis dengan Shapiro-Wilk dilanjutkan uji Willcoxon karena data tidak terdistribusi normal untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan kepatuhan sebelum dan sesudah pengabdian ini. Dari hasil pengabdian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai pengetahuan sebelum 79,78 ± 3,90 sesudah 80,38 ± 4,63 dengan p-value > 0,05, akan tetapi terjadi peningkatan nilai kepatuhan sebelum 22,90 ± 4,01 dan sesudah 15,98 ± 2,84 dengan p-value < 0,05.
Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Agus Supriyanto
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.80

Abstract

Penggunaan digital marketing bisa dijadikan alternatif dalam penerapan strategi pemasaran produk maupun jasa untuk memudahkan pelaku usaha dalam memantau dan menyediakan kebutuhan dan keinginan konsumen. Namun penggunaannya belum dianggap penting oleh pelaku, kondisi tersebut karena dibutuhkan keterampilan khusus berkaitan dengan penguasaan penggunaan teknologi informasi dalam upaya mewujudkan pangsa pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan memberikan penjelasan digital marketing, membuatkan akun social media, memberikan tutorial dan cara mengoperasionalkan sosial media, serta mengajarkan membuat konten yang menarik untuk digunakan sebagai media pemasaran produk dari UMKM. Media sosial banyak peranannya dalam pemasaran sebuah produk, harapannya setelah dilaksanakan program pengabdian ini UMKM memiliki jangkauan pasar luas dan daya saingnya meningkat.
Program Edukasi Literasi Digital Dan Pendampingan Masyarakat Dalam Mengatasi Dampak Pandemi Di Desa Manisharjo, Kabupaten Sukoharjo Agustyarum Pradiska Budi
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.82

Abstract

KKN Tematik merupakan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk mengabdikan ilmu dan teknologi yang telah diperoleh di kampus untuk diterapkan di masyarakat. Tujuan utama merespon pemulihan sosial dari dampak pandemi Covid-19 yang melanda Desa Manisharjo. Program yang dilaksanakan berfokus pada pemulihan psikologis anak, pemahaman tentang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan utama adalah Sosialisasi Mengatasi Kecanduan Gadget dan Bijak Menggunakan Media Sosial untuk Orang Tua, Literasi Digital Bijak dalam Penggunaan Media Sosial untuk Anak, Bimbingan Belajar “wajib belajar 1 jam”, mendongeng, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Puskesmas Terpadu Lansia dan Balita, Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Sosialisasi Stunting, Pemulihan Kegiatan Keagamaan melalui Pengajaran Al-Quran. Selain kegiatan utama, banyak kegiatan lain yang juga didukung yang mampu mendorong pemulihan kondisi pasca-Covid-19. Tindak lanjut kegiatan KKN Tematik dapat disarankan untuk fokus pada pemberdayaan masyarakat desa Manisharjo fokus pada Usaha Kecil Menengah (UKM).
Strategi Reliationship Marketing Selama Krisis Guna Mengembangkan Produk dan Jasa Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan Ika Susilowati
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.83

Abstract

Tema Pengabdian kali ini adalah strategi marketing reliationship marketing selama krisis yang bertujuan untuk mengembangkan produk dan jasa berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Metode pelaksanaan dilakukan melalui sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Minggu 12 Desember 2021 di Hotel Surya Yudha Banjarnegara. Kegiatan sosialisasi reliationship marketing ini tak lain untuk membentuk, mempertahankan, dan meningkatkan relasi yang kuat, yang penuh nilai dengan para pelanggan dan para pemercara (stakeholders) lain. Target luaran pengabdian untuk menarik para pelanggan baru dan menciptakan transaksi dengan mereka, perusahaan terus-menerus sedang berjuang mati-matian untuk   mempertahankan para pelanggan yang ada dan membangun relasi jangka panjang yang mampu mendatangkan laba dengan mereka. Harapan pengabdi semoga dengan terlaksananaya acara tersebut masyarakat dapat membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan untuk pihak-pihak terkait seperti pelanggan, pemasok, dan pengalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis dalam jangka panjang.
Penguatan Jejaring Kemitraan dalam Rangka Pengembangan Hasil Inovasi Kabul Trifiyanto
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.88

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan pada para inventor alumni KRENOVA Kebumen karena sebagain besar merupakan inventor yang fokus pada penemuan produk baru namun masih menghadapi kesulitan dalam mengembangkan menjadi bisnis atau proses komersialisasi atas temuan mereka. Adapun tujuan dari dari pengabdian ini untuk memberikan edukasi pentingnya membangun jejaring terhadap semua pihak dan bagimana memanfaatkan database untuk bisa memberikan support sumberdaya yang dibutuhkan untuk membangung model bisnis dan memasarkan hasil temuan. Metode pelaksanaan kegiatahn ini melalui diskusi terbuka, pelatihan dan simulasi membangun jejaring dan memanfaatkan database yang sudah dimiliki. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat diterima dengan baik dan di praktekkan dalam proses bisnis para inventor KRENOVA Kabupaten Kebumen, sehingga temuan produk maupun teknologi yang punya potensi dapat dikomersialkan sehingga mampu memeberikan kesejahteraan bagi para inventor.
Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM Menuju Pengelolaan Keuangan Berbasis Digital Aris Susetyo
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.138

Abstract

Digitalisasi terhadap sistem keuangan dan transaksi dapat menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan bisnis di tengah situasi pandemi. Digitalisasi keuangan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pelaku UMKM agar dapat naik kelas. Kecepatan dan ketepatan dalam penggunaan teknologi harus dikuasai seiring dengan era digitalisasi, terutama di bidang keuangan. Keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan deviden yang merupakan fungsi manajemen keuangan dapat dilakukan dengan tepat oleh pelaku UMKM, seiring dengan penggunaan teknologi. Berkembangnya bisnis perlu diawali dengan memanage keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan yang baik artinya pelaku UMKM mengetahui kondisi pergerakan arus kas dan bisa mengontrol pengeluaran uang agar tak mengalami kerugian. Jika UMKM tidak menyusun laporan keuangan dengan dengan baik, maka akan sulit untuk menganalisis kondisi keuangan UMKM. Padahal, urusan keuangan ini penting sekali untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam mengembangkan usaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 10